Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kendur Setelah Berat Badan Turun

Penurunan berat badan yang signifikan sering kali membawa kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. Namun, salah satu tantangan yang sering dihadapi setelah pencapaian tersebut adalah kulit kendur setelah berat badan turun. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi penampilan fisik, tetapi juga dapat berdampak pada kepercayaan diri Anda.

Memahami penyebab dan faktor-faktor yang memengaruhi kulit kendur setelah penurunan berat badan adalah langkah pertama untuk mengatasinya. Dalam artikel ini, JAC akan membahas secara mendalam mengapa kulit bisa menjadi kendur setelah kehilangan berat badan, faktor-faktor yang memengaruhinya, serta berbagai cara efektif untuk mengencangkan kembali kulit Anda. Simak selengkapnya di bawah ini.

Mengapa Kulit Kendur Setelah Berat Badan Turun?

Penurunan berat badan merupakan pencapaian yang patut diapresiasi, namun sering kali dibarengi dengan munculnya masalah kulit kendur. Kendur pada kulit adalah kondisi di mana kulit kehilangan elastisitasnya dan tidak bisa kembali kencang seperti sebelum penurunan berat badan. Hal ini tentunya dapat memengaruhi kepercayaan diri dan kenyamanan Anda. 

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia yang terdiri dari tiga lapisan utama: epidermis (lapisan luar), dermis (lapisan tengah), dan hipodermis (lapisan terdalam). Setiap lapisan memiliki peran yang spesifik. 

Epidermis bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari elemen luar, sementara dermis mengandung kolagen dan elastin yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Sedangkan hipodermis, atau lapisan lemak subkutan, berfungsi sebagai penyimpan lemak yang memberikan bantalan dan isolasi.

Saat Anda mengalami penambahan berat badan, kulit akan mengembang untuk mengakomodasi peningkatan volume tubuh. Proses ini terjadi secara bertahap sehingga kulit memiliki waktu untuk meregang. 

Namun, ketika berat badan turun secara drastis, terutama dalam waktu singkat, kulit tidak memiliki cukup waktu untuk menyesuaikan diri dan kembali ke bentuk semula. Hal ini karena kolagen dan elastin yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit telah rusak atau berkurang selama periode penambahan berat badan.

Baca Juga:  4 Tips Menguruskan Badan untuk Anda yang Hobi Makan

Faktor Penyebab Kulit Kendur Setelah Berat Badan Turun

Agar memahami lebih jelas mengapa bisa kulit kendur setelah berat badan turun, penting untuk mengetahui bagaimana kulit bekerja dan faktor-faktor apa saja yang berkontribusi pada kondisi ini. Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini:

1. Jumlah Berat Badan Turun

Salah satu faktor utama kulit menjadi kendur adalah karena penurunan drastis pada jumlah lemak yang disimpan di lapisan hipodermis. Ketika tubuh kehilangan lemak, volume yang sebelumnya diisi oleh lemak tersebut tidak bisa segera diisi oleh otot atau jaringan lainnya, sehingga meninggalkan ruang kosong di bawah kulit yang menyebabkan kulit tampak kendur.  Penurunan berat badan yang lebih dari 45 kg biasanya akan menyebabkan lebih banyak kulit kendur dibandingkan dengan penurunan berat badan yang lebih sedikit.

2. Usia

Usia merupakan faktor penting dalam elastisitas kulit. Semakin tua usia Anda, semakin sedikit kolagen dan elastin yang diproduksi oleh tubuh. Kolagen dan elastin sendiri merupakan dua protein utama yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Oleh karena itu, orang yang lebih tua biasanya akan mengalami lebih banyak kulit kendur setelah penurunan berat badan dibandingkan dengan orang yang lebih muda.

3. Jangka Waktu Kelebihan Berat Badan

Pada praktiknya, semakin lama Anda mengalami kelebihan berat badan, semakin lama kulit berada dalam kondisi teregang. Akibatnya, serat kolagen dan elastin mungkin telah mengalami kerusakan yang signifikan, membuat kulit lebih sulit untuk kembali ke bentuk semula setelah berat badan turun.

Baca Juga: Cek Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Efektif

4. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit. Sinar ultraviolet (UV) dari matahari mempercepat proses penuaan kulit serta menyebabkan kerutan dan kehilangan elastisitas. Orang yang sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang memadai lebih cenderung mengalami kulit kendur setelah penurunan berat badan.

5. Pola Hidup yang Kurang Baik

Perlu diketahui bahwa kebiasaan hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan diet yang buruk, dapat mempercepat kerusakan kulit. Merokok mengurangi aliran darah ke kulit, sehingga mengurangi suplai oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat. Pola makan yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting yang diperlukan untuk produksi kolagen dan elastin, seperti vitamin C dan protein.

