5 Efek Samping Suntik Botox Ketiak yang Perlu Anda Ketahui

botox ketiak

Apa saja efek samping suntik botox ketiak? Beberapa orang barangkali berpikir bahwa botox adalah sebuah kegiatan negatif sebab berkaitan dengan perubahan pada bagian tubuh tertentu.

Faktanya botox adalah salah satu perawatan yang bermanfaat untuk mengatasi permasalahan tubuh, salah satunya produksi keringat berlebih pada bagian ketiak. Di dunia ini, sebagian orang terlahir dengan kondisi produksi keringat yang berlebihan. Hal tersebut tentu akan mengganggu kenyamanan dan tingkat percaya diri seseorang

Oleh karena itu, treatment botox ketiak dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Simak artikel berikut ini untuk memahami lebih lanjut, termasuk harga dan efek samping treatment tersebut bagi tubuh.

Apa itu Suntik Botox Ketiak?

Pengertian Botox Ketiak

Botox ketiak adalah treatment yang dilakukan dengan sistem penyuntikan botulinum toxin yang terbuat dari mikroba. Jika penggunaan pada wajah dilakukan untuk menyamarkan garis halus serta mengencangkan kulit, maka suntik botox pada ketiak dilakukan untuk mengurangi produksi keringat berlebih. 

Kondisi produksi keringat yang berlebihan tanpa memedulikan keadaan dan cuaca disebut sebagai hiperhidrosis. Kondisi ini juga dapat menyerang kaki, tangan, kepala, dan bagian lain dari tubuh seseorang.

Meski berasal dari bakteri penyebab botulisme, Anda tidak perlu khawatir sebab suntik botox ini merupakan treatment yang aman apabila dilakukan dengan dosis yang sesuai dan ditangani oleh dokter profesional. 

Kendati aman, Anda tidak dapat menggantungkan daya tahan treatement botox sepenuhnya, terutama jika tidak dilakukan secara rutin. Treatment Botox ini hanya mampu bertahan selama 4 hingga 6 bulan dan akan bekerja setelah 7 hingga 14 hari perawatan. 

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Lemak di Ketiak

Bagaimana Cara Kerja Suntik Botox Ketiak?

Botox bekerja dengan membatasi kelenjar keringat yang mengeluarkan keringat secara berlebihan dalam beberapa waktu. Perawatan ini tidak akan memengaruhi kondisi ketiak sebab bagian yang dibatasi adalah kelenjar yang berada di dalamnya. 

Untuk memasukkan cairan botox, dokter ahli akan melakukan beberapa suntikan pada beberapa titik di permukaan kulit ketiak pasien. Tidak perlu membayangkan penggunaan jarum yang besar dan mengerikan, sebab treatment ini dilakukan dengan menggunakan jenis jarum suntik yang sangat kecil. 

Prosedur ini juga dapat dikatakan aman dan memiliki tingkat rasa sakit yang kecil, beberapa orang bahkan tidak merasakan sakit sebab penggunaan jarum kecil seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Menurut penelitian, suntik botox ketiak mampu mengurangi produksi keringat hingga 90% ketika 2 minggu setelah perawatan berlangsung.

Baca juga: Mari Mengenali Manfaat Botox Rahang

Fungsi Suntik Botox Ketiak

Fungsi Suntik Botox

Suntik botox ketiak dilakukan guna mengurangi jumlah keluarnya keringat pada bagian ketiak dari yang biasanya banyak menjadi lebih normal atau bahkan lebih sedikit. Cara kerjanya adalah dengan memblokir sinyal saraf di otot dimana bakteri tersebut disuntikkan, dan tidak merusak kelenjar keringat, karena hanya menghalangi saraf Anda untuk sampai kesana, yang membuat Anda berhenti berkeringat.

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa beberapa orang memiliki jumlah produksi keringat pada beberapa bagian tubuh yang berlebihan khususnya bagian ketiak meskipun telah menggunakan deodoran atau antiperspirant.

Kondisi keringat berlebih atau yang disebut juga dengan hiperhidrosis ini akan mengeluarkan banyak keringat bahkan pada saat musim dingin sekalipun. Kondisi ini tentu akan mengganggu aktivitas sebab menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh dan bau yang tidak sedap.

