4 Dampak Pencemaran Udara bagi Kesehatan Kulit

Pencemaran udara atau paparan polusi udara tidak hanya dapat merusak organ bagian dalam tubuh saja, namun dapat juga memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan kulit. Kondisi seperti ini tentunya tidak bisa dianggap remeh. Apalagi, dampak pencemaran udara bukan hanya pada kesehatan paru-paru saja, namun juga sudah berpengaruh pada kesehatan kulit.  Dalam artikel ini, Anda akan menggali lebih dalam tentang bagaimana pencemaran udara memengaruhi kulit wajah kita, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk melindungi dan merawat kulit dari dampak negatifnya. Tak perlu berlama-lama lagi, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Dampak Pencemaran Udara pada Kulit 

Dampak Pencemaran Udara pada KulitHal ini disebabkan kulit merupakan bagian terluar dari organ tubuh yang memiliki fungsi memproteksi atau melindungi tubuh dari benda tidak dikenal atau benda asing, salah satunya yaitu polusi udara. Pencemaran udara pada kulit yang terjadi terus-menerus akan mengakibatkan kulit menjadi cepat rusak dan mengalami beberapa dampak sebagai berikut: 

1. Kulit Kering dan Iritasi

Kulit kering dan Iritasi pada kulit dapat terjadi akibat lapisan kulit terkena pencemaran udara dari berbagai sumber seperti debu, asap kendaraan, dan asap rokok. zat- zat kimia berbahaya yang ada dalam udaralah yang memicu gejalan ini. Kondisi kulit kering dan mengalami iritasi biasanya ditandai dengan kulit yang terasa  gatal, bersisik, muncul kemerahan , hingga terjadi peradangan pada kulit.   Umumnya jika kondisi kulit kering dan iritasi yang ringan tidak akan berbahaya bagi kulit akan tetapi jika kondisi kulit tidak kunjung membaik dan semakin parah dapat mengganggu aktivitas Anda. Hal ini dapat berisiko jika terjadi pada orang yang memiliki kondisi kulit yang cenderung sensitif atau memiliki riwayat alergi pada kulit.

2. Penuaan Dini pada Kulit

Dampak lain dari pencemaran udara atau paparan polusi pada kulit yaitu kondisi kulit yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Hal ini dapat terjadi karena terlalu sering terpapar polusi udara luar yang mengandung sinar Ultraviolet (UV) atau sinar matahari berlebih dan partikel-partikel halus yang ada dalam udara menyebabkan kerusakan sel pada kulit dan mengurangi elastisitas pada kulit. Akibatnya, kulit jadi terasa tampak lebih kering, muncul garis garis halus, mudah muncul keriput, dan tampak kusam. 

3. Munculnya Jerawat

Sebum merupakan minyak alami pada kulit yang memiliki fungsi melembabkan kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit. Akan tetapi jika jumlah sebum yang dihasilkan terlalu berlebihan dan tersumbat di wajah merupakan salah satu dari dampak pencemaran udara pada kulit.  Penyumbatan tersebut diakibatkan oleh kotoran dan debu yang ada pada udara. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi lebih berminyak sehingga mudah untuk muncul komedo dan jerawat pada kulit bahkan memunculkan bakteri dan jamur pada kulit. 

4. Memperbesar Risiko Kanker Kulit

Pencemaran udara sangat berbahaya bagi kulit, terlebih jika terjadi dalam kurun waktu yang lama dapat memperbesar risiko terjadinya kanker kulit. Berbagai zat berbahaya yang mencemari udara terserap oleh kulit termasuk berbagai jenis racun yang memiliki sifat karsinogenik.  Baca Juga : Ketahui 10 Manfaat Antioksidan untuk Kulit

Tips Mengatasi Dampak Pencemaran Udara pada Kulit

Tips Mengatasi Dampak Pencemaran Udara pada KulitSeperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa pencemaran udara memberikan dampak yang berbahaya bagi kulit terlebih jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Lalu bagaimana upaya atau tips mengatasi dampak pencemaran udara pada kulit? Beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan sebagai upaya mengatasi dampak pencemaran udara pada kulit:

