Cara Menjaga Kesehatan Kulit dengan Mudah

Cara menjaga kesehatan kulit sangat mudah untuk dilakukan jika Anda sadar akan betapa pentingnya hal tersebut. Menjaga kesehatan tidak hanya di bagian dalam saja. Anda juga harus memperhatikan kesehatan bagian luar tubuh Anda, yaitu kulit tubuh.

Kulit yang tidak terawat dengan baik juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit berupa gatal-gatal, ruam merah, bahkan yang berbahaya bisa menimbulkan risiko kanker kulit.

Jadi, jangan pernah anggap remeh mengenai kesehatan kulit Anda. Sebaliknya, kulit yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tapi tentunya akan terlihat lebih indah sehingga bisa menambah rasa percaya diri.

Kulit Sehat itu Seperti Apa?

Sebelum membahas bagaimana cara menjaga kesehatan kulit, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri kulit yang sehat. Apa sajakah itu, berikut tanda-tandanya:

1. Terhidrasi dengan Baik

Ciri pertama dari kulit sehat yakni memiliki kadar air yang cukup sehingga terlihat lembut dan memiliki elastisitas yang baik yang ditandai dengan kulit mudah kembali ke bentuk semula setelah diregangkan.

2. Tidak Kusam

Kulit yang sehat biasanya terlihat bercahaya dan tidak kusam. Hal ini disebabkan oleh produksi melanin yang seimbang, yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit. Kulit yang sehat juga tidak memiliki noda hitam atau bercak-bencak yang tidak seimbang.

3. Tidak Berjerawat

Tanda berikutnya adalah jarang mengalami jerawat atau masalah kulit lainnya seperti eksim atau psoriasis. Jerawat biasanya terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh sebum, yakni minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous di dalam kulit.

4. Tidak Terlalu Berminyak atau Terlalu Kering

Kulit yang sehat memiliki keseimbangan produksi minyak sehingga tidak terlalu kering atau berminyak berlebihan. Keseimbangan ini dicapai dengan menjaga tingkat kelembapan kulit dan mengekang kelenjar sebaceous agar tidak terlalu aktif.

5. Tidak Terlalu Sensitif

Ciri berikutnya dari kulit sehat yakni tidak mudah meradang atau iritasi akibat penggunaan produk kosmetik atau paparan sinar matahari.

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Cara Mengatasinya

Tips Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tetap Sehat

Berbicara mengenai kesehatan kulit tidak hanya agar kulit Anda terlihat bersih, bercahaya, dan juga putih. Namun juga, agar Anda bisa selalu tampil sehat dan penuh percaya diri terhadap tubuh Anda sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kerusakan kulit sejak dini maupun untuk jangka panjang.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Jika tubuh Anda kekurangan cairan, maka akan menimbulkan berbagai macam permasalahan dan penyakit pada tubuh. Itu sebabnya, manusia diwajibkan untuk selalu meminum air putih kurang lebih 8 gelas dalam sehari.

Tubuh yang kekurangan cairan juga dapat menyebabkan kulit kering karena terjadi penurunan pada elastisitas kulit. Jadi, jangan heran jika orang yang jarang minum air putih memiliki kulit yang kering dan juga terlihat keriput.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Wajah Belang yang Dijamin Efektif

2. Gunakan Sunblock Ketika Bepergian

Banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini. Orang biasanya mengaplikasikan sunblock atau tabir surya ketika sedang berada di pantai untuk berjemur. Namun, tidak pernah menggunakannya ketika berada di luar untuk beraktifitas seperti biasanya.

Sinar Ultraviolet yang Anda terima langsung dari matahari dan juga radikal bebas dapat menyebabkan kulit Anda terbakar dan membahayakan kesehatan kulit Anda. Terlalu sering mendapatkan paparan sinar matahari atau sinar UV tanpa perlindungan dapat menjadi penyebab timbulnya kanker kulit pada tubuh.

Oleh karena itu, biasakan dari sekarang untuk menggunakan sunblock ketika Anda sedang bepergian. Oleskan pada bagian kulit Anda yang bisa secara langsung terkena sinar matahari untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

3. Jaga Waktu Tidur Berkualitas

Tidurlah ketika Anda sudah merasa lelah. Hal tersebut ternyata dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit Anda. Mendapatkan waktu tidur yang berkualitas mampu membuat kulit dan tubuh Anda memiliki waktu istirahat yang cukup untuk beregenerasi dengan baik.

Itu sebabnya, gunakan waktu malam Anda untuk mendapat tidur yang cukup dan bangun dalam keadaan yang sangat segar keesokan paginya.

