5 Masker untuk Menghilangkan Flek Hitam Berbahan Alami

Memiliki wajah yang bersih dan merona adalah dambaan bagi setiap wanita. Namun, adanya aktivitas tertentu seperti terpapar debu dan polusi maupun sinar matahari langsung, dapat memunculkan flek atau bintik hitam di area wajah. Tentu saja hal ini bisa membuat seseorang tidak percaya diri saat beraktivitas. Anda pun tak perlu khawatir, sebab bisa menggunakan masker untuk menghilangkan flek hitam di wajah dengan bahan alami. Apa sajakah bahan alami penghilang flek hitam tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

5 Masker untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Menghilangkan flek hitam di wajah tidak harus repot atau mahal. Anda bisa menggunakan berbagai bahan-bahan alami untuk membuat masker wajah yang ampuh menghilangkan flek hitam. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Pasta Almond

Salah satu masker alami yang dapat Anda gunakan sebagai penghilang flek hitam di wajah adalah kacang almond. Berbagai penelitian menyebutkan jika almond dapat menjadi pilihan bahan perawatan kulit alami yang terbaik karena di dalam kacang almond ini terdapat beberapa kandungan yang baik untuk kulit. Misalnya saja antioksidan tinggi dan vitamin E.

Untuk membuat masker pasta almond, ada beberapa langkah yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Pertama, rendamlah kacang almond ini dengan susu satu malam. Kedua, kupaslah kacang almond ini lalu giling dan campurkan bersama madu dan bubuk cendana. Kemudian, aduklah sampai merata hingga berbentuk pasta. Setelah itu, barulah oleskan pada bagian kulit wajah yang terdapat flek hitam tersebut. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Hasil dari pasta almond ini bisa dilihat dalam waktu satu hingga dua minggu setelah pemakaian.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Mudah dan Murah

2. Masker Oatmeal

Penghilang flek hitam Selanjutnya, Anda dapat menggunakan oatmeal untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari flek hitam. Masker oatmeal terbukti dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus melembutkan kulit. Selain itu, oatmeal juga mampu melembabkan dan juga mencerahkan kulit, terlebih untuk kulit yang memiliki bintik hitam karena sinar matahari.

Menggunakannya pun sangat mudah. Tumbuklah oatmeal secukupnya sampai halus. Lalu, campurkanlah dengan sedikit air lemon dan madu sampai menjadi pasta untuk masker alami. Kemudian, oleskan di bagian wajah yang terdapat bintik hitam. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengn air hangat hingga bersih. Gunakanlah masker ini secara teratur untuk menghilangkan flek hitam r wajah nampak berseri dan sehat setiap hari.

Baca juga: Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

3. Masker dari Kunyit

Penghilang flek hitam ketiga adalah kunyit. Rempah alami ini dapat memberikan manfaat optimal bagi kulit seperti mencerahkan warna kulit, menyamarkan bekas jerawat yang gelap, hingga mengangkat sel kulit mati.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menambahkan susu maupun air lemon dengan kunyit sebanyak dua sendok teh. Meski begitu, perbandingan kunyitnya lebih banyak. Oleskan masker alami ini pada bagian wajah yang terdapat flek hitam. Kemudian, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih. Jangan gunakan masker ini terlalu lama karena dapat membuat kulit terlihat kuning.

4. Madu

Madu mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk merawat kulit, termasuk mengatasi menghilangkan flek hitam. Cara penggunaannya sangat sederhana, cukup oleskan madu langsung ke kulit wajah, diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Teh Hijau

Salah satu cara alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah yaitu dengan menggunakan teh hijau. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat menghambat proses hiperpigmentasi, yang merupakan salah satu penyebab flek hitam di wajah.

Selain itu, teh hijau juga bermanfaat untuk mengurangi jerawat dengan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Caranya adalah dengan mengompreskan kantong teh hijau yang sudah diseduh ke kulit wajah, lakukan dua kali sehari.

6. Manfaatkan Masker Kentang

Penghilang flek hitam yang tidak kalah ampuh yaitu kentang dimanfaatkan untuk bahan pelengkap masakan di rumah. Namun, tahukah Anda bila kentang bisa dijadikan sebagai masker wajah alami dalam menghilangkan flek hitam? Sayuran dan jenis umbi ini memiliki kandungan terbaik untuk kulit. Dengan begitu, dapat mengangkat sel kulit mati, dan membantu dalam mencerahkan warna kulit serta melembapkannya kembali.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan mencuci kentang sampai bersih terlebih dahulu. Kemudian, irislah menjadi beberapa bagian tipis. Letakkan irisan tadi di wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkanlah kurang lebih 10-15 menit. Setelah dirasa cukup, bilas dengan air hangat hingga kulit wajah benar-benar bersih.

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Cara Mengatasinya

7. Gunakan Lidah Buaya

Tidak hanya keempat bahan alami di atas saja, masker untuk penghilang flek hitam dengan aman lainnya adalah lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera tentu bukan hal asing lagi bagi Anda dalam menjaga perawatan kesehatan kulit karena memiliki segudang manfaat baik. Tanaman ini mampu menghaluskan sekaligus menjaga kelembapan kulit karena mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu menangkal radikal bebas.