1. Perawatan Kulit yang Tepat

Cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pencemaran udara pada kulit yaitu melakukan perawatan kulit yang tepat atau dengan kata lain membersihkan wajah secara rutin dan tepat. Perawatan rutin sangat penting dilakukan karena membersihkan wajah dengan tepat akan memberikan kulit kesempatan untuk bernafas atau menghirup oksigen yang dibutuhkan kulit untuk mencegah penuaan dini.  Anda dapat memilih sabun pembersih yang mengandung bahan bahan alami, antioksidan dan vitamin untuk membersihkan wajah dan perawatan kulit yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan masker wajah berbahan alami sebagai perawatan sederhana untuk kulit sehingga kulit tetap sehat. 

2. Penggunaan Produk Skincare yang Tepat

Perlindungan kulit dari pencemaran udara dapat Anda perkuat lagi dengan menggunakan produk skincare yang tepat. Produk skincare yang biasanya digunakan yakni dimulai dari cleanser atau pembersih wajah, toner wajah, serum, pelembab, dan tabir surya atau sunscreen.  Dalam pemilihan produk skincare yang tepat tentunya perlu disesuaikan juga dengan kondisi kulit Anda sehingga kandungan yang ada pada skincare dapat bekerja secara efektif dalam merawat kesehatan kulit dan terhindar dari dampak pencemaran udara. 

3. Pola Makan Sehat dan Hidrasi

Selain dari perawatan dan produk yang digunakan untuk kulit, Anda juga perlu mengubah pola makan yang sehat dan mengkonsumsi cukup air agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Perbanyak mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya akan antioksidan meliputi Vitamin C, Vitamin E, Beta-karoten (Provitamin A), Selenium, dan Zinc. Cara ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan dampak pencemaran udara, selain itu dapat membantu dalam proses detoksifikasi tubuh dari zat-zat yang berbahaya. 

4. Menghindari Paparan Asap Rokok

Asap rokok adalah salah satu sumber dari pencemaran udara yang sering dijumpai di berbagai tempat ketika beraktivitas baik dirumah maupun diluar rumah. Asap rokok tidak hanya berisiko terkena penyakit, akan tetapi juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan menimbulkan penuaan dini pada kulit. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari paparan asap rokok dan hindari ruangan atau tempat perokok aktif berkumpul. 

5. Jaga Kelembapan Kulit 

Menjaga kelembapan kulit bukan hanya dari mengonsumsi air yang cukup, anda juga dapat menggunakan pelembab untuk kulit Anda agar kulit terhidrasi dengan baik tidak kering dan kusam. Anda dapat memilih pelembab yang mengandung bahan seperti ceramide dan hyaluronic acid yang dapat melindungi skin barrier atau lapisan terluar kulit sehingga mencegah penyerapan zat berbahaya bagi kulit.  Baca Juga : Ketahui 5 Efek Polusi Udara pada Kulit Wajah dan Cara Mencegahnya

Rekomendasi Skincare AYOM untuk Kesehatan Kulit Anda

Untuk membantu dalam pencegahan dampak pencemaran udara pada kulit dan menjaga kesehatan kulit Anda, berikut beberapa rekomendasi produk Skincare AYOM yang dapat Anda coba.

1. AYOM Micellar Water+

Setelah beraktifitas seharian di luar ruangan, jangan lupa untuk membersihkan kulit wajah Anda dengan AYOM Micellar Water+ terlebih dahulu sebelum cuci muka. Memiliki bahan dasar air dan bebas alkohol, micellar water dari AYOM bisa membantu menjaga keseimbangan alami kulit dan mengangkat kotoran dengan maksimal. 

2. AYOM Facial Cleanser PH 5.5

Untuk mencegah kotoran di wajah menempel dan menyebabkan masalah kulit, pembersih wajah lembut dari AYOM adalah pilihan yang tepat. Diformulasikan dengan memiliki PH 5.5 dan bebas dari SLS dan SLES, produk ini dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih secara efektif setelah seharian beraktivitas.  Selain itu, AYOM Facial Cleanser PH 5.5 ini dapat mengembalikan keseimbangan dan kekuatan alami kulit. cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif dan bermasalah. 

