4 Manfaat Minyak Zaitun untuk Bibir Kering dan Pecah, Patut Dicoba

manfaat minyak zaitun untuk bibir

Penasaran seperti apa manfaat minyak zaitun untuk bibir? Artikel ini akan menguraikan berbagai keuntungan menggunakan minyak zaitun atau olive oil sebagai perawatan alami bagi bibir Anda. Minyak zaitun memiliki vitamin dan antioksidan sehingga mampu tidaknya melembapkan tetapi juga menjaga kesehatan bibir secara keseluruhan. Temukan bagaimana minyak zaitun bisa menjadi solusi efektif untuk mendapatkan bibir yang lembut dan sehat.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Bibir

Minyak Zaitun untuk Bibir

Meskipun produk pelembab bibir seperti lip balm banyak ditemukan di toko kecantikan, tidak ada salahnya memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah sebagai alternatif skincare.

Lagipula, minyak zaitun masih dianggap efektif untuk menjaga bibir tetap lembut sehingga bisa dijadikan bahan utama dalam produk skincare. Agar lebih yakin, mari kita baca empat manfaat minyak zaitun untuk bibir kering ini.

1. Menyembuhkan Bibir Pecah-pecah

Daripada repot-repot memilih dan membeli produk lip balm di toko, lebih baik gunakan minyak zaitun yang ada di dapur. Minyak ini memiliki khasiat yang melembabkan, sehingga cocok digunakan untuk mengobati bibir pecah-pecah yang parah sekalipun.

Kita bisa membuat scrub minyak zaitun sebagai bahan perawatan wajah yang alami. Caranya, campurkan minyak zaitun dan gula sehingga membentuk pasta scrub yang kental. 

Aplikasikan pasta yang sudah jadi pada bibir yang kecil dan gosokkan, kemudian lakukan eksfoliasi secara perlahan. Hasilnya, bibir menjadi lebih lembut dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata dengan Minyak Zaitun

2. Melindungi dari Bakteri

Ada lagi manfaat minyak zaitun untuk bibir selain sebagai bahan eksfoliasi di atas, yaitu khasiat antibakteri. Tak heran minyak zaitun digunakan sebagai bahan alami dalam pembuatan obat salep karena khasiatnya ini.

Untuk membuat obat salep sendiri, campurkan minyak zaitun dengan minyak kelapa, lilin tawon, essential oil dan beberapa tumbuhan penyembuh lainnya, seperti bunga lavender dan chamomile.

Nah, obat salep buatan sendiri ini bisa digunakan apabila bibir mengalami luka, sehingga menghindari terjadinya iritasi akibat bakteri yang muncul. Apalagi bibir adalah bagian yang sensitif, jadi dibutuhkan bahan alami yang tidak berbahaya untuk merawatnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam Secara Alami

3. Sebagai Pelembab Alami

Dari poin nomor satu di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa minyak zaitun juga bekerja sebagai pelembab. Tak hanya bibir, wajah di sekitarnya juga membutuhkan pelembab. 

Karena itu, tak ada salahnya mengaplikasikan minyak zaitun untuk menghasilkan kulit yang lembut. Oleskan sedikit saja minyak zaitun di wajah, kemudian ratakan ke seluruh bagiannya.

Setelahnya, tutup wajah dengan plastic wrap dan diamkan hingga beberapa jam. Hasilnya adalah kulit menjadi lebih halus dari sebelumnya hanya bermodalkan minyak zaitun.

4. Melindungi dari Sinar UV

Minyak zaitun mengandung antioksidan seperti vitamin E dan polifenol yang dapat memberikan perlindungan ringan terhadap kerusakan kulit akibat sinar UV.

Meskipun tidak seefektif tabir surya komersial dengan SPF yang tinggi, minyak zaitun dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Namun, untuk perlindungan optimal dari sinar UV, disarankan tetap menggunakan produk tabir surya khusus dengan SPF yang memadai.

Baca juga: 5 Efek Sinar UV pada Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

Tips Menggunakan Minyak Zaitun untuk bibir

Berikut beberapa langkah praktis yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan Minyak zaitun sebagai alternatif mengatasi bibir kering dan pecah.

1. Bersihkan Bibir Anda

Bersihkan bibir Anda secara menyeluruh sebelum mengoleskan minyak zaitun ke bibir Anda. Caranya bisa dengan menggosok bibir secara lembut menggunakan bantuan sikat gigi berbulu lembut atau scrub bibir. Ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran, jika ada, serta membuat bibir Anda bersih dan halus.

2. Oleskan Minyak zaitun

Ambil sedikit minyak zaitun di ujung jari Anda dan oleskan ke bibir Anda. Pastikan untuk menutupi seluruh permukaan bibir Anda dengan minyak tersebut.

3. Pijat Bibir dengan Lembut

Pijat dengan lembut bibir Anda yang telah dioleskan minyak zaitun dengan gerakan memutar. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi dan penyerapan minyak ke dalam kulit

4. Diamkan Selama Beberapa Menit

Biarkan minyak di bibir Anda selama beberapa menit, atau lebih lama jika diinginkan, agar minyak dapat meresap sepenuhnya ke dalam kulit.

5. Bersihkan Minyak zaitun

Setelah beberapa menit, bersihkan sisa minyak dari bibir Anda menggunakan kain atau tisu lembut.

Baca juga:Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Minyak Zaitun

Demikianlah penjelasan tentang manfaat minyak zaitun untuk bibir dan juga tips penggunaannya. Tapi ada hal yang harus diingat, khasiat minyak zaitun tidak tahan lama.

Bahkan minyak zaitun hanya bertahan lebih singkat dari produk pelembab yang memang diformulasikan untuk melembabkan bibir dalam jangka waktu yang tahan lama.

Selain itu, jangan terus-terusan menggunakan minyak zaitun. Bahannya yang mengandung minyak bisa membuat kulit di sekitar mulut kita mengalami iritasi. Belum lagi ada resiko jerawat yang tumbuh bisa lebih besar, terutama bila Anda memiliki tipe kulit berminyak.

Daya simpan minyak zaitun juga terbatas, apapun jenisnya. Jadi, Anda harus cermat memperhatikan tanggal kadaluarsa minyak zaitun pada kemasan.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membeli minyak zaitun dalam botol kecil atau menyimpannya dalam kulkas agar tetap awet.

Konsultasikan Masalah Kulit Kering Anda bersama Dokter Kecantikan JAC

Apabila Anda masih ragu dengan khasiat minyak zaitun untuk melembabkan bibir, coba saja prosedur Peeling and Skincare dari Jakarta Aesthetic Clinic demi mendapatkan perawatan wajah yang terbaik.

JAC

Di JAC, Anda juga bisa melakukan peeling komedo yang aman karena menggunakan cairan peeling alami dan merupakan racikan dokter spesialis kulit yang sudah memiliki lisensi di bidangnya. 

Ada juga Flawless Peel Treatment yang bisa membuat kulit wajah Anda lebih cerah karena lapisan kulit mati diangkat dengan jenis perawatan ini. Tertarik menggunakan jasa kami? Hubungi Jakarta Aesthetic Clinic sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi dan booking tempat segera.

Sumber:

https://health.howstuffworks.com/skin-care/lip-care/tips/olive-oil-good-for-lips.htm

10 Olive Oil Benefits for Your Skin, Hair and Health

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.