10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Hampir Botak Secara Alami dan Praktis

Rambut rontok atau hair loss merupakan keadaan yang dialami oleh siapa saja. Setiap harinya secara normal rambut akan rontok sebanyak 10 hingga 20 helai. Namun jika Anda mengalami kerontokan rambut secara terus menerus maka akan mengakibatkan kebotakan.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi seputar tips mengatasi rambut rontok hampir botak beserta faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebabnya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan-bahan Alami

Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang sudah terkenal mengatasi berbagai permasalahan rambut. Lidah buaya dapat membantu pertumbuhan rambut Anda menjadi lebih pesat dan memperkuat akar rambut. Maka dari itu, lidah buaya cocok sekali untuk mengatasi kebotakan.

Cara untuk memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok yaitu, usapkan lendir lidah buaya pada kulit kepala dan rambut yang setengah kering. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lakukanlah hal ini secara rutin sebanyak 2 atau 3 kali selama 1 minggu.

Baca juga: Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

2. Kemiri

Bahan alami yang satu ini juga terkenal mampu membuat rambut tumbuh menjadi lebih tebal dan hitam. Namun yang digunakan dari kemiri adalah minyak yang dihasilkannya. Kandungan dalam minyak tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala kita.

Untuk mendapatkan minyak kemiri, cukup dengan menumbuk kasar kemiri. Kemudian sangrai kemiri terebut. Lalu tumbuk kembali hingga menjadi halus. Setelah menjadi halus, kemiri akan mengeluarkan minyak. Usapkanlah minyak kemiri pada akar rambut pada saat malam hari sebelum tidur atau ketika akan keramas. Setelah itu bilas rambut menggunakan shampoo agar lebih bersih.

3. Alpukat

Ternyata Alpukat tidak hanya digunakan sebagai bahan minuman ataupun makanan saja. Namun buah ini juga bermanfaat untuk rambut. Dengan cara digunakan sebagai masker untuk rambut. Di dalam buah ini terkandung sumber protein yang sangat efektif untuk memberikan nutrisi kepada rambut.

Sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tumbuh dengan lebat. Cara untuk membuat masker Alpukat yaitu dengan menumbuk hingga halus. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama beberapa saat, kurang lebih 15 hingga 20 menit. Lalu setelah itu bilaslah rambut dengan air hangat.

Baca juga: Perawatan Rambut Rontok Berjilbab

4. Yogurt

Bahan yang satu ini dapat kita beli di supermarket ataupun di pasar-pasar organik. Namun pastikan yogurt yang digunakan 100% menggunakan bahan alami dan tidak mengangandung campuran bahan lain di dalamnya. Sama seperti bahan yang lainnya, untuk memanfaatkannya cukup dengan mengoleskannya saja di rambut dan kulit kepala kita.

Diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas. Lakukan hal ini secara rutin. Dapat dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali selama seminggu agar hasilnya maksimal.

5. Minyak Esensial

Minyak esensial juga terkenal ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Contoh minyak yang dapat digunakan yaitu minyak zaitun, minyak kelapa, atau dapat juga minyak wijen.

Minyak ini dapat dengan mudah didapatkan di supermarket ataupun pasar tradisional. Oleskan minyak tersebut pada kulit kepala kemudian pijatlah secara perlahan. Hal ini dilakukan agar minyak dapat meresap ke dalam kulit kepala.

6. Bawang Putih

Jika tidak memiliki masalah dengan aroma bawang putih, maka bahan ini cocok bagi kalian yang ingin mengatasi permasalahan rambut. Menggunakannya cukup dengan haluskan beberapa siung bawang, lalu oleskan pada rambut sebagai masker. Jangan lupa bilas sampai bersih setelah didiamkan selama 15 menit.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Rambut Sehat yang Harus Anda Ketahui

7. Teh Hijau

Bahan alami ini sangat mudah dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok hampir botak. Seduhlah teh hijau menggunakan air panas lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu basuhkan teh hijau pada rambut.

Lalu kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam. Dapat  juga ditambahkan dengan membalut rambut menggunakan handuk hangat agar lebih menyerap dengan maksimal. Kemudian bilas rambut hingga bersih.

8. Jahe

Jahe tidak hanya berfungsi menghangatkan badan, namun juga dapat bermanfaat untuk kerontokan rambut. Olah jahe seperti mengolah bahan sebelumnya, yaitu dihaluskan lalu digunakan sebagai masker rambut.

