Ketahui 6 Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit wajah memang akan mengalami tanda penuaan karena sel yang bekerja tidak lagi seoptimal saat masih muda. Namun, bagaimana jika yang muncul justru ciri-ciri penuaan dini? Proses penuaan kulit memang harus diterima dan dirawat sebaik mungkin saat Anda mengalaminya di waktu yang tepat. 

Tetapi, apabila tanda penuaan hadir sebelum usia yang seharusnya, maka Anda perlu mewaspadainya. Melalui artikel kali ini, JAC akan berbagi informasi seputar pengertian, faktor, cara mencegah, dan ciri-ciri penuaan kulit agar lebih banyak orang yang menyadari pentingnya perawatan kulit wajah di usia muda dan menyeimbangkan gaya hidup. 

Karena, pada dasarnya ada banyak ciri-ciri penuaan dini yang tidak dapat disamarkan dengan jenis make up apa pun. Agar lebih mengenal tentang penuaan dini, simak artikelnya di bawah ini. 

Apa Itu Penuaan Dini?

Apa Itu Penuaan Dini

Penuaan dini adalah proses pergantian sel yang melambat namun tidak pada usia yang seharusnya hingga menimbulkan beberapa tanda-tanda. Umumnya, penuaan dini mulai terjadi pada usia 30 an tahun ke atas.

Maka semestinya, pada saat masih usia muda, pergantian sel dan produksi protein seperti kolagen dan elastin masih memiliki kinerja baik dan optimal sehingga dapat mencegah tanda penuaan dini pada kulit semisal kemunculan garis halus pada wajah.

Saat menemukan bahwa kulit wajah atau bagian tubuh lain mulai mengalami penuaan seperti kering hingga kerutan atau kendur maka patut dicurigai bahwa terjadi penuaan dini. Tak hanya tanda fisik saja, terjadi perubahan pada cara berjalan dan kemampuan melakukan sesuatu juga biasanya menjadi lambat serta lebih cepat lelah. 

Sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari munculnya tanda penuaan dini. Kerap kali seseorang dengan penuaan dini tersadar ketika muncul hal-hal yang membuat tidak nyaman, padahal bisa saja hal tersebut sudah merupakan tanda penuaan dini yang lebih parah. 

Mengenal penuaan dini pada tubuh lebih awal sejatinya dapat membantu Anda merawat tubuh dan kulit wajah lebih dini. Jadi, setidaknya kemunculan ciri-ciri penuaan dini dapat diatasi lebih cepat dan dicegah sesegera mungkin. Sebab itu, penting untuk selalu mengerti kondisi tubuh agar tidak terlambat melakukan treatment.

Baca juga: Anti Aging: Ketahui Tujuan, Manfaat dan Jenis Perawatannya

Ciri-Ciri Penuaan Dini

Inilah Ciri-Ciri Penuaan Dini

Ciri-ciri penuaan dini tentu berbeda di setiap orang. Anda mungkin tidak mengalami gejala yang sama dengan orang lain, karena reaksi tubuh yang diberikan oleh tubuh dan kulit wajah pada setiap orang berbeda-beda. Adapun beberapa ciri-ciri penuaan dini yang mungkin tampak antara lain:

1.  Bintik Hitam (Flek Hitam)

Paparan sinar matahari tanpa perlindungan dapat menyebabkan bintik hitam atau flek hitam pada wajah, punggung tangan, dan lengan bawah. Flek hitam terjadi karena hiperpigmentasi, yaitu produksi melanin berlebih pada kulit. Namun, tidak semua bintik hitam menandakan penuaan dini, karena bisa disebabkan oleh faktor genetik atau hormonal.

2. Lapisan Kulit Menipis

Proses penuaan akan membuat seseorang kehilangan ketebalan lapisan kulit serta memiliki lebih sedikit protein hingga membuat tangan tampak seperti transparan. Maksudnya, penuaan akan membuat kulit tampak lebih berurat, tipis, dan rentan muncul kerutan. Ciri penuaan dini ini biasanya tidak terlalu disadari sebab banyak orang yang mengabaikan hal tersebut.

