6 Manfaat Sunscreen dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Dalam rangkaian rutinitas skincare untuk merawat kulit wajah, sudahkah Anda memastikan terdapat sunscreen di dalamnya? Pada dasarnya, sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit wajah yang penting. Pasalnya, terdapat berbagai manfaat sunscreen mulai dari menjaga wajah agar tetap sehat hingga mencegah adanya risiko kanker akibat paparan sinar UV yang terus-menerus dibiarkan. 

Dalam kesempatan kali ini, JAC akan berbagi informasi penting seputar manfaat sunscreen yang sebaiknya Anda ketahui mengingat perannya yang cukup penting dalam menjaga tubuh. Jika ingin menjaga wajah dari berbagai masalah kulit, Anda dapat menyimak ulasan lengkap seputar sunscreen di bawah ini.

Manfaat Sunscreen untuk Kulit

manfaat suncreen untuk kulit

Sunscreen adalah produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan yang memblokir sinar UV dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Beberapa manfaat dari memakai sunscreen antara lain:

1. Melindungi Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari tentu menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Paparan sinar matahari pada dasarnya mengandung sinar UV. Jika Anda terbiasa membiarkan wajah terpapar sinar UV tanpa perlindungan, ada banyak permasalahan kulit yang akan muncul dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel di dalam kulit.

Sunscreen mengandung bahan-bahan yang mencegah masuknya sinar UV dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung. Beberapa bahan aktif dalam sunscreen dapat menahan hingga 99% sinar UV. Sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) tinggi akan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap sinar UV yang menyebabkan kerusakan kulit. 

2. Mencegah Terjadinya Kanker Kulit

Selain dari segi penampilan dan menjaga agar sel kulit wajah tetap sehat, sunscreen juga berguna dalam hal kesehatan. Perlu diketahui bahwa sinar UV juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Sebab itu, pastikan untuk selalu gunakan sunscreen di pagi, siang, dan sore hari untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV dan mencegah terjadinya kanker kulit.

Baca juga: Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

3. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

Setiap orang pasti menginginkan tampilan wajah yang selalu muda dan terlihat segar. Jika Anda salah satu orang yang menginginkannya, maka itu tandanya Anda harus menggunakan sunscreen mulai dari sekarang. 

Pasalnya, paparan sinar matahari dapat mempercepat proses penuaan kulit dan menyebabkan munculnya  masalah kulit yang menjadi tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik hitam. Jadi, dengan rajin menggunakan sunscreen, Anda dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini.

4. Mencegah Sunburn

Saat beraktivitas di luar ruangan yang memiliki paparan sinar matahari tinggi seperti pantai, besar kemungkinan kulit akan terbakar jika Anda tidak menggunakan sunscreen. Bukan hanya menjadi lebih gelap, tetapi biasanya sunburn diikuti dengan munculnya kemerahan pada wajah dan rasa perih. Itu sebabnya menggunakan sunscreen adalah bagian wajib yang harus dilakukan sebelum beraktivitas sebab dapat mencegah sunburn.

5. Mencegah Kerusakan Pada Kulit yang Disebabkan oleh Sinar Inframerah

Selain sinar UV, tahukah Anda bahwa pada faktanya sinar inframerah juga termasuk pada jenis sinar yang berbahaya bagi wajah dan dapat mendorong terjadinya kerusakan pada kulit. Sebab itu, penggunaan sunscreen bukan hanya ketika Anda akan bepergian ke luar rumah, tetapi sebisa mungkin tetap gunakan sunscreen di pagi, siang, dan sore hari meskipun hanya beraktivitas di dalam rumah. 

6. Mencegah Dehidrasi

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mempercepat proses dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kasar, keriput, dan lebih rentan terhadap berbagai masalah wajah lainnya. Pada sebagian kasus, dehidrasi bahkan mendorong munculnya jerawat dan disertai kulit mengelupas atau iritasi.

Sunscreen membantu mencegah dehidrasi kulit dengan mencegah sinar UV yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan merusak. Karena beberapa jenis sunscreen juga mengandung bahan yang dapat melembabkan kulit seperti glycerin, aloe vera, dan minyak alami. 

