Inilah Manfaat Botox Rahang yang Perlu Anda Ketahui

manfaat botox rahang

Rahang adalah salah satu bagian dari wajah yang punya fungsi cukup penting, yaitu untuk mengunyah makanan. Dari segi penampilan, rahang juga bisa menjadi poin penting yang diperhatikan banyak orang. Untuk bisa menjaga agar penampilannya tetap bagus, Anda bisa melakukan botox rahang atau biasa juga disebut dengan nama masseter botox. Mari kita mengenal dengan lebih dekat prosedur kecantikan dan kesehatan yang akan bisa memberikan Anda rahang yang terlihat seimbang. Cari tahu manfaat botox rahang di sini.

Manfaat Botox Rahang

Masseter adalah salah satu otot di area rahang yang membantu kita untuk bisa menggerakkan rahang dalam gerakan mengunyah. Otot ini terletak pada sisi wajah Anda dan terhubung dengan tulang pipi serta tulang rahang bawah.

Botox pada bagian otot masseter ini biasanya digunakan untuk:

  • Mengelola kondisi gigi
  • Mengurangi ketegangan pada rahang
  • Mengurangi rasa sakit
  • Menghilangkan sakit kepala
  • Membentuk rahang persegi
  • Menciptakan bentuk wajah yang seimbang

Perawatan menggunakan toksin botulinum akan memblokir sementara sinyal saraf di masseter. Akibatnya, otot tidak bisa bergerak. Masseter memberikan volume dan bentuk yang penuh pada sisi rahang. Hal ini menghasilkan tampilan sepertiga bagian bawah yang lebar dari wajah dan sudut rahang atau berperan untuk meniruskan wajah. 

Dengan merelaksasi masseter menggunakan botox, otot tidak dapat bekerja seperti biasanya dan bisa menyebabkan volumenya berkurang. Efek dari prosedur ini membutuhkan waktu 4 hingga 6 minggu untuk dapat terlihat dan akan bisa bertahan selama 4 hingga 6 bulan. Tujuan dalam hal estetis adalah bisa untuk mendapatkan hasil lancip pada garis rahang secara alami dan meningkatkan penampilan serta rasa percaya diri Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Lemak di Dagu?

Prosedur Botox Rahang

Prosedur penyuntikan botox pada rahang merupakan tindakan yang relatif sederhana karena tidak melibatkan proses pembedahan. Sebelum melaksanakan prosedur ini, dokter akan melakukan anamnesis atau wawancara medis untuk memahami secara menyeluruh riwayat kesehatan pasien. Langkah-langkah prosedur botox rahang melibatkan:

1. Sebelum Prosedur

Sebelum mendapatkan botox rahang ini, Anda harus mengikuti konsultasi dengan profesional medis. Ada berbagai pertanyaan yang akan bisa membantu Anda memahami apa yang akan terjadi ketika menjalani hal ini. Proses pemeriksaan pada  rahang dan wajah juga dilakukan. Hal Ini juga memungkinkan mereka untuk menentukan tempat suntikan dan berapa banyak jarum suntik yang dibutuhkan.

2. Selama Prosedur

Inilah yang dapat Anda harapkan selama prosedur:

  1. Profesional medis akan membersihkan kulit Anda untuk mengurangi risiko infeksi. Anestesi topikal akan digunakan untuk mematikan rasa di area tersebut.
  2. Jarum suntik dengan toksin botulinum akan dipersiapkan
  3. Jarum akan disuntikan ke otot masseter Anda. 
  4. Prosedur akan diulang pada sisi lain. Jumlah jarum suntik yang diperlukan tergantung pada hasil konsultasi
  5. Prosedur ini biasanya berlangsung selama 15 menit.

3. Setelah Perawatan

Setelah perawatan, Anda dapat kembali beraktivitas seperti biasa tanpa adanya waktu pemulihan yang terlalu lama. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama proses ini, yakni :

  • Hindari menggosok area yang dirawat
  • Hindari memberi tekanan pada area yang dirawat
  • Olahraga secara berlebihan

Tindakan ini dapat menyebarkan racun ke bagian lain dari wajah Anda. Anda bisa melihat hasil penuh dalam waktu sekitar 1 minggu. Beberapa orang mulai melihat hasilnya dalam 1 hingga 3 hari. Hasil dari botox hanya bersifat sementara, biasanya bertahan 3 hingga 4 bulan. Jika Anda ingin mempertahankan hasilnya, maka perawatan dan prosedur secara berkala akan diperlukan demi menjaga penampilan Anda.

Baca Juga : Selain Biaya Botox Ketiak, Ketahui Juga Fungsi dan Efek Sampingnya!

Efek Samping Botox Rahang

Walaupun suntik botox pada rahang dianggap sebagai prosedur yang relatif aman, terdapat beberapa komplikasi dan efek sampingnya yang berpotensi akan muncul , antara lain:

  • Pembengkakan, memar, atau sensasi nyeri di area yang telah disuntik.
  • Kesulitan mengunyah atau berbicara ketika otot rahang sedang mengendur.
  • Kelopak mata yang turun atau alis mata yang turun pada satu sisi.
  • Timbulnya rasa sakit kepala.
  • Perubahan bentuk bibir sehingga terlihat miring pada satu sisi.
  • Terjadinya reaksi alergi terhadap zat botox, meskipun kejadian ini jarang terjadi.

Itulah informasi mengenai pengertian dan manfaat botox rahang yang bisa membantu Anda memahaminya. Semoga informasi ini bisa berguna nantinya. Jika Anda memilih untuk melakukan prosedur ini, maka Jakarta Aesthetic Clinic menyediakan Anti-Wrinkle Injection yang bisa membantu Anda. Dengan penanganan para dokter ahli kami yang bersertifikat, terapi ini disesuaikan untuk setiap pasien, sehingga memberikan hasil yang realistis, dan natural. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan lakukan konsultasi sekarang juga di sini.

JAC

Sumber:

https://www.healthline.com/health/masseter-botox#procedure

https://www.byrdie.com/botox-for-teeth-grinding#benefits-of-jaw-botox

https://www.8medicalaesthetic.com/blog/8-things-you-must-know-about-botox-for-v-line-jaw-slimming/

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.