Kenali Jenis Chemical Peeling dan Manfaatnya

wanita-melakukan-chemical-peelingPengenalan mengenai jenis chemical peeling menjadi langkah penting dalam memahami metode perawatan kulit yang efektif. Chemical peeling telah menjadi salah satu solusi paling ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan mencapai penampilan kulit yang lebih cerah dan sehat. 

Melalui proses eksfoliasi menggunakan bahan kimia tertentu, berbagai jenis chemical peeling bekerja pada lapisan kulit tertentu untuk menghilangkan sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel baru. Jika Anda tertarik untuk mencoba treatment yang satu ini, cari tahu dulu informasi lengkap mulai dari jenis-jenis dan hal apa yang perlu dihindari melalui artikel di bawah ini.

Jenis Chemical Peeling

Chemical peeling merupakan metode perawatan kulit yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan mencapai tampilan kulit yang lebih cerah dan sehat. Terdapat beberapa jenis chemical peeling yang dapat diterapkan, masing-masing memiliki karakteristik dan tingkat kedalaman yang berbeda. Berikut adalah penjelasan lebih mendalam tentang setiap jenis chemical peeling:

1. Superficial Chemical Peeling

Superficial chemical peeling adalah jenis peeling kulit paling ringan di antara ketiganya. Jenis ini bekerja pada lapisan kulit paling luar yaitu epidermis. Glycolic acid dan salicylic acid merupakan bahan yang umum yang digunakan dalam superficial chemical peeling. Jenis chemical peeling ini menjadi prosedur yang cepat dan tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama. 

Superficial chemical peeling pada dasarnya sangat efektif dalam mengatasi masalah kulit ringan seperti hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari, noda hitam, dan jerawat ringan. Selain itu, prosedur ini juga membantu memperbaiki tekstur kulit, mengecilkan pori-pori yang membesar, dan memberikan kulit tampilan yang lebih cerah.

2. Medium Chemical Peeling

Jenis chemical peeling berikutnya adalah medium chemical peeling yang bekerja dengan pada bagian kulit lebih dalam yaitu mencapai dermis bagian atas. Bahan kimia yang sering digunakan dalam medium peeling adalah trichloroacetic acid (TCA). Tingkat penetrasi yang lebih dalam membuat medium peeling lebih efektif dalam mengatasi masalah kulit yang lebih serius.

Medium peeling cukup efektif dalam mengurangi tampilan garis halus, kerutan, dan bintik-bintik usia. Proses ini juga membantu menghilangkan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan mencegah pertumbuhan sel kulit mati yang berlebihan. 

Namun, perlu diingat bahwa medium peeling memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama dibandingkan dengan superficial peeling. Biasanya, kulit akan mengalami proses pengelupasan yang lebih intens dan membutuhkan waktu pemulihan selama seminggu hingga dua minggu.

3. Deep Chemical Peeling

Mencari jenis peeling kulit yang paling intens dan menargetkan lapisan kulit yang paling dalam? Deep chemical peeling adalah jawabannya. Jenis peeling ini paling sesuai untuk mengatasi masalah kulit yang parah, seperti kerutan yang dalam, bekas luka yang menonjol, bekas jerawat bopeng, dan kerusakan kulit yang signifikan.

Keunggulannya sendiri adalah hasilnya yang luar biasa dalam mengatasi tanda-tanda penuaan dan masalah kulit yang parah. Nantinya, melalui jenis treatment ini, kulit akan tampak lebih muda, kencang, dan bebas kerutan. 

Namun, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah perlunya perawatan khusus dan waktu pemulihan yang lebih lama. Setelah prosedur, kulit akan mengalami pengelupasan yang intens dan memerlukan waktu pemulihan sekitar dua hingga tiga minggu.

4. Combination Peeling

Combination peeling, seperti namanya, merupakan kombinasi dari beberapa bahan kimia yang digunakan dalam satu prosedur. Tujuan utamanya adalah untuk mencapai hasil yang lebih komprehensif dengan menargetkan masalah kulit dari berbagai lapisan. 

Misalnya, kombinasi glycolic acid yang merupakan bahan AHA dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan menyamarkan noda bekas jerawat dan dikombinasikan dengan TCA yang berfungsi untuk menyamarkan kerutan halus. Hal ini akan menciptakan kulit wajah yang bebas permasalahan jerawat sekaligus tanda penuaan.