Apabila hal ini terjadi terus-menerus, maka suntik botox adalah solusi yang tepat. Agar treatment ini dapat bekerja maksimal, maka Anda dianjurkan untuk melakukan perawatan secara rutin dan berkelanjutan, bukan hanya satu kali saja. 

Baca juga: 7 Cara Memutihkan Ketiak dan Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Manfaat Suntik Botox Ketiak

Manfaat Suntik Botox Ketiak

Suntik Botox memiliki sejumlah manfaat untuk ketiak Anda

Selain meningkatkan kepercayaan diri, suntik botox juga membantu Anda menjadi lebih produktif dalam melakukan berbagai hal dan lebih nyaman untuk beraktivitas tanpa khawatir muncul keringat yang berlebihan. Berikut manfaat-manfaatnya:

1. Mengurangi Keringat Berlebih (Hiperhidrosis)

Salah satu manfaat utama botox pada area ketiak adalah kemampuannya untuk mengurangi dan mengatasi keringat berlebih (hiperhidrosis). Botox bekerja dengan menghambat sinyal saraf yang merangsang kelenjar keringat, menghasilkan efek penurunan produksi keringat yang signifikan.

2. Mengatasi Bau Badan yang Berlebihan

Dengan mengurangi produksi keringat, botox juga dapat membantu mengatasi masalah bau badan yang disebabkan oleh bakteri yang berinteraksi dengan keringat.

3. Penampilan Ketiak yang Kering dan Tidak Berkilau

Botox membantu menciptakan tampilan ketiak yang lebih kering dan tidak berkilau karena produksi keringat yang berkurang. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kenyamanan.

4. Mengurangi Risiko Infeksi Kulit

Dengan mengurangi kelembaban pada daerah ketiak, risiko infeksi kulit seperti abses atau folikulitis dapat dikurangi. Ketiak yang kering dan bersih memiliki kemungkinan lebih rendah untuk mengalami iritasi atau infeksi.

Selain ketiak, dokter juga menyarankan penggunaan suntik botox untuk mengatasi permasalahan produksi keringat pada bagian telapak tangan, wajah, dan kaki. Perlu diingat bahwa prosedur ini adalah cara untuk menghambat produksi keringat. Sehingga perawatan ini tidak dapat digunakan untuk meremajakan atau menghaluskan kulit ketiak Anda. 

Efek Samping Suntik Botox Ketiak

Efek botox dapat memberikan dampak positf dan negatif bagi tubuh Anda. Suntik Botox memiliki beberapa efek samping yang ringan bagi Anda dari memar di lokasi suntik, sakit kepala, flu bahkan reaksi alergi dari hasil suntikannya. Meski membawa banyak manfaat, perlu diingat bahwa setiap prosedur perawatan memiliki efek samping yang harus diwaspadai. Pada umumnya, sebelum prosedur dilakukan, dokter akan melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap kondisi Anda. 

Sebab terdapat beberapa kondisi kesehatan yang tidak disarankan untuk melakukan prosedur botox ketiak ini. Adapun efek samping botox ketiak antara lain:

1. Nyeri pada Bagian Suntikan

Efek samping suntik botox ketiak adalah adanya rasa nyeri di bagian suntikan botox. Mungkin, Anda tidak akan merasakan sakit saat proses botox dilakukan. Tetapi beberapa hari setelah prosedur, besar kemungkinan akan muncul rasa nyeri di bagian ketiak terutama pada area penyuntikan. 

2. Muncul Memar pada Bekas Suntikan

Selain rasa nyeri, efek dari proses penyuntikan akan menyebabkan munculnya memar pada bagian ketiak. Jika muncul memar pada bekas suntikan, tidak perlu khawatir sebab hal ini merupakan kondisi normal dan akan pulih dengan sendirinya. 

3. Timbul Rasa Gatal

Proses injeksi atau penyuntikan memungkinkan timbulnya rasa gatal di area sekitar ketiak. Hal ini merupakan salah satu reaksi yang diberikan oleh tubuh terhadap suntikan botox yang diterima.  Rasa gatal ini beberapa kali diikuti dengan munculnya ruam pada kulit. Untuk menghindari hal tersebut, usahakan untuk tidak menggaruk area gatal dan kompres bagian gatal dengan kain yang telah direndam air dingin untuk meredakan rasa tidak nyaman.

Berkaitan dengan efek samping dan proses penyuntikan botox ke dalam tubuh, treatment ini tidak diperkenankan untuk dilakukan oleh ibu hamil dan menyusui. 

