6 Manfaat Kolagen Untuk Kulit Wajah Anda

Dalam sistem sel pada wajah, kolagen menjadi bagian yang penting dan menentukan kondisi kulit. Itu sebabnya, sebagian besar orang melakukan berbagai perawatan untuk merangsang produksi kolagen yang baik. Hal ini juga didukung dengan banyaknya manfaat kolagen untuk kulit terutama area wajah. 

Perlu diketahui bersama bahwa terdapat berbagai faktor yang bisa menurunkan produksi kolagen dan berdampak pada kondisi wajah. Beberapa di antaranya seperti paparan sinar UV, jam tidur yang kurang, dan masih banyak lagi. Sayangnya beberapa faktor di atas justru banyak diabaikan dan dianggap menjadi kebiasaan yang wajar. 

Untuk itu, sebaiknya Anda mengenal pentingnya kolagen bagi kesehatan kulit wajah agar dapat menjaganya bekerja lebih optimal dan efektif. Mari simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Kolagen?

manfaat kolagen untuk kulit

Kolagen adalah protein utama yang memberikan kekuatan, kepadatan, dan elastisitas pada kulit, tulang, tendon, dan jaringan ikat lainnya. Di dalam tubuh, setidaknya terdapat kolagen sebesar 30% dari keseluruhan total protein dan memiliki 5 jenis yang memiliki fungsinya masing-masing.

Tipe I kolagen adalah tipe yang paling melimpah dalam tubuh dan bekerja untuk memperkuat struktur kulit, tulang, tendon, dan jaringan ikat lainnya. Selanjutnya, tipe II kolagen ditemukan pada tulang rawan untuk membuatnya lebih fleksibel dan menopang sendi serta tipe III kolagen ditemukan pada jaringan ikat yang umumnya ditemukan dalam darah. 

Lebih banyak lagi, tipe IV kolagen terlibat dalam pembentukan membran basalis dan tipe V yang terdapat pada bagian kornea dan beberapa lapisan pada kulit dan rambut. Nantinya, produksi kolagen yang tepat dapat membuat kulit lebih kencang dan tampak lebih muda. Itu sebabnya ada banyak produk kolagen yang dapat dikonsumsi untuk merangsang produksinya.

Kolagen sendiri diproduksi oleh sel-sel kulit yang disebut fibroblas. Selain itu, kolagen juga dapat diproduksi oleh sel-sel lainnya seperti osteoblas pada tulang dan kondrosit pada tulang rawan. Proses produksinya ini dipengaruhi oleh faktor genetik, pola makan, gaya hidup, dan faktor lingkungan. 

Bila Anda merasa bahwa kulit mulai tampak kusam, Anda perlu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin C, dan omega-3, serta melakukan perawatan kulit yang tepat dan olahraga secara teratur. Selain itu, gunakan juga produk kecantikan serta suplemen kolagen yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Ciri Wajah Kekurangan Kolagen yang Perlu Diwaspadai

6 Manfaat Kolagen untuk Kulit Wajah Anda

fungsi kolagen buat tubuh

Pada dasarnya, kolagen adalah komponen penting untuk kesehatan kulit wajah. Jumlah kolagen yang cukup pada wajah dapat membantu mencegah munculnya masalah, sebab itu dapat dikatakan kolagen membawa banyak manfaat. Berikut adalah enam manfaat kolagen untuk kulit wajah yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kolagen memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Protein ini membantu memperkuat struktur dan meningkatkan ketebalan kulit, sehingga menjadi lebih sehat dan bercahaya. Kolagen juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan polusi.

Selain itu, kolagen juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit, sehingga membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi kemerahan pada kulit.

2. Memproduksi Elastin

Kolagen dan elastin merupakan dua jenis protein yang penting bagi kesehatan kulit. Elastin membantu menjaga keelastisan kulit, sedangkan kolagen membantu memperkuat struktur kulit. Namun, produksi kolagen dan elastin dalam tubuh dapat menurun seiring bertambahnya usia, sehingga kulit menjadi kendur dan keriput. Kolagen dapat membantu memproduksi lebih banyak elastin dalam tubuh, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan elastis. 