3. Rambut Rontok Berlebihan

Mengalami rambut rontok dalam jumlah yang tidak wajar? Mungkin saja itu tanda penuaan dini. Terjadinya rambut rontok sendiri disebabkan oleh sel induk yang mendorong adanya rambut baru pada rambut mati dan tidak mampu bekerja dengan baik. Rambut rontok juga dapat dipengaruhi oleh hormon, faktor lingkungan, genetik, dan pelaksanaan diet yang ekstrem. Hal tersebut adalah faktor yang mempercepat rambut rontok terjadi. 

4. Kulit Kendur dan Kerutan

Kerutan dan kulit kendur merupakan tanda penuaan yang mudah terlihat, terutama di area dahi dan bawah mata. Kondisi ini disebabkan oleh penurunan produksi kolagen, protein penting untuk menjaga kekencangan kulit, seiring bertambahnya usia.

5. Kulit Menjadi Lebih Kering 

Tak jarang, penuaan dini menyebabkan kulit baik di wajah maupun di area tubuh lain menjadi lebih kering. Beberapa di antaranya bahkan hingga muncul rasa gatal dan kulit mengelupas. Hal ini dikarenakan kondisi kulit yang menipis jauh lebih rentan mengalami dehidrasi, sehingga kulit menjadi kering. 

6. Adanya Peradangan atua Hiperpigmentasi

Perubahan warna yang tidak merata pada daerah dada seringkali terjadi ketika seseorang mengalami penuaan. Seperti bintik-bintik matahari, kondisi ini dapat timbul akibat kerusakan sel-sel kulit tubuh yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Jenis hiperpigmentasi ini dapat muncul karena adanya eksim dan kondisi kulit lainnya yang merusak sel melanin pada kulit.

Baca juga: 5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini

Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini

Kebiasaan dan gaya hidup dapat memicu penuaan dini. Oleh sebab itu, penting untuk memahami dan menghindari faktor penyebabnya. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat memicu penuaan dini.

1. Merokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat mempercepat penuaan dini. Racun dalam rokok merusak pertumbuhan sel dan kolagen kulit, menyebabkan kulit kendur dan keriput. Sementara itu, alkohol menyebabkan dehidrasi yang merusak kulit seiring waktu.

Baca juga: 5 Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda dan Tips Mengatasinya

2. Diet Tidak Sehat

Diet ekstrem yang membatasi nutrisi secara berlebihan dapat mempercepat penuaan dini. Sebaiknya, terapkan pola makan seimbang dan kurangi asupan karbohidrat serta gula tinggi untuk menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini.

3. Kualitas Tidur yang Buruk

Kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk dapat mempercepat penuaan kulit karena menghambat regenerasi sel dan mengurangi fungsi pelindung kulit.

4. Tidak Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari, terutama sinar ultraviolet (UV) adalah penyebab utama penuaan dini. Sinar UV dapat merusak sel-sel dan lapisan kulit, mempercepat proses penuaan.

5. Stres

Stres berlebihan seperti akibat overthinking dapat memicu produksi hormon kortisol, yang menghambat produksi kolagen dan hyaluronan synthase, sehingga mempercepat penuaan kulit.

Baca juga: 7 Ciri Wajah Kekurangan Kolagen dan Cara Mengatasinya secara Efektif

Cara Mengatasi Penuaan Dini 

cara mengatasi penuaan dini

Kerutan halus, bintik hitam, mata panda, dan kelopak mata yang turun adalah tanda-tanda penuaan dini. Untuk mengatasinya, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

1. Hindari Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Lindungi kulit dari sinar matahari dengan mencari tempat teduh, memakai pakaian pelindung, dan menggunakan tabir surya spektrum luas SPF 30+ setiap hari. Pertimbangkan juga pakaian dengan label UPF untuk perlindungan ekstra.