Ketika tidur malam, usahakan untuk mematikan segala sesuatu yang dapat mengganggu waktu tidur Anda, seperti, gadget, televisi, radio, laptop, dan juga lampu kamar. Dengan keadaan yang sunyi dan tenang tersebut Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca juga: Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah agar Awet Muda

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh dengan asupan makanan sehat dan bergizi.

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin A, yang mana dapat diperoleh dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Dengan rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat membuat kulit tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah proses penuaan kulit yang membuat kulit tampak lebih muda.

5. Rajin Membersihkan Kulit Wajah

Mencuci muka bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan bakteri dari kulit wajah. Saat mencuci muka atau membersihkan wajah pastikan menggunakan produk perawatan kulit atau sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Biasakan mencuci muka malam hari sebelum tidur untuk menjaga kondisi kulit Anda.

6. Mandi 

Mandi diperlukan untuk membersihkan kulit dari minyak, keringat, dan kotoran-kotoran yang menempel. Akan tetapi, jangan mandi dengan air yang terlalu panas atau terlalu lama mandi karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Akibatnya, kulit Anda bisa menjadi sangat kering. 

Untuk menghindari hal tersebut, cara merawat kesehatan kulit adalah dengan membatasi waktu mandi dan gunakan air hangat (suam-suam kuku). Selain itu, pilihlah sabun mandi dengan kandungan yang ringan untuk menjaga kadar minyak alami pada kulit. 

7. Gunakan Pelembab

Pelembab merupakan salah satu produk perawatan kulit untuk kulit kering. Sama dengan sabun muka, pilihlah pelembab sesuai dengan jenis kulit Anda. Kegunaan pelembab adalah untuk menjaga PH dan menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Jangan lupa gunakan pelembab yang mengandung SPF dan PA agar kulit juga terlindungi dari paparan sinar matahari.

8. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pada umumnya, kulit akan melakukan regenerasi setiap 28 hari atau lebih. Akan tetapi, terkadang sel kulit mati dapat menumpuk. Terlebih, kondisi kulit juga dapat berubah secara signifikan menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung kepada berbagai faktor internal dan eksternal. Oleh sebab itu, perlu menjaga kesehatan kulit dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat.

9. Tidak Merokok

Kebiasaan merokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada bagian terluar kulit sehingga terlihat pucat. Tidak hanya itu, merokok membuat kulit tampak lebih tua dan berkurangnya elastisitas.

Merokok juga dapat menghabiskan nutrisi dan oksigen yang penting. Bahkan, kolagen dan elastin yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit pun dapat mengalami kerusakan. 

Tak berhenti di situ, efek samping merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit sel skuamosa. Jadi, sebaiknya berhentilah merokok untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit Anda. 

10. Kendalikan Stres

Terlalu banyak pikiran dapat memicu munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Stres menstimulasi produksi hormon kortisol yang mengakibatkan meningkatnya produksi minyak alami. Minyak yang berlebihan tentu akan berdampak pada penyumbatan pori-pori kulit dan membuat bakteri terjebak.

Baca juga: 3 Cara Efektif Menghilangkan Bruntusan di Dahi

Apabila cara merawat kecantikan kulit tubuh di atas belum bisa mengatasi permasalahan Anda, itu artinya Anda harus mengunjungi dokter kecantikan untuk mengonsultasikan kondisi kesehatan kulit Anda.

Jenis perawatan kulit yang akan direkomendasikan untuk merawat kulit tubuh juga beragam seperti perawatan untuk menghaluskan kerutan, mengencangkan kulit, dan memperbaiki warna kulit agar wajah tampak lebih muda. 

Dokter di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) memiliki keahlian untuk mengatasi berbagai masalah kulit sesuai dengan penyebabnya. Di sini Anda akan melewati beberapa pengecekan sebelum ditentukan treatment yang tepat untuk mengatasi permasalahan kulit yang Anda alami.

Menariknya, JAC menjalankan perawatan wajah tanpa metode bedah sama sekali. Justru, Anda akan merasakan pengalaman perawatan baru karena penggunaan teknologi canggih dengan hasil instan.

Jadi, tunggu apalagi? segera Konsultasikan permasalahan kulit wajah Anda dengan Tim JAC dan ciptakan wajah yang lebih sehat, muda, dan sempurna bersama dokter ahli bersertifikasi dari JAC.

Sumber rujukan:

  • https://rejuvenated.com/eu/blog/qualities-of-healthy-skin/
  • https://www.insider.com/signs-of-healthy-clear-skin-2018-4
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-types-care
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.