9 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Berjerawat

manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat

Wajah berjerawat menjadi salah satu masalah kulit yang cukup banyak dialami orang-orang. Tak peduli akan usia, setiap orang bisa saja mengalami masalah yang satu ini. Apalagi jika banyak beraktivitas di luar, terpapar sinar matahari dan udara yang buruk akan bisa memperparah hal ini. Ada berbagai macam solusi yang dicoba, salah satunya adalah dengan menggunakan Hyaluronic acid. Melalui bahan yang satu ini, wajah berjerawat akan coba diatasi. Kira-kira apa saja manfaat Hyaluronic acid untuk kulit berjerawat?

Mengenal Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Berjerawat

Hyaluronic acid yang juga dikenal sebagai hyaluronan atau asam hialuronat, sebenarnya adalah zat yang diproduksi secara alami oleh tubuh Anda sendiri. Memiliki fungsi utama untuk menjaga area tertentu dari tubuh agar tetap terlumasi dengan baik dan lembab. Zat ini akan bisa ditemukan dalam jumlah besar di kulit, mata, dan jaringan ikat. 

Selain seperti yang disebutkan di atas, hyaluronic acid sebenarnya memiliki berbagai kegunaan. Beberapa menganggapnya sebagai suplemen, sementara yang lain menerapkannya secara topikal. Salah satu manfaat terbesar hyaluronic acid adalah sangat bagus untuk semua jenis kulit. Mulai dari kulit yang rentan jerawat hingga kulit kering atau menua.

Khusus bagi kulit berjerawat, manfaat hyaluronic acid untuk kulit berjerawat adalah seperti berikut ini.

1. Membantu Mengurangi Pertumbuhan Jerawat

Hyaluronic acid  atau asam hialuronat yang terkenal akan sifatnya yang menenangkan dan menghidrasi kulit ini akan membantu dalam menghilangkan bekas jerawat serta mengurangi peradangan. Produk perawatan kulit dengan zat yang satu ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi masalah jerawat Anda.

2. Menjaga Kelembapan Kulit Secara Natural

Mungkin kulit Anda mungkin rawan akan jerawat. Jika tidak menjaga kelembapannya juga, maka masalah ini akan menjadi semakin parah dan bisa memperburuk keadaan kulit wajah. Untuk setiap jenis kulit, menjaga kelembapan alami sangatlah dibutuhkan. Hyaluronic acid  adalah cara yang bagus untuk dilakukan dikarenakan kandungan tersebut juga membantu melembapkan kulit Anda. 

Tidak hanya membantu dalam memperbaiki tekstur kulit tetapi juga memerangi kekeringan dan kulit yang tidak rata. Pada akhirnya akan bisa membantu mengurangi pertumbuhan jerawat pada wajah Anda.

3. Memberikan Peningkatan Hidrasi

Kulit yang gampang berjerawat akan sangat membutuhkan hidrasi. Hyaluronic acid mampu membantu Anda untuk tetap bisa mendapatkan kulit yang terhidrasi. Menjadikan kulit jernih dan juga kencang.

4. Menenangkan Kulit

Jerawat terkadang akan bisa menyebabkan sebuah sensasi seperti terbakar pada kulit dan juga menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya. Kandungan dari hyaluronic acid bisa membantu untuk menenangkan kulit dan mengurangi bekas jerawat sehingga kulit akan terlihat kembali sehat.

5. Membuat Wajah Bercahaya

Kulit cerah adalah keinginan kita semua. Hyaluronic acid memiliki kemampuan untuk membuka pori-pori. Hal ini menjadi cara untuk mendapatkan kulit yang bersih dan halus. Membantu kulit untuk bisa bernapas dan juga membantu dalam mengisi bekas luka. Sifat hidrasi alami akan mengunci kelembapan, yang pada akhirnya memberikan kulit bercahaya dan kenyal.

6. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Peran utama hyaluronic acid terlihat dalam proses penyembuhan luka. Meskipun secara alami terdapat dalam kulit, kebutuhan akan konsentrasi yang tinggi menjadi penting ketika terjadi kerusakan yang perlu segera diperbaiki.

Asam hialuronat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka dengan mengatur tingkat peradangan. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi memberi sinyal kepada tubuh untuk memperbaiki pembuluh darah di area yang mengalami kerusakan.

7. Mempertahankan Skin Barrier

Ketebalan skin barrier dapat menurun seiring bertambahnya usia, eksposur terhadap sinar UV, dan gaya hidup yang tidak sehat. Efeknya bisa mencakup munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan bercak hitam.