Namun kombinasi ini tentu harus dilakukan oleh dokter ahli dengan menyesuaikan kondisi kulit Anda. Dokter atau profesional medis akan menyesuaikan kombinasi bahan kimia yang digunakan untuk mencapai hasil yang paling optimal. Hal ini memungkinkan untuk merespon kebutuhan dari setiap klien secara lebih baik.

5. Enzyme Peeling

Selain menggunakan bahan kimia, ada juga enzyme peeling yang mengandalkan enzim alami. Enzim ini membantu mengelupas sel kulit mati dengan lembut dan memberikan efek pencerahan pada kulit. Prosedur enzyme peeling cocok untuk kulit yang sensitif atau kondisi kulit yang ringan sebab poses ini tidak menyebabkan pengelupasan yang intens. Jadi waktu pemulihannya pun juga relatif singkat.

Enzyme peeling menawarkan manfaat dalam meningkatkan tekstur kulit, menyamarkan noda ringan, dan memberikan efek penyegaran pada kulit. Namun, perlu diingat bahwa hasil yang didapatkan mungkin tidak seintensif dengan jenis chemical peeling lainnya. Biasanya, untuk mencapai hasil yang lebih signifikan, beberapa sesi perawatan diperlukan.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Manfaat Peeling Wajah Berjerawat

Manfaat Chemical Peeling

Manfaat Chemical PeelingProsedur chemical peeling menawarkan sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan penampilan kulit. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai manfaat-manfaat dari chemical peeling:

1. Mengurangi Tanda Penuaan

Salah satu manfaat utama dari chemical peeling adalah kemampuannya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di kulit menurun, menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya dan muncul kerutan serta garis halus. Melalui proses merangsang produksi kolagen baru, chemical peeling membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus, sehingga memberikan kulit tampilan yang lebih muda dan segar.

2. Mengatasi Masalah Pigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana kulit mengalami produksi melanin berlebihan, menyebabkan munculnya noda gelap pada kulit. Penyebab umum hiperpigmentasi termasuk paparan sinar matahari, jerawat, dan penuaan. Chemical peeling membantu mengelupas lapisan kulit yang mengandung pigmentasi berlebihan, sehingga mengurangi tampilan noda gelap dan memberikan kulit tampilan yang lebih cerah dan merata.

3. Menghilangkan Noda Jerawat

Bagi mereka yang mengalami jerawat, noda bekas jerawat dapat menjadi masalah yang mengganggu. Chemical peeling membantu mengatasi masalah ini dengan mengangkat sel kulit mati yang mengandung pigmen lebih tinggi di area bekas jerawat. Proses ini membantu memudarkan noda bekas jerawat dan memberikan kulit tampilan yang lebih bersih dan merata.

4. Meningkatkan Tekstur Kulit

Chemical peeling bekerja dengan mengelupas lapisan kulit mati yang menyebabkan tekstur kasar pada kulit. Melalui prosedur dengan menghilangkan sel-sel kulit mati di lapisan kulit teratas yang menyumbat pori-pori, chemical peeling membantu memperbaiki tekstur kulit dan memberikan kulit tampilan yang lebih halus dan lembut.

5. Mengurangi Komedo dan Jerawat

Salah satu faktor penyebab utama jerawat adalah pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Chemical peeling membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, yang dapat membantu mencegah munculnya komedo dan jerawat.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Kapan Anda Perlu Melakukan Chemical Peeling?

Indikasi Perlu Dilakukan Chemical PeelingChemical peeling direkomendasikan untuk berbagai kondisi kulit tertentu yang memerlukan perbaikan atau perawatan khusus. Berikut adalah indikasi atau kondisi kulit yang menunjukkan bahwa Anda perlu melakukan chemical peeling:

1. Kerutan dan Garis Halus yang Menonjol

Jika Anda mengalami garis-garis halus atau kerutan yang mulai mengganggu penampilan dan kepercayaan diri Anda, chemical peeling dapat menjadi solusi yang efektif. Proses ini membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus, sehingga memberikan kulit penampilan yang lebih muda dan segar.

2. Adanya Hiperpigmentasi dan Bintik-bintik Gelap

Kulit dengan hiperpigmentasi, bintik-bintik gelap, atau noda bekas jerawat yang menonjol akan mendapatkan manfaat dari chemical peeling. Proses ini membantu mengurangi pigmentasi tidak merata dan memberikan kulit tampilan yang lebih cerah dan merata.

