Ini 8 Bentuk Perawatan Kulit Sensitif yang Mudah dan Tepat

perawatan kulit sensitif

Mereka yang memiliki kulit sensitif tentunya membutuhkan cara perawatan kulit yang tepat. Pasalnya jika satu kesalahan saja dilakukan pada perawatan kulit yang dimilikinya, maka bukan tidak mungkin masalah kesehatan kulit yang dihindari dan bahkan cukup berbahaya pun dapat diderita olehnya. Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi seputar tips perawatan kulit sensitif beserta ciri-cirinya.

Kulit Sensitif Itu Seperti Apa?

Kulit sensitif mengacu pada jenis kulit yang cenderung lebih rentan terhadap iritasi, peradangan, dan reaksi negatif terhadap faktor-faktor tertentu. Orang dengan kulit sensitif mungkin mengalami ketidaknyamanan seperti kemerahan, gatal, kering, terbakar, atau bahkan timbulnya ruam atau bintik-bintik pada kulit mereka. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri umum yang dapat mengindikasikan kulit sensitif:

1. Kemerahan

Ruam merah merupakan ciri-ciri kulit sensitif yang paling umum terjadi. Kulit sensitif sering kali tampak kemerahan, terutama setelah kontak dengan bahan-bahan tertentu atau ketika terpapar suhu ekstrem.

2. Kering dan Teriritasi

Umumnya, tipe kulit sensitif memiliki tingkat kelembapan alami yang rendah sehingga lebih mudah kering, bersisik, hingga mengelupas. Oleh karena itu kulit sensitif cenderung kering dan mudah teriritasi oleh penggunaan produk yang mengandung bahan kimia keras, seperti parfum, pewangi, alkohol, atau pewarna sintetis.

3. Mudah Bereaksi terhadap Cuaca

Perubahan cuaca ekstrem, seperti udara dingin dan kering atau udara panas dan lembab, dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi lebih rentan terhadap ketidaknyamanan dan iritasi khususnya jika Anda memiliki kulit wajah sensitif.

4. Mudah Mengalami Ruam atau Bintik-bintik

Kulit sensitif bisa merespons dengan munculnya ruam atau bintik-bintik yang terlihat seperti reaksi alergi setelah terpapar bahan tertentu, seperti deterjen, pewarna, atau bahan kimia lainnya.

5. Gatal-Gatal

Gatal-gatal juga menjadi ciri-ciri kulit sensitif berikutnya terutama setelah Anda membersihkan kulit wajah atau menggunakan produk perawatan kulit yang memicu reaksi alergi pada kulit. Rasa gatal tersebut dapat memburuk jika Anda membilasnya dengan air hangat. Hindari menggaruk kulit sensitif yang gatal, sebab hal tersebut dapat menyebabkan iritasi, luka, serta infeksi.

6. Mudah Terbakar Sinar Matahari

Kulit sensitif juga lebih rentan terhadap efek berbahaya dari paparan sinar matahari. Jika kulit sudah teriritasi atau mengelupas, hal ini dapat berisiko lebih tinggi bagi kulit Anda. Untuk itu, Anda harus selalu memakai tabir surya saat berada di luar, terutama di wajah Anda.

Berhubung beberapa bahan dalam tabir surya dapat menyebabkan reaksi alergi, carilah yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Pilih juga tabir surya yang berspektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

7. Rentan Timbul Jerawat

Ciri-ciri kulit sensitif berikutnya adalah rentan timbul jerawat. Pasalnya, kulit yang kering dan sensitif dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi sebum atau minyak berlebih. Hal tersebut berisiko menyumbat folikel rambut dan pori-pori kulit yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

 

Baca juga: 6 Manfaat Kolagen Untuk Kulit Wajah Anda

 

Tips Merawat Kulit Sensitif

Bagi Anda pemilik kulit sensitif, pastikanlah untuk mengikuti beberapa bentuk perawatan wajah ataupun kulit secara keseluruhan terutama yang ditujukan pada bagian-bagian tertentu. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk merawat kulit sensitif.

1. Pilihlah Produk Perawatan Kulit yang Sesuai

Bila memiliki kulit wajah sensitif, penting bagi Anda untuk memilih produk kecantikan atau kosmetik yang sesuai. Anda dapat memilih produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide, panthenol, atau glycerin karena dapat melembapkan sekaligus melindungi skin barrier. Selain itu, pastikan pula produk kosmetik yang dipilih tidak mengandung pewangi dan alkohol agar terhindar dari reaksi alergi dan iritasi.