Semua bahan-bahan alami yang telah dijelaskan dapat dengan mudah kalian temukan dimana saja. Selain itu cara mengolahnya pun tidak sulit. Namun kalian harus menerapkannya secara rutin agar bahan – bahan tersebut bekerja maksimal untuk mengatasi rambut rontok.

9. Akar Licorice

Alternatif berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah Akar licorice. Bahan ini mengandung zat antiinflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Campurkan 1 sendok makan akar licorice bubuk, ¼ sendok teh kunyit, dan 1 cangkir susu. Oleskan campuran ini ke seluruh rambut dan kulit kepala, biarkan semalaman, dan bilas pada pagi hari untuk hasil yang maksimal.

10. Daun Buah Bit

Daun buah bit kaya akan vitamin C, B6, folat, mangan, betaine, dan kalium yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Rebus 7-8 lembar daun bit, haluskan bersama 5-6 lembar daun henna menjadi pasta. Gunakan campuran ini pada kulit kepala, biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Daun buah bit juga memiliki sifat detoksifikasi yang membantu menjaga kebersihan kulit kepala.

Baca juga: Penyebab Rambut Patah & Cara Mengatasinya dengan Ampuh

Faktor-faktor Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok adalah kondisi umum yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum rambut rontok beserta penjelasannya:

1. Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan bisa menjadi penyebab utama rambut rontok. Jika ada riwayat keluarga dengan kebotakan atau penipisan rambut, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami rambut rontok.

2. Siklus Rambut yang Alami

Rambut memiliki siklus pertumbuhan yang alami, yang terdiri dari fase pertumbuhan (anagen), fase istirahat (telogen), dan fase rontok (exogen). Rambut biasanya rontok secara alami setiap hari sebagai bagian dari siklus ini. Namun, beberapa faktor dapat mengganggu siklus normal, seperti stres, perubahan hormon, atau kekurangan gizi, yang dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan.

3. Perubahan Hormonal

Perubahan hormon dalam tubuh dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Misalnya, wanita sering mengalami penipisan rambut setelah melahirkan atau saat mengalami menopause akibat fluktuasi hormon. Pria juga dapat mengalami kebotakan androgenetik, yaitu jenis kebotakan yang terkait dengan hormon.

4. Gaya Hidup dan Kebiasaan Perawatan Rambut yang Buruk

Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia yang keras, penggunaan alat styling panas secara berlebihan, atau pengikatan rambut yang terlalu ketat bisa merusak rambut dan menyebabkan kerontokan.

Selain itu, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berlebihan, pola makan yang tidak seimbang, dan kurangnya asupan nutrisi yang tepat juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

5. Stres dan Kondisi Medis

Stres emosional dan fisik yang berlebihan dapat memicu rambut rontok. Selain itu, beberapa kondisi medis seperti gangguan tiroid, anemia, infeksi kulit kepala, atau gangguan autoimun seperti alopecia areata dapat menyebabkan rambut rontok.

6. Efek Samping Obat

Beberapa jenis obat, seperti kemoterapi, obat pengontrol tekanan darah, antidepresan, atau obat-obatan tertentu, dapat menyebabkan rambut rontok sebagai efek sampingnya.

Baca juga: JAC Hair Rejuvenation, Peremajaan Rambut untuk Mencegah Kerontokan Sejak Dini

Konsultasikan Masalah Rambut Rontok Anda bersama JAC

Jika Anda menginginkan perawatan untuk rambut rontok yang cepat dan optimal, Anda bisa mencoba prosedur growth-factors dari Jakarta Aesthetic Clinic.

Treatment ini bekerja dengan sangat baik pada kulit kepala dengan penipisan, kerontokan rambut, atau bagi Anda yang mengalami kebotakan.

JAC

Lihat hasil yang lebih dramatis untuk pertumbuhan rambut Anda, menjadi lebih sehat dan tebal, tanpa efek samping obat-obatan, aman untuk pria dan wanita.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai prosedur ini, bisa dikonsultasikan terlebih dahulu kepada kami. Gratis!

 

Sumber rujukan:

  • https://www.halodoc.com/artikel/cara-mengobati-rambut-rontok-secara-alami
  • https://www.sehatq.com/artikel/rambut-botak-karena-rontok-ini-cara-alami-untuk-mengatasinya
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/penyebab-rambut-rontok-parah/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.