Inilah 5 Cara Menyuburkan Rambut yang Efektif

Seorang wanita dengan rambut pirang yang lebat

Rambut memang menjadi mahkota yang mendukung penampilan terutama bagi seorang wanita, mengaplikasikan cara menyuburkan rambut ketika terjadi rontok berlebihan adalah solusi yang bisa mulai dipertimbangkan. Ketika rontok terus terjadi dalam jumlah yang banyak maka pada usia tertentu bisa saja terjadi kebotakan atau rambut menjadi terlihat terlalu tipis.

Penyebab Rambut Rontok

Umumnya setiap orang akan kehilangan rambut kurang lebih 50-100 helai per harinya. Kerontokan tersebut normal dan tidak menimbulkan penipisan pada rambut di kulit kepala, karena rambut-rambut yang baru tetap tumbuh di saat yang bersamaan.

Kerontokan rambut terjadi ketika siklus pertumbuhan rambut dan pelepasan rambut terganggu, atau ketika folikel rambut mengalami kerusakan dan diganti dengan jaringan skar/luka. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui di antaranya:

1. Faktor Keturunan

Penyebab paling umum dari rambut rontok adalah faktor keturunan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini disebut alopecia androgenik, kebotakan pola pria dan kebotakan pola wanita. Biasanya terjadi secara bertahap dan dengan pola yang dapat diprediksi, yaitu garis rambut surut dan bintik-bintik botak pada pria dan penipisan rambut di sepanjang ubun-ubun kulit kepala pada wanita.

2. Pola Makan

Kekurangan nutrisi tertentu dalam diet, seperti protein, zat besi, dan vitamin B12, dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memperhatikan kondisi kebutuhan nutrisi harian Anda.

3. Kondisi Medis dan Hormon

Umumnya kondisi medis yang bisa menjadi penyebab rambut rontok, antara lain alopecia areata, yang berhubungan dengan sistem kekebalan dan menyebabkan kerontokan rambut yang tidak merata, infeksi kulit kepala seperti kurap, dan gangguan mencabut rambut yang disebut trikotilomania.

Selain itu, perubahan hormonal akibat kehamilan, persalinan, menopause, dan masalah tiroid juga berkontribusi terhadap kerontokan rambut dengan cepat.

4. Kondisi Kulit Kepala

Kondisi kulit kepala yang tidak sehat seperti psoriasis, dermatitis seboroik, dan infeksi jamur juga dapat menyebabkan rambut rontok.

5. Penggunaan Produk Kimia

Pemakaian produk kimia seperti pewarna rambut, produk pengeriting, dan bahan kimia untuk catokan yang berlebihan dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut rontok.

6. Stres yang Berlebihan

Stres yang berlebihan dan tidak terkelola dapat memicu kerontokan rambut karena dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Maka perhatikan kondisi stres Anda agar tidak mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

7. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Kebiasaan merokok, kurang tidur, dan kebiasaan yang tidak sehat lainnya dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan rambut rontok.

8. Pengobatan Tertentu

Pengobatan tertentu seperti kemoterapi dan radioterapi dapat memicu kerontokan rambut. Selain itu efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti yang digunakan untuk kanker, arthritis, depresi, masalah jantung, asam urat dan tekanan darah tinggi juga turut menyebakan kerontokan rambut.

9. Perawatan Rambut yang Berlebihan

Frekuensi penggunaan pemanas rambut seperti catokan atau hairdryer akan membuat sifat alami rambut menjadi rusak sehingga kelembabannya berkurang, akhirnya bercabang dan patah sehingga yang terlihat adalah kerontokan.

Untuk mengatasi masalah rambut rontok, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu dan memperbaiki gaya hidup serta mengonsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Jika kerontokan rambut terus berlanjut, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang

Cara Menyuburkan Rambut dengan Cepat

Ada beberapa cara mudah yang dapat membantu Anda menyuburkan rambut sekaligus menyehatkan kulit kepala Anda. Dengan melakukan beberapa langkah berikut ini, kiranya dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa tipsnya untuk Anda.

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat sangat berpengaruh pada kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelmunya, kekurangan asupan protein dan vitamin dapat menyebabkan kesehatan rambut menurun sehingga mudah rontok dan patah.

Untuk melakukan perawatan rambut secara alami, mulailah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral. Contohnya, kandungan vitamin dalam buah dan sayuran dijamin akan membantu meningkatkan kesehatan rambutmu secara keseluruhan.

