Kenapa Kulit Cepat Kusam? Simak Penjelasannya

Dalam dunia perawatan kulit, pertanyaan yang sering muncul adalah kenapa kulit cepat kusam? Fenomena ini telah menjadi perhatian utama bagi banyak individu yang menginginkan kulit sehat dan cerah. Apalagi, kondisi ini sering kali mengganggu penampilan sebab kulit menjadi tidak merata dan tampak kusam. Untuk membantu mengatasi masalah ini, JAC akan membagikan informasi lengkap tentang penyebab kulit cepat kusam, solusi, dan cara mencegahnya. Jadi, pastikan Anda membaca artikel berikut ini hingga akhir untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya.

Penyebab Kulit Cepat Kusam

Penyebab Kulit Cepat KusamKulit yang mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap seringkali menjadi perhatian utama bagi banyak individu. Untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif, mari simak ulasan beberapa penyebab kulit cepat kusam di bawah ini:

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari merupakan faktor umum penyebab kulit kusam yang dialami sebagian besar orang. Hal ini karena sinar ultraviolet (UV) yang diterima kulit dapat merangsang produksi melanin atau pigmen yang memberikan warna pada kulit. Jika terlalu banyak paparan sinar matahari tanpa perlindungan, maka dapat memicu hiperpigmentasi yang ditandai dengan warna kulit yang lebih gelap, bahkan bisa merusak DNA sel kulit.

2. Kebiasaan Merokok

Selain dampak kesehatan yang merugikan, merokok juga dapat berdampak pada kesehatan kulit. Asap rokok mengandung zat-zat kimia yang merusak kolagen dan elastin sebagai protein yang menjaga kekenyalan kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan terhadap perubahan warna, dan pigmentasi yang tidak diinginkan pun muncul.

3. Polusi Udara

Polusi udara dengan partikel-partikel mikroskopisnya dapat menempel pada kulit dan mengakibatkan iritasi. Zat-zat kimia di dalamnya juga dapat memicu produksi melanin sehingga menyebabkan kulit kusam. Apalagi, ditambah dengan adanya senyawa-senyawa berbahaya dalam udara semakin mendorong timbulnya berbagai dampak negatif dari polusi udara pada kesehatan kulit secara keseluruhan.

4. Melasma

Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan munculnya bercak gelap pada wajah. Faktor-faktor seperti hormon, paparan sinar matahari, dan faktor genetik dapat menjadi penyebab dari kondisi kulit yang satu ini. Kulit yang mengalami melasma biasanya cenderung kusam, terutama pada area wajah seperti pipi, dahi, dan bibir atas.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Wajah Keriput dan Kusam?

Tips Mencegah Pencoklatan Kulit

Tentunya, Anda menginginkan kulit yang sehat dengan warna kulit yang lebih cerah. Kulit yang lebih gelap akibat faktor-faktor di atas biasanya akan tampak kusam dan warna kulit tidak merata di beberapa bagian. Berikut adalah tips yang dapat Anda terapkan dalam rutinitas perawatan kulit:

1. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Tabir surya bukan hanya produk tambahan untuk hari-hari saat Anda berada di pantai. Namun, penggunaan tabir surya setiap hari, bahkan ketika cuaca mendung atau Anda beraktivitas di dalam ruangan.  Jadi, mulai sekarang, jangan lupa untuk selalu gunakan sunscreen untuk wajah dan sunblock atau body lotion dengan SPF pada badan untuk mencegah pencoklatan kulit. Pasalnya, sinar UV juga dapat menembus kaca dan mendukung proses penuaan kulit serta hiperpigmentasi. Pilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan aplikasikan secara merata pada wajah dan bagian tubuh yang terpapar matahari.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Menghindari paparan sinar matahari langsung pada puncaknya adalah salah satu langkah terbaik untuk mencegah kulit Anda kusam. Jika memungkinkan, hindari berada di luar ruangan antara pukul 10 pagi hingga 4 sore karena waktu ini adalah ketika intensitas sinar UVB dan UVA paling tinggi. Jika harus keluar ruangan, maka gunakan payung atau topi lebar untuk memberikan perlindungan tambahan pada wajah dan tubuh Anda.

3. Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Asupan makanan yang kaya antioksidan dapat memberikan perlindungan internal terhadap efek merusak radikal bebas pada kulit. Buah-buahan dan sayuran berwarna-warni seperti blueberry, strawberry, wortel, dan bayam mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Keduanya dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan polusi udara.

4. Gunakan Produk Perawatan Kulit dengan Kandungan Tertentu

Dalam mencegah kulit cepat kusam, rawat dengan produk yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, niacinamide, atau asam alfa hidroksi (AHA). Vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi produksi melanin, sementara niacinamide memiliki efek anti-inflamasi dan AHA membantu eksfoliasi kulit, mengangkat sel mati yang dapat menyebabkan kulit tampak kusam.

