Ini 7 Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah, Jangan Dibuang!

Suka makan buah pisang? Mulai sekarang, jangan buru-buru membuang kulitnya ke tempat sampah karena Anda bisa merasakan aneka manfaat kulit pisang untuk wajah dan perawatan kulit secara keseluruhan.

Perlu Anda ketahui bahwa kulit pisang juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B6, B12, antioksidan, magnesium, serta potasium yang mana sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, berikut ini ulasan lengkapnya.

Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah

Sebagaimana telah disinggung di atas bahwasanya selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata kulit pisang juga baik untuk kecantikan. Dilansir dari Healthline, menurut penelitian tahun 2018, kulit pisang kaya akan fenolat, yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang kuat dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Selain itu, menurut penelitian tahun 2011, kulit pisang memiliki sejumlah senyawa bioaktif, seperti karotenoid dan polifenol. Kemudian studi tahun 2012 menemukan ekstrak kulit pisang memiliki sifat antiinflamasi yang bagus untuk kulit.

Berikut ini adalah penjelasan lebih jauh terkait berbagai manfaat kulit pisang untuk kecantikan dan bagaimana Anda bisa menggunakannya.

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat dan bruntusan di wajah ternyata bisa diredakan dengan kulit pisang, lho. Selain bisa memakan buahnya secara langsung, Anda juga bisa menjadikan kulit pisang sebagai masker kulit pisang untuk perawatan di permukaan kulit. Nutrisi seperti vitamin A, seng, dan mangan, yang bersifat anti-inflamasi dapat  mengobati jerawat.

Caranya dengan menggosok sisi dalam kulit pisang ke area wajah/tubuh yang berjerawat selama 5 menit. Lakukan secara teratur setiap hari sampai jerawat benar-benar hilang.

2. Mencegah Garis Halus dan Kerutan

Selain usia, kerutan di dahi juga dapat muncul karena berbagai faktor, misalnya pola hidup yang tidak sehat, penggunaan kosmetik, serta paparan sinar matahari. Selain rajin menggunakan sunscreen, Anda juga disarankan untuk melakukan perawatan wajah alami dengan kulit pisang untuk mengurangi munculnya kerutan.

Adapun cara memanfaatkan kulit pisang untuk mengurangi kerutan adalah dengan membuat masker dari kulit pisang dengan tambahan sedikit madu. Anda cukup mengambil bagian dalam dari kulit pisang kemudian haluskan dan campur dengan satu sendok teh madu. Aplikasikan masker ini ke wajahmu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

 

Baca Juga: 5 Masker dari Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

 

3. Melembapkan Kulit Kering

Manfaat kulit pisang untuk wajah yang selanjutnya adalah melembapkan kulit wajah. Ini berkat kandungan mineral alami yang ada di dalamnya. Caranya sama seperti saat Anda membuat masker pasta untuk menghilangkan kerutan, yakni menggunakan campuran kuning telur. Bila dilakukan secara rutin, wajah tidak hanya lebih lembap, tapi juga terasa makin halus, cerah, dan segar.

4. Memudarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat, noda hitam, atau bekas gigitan nyamuk pasti membuat Anda tidak percaya diri, apalagi jika letaknya di wajah. Nah, ketimbang menggunakan obat-obatan kimia yang tidak jelas, manfaatkan saja kulit pisang.

Tipsnya, gosokkan kulit pisang ke wajah yang terdapat bekas jerawat atau noda hitam. Namun ingat, hanya gunakan kulit pisang yang benar-benar baru dikupas, ya.

 

Baca Juga: Ketahui Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah agar Awet Muda

 

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah tidak hanya menyebabkan jerawat, tapi juga membuat kulit terlihat kusam. Tenang, yuk gunakan kulit pisang sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Anda bisa mencampurkan kulit pisang dengan oatmeal dan santan segar. Lalu, oles dan gosok scrub pada wajah selama 10-15 menit. Setelah selesai, bilas menggunakan air bersih. Scrub wajah maksimal 2 kali seminggu. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal, wajah dijamin akan lebih lembut, bersih, dan glowing. Komedo dan jerawat pun takkan datang lagi.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Wajah yang berminyak juga bisa diatasi dengan kulit pisang, lho. Caranya dengan mencampurkan pasta kulit pisang dan perasan jeruk lemon, lalu aplikasikan pada wajah seperti masker.