2. Skin Patch Test

Skin patch test wajib untuk Anda lakukan, utamanya ketika Anda hendak membeli atau bahkan menggunakan produk kecantikkan. Hal yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit tangan, kemudian perhatikan apakah timbul reaksi negatif atau sebaliknya. Jika tidak menimbulkan reaksi apapun, maka dapat dipastikan produk kecantikan itu pun aman untuk Anda gunakan.

 

Baca juga: 4 Manfaat Kayu Secang untuk Kulit Wajah yang Wajib Anda Ketahui

 

3. Penggunaan Tabir Surya

Karena jenis kulit sensitif sangat mudah terkena iritasi dan juga mengalami gangguan kesehatan kulit, maka paparan sinar matahari pun umumnya dapat menimbulkan efek seperti inflamasi dan juga kemerahan.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya apabila Anda mencegahnya dengan cara menggunakan tabir surya setiap harinya, utamanya hal ini dapat dilakukan ketika Anda hendak keluar rumah agar kulit pun dapat terjaga dengan lebih baik. Pilih produk khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit sesnsitif.

4. Batasi Bentuk Penggunaan Make up yang Terlalu Tebal

Jika tidak mendesak, ada baiknya bagi Anda yang memiliki kulit sensitif untuk tidak menggunakan make-up yang terlalu tebal. Pasalnya penggunaan make-up yang tebal dapat menjadikan kulit Anda iritasi dan bahkan infeksi dalam skala yang cukup parah. Namun jika penggunaan make-up tersebut mendesak, maka setelah selesai ada baiknya untuk segera melakukan perawatan kulit sensitif dengan menghapus bersih penggunaan makeup tersebut.

 

Baca juga: 8 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami dan Murah

 

5. Gunakan Toner

Jika Anda menggunakan toner, maka pastikanlah untuk menggunakan jenis toner khusus kulit sensitif dengan efek mendinginkan. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit, dan juga menjadikan kulit sensitif Anda tidak berada dalam keadaan kulit kering. Untuk itu, pastikanlah Anda menggunakan toner dengan rutin dan teratur agar terhindar dari kulit kering dan menjaga kelembapan kulit.

6. Manfaatkan Susu Murni

Susu murni dikenal dengan kandungan antibakteri, kandungan tersebut dapat mencegah munculnya infeksi. Untuk itu, membilas wajah yang memiliki kulit sensitif dengan susu murni dipercaya mampu mencegah adanya iritasi atau bahkan munculnya jerawat. Untuk itu, pastikanlah Anda melakukan perawatan yang satu ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam waktu satu minggu, sehingga hasil yang diberikannya pun dapat terlihat lebih maksimal.

7. Gunakan Air Mawar

Air mawar dikenal baik dalam produk kecantikkan, hal ini dikarenakan jenis air tersebut yang dikenal dengan kandungan alami dan dapat mendinginkan beragam jenis kulit, termasuk untuk kulit kering dan kulit sensitif sekali pun. Tidak heran, jika banyak di antaranya mereka yang menggunakan air mawar untuk kegiatan pencegahan dari kulit kemerahan atau bahkan gatal dengan lebih rutin.

 

Baca juga: 7 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

 

8. Scrub Alami untuk Eksfoliasi

Sel-sel dari kulit mati yang terdapat di bagian kulit wajah tentunya perlu diangkat untuk melakukan proses regenerasi, hal ini juga berlaku bagi jenis kulit sensitif. Untuk itu, bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan eksfoliasi namun tanpa mengganggu kesehatan kulit sensitif, maka pastikanlah untuk menggunakan scrub yang dibuat dari bahan alami.

Itulah kiranya beberapa tips merawat kulit sensitif yang dapat Anda coba. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit secara rutin agar hasilnya maksimal. Jika reaksi kulit sensitif Anda parah atau tidak kunjung membaik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli perawatan kulit untuk mendapatkan nasihat yang tepat.

Silahkan hubungi klinik perawatan kulit, seperti Jakarta Aesthetic Clinic, untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit sensitif Anda. Terdapat berbagai solusi kecantikan dan perawatan kulit yang ditawarkan oleh JAC. Salah satu treatment-nya adalah menghadirkan Flawless Peel Treatment yang bertujuan mengangkat kulit mati agar dapat memberikan kesempatan bagi kulit muda yang indah untuk tampil ke permukaan dan memancarkan potensinya.

Sumber rujukan:

  • https://www.alodokter.com/ini-cara-merawat-kulit-wajah-kering-berminyak-dan-sensitif
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/cara-merawat-kulit-sensitif/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.