Sebelum melakukan treatment botox ketiak, pelajari terlebih dahulu bagaimana prosedur treatment dan perawatan pasca treatment yang dilakukan oleh rumah sakit pilihan Anda. Beritahukan tenaga medis mengenai kondisi Anda termasuk riwayat penyakit yang mungkin berkaitan dengan treatment ini seperti hipertiroid.

4. Bengkak atau Kemerahan

Timbulnya bengkak atau kemerahan di area suntikan adalah respon umum setelah menjalani prosedur botox. Ini merupakan reaksi normal tubuh terhadap introduksi bahan botox dan biasanya akan mereda dalam beberapa hari.

5. Reaksi Alergi

Meskipun jarang, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap komponen-komponen dalam botox. Jika terjadi reaksi alergi, seperti pembengkakan yang signifikan, gatal parah, atau kesulitan bernapas, segera konsultasikan dengan tenaga medis.

Baca juga: Ketahui 5 Pantangan Setelah Botox!

Perlu diketahui pula bahwa Anda tidak diperkenankan untuk melakukan segala jenis olahraga selama 1 sampai 2 hari setelah treatment dilakukan serta hindari mandi dengan air hangat. Beberapa dokter juga menyarankan untuk melakukan check-up setelah 2 minggu prosedur botox dilakukan untuk melihat adakah efek samping yang ditimbulkan.

Jika prosedur botox ketiak dilakukan untuk menangani kondisi hiperhidrosis, beberapa perusahaan asuransi bersedia menanggung seluruh biaya yang dibutuhkan. Jadi, apabila mengalami kondisi tersebut, pastikan Anda memilih asuransi kesehatan yang dapat membantu perihal biaya perawatan botox ketiak.  Dan apabila Anda mengalami efek samping tertentu, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Demikianlah informasi mengenai perawatan botox ketiak, berikut fungsi dan efek sampingnya. Apakah Anda berminat untuk mencoba botox ketiak? Apabila ingin melakukan treatment ini, pastikan Anda memilih klinik perawatan dengan dokter yang tersertifikasi dan menggunakan botulinum toxin yang disetujui oleh FDA. 

Hindari melakukan treatment pada sembarang tempat karena dapat membahayakan tubuh sebab melibatkan penggunaan bakteri dalam pelaksanaannya. Hal ini juga berlaku saat Anda berencana untuk treatment apa pun. 

JAC

JAC bisa menjadi salah satu solusi Anda karena dokter-dokter kami sudah tersertifikasi dan menjamin keamanan Anda. Salah satu treatment injeksi unggulan dari JAC adalah Anti-Wrinkle Injection yang bekerja mengurangi kinerja otot yang berlebihan, dan ini sangat cocok untuk treatment botox ketiak di atas. 

Selain itu, perawatan Anti-Wrinkle Injection juga mampu membantu mengurangi kerutan di wajah serta meniruskan otot rahang yang terlihat lebih besar. Dengan dosis yang tepat dan prosedur yang aman, treatment ini akan membantu Anda tampil lebih percaya diri.

Temukan berbagai treatment unggulan dan aman untuk memanjakan wajah, rambut, dan tubuh Anda dengan mengunjungi JAC sekarang juga. 

Sumber rujukan:

  • https://www.healthline.com/health/botox-for-sweating#how-much-does-it-cost
  • https://health.clevelandclinic.org/botox-for-sweating/
  • https://www.swbh.nhs.uk/wp-content/uploads/2012/07/Botulinum-toxin-injections-for-hyperhidrosis-of-the-armpits-ML3957.pdf
  • https://7dmc.ae/pros-and-cons-of-underarm-botox/
  • https://www.goodhousekeeping.com/health/a37400949/botox-for-sweating-armpits/
  • https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/news/20040720/botox-approved-for-severe-underarm-sweating#:~:text=The%20most%20common%20side%20effects,fever%2C%20itching%2C%20and%20anxiety.
  • https://www.alodokter.com/cari-rumah-sakit/kulit-dan-kelamin/botox-untuk-keringat-berlebih-di-telapak-tangan-ketiak-dan-telapak-kaki?page=6
  • https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/botox/about/pac-20384658
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

Maret 28, 2024
11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

Maret 28, 2024
10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

Maret 28, 2024

Comments are closed.