6 Cara Meremajakan Kulit Wajah Secara Alami

Meremajakan kulit wajah merupakan tujuan banyak individu yang ingin menjaga penampilan dan kesehatan kulitnya. Proses meremajakan kulit wajah dapat dilakukan dengan berbagai metode, baik secara alami maupun medis. Lalu bagaimana cara meremajakan kulit wajah agar terhindar dari penampilan yang kurang maksimal? Dalam artikel ini, JAC akan membahas perawatan alami untuk meremajakan kulit wajah. Pada dasarnya, memahami cara merawat kulit wajah secara alami sangat penting, karena ini adalah langkah pertama untuk mencapai kulit yang sehat dan berseri. Jadi, langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Perawatan Alami untuk Meremajakan Kulit Wajah

Perawatan Alami untuk Meremajakan Kulit WajahKulit wajah yang tampak lebih tua karena permasalahan kulit seperti kerutan hingga kering tentunya akan sangat memengaruhi kepercayaan diri Anda. Jangan biarkan masalah ini mengganggu, lakukan beberapa perawatan alami untuk meremajakan kulit wajah Anda di bawah ini:

1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Kulit wajah yang sehat bermula dari dalam tubuh Anda. Makanan yang Anda konsumsi memiliki dampak besar pada kesehatan kulit. Jadi, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.  Beberapa contohnya seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan protein berkualitas tinggi seperti ikan dan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, omega-3 yang ditemukan dalam ikan salmon dan kacang-kacangan membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi peradangan. 

2. Minum Air Putih yang Cukup

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kehilangan kelembapannya. Oleh karena itu, penting untuk Anda minum air putih yang cukup setiap hari, setidaknya konsumsi delapan gelas air sehari untuk menjaga hidrasi kulit Anda. Air sendiri membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sehingga kulit Anda akan tampak lebih cerah dan bersinar. 

3. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, tetapi juga berdampak positif pada kulit wajah Anda. Ketika berolahraga, sirkulasi darah akan meningkat yang kemudian membantu membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit. Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit wajah berpenampilan yang lebih segar. Selain itu, olahraga juga membantu Anda mengeluarkan keringat yang membantu membersihkan pori-pori dan menghilangkan racun dari dalam tubuh. Jadi, selalu sisihkan waktu untuk berolahraga secara teratur, entah itu sekadar berjalan kaki, berlari, atau berenang. Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Kulit Kusam dan Tips Perawatannya

4. Menghindari Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Perlu Anda ketahui bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kulit wajah Anda. Sinar UV dapat menyebabkan masalah penuaan dini, munculnya bintik-bintik hitam, dan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Bagaimana cara melakukannya? Tentunya dengan menggunakan tabir surya yang ber-SPF tinggi setiap kali Anda beraktivitas di luar ruangan di pagi, siang, dan sore hari. Bila perlu, kenakan topi dan pakaian yang melindungi kulit Anda.

5. Ultherapy untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Selain perawatan alami, ada juga perawatan medis yang dapat membantu meremajakan kulit wajah Anda, salah satu di antaranya adalah prosedur Ultherapy. Prosedur ini merupakan jenis treatment non-bedah yang menggunakan gelombang ultrasound untuk merangsang produksi kolagen dalam kulit. Kolagen sendiri adalah protein yang memberikan kekencangan dan kelembutan kulit. Melalui merangsang produksi kolagen, Ultherapy membantu mengencangkan kulit wajah, mengurangi kerutan halus, dan memberikan hasil yang tampak alami. Tenang saja, Anda bisa mengandalkan JAC untuk treatment Ultherapy yang aman dan ditangani langsung oleh dokter ahli bersertifikasi.

6. Peeling & Skincare untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Pelembap wajah tidak hanya dapat membantu menjaga kelembapan kulit tetapi juga membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Sel kulit mati ini dapat membuatnya terlihat kusam dan wajah menjadi tampak tidak segar. Dalam melakukan eksfoliasi, Anda bisa menggunakan produk yang mengandung asam alpha hydroxy (AHA) atau beta hydroxy acid (BHA).  Kedua bahan aktif ini dapat membantu Anda mencapai kulit yang lebih cerah dan bersinar dengan membersihkan kulit mati di permukaan kulit wajah dan membersihkan pori-pori. Namun, pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan produk ini dengan benar maksimal 2 kali dalam seminggu di malam hari agar menghindari over exfoliation yang dapat merusak kulit. Baca Juga : 10 Cara Mencerahkan Wajah Secara Efektif untuk Kulit Bersinar

Tips untuk Meremajakan Kulit Wajah

Tips untuk Meremajakan Kulit WajahSetelah membahas perawatan alami dan medis untuk meremajakan kulit wajah, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjaga kondisi kulit agar tetap sehat. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda sangat penting. Pastikan Anda membersihkan wajah secara teratur, menggunakan pelembap yang cocok, dan menghindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Selalu periksa label produk dan pilih yang mengandung bahan-bahan alami dan aman.

2. Menghindari Merokok dan Konsumsi Alkohol yang Berlebihan

Merokok menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya dan menyebabkan kerutan. Sedangkan, alkohol dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan peradangan. Jadi, hindari kedua kebiasaan ini untuk menjaga kulit wajah Anda tetap sehat. Baca Juga : 5 Cara Merawat Kulit Sensitif Secara Efektif

3. Menghindari Stres yang Berlebihan

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan memperburuk kondisi kulit seperti jerawat dan eksem. Cari cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas lain yang Anda nikmati.

4. Mendapatkan Cukup Istirahat dan Tidur yang Berkualitas

Perlu Anda ketahui bahwa tidur adalah waktu ketika tubuh Anda memperbaiki diri dan meremajakan kulit. Pastikan Anda mendapatkan cukup istirahat dan tidur yang berkualitas setiap malam. Kurang tidur dapat menyebabkan mata bengkak dan kulit wajah yang kusam. Meremajakan kulit wajah bisa dilakukan secara alami maupun medis. Perawatan kombinasi dari kedua pendekatan ini dapat memberikan hasil yang lebih optimal. Jaga gaya hidup sehat dan hindari faktor-faktor yang merusak kulit seperti merokok dan stres juga sangat penting dalam perjalanan Anda untuk meremajakan kulit wajah Anda.

JAC Banner

Melalui cara meremajakan kulit yang tepat dan penerapan yang konsisten, Anda dapat mencapai kulit wajah yang sehat, segar, dan bercahaya. Jika ingin mencapai hasil yang lebih lebih maksimal dengan treatment dokter dari JAC, Anda dapat mempertimbangkan prosedur peremajaan wajah seperti Ultherapy. Anda tidak perlu khawatir, prosedur ini dilakukan tanpa bedah maupun suntik, dan hasilnya pun terlihat alami. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi JAC sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan kulit Anda bersama tim ahli kami untuk menentukan jenis perawatan yang tepat. Mulai hari baru dengan wajah yang lebih sehat, cerah, dan tampak lebih mudah. Sumber:

  • https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/ini-cara-mengencangkan-kulit-wajah-secara-alami-dalam-1-minggu 
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cara-alami-mengencangkan-kulit/ 
  • https://www.alodokter.com/cara-mengencangkan-wajah-secara-alami 
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/reduce-premature-aging-skin 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.