Ketahui 4 Manfaat Filler Wajah Untuk Tampil Muda dan Berseri Kembali

Apakah Anda sudah mengetahui manfaat filler wajah yang luar biasa? Dalam upaya untuk menjaga penampilan yang muda dan segar, banyak orang mencari solusi non-bedah yang efektif. Salah satu solusi yang semakin populer adalah filler wajah, dengan kemampuannya untuk mengisi kerutan, meningkatkan volume, dan memberikan hasil alami.

Prosedur filler ini juga banyak digunakan untuk mengurangi tanda penuaan dini sebab cukup efektif untuk mengembalikan volume pada wajah. Dalam artikel kali ini, JAC akan berbagi informasi lengkap seputar filler wajah. Jadi pastikan untuk membacanya hingga akhir.

Apa Itu Filler Wajah?

Filler wajah adalah salah satu prosedur non-bedah yang digunakan untuk memperbaiki volume dan bentuk wajah. Filler wajah umumnya terbuat dari bahan-bahan yang aman dan terkadang mirip dengan zat yang secara alami ada dalam tubuh kita. 

Tujuan utama dari filler wajah adalah mengisi kerutan, lipatan, atau area yang kehilangan volume pada wajah, sehingga memberikan penampilan yang lebih muda dan segar. Prosedur ini dilakukan oleh profesional medis terlatih dan biasanya dilakukan di klinik atau salon kecantikan yang tepercaya.

Prosedur filler wajah biasanya melibatkan penyuntikan bahan filler ke lapisan dalam kulit menggunakan jarum yang halus. Dalam beberapa kasus, sebelum penyuntikan dilakukan, area yang akan diisi dengan filler dapat di anestesi lokal untuk mengurangi ketidaknyamanan. 

Proses ini biasanya relatif cepat dan tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama. Namun, setiap individu mungkin memiliki tingkat sensitivitas dan pemulihan yang berbeda. Efek filler wajah umumnya terlihat langsung setelah prosedur, meskipun hasil akhir mungkin membutuhkan waktu beberapa hari atau minggu untuk berkembang sepenuhnya. 

Keuntungan dari filler wajah adalah mereka dapat memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan prosedur bedah plastik yang umumnya memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama. Selain itu, filler wajah juga dapat memberikan hasil yang lebih alami, karena mereka mengisi area yang membutuhkan perbaikan tanpa mengubah ekspresi wajah secara keseluruhan.

Baca Juga : Pahami Perbedaan Filler dan Silikon, Sesuaikan Kebutuhanmu!

Jenis-Jenis Filler Wajah

Jenis-Jenis Filler WajahAda beberapa jenis filler wajah yang tersedia, masing-masing memiliki karakteristik dan manfaatnya sendiri. Berikut adalah beberapa jenis filler wajah yang umum digunakan:

1. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid merupakan salah satu jenis filler wajah yang paling umum digunakan. Hyaluronic acid adalah zat yang secara alami ada dalam tubuh dan bertindak sebagai pelembap dan penyimpan air pada kulit. Filler wajah berbasis hyaluronic acid dapat membantu mengisi kerutan, meningkatkan volume pipi yang kurang berisi, dan memperbaiki bentuk bibir. 

Keuntungan dari hyaluronic acid adalah efeknya dapat dibalik jika terdapat ketidaksempurnaan atau jika hasilnya tidak memuaskan. Beberapa merk terkenal dari filler wajah berbasis hyaluronic acid adalah Restylane, Juvéderm, dan Belotero.

2. Fat Grafting

Fat grafting atau disebut juga autologous fat transfer, adalah prosedur di mana lemak diambil dari bagian tubuh lain, seperti perut atau paha, dan disuntikkan ke area wajah yang membutuhkan volume tambahan. Filler wajah ini memiliki keuntungan karena menggunakan jaringan tubuh sendiri, sehingga risiko alergi atau penolakan jauh lebih rendah.

Fat grafting juga dapat memberikan hasil yang tahan lama, karena lemak yang disuntikkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Namun, prosedur ini biasanya memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan filler wajah lainnya, karena melibatkan pengambilan lemak melalui prosedur liposuction terlebih dahulu.

3. Collagen Stimulator Soft Tissue Filler

Collagen stimulator adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut perawatan wajah berbasis bahan-bahan seperti kalsium hidroksiapatit, poli-L-laktat, atau polimetilmetakrilat. Collagen stimulator dapat membantu mengisi kerutan, melunakkan lipatan, dan meningkatkan volume pada area yang kehilangan elastisitas. 