6. Hormonal dan Genetik

Faktor hormonal juga memengaruhi elastisitas kulit. Hormon seperti estrogen membantu menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Pada wanita, penurunan kadar estrogen selama menopause bisa memperburuk kondisi kulit kendur. Selain itu, faktor genetik juga berperan penting. Jika orang tua memiliki kulit yang cenderung kendur setelah penurunan berat badan, Anda mungkin juga akan mengalami hal yang sama.

Cara Mengatasi Kulit Kendur Setelah Berat Badan Turun

Perlu diingat bahwa kulit kendur setelah penurunan berat badan bukanlah masalah yang tidak bisa diatasi. Jika telah mengetahui faktor dan penyebabnya, Anda bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kulit kendur. Berikut beberapa cara mengatasi kulit kendur setelah berat badan yang bisa dicoba:

1. Olahraga Teratur

Olahraga teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kulit kendur. Latihan kekuatan, seperti angkat beban, dapat membantu membangun otot di bawah kulit yang kendur, sehingga memberikan penampilan yang lebih kencang. Selain itu, olahraga meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu mengantarkan nutrisi ke kulit dan merangsang produksi kolagen.

2. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Khusus untuk Merangsang Kolagen

Diet yang kaya akan nutrisi tertentu dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Protein, vitamin C, dan asam lemak omega-3 adalah beberapa nutrisi yang penting untuk kulit. Makanan seperti ikan, telur, buah jeruk, dan sayuran berdaun hijau dapat membantu menjaga kulit Anda tetap kencang dan elastis. Bila perlu, suplemen kolagen juga dapat menjadi pilihan untuk mendukung kesehatan kulit dari dalam.

Baca Juga: Beberapa Perawatan Kulit Badan Yang Mudah Dilakukan

3. Terhidrasi

Memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan kulit. Pasalnya, air membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Minum cukup air setiap hari dapat membantu kulit Anda tampak lebih kencang dan kenyal. Selain itu, konsumsi makanan yang tinggi kandungan air, seperti buah-buahan dan sayuran, juga dapat membantu menjaga hidrasi kulit.

4. Gunakan Produk Perawatan Khusus untuk Mengencangkan

Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk mengencangkan kulit. Cari produk yang mengandung retinoid, vitamin C, dan peptida yang diketahui dapat merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Penggunaan rutin produk-produk ini dapat membantu mengurangi tampilan kulit kendur.

5. Konsultasikan ke Dokter Ahli

Jika kulit kendur setelah penurunan berat badan sangat mengganggu, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter ahli. Para dokter ahli dapat memberikan berbagai opsi perawatan, mulai dari prosedur non-invasif hingga operasi pengencangan kulit. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan tentunya akan dipilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Menjaga kulit tetap kencang setelah penurunan berat badan memang membutuhkan usaha dan waktu. Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang penyebab dan faktor yang memengaruhi kulit kendur setelah berat badan turun, serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasinya, Anda bisa mencapai penampilan yang lebih kencang dan percaya diri.

Jangan biarkan kulit kendur mengurangi rasa percaya diri Anda, sebab ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda mencari solusi lebih lanjut untuk kulit kendur setelah berat badan turun, pertimbangkan untuk konsultasi dengan dokter ahli dari JAC.

Salah satu metode yang efektif adalah melalui ultherapy treatment, sebuah perawatan non-invasif yang dapat membantu mengencangkan kulit. Ultherapy Treatment di JAC telah terbukti ampuh untuk mengencangkan kulit sebab dilakukan dengan teknologi Micro Focus Ultrasound

Melalui bantuan profesional yang telah bersertifikasi, Anda bisa mencapai hasil yang diinginkan dan mendapatkan kembali kulit yang lebih kencang dan sehat. Tunggu apalagi? Kunjungi JAC sekarang juga dan maksimalkan kepercayaan diri Anda.

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/loose-skin-after-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_3

https://www.verywellhealth.com/how-to-tighten-skin-after-weight-loss-5101107#:~:text=What%20Causes%20Loose%20Skin%20After,a%20dramatic%20change%20in%20size.&text=After%20weight%20loss%2C%20your%20skin,return%20to%20its%20original%20shape

Kreidstein, Michael L. M.D. (2005). EXCESS SKIN FOLLOWING WEIGHT LOSS: CUTIS PLEONASMUS. Plastic and Reconstructive Surgery 115(3):p 977, March 2005. | DOI: https://doi.org/10.1097/01.PRS.0000153827.35991.D7 

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.