8 Ciri Ciri Kulit Sehat yang Perlu Anda Ketahui

Kulit sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, bahkan hal ini juga yang dapat menambah kepercayaan diri sebagian besar orang. Ciri-ciri kulit sehat sebenarnya dapat dilihat dari luar secara kasatmata. Itu sebabnya, Anda perlu menjaganya agar dapat selalu tampak glowing dan bercahaya. 

Lalu, apa saja yang menandakan bahwa kulit dalam kondisi sehat? Dalam artikel kali ini, Anda akan mengenal berbagai ciri-ciri kulit sehat dan cara untuk menjaganya agar dapat selalu dalam kondisi yang optimal. Hal ini bukan hanya baik untuk penampilan saja, tetapi kulit sehat juga akan membuat Anda awet muda. Langsung saja, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Kulit Sehat yang Perlu Anda Ketahui

tips menjaga kesehatan kulit

Kulit sehat tidak hanya ditentukan oleh warna kulit yang putih atau tanpa tekstur sama sekali. Melainkan, ada beberapa ciri-ciri yang menggambarkan kondisi kulit secara keseluruhan, apa pun jenis dan warna kulitnya. Agar tak penasaran dan bisa menilai sendiri apakah kulit Anda sudah cukup sehat atau belum, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Warna Kulit Merata

Warna kulit yang merata adalah tanda bahwa kulit sehat dan tidak terjadi masalah pada pigmen kulit yang mana adalah melanin. Zat tersebut menjadi bagian yang bertugas memberikan warna pada kulit, rambut, bulu, hingga mata. 

Terdapat dua jenis melanin pada kulit, yaitu eumelanin dan pheomelanin. Eumelanin berwarna cokelat gelap atau hitam, sedangkan pheomelanin berwarna kekuningan atau kemerahan. Keduanya berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Kulit yang sehat memiliki jumlah melanin yang seimbang sehingga warna kulit cenderung rata, baik pada kulit putih, sawo matang, maupun kuning langsat. Maksudnya, kulit sehat ditandai dengan tidak adanya warna kulit yang kontras dan berbeda pada bagian tertentu. Jadi, seluruhnya memiliki warna yang rata, tidak lebih gelap maupun terang. 

2. Kulit Terhidrasi

Kulit terhidrasi adalah tanda bahwa kulit memiliki kadar air yang cukup dan tentu saja ini adalah hal yang baik dan sehat. Kekurangan air pada kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kasar, mudah iritasi, bahkan hingga mengelupas. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan moisturizer secara rutin pada area wajah dan body lotion yang tepat pada area tubuh, mengonsumsi cukup air putih sebanyak 8 gelas per hari, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol.

Selain itu, faktor lingkungan seperti cuaca dingin atau kering juga dapat memengaruhi kelembapan kulit. Menggunakan humidifier di ruangan dan meminimalkan mandi dengan air yang terlalu panas juga dapat diterapkan untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

3. Kulit Halus dan Kenyal

Kulit halus dan kenyal adalah tanda bahwa kulit memiliki elastisitas yang baik. Anda bisa melakukan pengecekan pada kulit wajah Anda apakah kulit terasa halus dan kenyal saat disentuh. Jika kulit masih kenyal dan halus, maka hal ini berarti elastisitasnya masih baik dan jumlah kolagen serta elastin di dalamnya masih dalam jumlah yang sama. 

Baca juga: 12 Cara Mengencangkan Kulit Agar Tidak Keriput & Awet Muda!

4. Tidak Ada Sensasi yang Tidak Normal pada Kulit

Tidak ada sensasi yang tidak normal pada kulit merupakan tanda bahwa kulit Anda bebas dari masalah seperti iritasi, gatal-gatal, atau nyeri. Masalah pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti lingkungan, gaya hidup, kebiasaan buruk, dan masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan perubahan pada kulit dan menghindari faktor yang dapat memicu masalah kulit.

Jika Anda mengalami ruam, jerawat, atau kondisi kulit yang tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau ahli kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Bercahaya dan Lembut

Kulit yang bercahaya dan lembut adalah tanda bahwa kulit sehat dan mendapatkan perawatan yang cukup. Bercahaya berarti kulit terlihat cerah dan memiliki tampilan yang sehat, sedangkan lembut berarti kulit terasa halus dan tidak kasar.

Untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan lembut, perawatan kulit yang tepat seperti membersihkan wajah secara teratur, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, dan menjaga kelembapan kulit sangat penting. 

Perlu diketahui bahwa menjaga kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan juga dapat membantu menjaga kulit tetap bercahaya dan lembut. Jadi pastikan untuk mengurangi aktivitas yang terkena paparan sinar matahari terlalu lama. 

6. Tidak Ada Sel Kulit Mati yang Menumpuk

Tidak ada sel kulit mati yang menumpuk adalah tanda bahwa kulit mendapatkan perawatan yang cukup dan terlepas dari masalah kulit seperti jerawat atau komedo. Sel kulit mati yang menumpuk dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Selain itu, munculnya jerawat pada wajah juga tak jarang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati.

Belum lagi jika kondisi tersebut diperparah oleh adanya peradangan yang membuat wajah terlihat bengkak karena pori-pori tidak dapat mengeluarkan minyak dan kotoran di dalamnya. Sebab itu, ketika wajah bebas dari sel kulit mati yang menumpuk, maka artinya kulit dalam kondisi sehat.