Baca Juga : 5 Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda dan Tips Mengatasinya

Solusi Mengatasi Pencoklatan Kulit

Solusi Mengatasi Pencoklatan Kulit Pencoklatan kulit dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu penampilan, tetapi dengan cara perawatan yang tepat, Anda dapat mengatasi dan memperbaiki kondisi kulit yang kusam. Simak beberapa solusi efektif untuk mengatasi pencoklatan kulit berikut ini:

1. Gunakan Produk Pencerah Kulit yang Aman

Untuk mengatasi kulit yang gelap akibat paparan matahari, polusi, asap rokok, dan faktor eksternal lainnya, cari produk perawatan tubuh dan wajah yang mengandung bahan-bahan seperti kojic acid, arbutin, retinoid, glycolic acid, atau ekstrak licorice Bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi produksi melanin, menghilangkan bercak gelap, dan meratakan warna kulit secara keseluruhan. Pastikan untuk melakukan uji coba kecil pada sebagian kecil kulit sebelum penggunaan rutin untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

2. Rutin Melakukan Eksfoliasi Kulit

Perlu Anda ketahui bahwa eksfoliasi kulit secara teratur merupakan langkah penting dalam mengatasi pencoklatan kulit. Sebab, eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan lebih gelap.  Untuk melakukannya, gunakan scrub yang mengandung butiran halus untuk menghindari iritasi atau produk eksfoliasi dengan bahan aktif tertentu. Rutin melakukan eksfoliasi juga dapat merangsang regenerasi sel kulit baru, sehingga memberikan kulit tampilan yang lebih segar dan cerah.

3. Perawatan Kulit di Klinik Kecantikan

Jika pencoklatan kulit Anda membutuhkan penanganan lebih intensif, pertimbangkan untuk menjalani perawatan kulit di klinik kecantikan. Beberapa opsi yang dapat dipertimbangkan meliputi:

  • Chemical Peels

Prosedur ini melibatkan penggunaan larutan kimia untuk mengelupas lapisan atas kulit, membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, dan mempercepat regenerasi kulit baru.

  • Antioxidant Infusion

Metode ini dilakukan dengan prosedur infus selama beberapa menit untuk memasukkan cairan antioksidan yang dirancang khusus untuk mencerahkan kulit. Di JAC, antioxidant infusion dilakukan dengan gabungan vitamin C, vitamin B kompleks, dan antioksidan lainnya yang tentunya aman.

4. Perubahan Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa perawatan kulit bukan hanya tentang produk luar, tetapi juga melibatkan perubahan gaya hidup. Aspek-aspek seperti asupan air yang cukup, konsumsi makanan bergizi, dan tidur yang cukup dapat memberikan dampak positif pada kesehatan kulit. Selain itu, mulai hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan yang dapat memperburuk kondisi kulit dan memperlambat proses regenerasi.  Sekarang, Anda sudah lebih memahami kenapa kulit cepat kusam dan bisa menentukan langkah pencegahan serta perawatan kulit yang lebih efektif. Penting untuk selalu memberikan perhatian khusus terhadap faktor-faktor penyebab pencoklatan kulit, mulai dari paparan sinar matahari hingga kebiasaan merokok. 

JAC

 Lewat langkah-langkah pencegahan dan solusi yang telah dibahas sebelumnya, Anda dapat meraih kulit yang sehat dan cerah bebas kusam. Jika ingin hasil cerah yang lebih maksimal dan mengembalikan warna kulit lebih cepat, Anda bisa langsung saja menjadwalkan kedatangan di JAC untuk peeling, baby gloss, dan antioxidant infusion Ditangani langsung oleh dokter ahli bersertifikasi, seluruh prosedur treatment di JAC dapat dipastikan aman dan hasilnya pun maksimal. Tunggu apalagi? Ciptakan penampilan yang lebih maksimal dan sehat bersama JAC sekarang juga! Sumber:

  • https://www.mountsinai.org/health-library/symptoms/skin-abnormally-dark-or-light 
  • https://www.healthline.com/health/hyperpigmentation#outlook
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323808#treatment
  • https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-causes-of-skin-discoloration
  • https://medlineplus.gov/ency/article/003242.htm 
  • https://olay.co.uk/skin-care-tips/dark-spots-and-hyperpigmentation/how-to-reduce-hyperpigmentation 
  • Thawabteh, A. M., Jibreen, A., Karaman, D., Thawabteh, A., & Karaman, R. (2023). Skin Pigmentation Types, Causes and Treatment—A Review. Journal Molecules, 28(12). https://doi.org/10.3390/molecules28124839
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

Maret 28, 2024
11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

Maret 28, 2024
10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

Maret 28, 2024

Comments are closed.