Untuk menggunakannya, sebenarnya cukup mudah. Anda hanya tinggal membelah batangnya ke dalam beberapa bagian. Kemudian manfaatkan dagingnya dengan mengoleskan pada bagian wajah yang terdapat flek hitam. Lakukan pijatan secara perlahan dan diamkanlah selama 15-20 menit. Saat telah kering, bilas wajah dengan merata menggunakan air bersih. Anda bisa mencobanya setiap satu atau dua hari sekali.

Ternyata, membuat masker wajah penghilang flek hitam dengan bahan alami tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda pun dapat mencobanya sendiri di rumah. Kemudian, agar kulit senantiasa sehat Anda dapat melakukan perawatan secara rutin di klinik terbaik seperti Jakarta Aesthetic Clinic (JAC).

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Berbagai faktor dapat merangsang sel-sel wajah untuk menghasilkan lebih banyak pigmen, yang mengakibatkan munculnya flek hitam dalam jumlah yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa penyebab flek di wajah yang perlu Anda ketahui.:

1. Paparan Sinar Matahari

Salah satu penyebab utama flek hitam di wajah adalah paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak sel-sel kulit dan memicu produksi melanin secara berlebihan.

Melanin itu sendiri adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit dan kelebihan produksinya dapat membuat kulit menjadi lebih gelap. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi melanin, yang pada gilirannya menyebabkan munculnya flek hitam di wajah, terutama pada area yang terpapar langsung oleh sinar matahari.

2. Faktor Genetik

Kemungkinan seseorang mengalami flek hitam di wajah juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Beberapa orang memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk mengembangkan flek hitam berdasarkan faktor genetik mereka. Jika ada anggota keluarga yang memiliki flek hitam di wajah, kemungkinan mereka juga akan mengalami kondisi serupa.

3. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal bisa menyebabkan flek hitam di wajah, terutama pada wanita. Pasalnya, hormonlah yang dapat memengaruhi produksi melanin. Ketika produksi hormon estrogen dan progesteron meningkat seperti saat kehamilan atau menstruasi, maka produksi melanin juga bisa meningkat, dan menyebabkan flek hitam di wajah.

Untuk mengatasi flek hitam yang disebabkan oleh perubahan hormonal, perhatikan siklus hormonal Anda dan gunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang bisa membantu memudarkan flek hitam, seperti vitamin C atau niacinamide.

Baca juga: 4 Penyebab Hiperpigmentasi dan Cara Mencegahnya

4. Penyakit Kulit

Masalah penyakit kulit juga menjadi penyebab flek hitam pada wajah. Beberapa penyakit kulit yang dapat memicu kemunculan flek hitam seperti melasma yang atau yang sering dikenal chloasma, linea nigra, melanosis riehl, poikiloderma of civatte dan penyakit kulit lainnya.

5. Faktor Lingkungan

Faktor geografi juga memengaruhi munculnya flek hitam. Seseorang yang tinggal di daerah dekat garis khatulistiwa biasanya memiliki tingkat melanin yang lebih tinggi sebagai respons terhadap paparan sinar matahari. Proses ini menyebabkan kulit mereka cenderung berwarna cokelat gelap secara umum. Ini disebabkan oleh sifat melanin yang mampu menyerap sinar matahari sekaligus melindungi dari radiasi UV.

6. Kondisi Tertentu Seseorang

Seseorang yang memiliki kondisi tertentu juga lebih rentan mengalami flek hitam. Biasanya, masalah kulit ini lebih sering dialami oleh wanita yang sedang hamil, penderita tumor hipofisis, hemokromatosis, penyakit Addison, dan penderita penyakit hati.

Dengan mengetahui masker untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan apa saja penyebab flek hitam di wajah, sekarang kita lebih bisa menjaga kebersihan wajah kita dong pastinya!

JAC

Ternyata, membuat masker untuk menghilangkan flek hitam dengan bahan alami tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda pun dapat mencobanya sendiri di rumah. Kemudian, agar kulit senantiasa sehat Anda dapat melakukan perawatan secara rutin di klinik terbaik seperti Jakarta Aesthetic Clinic (JAC).

Sumber:

  • Merdekadotcom, Tim. 3 September 2018. Cara Menghilangkan Flek Hitam secara Cepat dan Alami. https://www.liputan6.com/fashion-beauty/read/3635201/cara-menghilangkan-flek-hitam-secara-cepat-dan-alami
  • Lolita, Lola. 21 Februari 2019. 11 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami yang Ampuh. https://brilistyle.brilio.net/tips/11-cara-menghilangkan-flek-hitam-dengan-bahan-alami-yang-ampuh-190220e.html#
  • Natasha, Bernandine. 13 September 2019. 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Alami. https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/bernadine/cara-menghilangkan-flek-hitam-dengan-alami/full
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.