3. Jerawat dan Noda Bekas Jerawat

Seperti yang telah banyak disebutkan sebelumnya, chemical peeling sangat efektif dalam mengatasi masalah jerawat dan noda bekas jerawat yang membandel. Proses ini membantu mengangkat sel kulit mati yang mengandung pigmen lebih tinggi di area bekas jerawat, sehingga kulit terlihat lebih bersih dan bebas noda.

4. Kulit Kusam dan Tidak Bercahaya

Jika kulit Anda terlihat kusam, kering hingga mengelupas, dan tidak bercahaya, chemical peeling dapat membantu. Proses ini membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel baru, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan segar.

Baca Juga : 4 Penyebab Flek Hitam di Wajah Yang Perlu Dihindari

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Melakukan Chemical Peeling

Sebelum menjalani chemical peeling, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan hasil yang optimal dan mengurangi risiko komplikasi. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah melakukan chemical peeling:

1. Konsultasi dengan Profesional Medis

Sebelum memutuskan untuk melakukan chemical peeling, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis yang berpengalaman. Mereka akan melakukan pengecekan dan evaluasi kondisi kulit Anda secara menyeluruh dan menentukan jenis chemical peeling yang paling sesuai untuk masalah kulit yang Anda hadapi. Jangan lupa untuk memastikan dokter yang Anda pilih tepercaya dan telah tersertifikasi.

2. Persiapan Kulit Sebelum Chemical Peeling

Beberapa minggu sebelum menjalani prosedur peeling yang satu ini, hindari perawatan kulit lainnya yang dapat membuat kulit Anda lebih sensitif seperti penggunaan skincare berbahan aktif, penggunaan produk retinoid, atau eksfoliasi yang terlalu keras. Selain itu, pastikan untuk menjaga kulit Anda terhidrasi dengan baik.

3. Ikuti Petunjuk Pemulihan dengan Tepat dari Dokter

Setelah menjalani chemical peeling, biasanya kulit Anda memerlukan masa pemulihan hingga nantinya hasil peeling terlihat. Tak perlu panik, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk dari dokter atau profesional medis dengan saksama termasuk dalam hal perawatan kulit, penggunaan krim, menghindari paparan sinar matahari, dan beberapa hal yang harus dihindari lainnya. Hal ini akan membantu memastikan proses penyembuhan kulit berjalan dengan lancar dan hasil akhir yang optimal.

JAC

Dari penjelasan mengenai jenis chemical peeling di atas, dapat disimpulkan bahwa chemical peeling adalah metode perawatan untuk berbagai kondisi kulit dan dapat dikatakan efektif untuk mengatasinya. Beberapa permasalahan tersebut termasuk tanda-tanda penuaan, pigmentasi, noda bekas jerawat, serta kulit kusam dan tidak bercahaya.

Namun jangan lupa, sebelum menjalani prosedur chemical peeling, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter ahli atau profesional medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan aman sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Selain itu, jangan lupa untuk selalu gunakan sunscreen di pagi, siang, dan sore hari untuk mencegah iritasi akibat sinar matahari.

Untuk mencapai kulit wajah yang lebih sehat, segar, dan kembali bersinar, Facial Peeling dan Skincare dari JAC merupakan solusi tepercaya. JAC menawarkan berbagai jenis chemical peeling yang ditangani langsung oleh dokter ahli dan disesuaikan dengan kondisi kulit Anda serta rangkaian produk perawatan kulit yang membantu menjaga kesehatan kulit setelah menjalani prosedur. 

Melalui kombinasi perawatan yang tepat dan dukungan dari profesional medis berpengalaman, Anda dapat merasakan manfaat luar biasa dari chemical peeling untuk mendapatkan kulit yang cantik dan bersinar dari dalam. 

Segera jadwalkan konsultasi dengan dokter ahli JAC untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pilihan chemical peeling dan perawatan kulit yang dapat membantu Anda mencapai kulit wajah yang Anda impikan. Dapatkan kulit yang sehat dan bercahaya bersama JAC sekarang juga.

Sumber:

  • https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/chemical-peel/about/pac-20393473#:~:text=A%20light%20chemical%20peel%20improves,skin%20will%20be%20noticeably%20smoother.
  • https://www.healthline.com/health/chemical-peel-benefits#bottom-line
  • https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-chemical-peel-treatments
  • https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/non-surgical-cosmetic-procedures/chemical-peels/
  • https://www.alodokter.com/informasi-tentang-peeling-yang-perlu-anda-tahu 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.