Setiap jenis collagen stimulator memiliki karakteristik dan tingkat ketahanan yang berbeda-beda. Misalnya, kalsium hidroksiapatit, yang umumnya digunakan dalam treatment collagen stimulator yang dapat memberikan efek tahan lama karena memiliki kemampuan merangsang produksi kolagen. Namun, pemilihan jenis collagen stimulator yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit setiap individu.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dengan Mudah

Manfaat Filler Wajah

Manfaat Filler WajahFiller wajah memiliki berbagai manfaat yang membuatnya populer di kalangan mereka yang ingin memperbaiki penampilan wajah mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari filler wajah:

1. Memperbaiki Kerutan dan Lipatan

Filler wajah dapat mengisi dan meratakan kerutan atau lipatan yang muncul akibat proses penuaan. Kerutan di sekitar mulut, hidung, dan dahi dapat dikurangi dengan mengisi area tersebut dengan filler wajah yang tepat. 

Hal ini memberikan tampilan yang lebih halus dan lebih muda pada wajah. Selain itu, filler wajah juga dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti paparan sinar matahari dan merokok.

2. Meningkatkan Volume Pipi dan Rampingkan Kontur Wajah

Kehilangan volume pada pipi dapat membuat wajah terlihat cekung dan tampak kurang berisi. Dengan menggunakan filler wajah, volume pipi dapat dipulihkan, memberikan wajah tampilan yang lebih penuh dan lebih muda. 

Selain itu, filler wajah juga dapat membantu merampingkan kontur wajah yang tidak simetris atau tidak proporsional. Jadi, filler wajah dapat menciptakan tampilan wajah yang lebih seimbang dan harmonis.

Baca Juga : 7 Bentuk Bibir Ideal dan Tips Merawatnya

3. Memperbaiki Bentuk Bibir

Bibir yang tipis atau kurang berdefinisi dapat diperbaiki dengan filler wajah. Filler wajah dapat memberikan volume dan bentuk yang diinginkan pada bibir, memberikan tampilan yang lebih penuh, sensual, dan lebih muda. Proses pengisian filler pada bibir harus dilakukan dengan hati-hati dan oleh profesional medis terlatih untuk mencapai hasil yang alami dan proporsional.

4. Memberikan Efek Rejuvenasi

Filler wajah dapat memberikan efek rejuvenasi pada wajah dengan memperbaiki volume dan kekencangan kulit yang hilang seiring dengan proses penuaan. Prosedur mengisi area yang kehilangan volume pada area tertentu ini dapat membuat wajah dapat terlihat lebih segar, lebih muda, dan lebih bercahaya. Efek rejuvenasi ini akan sangat terlihat pada area pipi, rahang, dan area di sekitar mata.

Selain manfaat-manfaat di atas, filler wajah juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kepuasan diri seseorang terhadap penampilannya. Melalui perbaikan yang halus dan alami pada wajah, filler dapat menghasilkan perubahan yang signifikan pada penampilan seseorang tanpa perlu melalui prosedur bedah yang lebih invasif.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap prosedur medis memiliki risiko dan efek samping tertentu. Beberapa efek samping yang mungkin timbul setelah prosedur filler wajah adalah pembengkakan, kemerahan, gatal, atau memar pada area yang diisi. 

JAC-Face-Procedure-scaled

Efek samping ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Meski demikian, sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur filler wajah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter ahli yang bersertifikasi dan tentunya kompeten seperti di JAC. 

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda merasa penasaran dan ingin mencoba Soft Tissue Filler? JAC punya solusinya. Selain dilengkapi dengan dokter ahli yang tentunya telah tersertifikasi dan berpengalaman di bidangnya, JAC juga menggunakan bahan dengan profil keamanan yang tinggi dan telah tersertifikasi oleh FDA Amerika Serikat, CE Eropa, dan DepKes RI. 

Jadi, untuk mendapatkan wajah tampak cantik, memukau, dan segar, segera kunjungi JAC dan dapatkan kepercayaan diri baru serta penampilan yang lebih muda dengan perawatan filler wajah terbaik yang satu ini.

Sumber:

  • https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/22667-dermal-fillers
  • https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/non-surgical-cosmetic-procedures/dermal-fillers/
  • https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/facial-fillers/about/pac-20394072
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.