Manfaat Argan Oil untuk Wajah, Rahasia Kecantikan Wanita Maroko

manfaat argan oil untuk wajah

Banyak sekali minyak alami yang bisa digunakan untuk merawat wajah kita, salah satunya minyak argan atau argan oil. Manfaat argan oil untuk wajah pun sudah tidak diragukan lagi lantaran banyak kandungan yang bermanfaat di dalamnya. Dalam dunia kecantikan, minyak argan disebut juga ‘liquid gold’ lantaran manfaatnya yang berlimpah untuk perawatan.

Minyak argan ini diekstrak dari biji buah pohon argan yang hanya tumbuh di Pegunungan Atlas, Maroko. Itulah alasan ‘cairan emas’ ini dipasarkan juga dengan nama minyak Maroko (Moroccan Oil).

Penggunaan minyak argan sebagai produk skincare memang baru dikenal di dunia beberapa dekade yang lalu. Faktanya, wanita suku Berber yang hidup di Afrika Utara, termasuk Maroko, sudah menggunakan argan oil sejak tahun 600 SM sebagai bagian dari skincare routine mereka. Tak hanya wajah, mereka juga menggunakannya untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut bahkan kuku yang mana akan berkilau.

Mengenal Manfaat Minyak Argan (Argan Oil) untuk Wajah

Tak heran minyak argan menjadi rahasia kecantikan wanita yang tinggal di daerah tersebut, terlepas dari cuaca panas dan matahari yang selalu menyengat. Berikut ini adalah manfaat minyak argan untuk wajah yang menjadi andalan mereka.

1. Melembabkan Kulit Kering, Terutama Bibir

Cuaca yang panas dan beraktivitas di bawah sinar matahari pasti membuat wajah terasa kering dan kasar. Minyak argan memiliki kandungan bahan alami seperti vitamin E dan asam lemak, terdiri dari oleic acid dan linoleic acid, memiliki khasiat melembapkan rambut, kulit, hingga bibir yang kering.

Kedua zat tersebut adalah kandungan yang banyak ditemukan dalam argan oil. Tak hanya itu, antioksidan yang terdapat di dalamnya bisa mengobati penyakit eczema pada kulit.

Bagian wajah yang paling rentan kering adalah bibir, dan minyak argan bisa juga berfungsi sebagai pelembab berkat kandungan vitamin E di dalamnya. Bibir yang pecah-pecah pun, Anda cukup mengoleskan minyak argan sehingga kembali lembut dan sehat. 

Gunakan minyak argan pada bibir dan biarkan hingga semalam. Keesokan harinya, Anda akan bangun dengan bibir yang lebih sehat.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat

2. Memaksimalkan Penggunaan Skincare

Tak ada salahnya menggunakan argan oil sebagai bagian dari skincare routine Anda, karena bisa membantu menyerap produk skincare lainnya, seperti toner, serum, krim dan lain-lain. 

Minyak argan kaya akan oleic acid yang bisa meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit wajah. Karena itu, gunakan argan oil untuk meningkatkan kelembaban wajah Anda. Caranya, teteskan 1-2 tetes minyak argan setelah menggunakan pelembab harian.

Bila Anda adalah orang yang sering bepergian dengan pesawat, tips ini harus diingat mengingat udara di pesawat membuat kulit terasa kering. Kulit yang kering dan tidak terhidrasi akan susah menyerap produk skincare lainnya yang digunakan.

3. Memperlambat Penuaan

Tua itu pasti, namun tampil cantik adalah keharusan. Inilah keajaiban argan oil yang lain, yaitu bisa memperlambat munculnya keriput.

Kandungan asam lemak omega dalam minyak ini bisa membantu memperkuat jaringan kulit, sehingga kemunculan keriput bisa dihindari. Untuk mendapatkan manfaat ini, carilah produk skincare yang memiliki bahan argan oil dan ceramides. Alasannya, kedua bahan itu akan menghasilkan kombinasi yang luar biasa dalam memperlambat penuaan.

4. Mengobati Jerawat

Kulit yang sensitif dan sering muncul jerawat pun bisa diatasi dengan argan oil. Sifatnya yang anti-inflammatory membuat minyak ini aman digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Penyebab utama munculnya jerawat di wajah bukanlah wajah yang berminyak, melainkan wajah yang kering dan mudah mengalami peradangan. Jadi, jangan khawatir karena minyak argan memang benar-benar aman digunakan. Kandungan linoleic acid di dalamnya bisa mengurangi peradangan, menghaluskan kulit dan meningkatkan kelembabannya.

Minyak argan juga bersifat non-comedogenic, jadi tidak menghambat pori-pori pada wajah. Kemunculan komedo dan jerawat pun berkurang, serta kadar minyak pada wajah pun seimbang.

5. Mengobati Luka di Wajah

Saat kulit wajah mengalami luka, gunakan saja argan oil untuk membantu dalam proses penyembuhan luka dan menghilangkan bekasnya. Minyak argan mengandung antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya yang akan membantu meregenerasi sel baru dan mengurangi tumbuhnya radikal bebas di kulit.

Gunakan saja minyak argan setiap hari dan Anda akan mendapatkan bekas luka yang perlahan-lahan menghilang.

6. Mencegah Peradangan pada Bagian Mata

Mata adalah bagian wajah yang paling sensitif lantaran kulit di sekitarnya yang tipis, tak heran ada produk pembersih make up dan krim khusus untuk mata. Kabar bagusnya, Anda bisa mengaplikasikan minyak argan untuk mengurangi peradangan dan bengkak di mata. 

7. Mengatasi Kering dan Gatal

Argan oil sangat baik untuk kulit yang kering atau mengalami gatal akibat iritasi. Ini membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan.

8. Meratakan Warna Kulit

Argan oil dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi noda atau hiperpigmentasi. Hal ini dikarenakan pada minyak argan terdapat senyawa tokoferol yang berasal dari vitamin E yang dapat membantu meghambat produksi pigmen yang berlebih.

9. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kandungan vitamin E dalam argan oil membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menjadikan kulit wajah terlihat lebih cerah dan sehat.

10. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar matahari

Seorang wanita Maroko telah menggunakan minyak argan sejak lama untuk melindungi kulitnya dari kerusakan akibat sinar matahari. Sebuah studi menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam minyak argan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari.

JAC

Aplikasikan beberapa tetes minyak argan di kelopak mata bagian atas dan bawah. Kemudian, pijat dengan gerakan melingkar secara lembut agar minyaknya menyerap dan bekerja memperbaiki kulit.Kesimpulannya, kandungan antioksidan, oleic dan linoleic acid, serta vitamin E membuat manfaat argan oil untuk wajah semakin dicari oleh para pengguna skincare. Mulai dari melembabkan kulit hingga mengatasi peradangan, itulah kegunaan argan oil yang bisa kita dapatkan. Apabila Anda ingin melakukan perawatan wajah dengan bantuan dokter, gunakan saja prosedur Anti-Oxidant Infusion dari Jakarta Aesthetic Clinic ini. Anda akan mendapatkan kulit yang cerah dan bebas dari noda hitam selepas melakukan perawatan di JAC. Hubungi kami segera untuk booking waktu perawatan sekarang juga!

Sumber:

https://www.oprahdaily.com/beauty/skin-makeup/a26996752/argan-oil-benefits/

https://www.isabellasclearly.com/blog/is-argan-oil-a-miracle-oil-for-skin-and-hair-13-benefits

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.