3. Kulit Lebih Terhidrasi

Kolagen dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit yang mana saat usia bertambah, kulit wajah menjadi lebih cenderung kehilangan kelembapan dan menjadi lebih kering. Namun, kolagen dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Kolagen dapat membantu kulit wajah menjadi lebih kencang dan kenyal, sehingga membuatnya tampak lebih muda. Selain itu, kolagen juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan membantu mengurangi munculnya kemerahan dan bintik-bintik pada kulit.

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Cara Mengatasinya

4. Menghaluskan Wajah

Kolagen dapat membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus pada kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kolagen dalam meningkatkan produksi sel-sel baru pada kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Melalui produksi kolagen yang cukup, kulit wajah akan tampak lebih halus dan lebih kencang.

Kolagen juga dapat membantu meratakan tekstur kulit wajah sehingga membuat kulit tampak lebih mulus dan sehat. Selain itu, kolagen juga dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik hitam dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata.

5. Menggantikan Sel Kulit Mati

Kolagen dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit wajah. Setiap hari, kulit kita kehilangan jutaan sel kulit mati yang kemudian digantikan oleh sel-sel kulit baru. Namun, dengan bertambahnya usia, proses regenerasi sel kulit menjadi lebih lambat, sehingga kulit menjadi kusam dan tidak sehat.

Kolagen dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit sehingga wajah akan tampak lebih sehat dan bercahaya. Jadi Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang terlihat lebih muda dan segar.

6. Mengurangi Kerutan

Kolagen juga dapat membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus pada kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kolagen dalam meningkatkan produksi sel-sel baru pada kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selain itu, kolagen juga dapat membantu mengurangi munculnya kerutan pada kulit wajah yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi. Paparan sinar matahari dan polusi dapat merusak kolagen pada kulit, sehingga mengakibatkan tampilan kerutan pada kulit wajah. 

Namun, meskipun kolagen memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah, perlu diingat bahwa penggunaan produk perawatan yang mengandung kolagen tidak dapat memberikan hasil yang instan. Perawatan kulit yang rutin dan konsisten, serta menjaga pola hidup yang sehat, akan memberikan hasil yang optimal dalam jangka panjang. 

Oleh karena itu, selalu perhatikan kebutuhan kulit wajah Anda dan konsultasikan dengan dokter ahli kecantikan untuk mendapatkan perawatan yang tepat bagi kulit Anda. Jika Anda membutuhkan perawatan kulit lebih lanjut untuk mengatasi kulit yang kendur akibat kekurangan kolagen, segera kunjungi JAC. 

Sebagai salah satu klinik kecantikan yang ditangani langsung oleh dokter ahli, JAC menyediakan berbagai treatment untuk mengembalikan kondisi wajah yang lebih sempurna, salah satunya Ultherapy

Prosedur tanpa bedah ini dapat mengencangkan kembali kulit yang kendur dan menipis. Selain itu, penggunaan gelombang ultrasound pada prosedur perawatannya juga mampu mencapai bagian kolagen dalam kulit. 

Jadi tunggu apalagi? Jadwalkan kedatangan Anda sekarang juga dan nikmati prosedur perawatan tanpa bedah yang efektif untuk mengembalikan kesehatan serta tampilan kulit wajah yang sempurna dengan JAC sekarang.

JAC

Sumber rujukan:

  • https://www.healthline.com/nutrition/collagen-benefits#basics
  • https://www.webmd.com/diet/collagen-health-benefits
  • https://my.clevelandclinic.org/health/articles/23089-collagen
  • https://www.furtherfood.com/collagen-for-skin/
  • https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-collagen-untuk-kecantikan-kulit
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.