7 Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier Wajah

t iniSudahkah Anda mengetahui apa saja kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier secara efektif? Memiliki kulit yang sehat dan terawat adalah dambaan banyak orang. Salah satu elemen penting untuk mencapai kulit yang optimal adalah skin barrier atau pelindung kulit. 

Skin barrier merupakan lapisan terluar dari kulit yang berfungsi melindungi kulit dari berbagai agresor eksternal seperti polusi, bakteri, dan sinar UV. Dalam artikel ini, JAC akan membantu Anda mengenal kandungan apa saja yang efektif memperbaiki skin barrier. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kandungan Skincare untuk Memperbaiki Skin Barrier

apa Kandungan Skincare Untuk Memperbaiki Skin Barrier

Skin barrier juga berperan dalam menjaga kelembapan alami kulit. Ketika skin barrier rusak, maka ada berbagai masalah kulit yang mungkin muncul. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan produk skincare yang dapat memperbaiki dan memperkuat skin barrier. Berikut adalah 9 kandungan skincare yang efektif untuk memperbaiki skin barrier:

1. Niacinamide

Dikenal sebagai vitamin B3, ini adalah salah satu kandungan skincare yang sangat efektif untuk memperbaiki skin barrier. Niacinamide bekerja dengan cara meningkatkan produksi ceramides, yaitu lipid alami yang membantu menjaga kelembapan kulit dan memperkuat pelindung kulit. 

Selain itu, niacinamide memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit yang mengalami gangguan. Penggunaan niacinamide secara teratur juga dapat membantu mengurangi tampilan pori-pori yang besar, meratakan warna kulit, dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

Baca juga: Anti Aging: Ketahui Tujuan, Manfaat dan Jenis Perawatannya

2. Glycerin

Glycerin adalah humektan yang populer dalam produk skincare karena kemampuannya untuk menarik dan mempertahankan kelembapan di dalam kulit. Zat ini bekerja dengan cara menarik air dari lingkungan sekitar ke dalam lapisan kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi dan lembap. 

Ketika skin barrier terganggu, kulit cenderung kehilangan kelembapan dengan lebih cepat. Penggunaan produk yang mengandung glycerin dapat membantu mengatasi masalah ini dengan menjaga kelembapan kulit, memperbaiki tekstur kulit yang kasar, dan mengurangi risiko iritasi.

3. Ceramides

Ceramides adalah lipid alami yang ditemukan di dalam lapisan terluar kulit dan memainkan peran penting dalam menjaga integritas dan fungsi skin barrier. Ketika kadar ceramides dalam kulit berkurang, skin barrier menjadi lemah dan mudah rusak. Oleh karena itu, menggunakan produk skincare yang mengandung ceramides dapat membantu mengembalikan dan memperkuat pelindung kulit. 

Adapun cara kerja Ceramides adalah dengan cara mengisi celah di antara sel-sel kulit, sehingga menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari agresor eksternal. Produk yang mengandung ceramides sangat cocok untuk kulit kering, sensitif, atau yang mengalami kerusakan akibat faktor lingkungan.

4. Peptides

Peptides adalah rantai pendek dari asam amino yang merupakan blok pembangun protein seperti kolagen dan elastin yang penting untuk kesehatan kulit. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen dapat membantu memperbaiki kerusakan pada skin barrier dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Selain itu, peptides juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit. Penggunaan produk skincare yang mengandung peptides secara teratur dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, serta tentunya memperkuat skin barrier.

5. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah molekul humektan yang juga memiliki kemampuan luar biasa untuk menarik dan menahan air, sehingga membantu menjaga kelembapan kulit. Zat ini dapat menahan air hingga 1000 kali beratnya sendiri, sehingga menjadikannya salah satu bahan pelembap yang paling efektif. 

Ketika skin barrier rusak, kulit cenderung menjadi kering dan kehilangan kelembapan dengan lebih cepat. Penggunaan produk dengan hyaluronic acid dapat membantu mengatasi masalah ini dengan menjaga kulit tetap terhidrasi, meningkatkan kelembutan kulit, dan mengurangi tampilan garis halus dan kerutan. Hyaluronic acid juga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif dan mudah berjerawat.

6. Panthenol

Dikenal sebagai provitamin B5, Ini adalah kandungan skincare yang memiliki sifat emolien, sehingga sangat efektif untuk menjaga kelembapan kulit. Panthenol bekerja dengan cara menembus ke dalam lapisan kulit dan membantu menarik serta mempertahankan kelembapan, sehingga kulit tetap terhidrasi dan lembut. 

Selain itu, panthenol juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan peradangan pada kulit yang mengalami kerusakan. Penggunaan produk yang mengandung panthenol secara teratur dapat membantu memperbaiki skin barrier, meningkatkan elastisitas kulit, dan memberikan perlindungan tambahan terhadap faktor-faktor lingkungan yang merusak.

7. Aloe Vera

Aloe vera mengandung berbagai zat aktif seperti vitamin, mineral, enzim, dan asam amino yang dapat membantu menenangkan, melembapkan, dan memperbaiki kulit yang rusak. Kandungan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Penggunaan produk yang mengandung aloe vera secara teratur dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan memperkuat pelindung kulit.