Baca juga: Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memakai Sunscreen?

cara menggunakan sunscreen yang benar

Dapat dikatakan bahwa penggunaan sunscreen adalah bagian penting yang harus dilakukan setiap hari, meskipun cuaca tidak terlalu terik dan Anda hanya beraktivitas di dalam rumah saja. Namun, ada beberapa waktu yang mengharuskan Anda untuk memakai sunscreen, bahkan jika memungkinkan, Anda juga perlu melakukan penggunaan ulang setiap beberapa jam sekali. Berikut informasinya:

1. Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Saat beraktivitas di luar ruangan seperti berolahraga, berenang, atau berjalan-jalan, sinar matahari dapat mencapai kulit dengan intensitas tinggi. Oleh karena itu, memakai sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan dan melakukan penggunaan ulang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan.

2. Saat Berpergian ke Tempat Terbuka

Saat berpergian ke tempat terbuka seperti pantai, gunung, atau taman, juga memudahkan matahari masuk ke kulit dengan lebih cepat intensitasnya pun cukup tinggi. Oleh karena itu, memakai sunscreen sebelum bepergian ke tempat terbuka dapat membantu melindungi kulit.

3. Saat Berada di Daerah yang Memiliki Tingkat Sinar Matahari Tinggi

Beberapa tempat seperti negara tropis atau daerah dengan tingkat sinar matahari tinggi memerlukan perlindungan yang lebih besar dari sinar matahari. Oleh karena itu, memakai sunscreen sebelum berada di tempat tersebut dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

Untuk memastikan perlindungan yang optimal, gunakan sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai dengan tingkat paparan sinar matahari yang akan Anda terima. Bila memungkinkan, gunakan sunscreen dengan nilai minimal SPF sebesar 30 PA++ untuk memastikan bahwa kulit Anda terlindungi secara sempurna.

Aplikasikan sunscreen dengan benar dan ulangi penggunaan setiap 2-4 jam atau sesuai dengan petunjuk pada kemasan produk. Jangan lupa untuk mengonsumsi air dan memakai topi untuk menambah tingkat perlindungan kulit Anda.

Meski pada awalnya, tidak ada manfaat sunscreen langsung yang dirasakan, tetapi pada masa yang akan datang Anda akan merasakan hasil terbaik. Bahkan, untuk menghilangkan permasalahan di wajah seperti jerawat dan kulit kusam, penggunaan sunscreen secara rutin adalah salah satu bagian yang harus Anda lakukan untuk memperkuat sel kulit Anda selama proses perawatan berjalan. 

Bagaimana jika wajah telanjur muncul banyak kerutan akibat sering terpapar sinar matahari? Perlu diketahui bahwa kerutan di wajah tidak dapat dihilangkan menggunakan rangkaian skincare saja. Anda perlu mengunjungi dokter ahli dan melakukan konsultasi untuk menemukan solusi perawatan yang tepat.

Tak perlu bingung menemukan dokter ahli tepercaya, Anda bisa langsung saja mengunjungi JAC. Sebagai klinik kecantikan yang menerima berbagai penghargaan dalam memberikan treatment terbaik, JAC mempunyai solusi untuk menghilangkan kerutan di wajah yaitu dengan treatment Anti-Wrinkle Injection

Setiap prosedur yang dilakukan oleh JAC ditangani langsung oleh dokter dan tim ahli tersertifikasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang hasilnya. JAC selalu berkomitmen untuk mengembalikan tampilan wajah yang sempurna dan segar melalui prosedur yang tepat dan aman. 

Jadi tunggu apalagi? Jadwalkan kehadiran Anda di JAC dan nikmati wajah segar tanpa kerutan dengan treatment dari JAC sekarang juga.

Sumber rujukan:

  • https://www.skincancer.org/skin-cancer-prevention/sun-protection/sunscreen/#:~:text=The%20best%20practice%20is%20to,UV%20radiation%20reaches%20the%20earth.
  • https://www.webmd.com/children/sunscreen-use-correctly
  • https://www.stylecraze.com/articles/sunscreen-why-use/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.