Lalu, jangan lupa untuk meningkatkan asupan protein Anda juga. Proteinlah yang akan membantu proses pembentukan helai rambut baru sehingga membantu rambut tipis terlihat lebih tebal dan sehat. Untuk itu, makanlah makanan yang kaya akan protein, seperti alpukat, daging, telur, susu, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang yang Susah Diatur

2. Menggunakan Masker Minyak Zaitun

Selanjutnya, Anda bisa mencoba menggunakan masker minyak zaitun untuk membantu merawat rambut Anda. Minyak zaitun mengandung banyak vitamin dan mineral, salah satunya zat asam lemak Omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Minyak zaitun tidak hanya akan meningkatkan kesuburan rambut, tetapi juga akan menyebabkan rambut menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah patah maupun rontok.

Cara menggunakan masker zaitun pun tidaklah sulit. Cukup bersihkan rambut terlebih dahulu dan oleskan minyak zaitun ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15-30 menit layaknya creambath, kemudian bilas hingga bersih. Sangat disarankan untuk menggunakan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Zaitun

3. Mengoleskan Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak esensial untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak ini berkhasiat meningkatkan asupan protein ke rambut Anda sehingga menjadi lebih kuat dan sehat. Terlebih lagi minyak kelapa juga mampu memperbaiki rambut yang kering dan rusak sehingga dapat menjaga kesehatan rambut lebih lama.

Cara menggunakannya mirip dengan proses perawatan dengan minyak zaitun. Bersihkan rambut Anda dan oleskan minyak kelapa secara menyeluruh. Bedanya, Anda bisa meninggalkan minyak kelapa di rambut Anda semalaman untuk hasil yang maksimal.

4. Gunakan Lidah Buaya

Barangkali Anda sudah tahu bahwa lidah buaya sebagai bahan alami ampuh menumbuhkan rambut secara alami. Tradisi menggunakan lidah buaya sebagai ‘obat’ penumbuh rambut ini sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang dulu.

Caranya cukup mudah. Ambil gel lidah buaya, lalu oleskan secara merata ke akar rambut dan kulit kepala. Setelah didiamkan selama 1 jam, bilas rambut Anda.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat

5. Treatment Growth Factors

Rambut adalah mahkota, tentu saja Anda ingin selalu memastikan bahwa rambut bisa tampil maksimal. Growth Factors bekerja dengan sangat baik pada kulit kepala dengan penipisan, kerontokan rambut, atau bagi Anda yang mengalami kebotakan. Lihat hasil yang lebih dramatis untuk pertumbuhan rambut Anda, menjadi lebih sehat dan tebal, tanpa efek samping obat-obatan, aman untuk pria dan wanita.

Beberapa fakta tentang growth factors sebagai cara menyuburkan rambut yang efektif:

  • Pada dasarnya growth factor adalah protein yang akan menyebabkan berbagai macam respon seluler bergantung pada reseptor terkait
  • Untuk Anda yang memiliki masalah penipisan atau kerontokan pada rambut maka growth factors ini memang dapat menjadi solusi yang paling tepat untuk diaplikasikan
  • Tidak memiliki efek samping dari obat-obatan sehingga aman untuk digunakan, selain itu metode ini bisa diaplikasikan baik pada pria maupun wanita
  • Hasil dari pengaplikasian metode ini adalah pertumbuhan rambut yang lebih dramatis serta sehat sehingga memiliki kekuatan agar tidak lagi terjadi kerontokan

Perawatan yang teratur dan tepat sasaran tentu menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dicoba. Maka sebelumnya Anda harus mempercayakan treatment tersebut pada klinik yang memang sudah profesional dan terpercaya di bidangnya seperti Jakarta Aesthetic Clinic (JAC).

Dengan melakukan growth factors untuk mengatasi masalah pada rambut Anda memang dapat menjadi pilihan terbaik. Pastikan Anda sudah menggunakan jasa klinik yang tepat untuk menemukan cara menyuburkan rambut yang terbaik dan terpercaya tentunya.

Rambut memang menjadi mahkota yang mendukung penampilan terutama bagi seorang wanita, mengaplikasikan cara menyuburkan rambut ketika terjadi rontok berlebihan adalah solusi yang bisa mulai dipertimbangkan. Ketika rontok terus terjadi dalam jumlah yang banyak maka pada usia tertentu bisa saja terjadi kebotakan atau rambut menjadi terlihat terlalu tipis.

Sumber rujukan:

  • https://www.merdeka.com/jateng/9-cara-menyuburkan-rambut-secara-alami-cepat-dan-mudah-kln.html
  • https://www.alodokter.com/begini-cara-menyuburkan-rambut-yang-seharusnya
  • https://www.allthingshair.com/id-id/perawatan-rambut/cara-menyuburkan-rambut/cara-menyuburkan-rambut/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.