Dengan menggunakan asam hialuronat, zat ini dapat menjaga kekuatan skin barrier atau lapisan perlindungan kulit. Senyawa ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebihan.

8. Meningkatkan Elastisitas Kulit dan Meredakan Kemerahan pada Kulit

Asam hialuronat juga efektif dalam mengurangi kedalaman kerutan, meningkatkan kekencangan, dan elastisitas kulit. Kandungan ini beroperasi dengan meningkatkan tingkat kelembaban kulit. Manfaat ini dapat dirasakan dengan nyata ketika menggunakan produk perawatan kulit secara teratur, dua kali sehari.

Tidak hanya itu, pemanfaatan asam hialuronat dalam jangka panjang dapat membantu mengurangi kemerahan pada wajah. Kandungan tersebut tidak hanya mampu mengatasi efek kemerahan yang disebabkan oleh peradangan, tetapi juga membantu mengatasi bekas luka akibat jerawat.

9. Menyamarkan Bekas Jerawat

Hyaluronic acid dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dengan meningkatkan proses regenerasi sel kulit, membuat kulit tampak lebih merata dan bersih di bulan pertama. Hal ini disebabkan oleh kinerja asam hialuronat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan pada wilayah kulit yang memiliki bekas jerawat. Dengan demikian, asam hialuronat membantu mencegah bekas jerawat menjadi kering dan sulit untuk hilang.

Baca juga: 5 Urutan Skincare Pagi Untuk Kulit Berjerawat

Efek Samping Hyaluronic Acid

Secara keseluruhan, asam hialuronat aman digunakan baik dalam bentuk suplemen, produk perawatan kulit, maupun suntikan asalkan digunakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Meskipun demikian, pada beberapa individu, senyawa ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan uji alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit produk pada kulit guna mengamati reaksi yang mungkin timbul. Efek samping seperti nyeri, rasa gatal, dan kemerahan lebih sering terkait dengan penggunaan asam hialuronat melalui suntikan. Namun, efek samping tersebut umumnya bersifat ringan dan akan menghilang dalam waktu seminggu.

Tips Menjaga Kulit Dari Jerawat

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit dari jerawat.

1. Cucilah Muka Dengan Benar

Untuk membantu mencegah jerawat, penting untuk menghilangkan minyak yang berlebih, kotoran, dan keringat pada wajah setiap harinya. Namun jangan terlalu sering  juga, karena mencuci muka lebih dari dua kali sehari dapat memperburuk jerawat. Manfaatkan juga pembersih wajah bebas alkohol.

2. Batasi Penggunaan Makeup

Menggunakan makeup untuk menutupi jerawat sering digunakan sebagai solusi. Namun, hal itu dapat menyumbat pori-pori dan memicu tumbuhnya lebih banyak jerawat. Gunakan riasan natural tanpa banyak makeup.

Baca juga: 4 Jenis Perawatan Wajah Berjerawat

3. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Tangan Anda bisa saja memiliki bakteri atau berbagai kotoran seperti debu. Setiap kali menyentuh wajah, kotoran ini bisa saja menyumbat pori-pori wajah. Seringlah mencuci tangan dan coba jangat terlalu banyak menyentuh wajah.

4. Batasi Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari mungkin dapat mengeringkan jerawat, tetapi akan bisa menyebabkan masalah yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih panjang. Paparan sinar matahari berlebihan dan terlalu sering akan membuat kulit dehidrasi yang seiring waktu menghasilkan lebih banyak minyak dan menyumbat pori-pori.

5. Hindari Memecahkan Jerawat

Memecahkan jerawat dengan cara dipencet akan bisa menyebabkan pendarahan, luka, atau infeksi. Hal ini juga bisa meningkatkan peradangan jerawat dan menyumbat pori-pori di sekitarnya sehingga memperburuk keadaan.Itulah dia manfaat dari hyaluronic acid bagi wajah yang jerawatan. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk Anda, terutama jika Anda mengalami masalah jerawat. Jakarta Aesthetic Clinic selalu memberikan solusi perawatan kulit wajah terbaik untuk Anda salah satunya adalah Facial, Peeling & Skincare. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Jakarta Aesthetic Clinic.

JAC

Sumber:

  • https://www.npdermatology.com/blog/better-skin-care-improve-your-skin-with-hyaluronic-acid

  • https://www.100percentpure.com/blogs/feed/should-you-be-using-hyaluronic-acid-for-acne

  • https://www.cosmedica-skincare.com/pages/10-benefits-of-hyaluronic-acid

  • https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-pimples

  • https://www.halodoc.com/artikel/7-manfaat-kandungan-hyaluronic-acid-pada-skincare

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.