2. AYOM Skin Refreshment Toner

Produk yang selanjutnya adalah toner kulit yang menyejukkan dan dapat membantu memperkecil pori-pori, serta menghaluskan tekstur kulit. Skin Refreshment Toner ini juga dapat membantu anda dalam merawat kulit agar tetap terhidrasi dan mencegah kerusakan kulit akibat pencemaran udara.  Apalagi, terdapat kandungan Niacinamide pada AYOM Skin Refreshment Toner yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas, sinar ultraviolet, dan zat berbahaya lainnya, serta membantu mengurangi garis halus dan keriput pada kulit. 

3. AYOM All Purpose Sunscreen

Sebelum beraktifitas di pagi, siang, atau sore hari, jangan lupa untuk melengkapi rangkaian skincare Anda dengan AYOM All Purpose Sunscreen. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sunscreen adalah bagian penting dari urutan skincare sebab membantu menjaga kulit dari paparan sinar UV dan polusi. 

4. AYOM Moisturizing Essence

Gunakan serum yang efektif untuk melembapkan serta menenangkan kulit Anda seperti AYOM Moisturizing Essence. Selain melembapkan, produk ini juga dapat membantu menyeimbangkan kadar air dan membuat skin barrier Anda lebih sehat. 

5. AYOM C Serum

Untuk melindungi DNA kulit dari radikal bebas, Anda perlu menggunakan AYOM C Serum yang dirancang dengan berbagai bahan alami. Serum antioksidan ini juga mampu menjaga wajah dari radiasi sinar matahari, perangkat elektronik, dan kandungan tertentu yang berbahaya bagi kulit pada kosmetik. Menariknya lagi, AYOM C Serum juga sekaligus diformulasikan untuk merangsang pertumbuhan kolagen. Jadi wajah akan tampak lebih cerah dan terhindar dari kusam.

6. AYOM Pore Treatment

Terakhir, jangan lupa untuk merawat pori-pori Anda agar terhindar dari masalah seperti komedo, jerawat, dan porduksi minyak berlebih dengan AYOM Pore Treatment. Produk ini juga bisa membantu memperbaiki skin barrier, mengurangi kemerahan di wajah, dan memperkecil pori-pori. Pencemaran udara bukan hanya masalah lingkungan, tetapi juga masalah kesehatan pribadi yang perlu Anda pertimbangkan secara serius. Sebagai organ terluar tubuh, kulit wajah rentan terhadap berbagai polutan yang terdapat dalam udara, seperti partikel debu, zat kimia, dan polusi udara lainnya. Dampak pencemaran udara ini dapat mengakibatkan kerusakan kulit yang pada gilirannya dapat memengaruhi penampilan dan kesehatan kulit wajah Anda. Namun, meskipun dampak pencemaran udara bisa sangat merugikan, jangan khawatir. Ada berbagai cara yang efektif adalah dengan melakukan perawatan wajah yang tepat, seperti menggunakan produk perawatan kulit AYOM yang dapat membantu membersihkan, menghidrasi, serta melindungi kulit Anda dan melakukan perawatan dengan dokter ahli di JAC. 

JAC Banner

Salah satu perawatan yang direkomendasikan untuk mengembalikan kondisi kulit wajah yang sehat, cerah, dan tidak kusam adalah Face Toning dari JAC. Treatment ini dirancang khusus untuk membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan berbagai permasalahan kulit mati yang membuatnya tampak kusam.  Jangan ragu untuk konsultasikan kondisi kulit Anda dengan tim ahli JAC dan mulai jadwalkan kunjungan Anda sekarang juga. Dapatkan kulit sehat dan bersinar segera! Sumber: 

  • https://www.alodokter.com/sadari-efek-polusi-bagi-kulit
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/bahaya-polusi-udara-bagi-kesehatan-kulit
  • https://www.halodoc.com/artikel/kenali-efek-polusi-pada-kulit-dan-cara-mencegahnya
  • https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/07/28/polusi-percepat-penuaan-dini-gunakan-skincare-dasar-sebagai-perlindungan
  • https://www.detik.com/jatim/berita/d-6903847/7-tips-dan-trik-menjaga-kesehatan-kulit-di-tengah-polusi-udara
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.