7 Manfaat Yoga untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Yoga untuk Kecantikan

Tahukah Anda, apa saja manfaat yoga untuk kecantikan? Apakah Anda ingin mengetahui apa saja manfaat yoga bagi kecantikan?

Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa yoga hanya bermanfaat untuk kebugaran tubuh saja. Padahal, yoga juga dapat bermanfaat untuk menjaga penampilan Anda agar tetap terlihat cantik dan cerah.

Oleh karena itu, melalui artikel ini, Jakarta Aesthetic Clinic ingin memberikan informasi penting kepada Anda mengenai manfaat yoga untuk kecantikan yang penting untuk diketahui. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Manfaat Yoga untuk Kecantikan?

Di bawah ini, Anda akan menemukan 5 manfaat yoga untuk kecantikan, yaitu:

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat pertama dari yoga untuk kecantikan adalah yoga dapat membantu mencerahkan kulit wajah Anda. Gerakan-gerakan dalam yoga pada umumnya berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah seperti gerakan fish pose ataupun child’s pose.

Ketika sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar, maka proses regenerasi sel-sel kulit akan menjadi lebih cepat. Regenerasi sel-sel kulit ini yang dapat membuat kulit wajah Anda menjadi lebih cerah  dan bahkan terlihat lebih merona.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Lemak di Lengan Secara Alami

2. Berfungsi Sebagai Detox

Anda tentu tahu bahwa penumpukan bakteri pada kulit akan menyebabkan tumbuhnya berbagai masalah peradangan kulit seperti jerawat. Yoga dapat berfungsi sebagai detox yang dapat mengatasi peradangan kulit tersebut.

Jika Anda melakukan yoga secara rutin, maka pertama-tama hal yang dapat dirasakan adalah sistem pencernaan yang menjadi lebih lancar. Sistem pencernaan yang lancar akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dan bakteri yang menyebabkan peradangan pada kulit sehingga kulit Anda akan terlihat bersih. 

3. Memperbaiki Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi kondisi kulit Anda. Jika Anda memiliki jam tidur yang kurang, tentu kulit wajah akan terlihat lebih kusam, belum lagi ditambah dengan munculnya kantung mata yang dapat merusak penampilan dan bahkan membuatnya terlihat tua.

Dengan melakukan latihan yoga, otot-otot tubuh Anda akan menjadi lebih rileks. Maka dari itu, Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas dan tentunya akan berdampak pada penampilan kulit secara keseluruhan. Jadi, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dengan melakukan yoga!

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dalam Seminggu

4. Mencegah Penuaan Dini

Aliran darah yang lancar akan membantu Anda untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Darah yang mengalir ke seluruh tubuh akan membantu proses perbaikan sel-sel kulit yang rusak seperti garis-garis halus ataupun keriput.

Salah satu gerakan yoga yang dapat mengalirkan darah dengan lancar hingga ke daerah wajah adalah headstand. Meskipun sulit, namun Anda dapat mencobanya secara perlahan-lahan dan bertahap untuk melancarkan aliran darah hingga ke wajah yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini sehingga Anda terlihat awet muda.

5. Gerakan Yoga Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang baik merupakan kunci dari penampilan yang cantik dan bahkan dapat membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Untuk dapat memiliki postur tubuh yang baik, maka Anda dapat melakukan yoga secara rutin.

Ada beberapa gerakan yoga yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda untuk memperbaiki postur tubuh seperti upward facing dog, plank, atau bridge pose. Gerakan-gerakan yoga tersebut dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda mulai dari posisi leher hingga punggung.

6. Mengurangi Stres

Telah diketahui bahwa stres dapat mempengaruhi pikiran, termasuk kesehatan kulit. Hal ini karena stres menyebabkan respon kimia di dalam tubuh sehingga membuat kulit lebih reaktif dan sensitif. Selain itu, tubuh yang stres akan membuat kulit Anda lebih banyak minyak dan lebih rentan terhadap jerawat.