Kombinasi vitamin C dan acid akan membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Selain itu, kedua mineral alami ini juga terbukti efektif mencerahkan kulit. Lakukan perawatan ini setiap hari menjelang tidur, ya.

 

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit dengan Tepung Beras dan Kopi

 

7. Mengatasi Mata Bengkak

Manfaat kulit pisang yang terakhir adalah mengurangi bengkak pada mata. Ini berkat kandungan potasium di dalamnya yang bekerja mengatur jumlah garam dalam tubuh penyebab pembengkakan. Selain memakan langsung buahnya, Anda juga bisa menggosokkan kulit pisang ke area bawah mata.

Setelah dioleskan, Anda bisa buang kulit pisang yang telah digunakan, tetapi jangan bilas dulu wajah Anda. Diamkan semalaman dan bilas dengan air bersih. Keesokan harinya, bengkak mata pun akan berkurang dan kantung mata pun akan terlihat lebih cerah.

8. Menghilangkan Mata Panda

Munculnya mata panda tentu sangat mengganggu penampilan. Sebab mata bagian bagian wajah yang paling dilihat. Untuk itu Anda harus menjaga kesehatan area mata dengan kulit pisang.

Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan masker kulit pisang. Siapkan pisang dan daging buahnya, kemudian campurkan kedua bahan dan haluskan. Lalu oleskan ke area mata, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

9. Menghaluskan Kulit

Kulit kering, kusam, dan tidak beruntusan biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga polusi di wajah. Meskipun tidak menyakitkan, Anda yang memiliki masalah kulit tersebut tentu sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Untuk memiliki kulit yang halus Anda bisa mengatasinya dengan kulit pisang. Sebagaimana diketahui bahwa pisang mengandung antioksidan pada kulit pisang dapat meningkatkan kolagen dan bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit.

Efek Samping Kulit Pisang untuk Masker Wajah

Meski manfaat kulit pisang untuk wajah cukup banyak dan masih bersifat alami, masker kulit pisang untuk wajah juga bisa membawa efek samping.  Bagi sebagian orang mungkin akan mengalami reaksi alergi ketika mengonsumsi atau bersentuhan langsung dengan pisang atau kulitnya. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Gatal dan/atau bengkak di bibir, lidah, dan tenggorokan
  • Gatal-gatal di kulit
  • Mata bengkak, gatal, dan kemerahan
  • Hidung meler dan/atau disertai bersin
  • Sesak napas
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Diare

Pada kondisi yang lebih parah, seseorang mungkin bisa mengalami latex-banana allergy yang bisa menimbulkan reaksi anafilaksis yang mengancam jiwa.

Jika Anda ingin melakukan perawatan wajah yang jauh lebih maksimal, coba dengan melakukan treatment Soft Tissue Filler di Jakarta Aesthetic Clinic.  Terapi estetika ini menyuguhkan suatu pengalaman terapi tanpa bedah untuk meremajakan kulit wajah, leher atau punggung tangan, mengisi cekungan bawah mata, garis senyum, pipi dan pelipis, bahkan untuk memancungkan hidung, membentuk dagu serta bibir yang indah.

Berbekal pengalaman dan keahlian dr. Olivia Ong dan tim dokter ahli JAC sangat berhati-hati memilih, hanya produk Soft Tissue Filler dengan profil keamanan yang tinggi, memiliki sertifikasi dari FDA Amerika Serikat, CE dari Eropa dan izin edar resmi dari DepKes RI, karena setiap pasien berhak mendapatkan perawatan terbaik sesuai keunikan wajahnya masing-masing. Tunggu apa lagi? Yuk, buat appointment sekarang!

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.