7. Tekstur Kulit Konsisten

Pada dasarnya, tekstur pada kulit adalah hal yang normal dan Anda tidak perlu merasa khawatir juga tekstur konsisten. Pasalnya, hal tersebut justru menandakan bahwa kulit dalam kondisi yang sehat, tidak ada masalah seperti pori-pori besar atau tekstur kulit yang tidak merata akibat bopeng atau jenis bekas lainnya. 

8. pH Kulit Seimbang

pH kulit yang seimbang adalah tanda bahwa kulit memiliki tingkat keasaman yang tepat untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari bakteri dan zat berbahaya lainnya. pH kulit normal berkisar antara 4 hingga 5,5.

Kondisi pH kulit tidak seimbang, terutama terlalu asam atau terlalu basa, beberapa masalah mungkin akan hadir dan membuat wajah terkena iritasi, kemerahan, atau kulit kering. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pH kulit seimbang untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

5 Cara Menjaga agar Kulit Tetap Sehat

cara menjaga kulit sehat

Terwujudnya kulit yang sehat tentu tidak lepas dari kebiasaan yang baik dan konsisten dalam menjaga serta merawatnya. Hal ini pun tidak bisa terjadi dalam 1 sampai 2 hari saja, tetapi Anda mungkin perlu melakukan secara rutin. Tenang saja, berikut JAC bagikan informasi tentang cara menjaga kulit agar tetap sehat:

1. Eksfoliasi Rutin

Langkah paling dasar dalam menjaga kesehatan kulit adalah melakukan eksfoliasi. Dengan rutin melakukannya dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit dan mencegah penumpukan sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak sehat.

Eksfoliasi dapat dilakukan dengan menggunakan produk peeling dengan kandungan khusus seperti glycolic acid, AHA BHA, salicylic acid, dan lain sebagainya, yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Namun, perlu diingat bahwa terlalu sering melakukan eksfoliasi dapat merusak kulit dan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan eksfoliasi hanya satu atau dua kali seminggu. 

2. Selalu Menggunakan Sunscreen

Sudah banyak dokter ahli yang menyatakan bahwa paparan sinar UV yang berlebihan dapat membahayakan dan menyebabkan kerusakan pada kulit seperti penuaan dini, keriput, dan bahkan kanker kulit. 

Oleh karena itu, selalu gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Selain itu, hindari paparan sinar matahari pada jam-jam tertentu yang terkenal sebagai waktu paling berbahaya untuk kulit yaitu dari pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Selalu Terlindungi

3. Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, berolahraga secara teratur, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dari dalam. Makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan protein dapat membantu memperbaiki kondisi kulit dan meningkatkan kadar air tubuh dan kelembapan kulit.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu melancarkan aliran darah dan membawa nutrisi ke kulit yang dapat membantu menjaga kulit memiliki sirkulasi darah yang lancar dan membuatnya terlihat lebih sehat dan bercahaya.

Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol dapat merusak kulit dan membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk tersebut untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Gunakan Skincare yang Cocok

Menggunakan produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit dapat membantu menjaga kesehatan bagian penting dari tubuh yang satu ini. Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit seperti kulit kering, kulit berminyak, atau kulit sensitif untuk memaksimalkan manfaat dari produk tersebut.

Kecocokan skincare menjadi hal penting karena kandungan di dalamnya umumnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan kulit tertentu saja. Pilih juga produk perawatan kulit yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya Beberapa bahan yang sebaiknya dihindari pada produk perawatan kulit antara lain sulfat, paraben, dan pewangi buatan.

5. Lakukan Treatment ke Dokter

Jika terdapat masalah pada kulit seperti jerawat, kulit kusam, bintik-bintik pada kulit, atau jenis keluhan pada kulit lainnya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk mendapatkan treatment yang tepat. 

Treatment seperti facial, chemical peeling, atau berbagai treatment yang tepat sesuai anjuran dokter ahli lainnya agar dapat membantu memperbaiki kondisi kulit dan membuat kulit terlihat lebih sehat dan bercahaya.

Namun, sebelum melakukan treatment ke dokter, pastikan untuk memilih dokter yang tepercaya dan berpengalaman untuk memastikan keamanan dan efektivitas treatment tersebut. Ke mana Anda harus mempercayakan perawatan wajah Anda agar kembali sehat? JAC adalah jawabannya. 

JAC merupakan klinik estetika terbaik yang telah menerima berbagai penghargaan internasional karena treatment yang efektif dan hasil yang maksimal meski tanpa bedah sekalipun. Salah satu treatment terbaiknya yang bisa membantu Anda mendapatkan kulit sehat dan bercahaya adalah Baby Skin Treatment + Face Toning + Hybrid SQ.

Semakin bertambahnya usia, sel pada wajah juga akan mengalami penurunan kinerja dan membuat wajah tampak lebih tua dan banyak muncul masalah lainnya. Sebab itu, JAC menghadirkan prosedur perawatan tersebut untuk membantu mengurangi pertumbuhan jerawat, memudarkan flek, dan mengontrol minyak di wajah.

Siap tampil cantik maksimal dan sehat sepanjang waktu meski tanpa make up sekalipun? Hubungi JAC sekarang juga dan kembalikan kesehatan serta kekenyalan kulit Anda bersama dokter ahli bersertifikat kami!

JAC

Sumber rujukan:

  • https://www.businessinsider.com/signs-of-healthy-clear-skin-2018-4
  • https://www.newbeauty.com/signs-of-healthy-skin/
  • https://drrashmishetty.com/signs-of-healthy-skin/
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/ciri-kulit-sehat/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.