Berikut 10 Kebiasaan yang Membuat Awet Muda

Sudahkah Anda mengetahui kebiasaan yang membuat awet muda? Tampak muda dan segar adalah dambaan setiap individu. Tidak hanya sebagai tanda fisik, tetapi juga sebagai cerminan kesehatan dan kebahagiaan batin. Jika Anda ingin menjaga keceriaan dan vitalitas, ada sejumlah kebiasaan yang dapat Anda terapkan dalam rutinitas harian Anda. 

Dalam artikel ini, JAC akan mengajak Anda untuk menjelajahi berbagai kebiasaan yang dapat membantu Anda mencapai kulit yang awet muda dan menjaganya tetap sehat dalam jangka waktu panjang. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari tanda penuaan pada kulit? Simak informasinya di bawah ini.

Kebiasaan-kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

Kebiasaan-kebiasaan yang Membuat Anda Awet MudaTernyata, mendapatkan kulit yang yang tetap awet muda bukan hanya didapatkan dengan menggunakan skincare secara teratur saja, tetapi juga dengan menjaga pola hidup yang sehat. Berikut ini merupakan 10 kebiasaan yang membuat awet muda dan bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pola Makan Sehat yang Mendukung Kulit

Pentingnya pola makan sehat tidak bisa diabaikan. Memilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran hijau, buah-buahan segar, dan sumber protein tanpa lemak, akan memberikan manfaat luar biasa bagi kulit Anda. Nutrisi tersebut membantu menjaga elastisitas kulit, mengurangi risiko kerutan, dan mempromosikan regenerasi sel-sel kulit. Selain itu, konsumsi makanan tinggi omega-3 juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

2. Olahraga Rutin untuk Kulit yang Berseri

Aktivitas fisik secara teratur bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otot, tetapi juga memiliki dampak positif pada kulit wajah Anda. Saat berolahraga, sirkulasi darah akan meningkat dan membantu mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh termasuk kulit. Selain itu, keringat yang dihasilkan selama olahraga membantu membersihkan pori-pori dan meremajakan kulit, memberikan tampilan yang segar dan bercahaya.

3. Perawatan Kulit yang Teratur dan Teliti

Perawatan Kulit yang Teratur dan TelitiPerlu Anda ketahui bahwa rahasia kulit cantik terletak pada perawatan yang teratur dan teliti. Membersihkan kulit secara rutin akan menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa makeup yang dapat menyumbat pori-pori. 

Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda, termasuk pembersih wajah, toner, serum, dan pelembap. Rutin menggunakan pelembap juga membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan. Dalam hal ini, Anda dapat memilih AYOM Skincare yang dirancang dengan bahan alami untuk membantu merawat kulit Anda tetap sehat dan awet muda.

4. Tidur Cukup untuk Pemulihan Malam Hari

Saat Anda tidur, tubuh melakukan proses regenerasi sel-sel dan perbaikan jaringan. Kurang tidur dapat menyebabkan mata bengkak, lingkaran hitam di sekitar mata, dan kulit kusam. Usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam agar tubuh Anda memiliki waktu yang cukup untuk regenerasi sel kulit yang optimal.

Baca Juga : Memahami Penyebab Kulit Kering dan Keriput di Usia Muda

5. Manajemen Stres untuk Kesehatan Kulit yang Optimal

Tahukah Anda bahwa stres dapat berdampak buruk pada kulit? Ketika Anda stres, tubuh melepaskan hormon kortisol yang dapat merusak kolagen yang merupakan protein untuk menjaga kekencangan kulit. 

Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik melalui teknik atau kegiatan relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernafasan dalam. Anda dapat menghindari tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh kerusakan kolagen dan menjaga kulit tetap awet muda.

6. Perlindungan Matahari yang Tepat

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Pastikan Anda melindungi kulit Anda dari sinar UV dengan mengenakan tabir surya setiap kali Anda keluar ruangan. 

Gunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai untuk jenis kulit Anda dan aplikasikan ulang setiap dua jam terutama saat Anda berada di daerah yang selalu terpapar sinar matahari. Menggunakan topi dan pakaian pelindung juga dapat membantu mengurangi paparan sinar matahari.

Baca Juga : 9 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Usia 40, Jadi Awet Muda!

7. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Kulit yang sehat memerlukan hidrasi yang cukup. Jangan lupa untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit dan membantu proses detoksifikasi. 

Air membantu membersihkan racun dari dalam tubuh dan membantu dalam regenerasi sel-sel kulit. Sebagai variasi, Anda bisa mencoba mengonsumsi sedikit perasan lemon atau buah-buahan segar lainnya untuk memberikan rasa yang lebih segar beberapa kali dalam seminggu.

8. Mengonsumsi Makanan dengan Antioksidan yang Tinggi

Makanan yang kaya antioksidan memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Buah-buahan beri, sayuran berwarna-warni, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan contoh makanan yang kaya antioksidan. Mengonsumsi makanan ini secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan polusi dan radikal bebas.

Baca Juga : Cara Mengencangkan Kulit Yang Keriput Secara Alami

9. Jaga Kondisi Mental dan Emosional Anda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, stres dapat memengaruhi kondisi kulit. Itu sebabnya, kesehatan mental dan emosional memiliki pengaruh besar terhadap penampilan fisik Anda. Stres kronis dan ketegangan emosional dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan inflamasi. 

Luangkan waktu untuk merawat kesehatan mental Anda melalui aktivitas yang dinikmati, seperti membaca, berkebun, atau bermain musik. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman juga dapat membantu menjaga keseimbangan emosional Anda.

10. Rawat Kulit Anda di JAC

Menjaga kesehatan kulit wajah adalah langkah penting dalam merawat penampilan dan kesejahteraan diri. Kulit yang sehat dan berseri bukan hanya menjadi daya tarik fisik, tetapi juga mencerminkan keseimbangan sel dalam tubuh dan perawatan yang Anda berikan pada diri sendiri. 

Salah satu cara efektif untuk memberikan perawatan maksimal bagi kulit Anda adalah melalui perawatan profesional di klinik kecantikan terkemuka. Di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC), Anda akan ditangani langsung oleh dokter ahli bersertifikasi untuk merawat dan memanjakan kulit Anda. 

Treatment unggulan yang dapat membantu Anda dalam upaya menjaga kulit tetap awet muda adalah Combination Treatment (Ultherapy, Botox, dan Filler Face Toning). Kombinasi treatment ini telah terbukti efektif dalam mengurangi garis-garis halus, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya yang mungkin muncul seiring berjalannya waktu.

Itu dia kebiasaan yang membuat awet muda yang bisa Anda terapkan. Melalui penerapan di atas dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat meraih kulit yang sehat, berseri, dan tetap awet muda sepanjang usia. 

Jika Anda ingin mengambil langkah lebih lanjut dalam merawat kulit Anda, Jakarta Aesthetic Clinic siap membantu Anda. Melalui berbagai treatment terbaik yang telah terbukti efektif, JAC dapat membantu Anda mencapai hasil yang optimal dalam menjaga kulit tetap awet muda. 

Dokter dan tim ahli JAC siap memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda dengan bahan yang aman dan berkualitas yang akan memberikan Anda pengalaman perawatan yang menyenangkan dan memuaskan. 

Selain Combination Treatment, JAC juga menawarkan Anti-Oxidant Infusion yang dapat menciptakan kulit cerah dan bebas noda hitam. Jadi, Anda dapat tetap nyaman meski harus beraktivitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari. Namun tetap saja, jangan lupa untuk tetap menggunakan sunscreen dan sunblock agar kulit tetap terjaga dari luar.

JAC

Jangan ragu untuk menjadwalkan konsultasi dengan JAC dan jadikan perjalanan Anda menuju kulit yang sehat dan awet muda menjadi kenyataan. Jaga kesehatan kulit Anda dengan baik dan nikmati penampilan yang lebih percaya diri.

Sumber:

  • https://www.alodokter.com/cara-awet-muda-yang-selama-ini-tidak-disadari
  • https://www.haibunda.com/moms-life/20230410201258-72-302543/11-kebiasaan-sepele-yang-membuat-awet-muda-coba-dari-sekarang-bun
  • https://kesehatan.kontan.co.id/news/17-kebiasaan-sepele-ini-bisa-bikin-wajah-awet-muda-apa-saja?page=all 
  • https://www.pureluxemedical.com/blog/8-ways-to-maintain-a-youthful-appearance 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.