Baca juga: 5 Masker untuk Menghilangkan Flek Hitam Berbahan Alami

Apa Tanda Skin Barrier Bermasalah?

Apa Tanda Skin Barrier Bermasalah

Mengetahui tanda-tanda skin barrier yang bermasalah sangat penting untuk mengambil tindakan yang tepat dalam merawat kulit. Berikut adalah beberapa tanda umum yang menunjukkan bahwa skin barrier Anda mungkin sedang bermasalah:

1. Kulit Kering dan Mengelupas

Ketika pelindung kulit tidak berfungsi dengan baik, kelembapan alami kulit akan lebih mudah hilang, sehingga kulit menjadi kering dan kasar. Anda mungkin juga akan merasakan ketidaknyamanan seperti rasa gatal atau perih pada kulit yang kering. Inilah salah satu tanda bahwa skin barrier Anda perlu dirawat atau bahkan diperbaiki.

2. Kemerahan dan Iritasi

Kemerahan dan iritasi pada kulit sering kali merupakan tanda bahwa skin barrier Anda sedang terganggu. Kulit yang mengalami kerusakan akan lebih mudah teriritasi oleh faktor-faktor eksternal seperti cuaca, produk skincare yang keras, atau polusi. Kemerahan ini dapat muncul secara tiba-tiba dan sering kali disertai dengan rasa gatal atau terbakar.

3. Kulit Sensitif

Kulit yang menjadi lebih sensitif dari biasanya juga bisa menjadi indikasi bahwa skin barrier Anda sedang bermasalah. Ketika pelindung kulit melemah, kulit akan lebih rentan terhadap reaksi negatif dari produk skincare atau lingkungan sekitar. Kulit sensitif biasanya mudah bereaksi terhadap bahan-bahan tertentu dengan munculnya kemerahan, rasa terbakar, atau gatal.

4. Munculnya Jerawat dan Breakout

Skin barrier yang rusak dapat menyebabkan kulit lebih mudah terkena infeksi dan peradangan, yang pada akhirnya dapat memicu munculnya jerawat dan breakout. Ketika pelindung kulit tidak berfungsi dengan baik, bakteri dan kotoran lebih mudah masuk ke dalam pori-pori, menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat.

Baca juga: Apakah Eksfoliasi Aman untuk Kulit Berjerawat? Cek Penjelasannya!

5. Kulit Terasa Kasar dan Tidak Merata

Tekstur kulit yang kasar dan tidak merata juga bisa menjadi tanda bahwa skin barrier Anda sedang bermasalah. Ketika pelindung kulit rusak, sel-sel kulit mati akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga menyebabkan kulit terasa kasar dan tidak halus. Anda mungkin juga akan melihat adanya bercak-bercak kering atau area yang mengelupas pada kulit.

Menjaga kesehatan skin barrier adalah langkah penting dalam perawatan kulit yang optimal. Dengan menggunakan produk dengan kandungan skincare untuk memperbaiki skin barrier, Anda dapat memperbaiki dan memperkuat pelindung kulit agar tetap sehat, lembap, dan terlindungi dari berbagai faktor lingkungan yang merusak. 

Jangan lupa, pastikan untuk selalu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit dan mengandung bahan-bahan yang telah terbukti efektif dalam memperbaiki skin barrier. Namun, perawatan skincare harian saja mungkin tidak cukup untuk beberapa kondisi kulit. Untuk hasil yang lebih optimal dan perawatan yang lebih mendalam, Anda dapat mempertimbangkan perawatan tambahan yang profesional.

banner prime exosome

Salah satu pilihan terbaik adalah Growth Factor / Prime Exosome dari JAC. Dengan perawatan ini, Anda dapat merawat kulit secara efektif sehingga lebih bersih, sehat, dan bercahaya. Dokter ahli bersertifikasi di JAC menggunakan alat canggih dengan perpaduan treatment yang dapat membantu memperkuat skin barrier dan mengembalikan sel kolagen. 

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kesehatan kulit dengan lebih maksimal, jangan ragu untuk mencoba treatment di JAC. Kunjungi sekarang juga dan tampil lebih sempurna dengan wajah yang sehat dan cerah!

 

Sumber:

  • Madnani N, Deo J, Dalal K, et al. Revitalizing the skin: Exploring the role of barrier repair moisturizers. J Cosmet Dermatol. 2024; 23: 1533-1540. doi:10.1111/jocd.16171 
  • Torres, A., Rego, L., Martins, M. S., Ferreira, M. S., Cruz, M. T., Sousa, E., & Almeida, I. F. (2023). How to Promote Skin Repair? In-Depth Look at Pharmaceutical and Cosmetic Strategies. Pharmaceuticals (Basel, Switzerland), 16(4), 573. https://doi.org/10.3390/ph16040573 
  • https://learn.artofskincare.com/top-10-ingredients-for-repairing-a-compromised-skin-barrier/

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.