2. Berhenti Merokok

Selain perawatan kulit, cara lain mencegah penuaan dini adalah berhenti merokok. Kebiasaan ini mempercepat proses penuaan, menimbulkan keriput, dan membuat kulit terlihat pucat.

3. Penuhi Nutrisi dengan Pola Makan Seimbang

Pola makan sehat dengan buah dan sayuran segar dapat mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini, serta menjaga kulit tetap awet muda.

4. Rutin Berolahraga untuk Mengurangi Stres

Kurangi stres dengan cara-cara sehat seperti berolahraga. Aktivitas fisik teratur dapat meningkatkan kesehatan dan memperlambat proses penuaan.

Cara Mencegah Penuaan Dini yang Mudah Dilakukan

Cara Mencegah Penuaan Dini yang Mudah Dilakukan

Jika belum muncul tanda-tanda penuaan, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut agar kulit tetap sehat dan awet muda.

1. Rutin Menggunakan Sunscreen

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

2. Menggunakan Skincare dengan Kandungan Tertentu

Gunakan produk perawatan kulit anti-aging dan bersihkan wajah secara teratur untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan.

Baca juga: 8 Ciri Ciri Kulit Sehat yang Perlu Anda Ketahui

3. Menjaga Tubuh Tetap Lembap dan Terhidrasi

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 2 liter air per hari dan gunakan pelembap secara teratur untuk mengatasi kulit kering.

4. Konsultasi ke Dokter

Konsultasi ke Dokter

Jika cara pencegahan di atas masih belum mampu menahan munculnya ciri-ciri penuaan diri, maka langkah yang paling tepat adalah mengunjungi dokter untuk melakukan konsultasi. Dokter kulit, dokter estetika, dan dermatologis tersertifikasi akan membantu memberikan solusi permasalahan kulit akibat penuaan dini. 

Kondisi penuaan dini tertentu membutuhkan krim khusus yang diracik oleh dokter sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan tentunya dengan dosis yang tepat. Dalam penggunaannya, beberapa krim memang harus di bawah pengawasan dokter. 

Selain itu, langkah untuk menghilangkan ciri-ciri penuaan diri dapat dilakukan dengan berbagai treatment klinis. Salah satu prosedur mengencangkan kulit dan mengembalikan keremajaan kulit adalah Ultherapy dari JAC. 

Prosedur Ultherapy dikerjakan menggunakan teknologi canggih berupa micro focus ultrasound untuk mengencangkan kembali kulit yang kendur dan menipis akibat penuaan. Dalam praktiknya, Anda tidak akan menjalani prosedur bedah maupun suntik sama sekali. Sehingga hasil treatment akan tampak lebih alami dan tentunya sempurna.

Berminat untuk mencobanya? Anda tidak perlu ragu untuk melakukan treatment wajah di JAC karena telah terbukti kualitasnya dengan menerima lima penghargaan Internasional sekaligus dari 7th Golden Record Award by Merz Aesthetics.

Hubungi JAC sekarang juga dan ciptakan kulit kencang, halus, dan tampak lebih muda melalui perawatan oleh dokter ahli tersertifikasi dari JAC. 

Sumber rujukan:

  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/premature-aging#contributing-factors
  • https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/23105-premature-aging#:~:text=Premature%20aging%20is%20when%20the,around%20your%20chest%20and%20sagging.
  • https://www.anlene.com/ph/en/premature-aging.html
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25266053/
  • https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/penyebab-bintik-hitam-di-wajah-dan-cara-memudarkannya#:~:text=Penyebab%20bintik%20hitam%20di%20wajah%20adalah%20hiperpigmentasi%2C%20yaitu%20kulit%20memproduksi,yang%20tidak%20terlindungi%20oleh%20sunscreen
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.