Dengan melakukan yoga, Anda bisa mencegah itu semua. Kabar baiknya, hal tersebut telah didukung melalui penelitian ilmiah. Misalnya studi literatur yang dilakukan oleh Mujiono pada tahun 2020, mengungkapkan bahwa “yoga aman dan berpengaruh terhadap penurunan kecemasan pasien”. Jadi, dengan melakukan yoga secara rutin, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus, pikiran menjadi tenang dan membuat kulit lebih sehat.

Baca juga: 10 Tips Ampuh Hilangkan Lemak di Perut dan Pinggang

7. Mengurangi Lemak Tubuh

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan yoga denga rutin. Bahkan dengan latihan yoga secara teratur tidak hanya membantu Anda mendapatkan berat badan ideal tetapi juga dapat mengencangkan tubuh Anda.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Selain kecantikan, yoga juga memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh Anda. Berikut manfaat yoga untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Yoga memiliki potensi untuk meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko cedera. Jika tubuh terasa kurang fleksibel, berpartisipasi dalam kegiatan yoga dapat memberikan manfaat meningkatkan kelenturan. Orang lanjut usia yang rajin berlatih yoga bahkan dapat mengalami peningkatan fleksibilitas hingga empat kali lipat, karena latihan yoga dapat meregangkan otot dan ligamen.

2. Membuat Awet Muda

Melakukan yoga secara teratur tidak hanya berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental, tetapi juga dapat memberikan efek pembaharuan pada penampilan. Beberapa pose yoga, seperti Sirsasana (berdiri dengan kepala), dapat meningkatkan aliran darah ke wajah dan memperlancar suplai oksigen ke otak. Hal ini dapat meningkatkan suplai oksigen ke sel-sel otak dan wajah, mengurangi kadar hormon stres, memelihara penampilan awet muda, dan menghindari masalah jerawat.

3. Mengurangi Nyeri Punggung

Yoga secara teratur dapat mengurangi nyeri punggung, menjadi pilihan yang efektif sebanding dengan jenis peregangan lain yang mendukung mobilitas penderita nyeri punggung. Latihan yoga dapat meningkatkan peregangan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk meredakan nyeri kronis yang disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk cedera, arthritis, dan migrain.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat yoga untuk kesehatan mental sangat beragam karena dapat membantu menurunkan produksi hormon stres, kortisol. Penurunan produksi kortisol diiringi peningkatan produksi serotonin, hormon bahagia yang dapat meredakan gejala depresi dan memberikan perasaan ketenangan. Yoga juga dapat meredakan gejala gangguan cemas dengan menciptakan rasa damai dan mengurangi kecemasan berlebihan.

5. Membantu Proses Pemulihan Penyakit

Yoga dapat berperan sebagai pendukung dalam proses pemulihan penyakit, sehingga sering digunakan sebagai bagian dari perawatan medis. Misalnya, bagi pasien stroke yang sedang menjalani terapi fisik, yoga dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan fungsi motorik.

Jadi, itulah manfaat yoga untuk kecantikan dan juga kesehatan yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda tertarik untuk melakukan yoga mulai dari sekarang?

Selain melakukan yoga, Anda juga dapat melakukan hal lain yang dapat bermanfaat untuk kecantikan seperti perawatan kulit Ultherapy. Untuk itu, jika Anda ingin melakukan perawatan kulit, silakan hubungi Jakarta Aesthetic Clinic sekarang juga dan konsultasikan kepada kami apa yang menjadi kebutuhan ataupun keluhan kulit Anda saat ini.

Sumber:

  • https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/9-benefits-of-yoga
  • https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga
  • https://ejournal.annurpurwodadi.ac.id/index.php/TSCNers/article/view/209/0
  • https://www.bebeautiful.in/lifestyle/health-and-wellness/the-amazing-beauty-benefits-of-yoga
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.