Pantangan Setelah Filler Dagu, Bibir dan Hidung yang Penting Anda Ketahui

Sudahkah Anda tahu bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari setelah menjalani prosedur filler untuk memastikan hasil yang maksimal? Mengetahui pantangan setelah filler bisa menjadi kunci sukses dalam menjaga hasil perawatan Anda tetap optimal dan mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Untuk itu, JAC akan membeberkan apa saja pantangan setelah filler yang penting Anda ketahui dan hindari. Simak ulasannya berikut ini.

Pantangan Setelah Filler yang Wajib Anda Hindari

Pantangan setelah filler agar hasil lebih sempurna

 

Suntik filler memang telah menjadi tren kecantikan masa kini yang banyak digandrungi kaum hawa. Hal ini tidak lain untuk mempercantik penampilan, misalnya menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah, meratakan tekstur, menghaluskan kulit, dan menghilangkan bekas luka.

Agar Anda tetap bisa mendapatkan hasil filler yang terbaik, ternyata ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai pantangannya, di antara lain:

1. Pantangan setelah Filler Dagu

Filler dagu identik dengan penggunaan asam hialuronat atau hyaluronic acid. Apabila Anda telah menjalani prosedur filler dagu, ada beberapa pantangan yang perlu diperhatikan untuk memastikan hasilnya optimal dan menghindari komplikasi.

Pertama, hindari menyentuh atau menekan area dagu selama kurang lebih 24 hingga 48 jam setelah prosedur. Tekanan atau gesekan bisa menggeser filler dan merusak hasil yang diinginkan.

Selain itu, hindari aktivitas fisik berat seperti angkat beban, bersepeda, lari hingga aktivitas seks selama beberapa hari pertama untuk mencegah pembengkakan dan memar yang berlebihan. Karena setiap aktivitas yang meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dapat menyebabkan memar

Pantangan lainnya termasuk menghindari paparan panas yang ekstrem seperti sauna, mandi air panas, atau berjemur selama setidaknya satu minggu. Panas bisa mempercepat degradasi filler dan menyebabkan peradangan.

Dan yang tak kalah penting juga, hindari minum alkohol dan makanan asin yang dapat menyebabkan dehidrasi dan pembengkakan di area yang telah diberi filler.

2. Pantangan setelah Filler Bibir

Hampir sama dengan filler dagu, Apabila Anda telah menjalani prosedur filler bibir, penting untuk menghindari menyentuh, menekan, atau memijat area bibir selama setidaknya 24 jam.

Pantangan lainnya termasuk menghindari panas ekstrem seperti sauna, mandi air panas, atau paparan sinar matahari langsung selama beberapa hari.

Dan yang terakhir, hindari konsumsi alkohol dan yang mengandung kafein serta makanan pedas yang dapat meningkatkan risiko iritasi atau dehidrasi pada bibir

3. Pantangan setelah Filler Hidung

Selain beberapa pantangan setelah filler yang telah disebutkan di atas seperti menghindari paparan sinar matahari atau berjemur, penting juga untuk menghindari memakai kacamata baca atau kacamata hitam yang dapat menekan area hidung selama beberapa hari pertama.

Mengikuti semua petunjuk perawatan pasca-prosedur dari dokter Anda sangat penting untuk memastikan hasil terbaik dan mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga: Filler Hidung Bertahan Berapa Lama Beserta Penjelasannya

4. Beberapa Bentuk Pantangan setelah filler Lainnya

Pasca melakukan perawatan filler baik filler dagu, hidung, bibir maupun area wajah, area injeksi filler masih sangat sensitif. Selain Anda harus mengurangi aktivitas berat, paparan panas seperti sinar matahari langsung, laser wajah, atau perawatan sauna, Anda juga harus menghindari menggunakan produk perawatan yang mengandung:

  • glycolic acid,
  • salicylic acid,
  • retinoid, dan
  • lactic acid

5. Menggunakan Kosmetik

Dan yang pantangan yang terakhir setelah filler adalah menggunakan kosmetik dengan bahan tertentu. Tidak semua kosmetik aman digunakan pada wajah yang telah melakukan injeksi filler.

Selama kurun waktu 24-48 jam pasca injeksi filler, Anda tidak diperkenankan menggunakan kosmetik yang mengandung AHA, Retinol, Vitamin C, atau produk kosmetik berbasis minyak. Kandungan pada kosmetik tersebut dapat mempengaruhi hasil dari filler pada wajah Anda.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Facial untuk Wajah?

Efek Samping Suntik Filler Wajah

Meskipun merupakan tindakan yang umumnya aman, perlu diingat bahwa setiap prosedur, termasuk suntik filler dagu, mata, bibir atau pada bagian wajah apapun memiliki risiko tertentu. Di bawah ini adalah beberapa efek samping yang sering muncul setelah menjalani prosedur kecantikan ini:

1. Kulit Merah dan Bengkak

Kulit yang mengalami kemerahan dan bengkak di area suntikan adalah efek samping yang sering terjadi. Meskipun demikian, kondisi ini umumnya mereda dalam beberapa jam setelah tindakan. Penggunaan kompres es batu dapat membantu mengurangi gejala ini.

2. Bekas Luka

Kesalahan dalam teknik penyuntikan dapat menyebabkan bekas luka permanen yang tidak dapat hilang. Penggunaan bahan suntik tertentu, seperti silikon, dapat menghasilkan bekas luka yang muncul setelah beberapa minggu hingga sepuluh tahun. Dokter dapat melakukan penyuntikan kortikosteroid untuk mengatasi bekas luka ini.

3. Alergi

Individu dengan kulit sensitif berisiko mengalami reaksi alergi terhadap bahan filler yang digunakan. Gejala alergi mungkin mencakup kulit terasa panas, sensasi terbakar, ruam merah, gatal, dan lainnya. Konsultasikan dengan dokter sebelum menjalani tindakan ini, terutama jika memiliki riwayat alergi.

4. Infeksi

Bekas suntikan dapat menyebabkan peradangan pada kulit, yang pada gilirannya dapat berujung pada infeksi. Tanda-tanda infeksi meliputi pembengkakan dan rasa sakit. Pasien dengan riwayat infeksi herpes juga berisiko mengalami reaktivasi virus sebagai efek samping filler wajah.

5. Granuloma

Penyuntikan bahan pengisi ke dalam kulit dapat menyebabkan trauma yang berpotensi berkembang menjadi granuloma. Meskipun tidak bersifat kanker dan tidak menyebabkan rasa sakit, granuloma annulare muncul sebagai benjolan di kulit.

Granuloma terjadi ketika respons sistem kekebalan tubuh terhadap zat atau benda yang dianggap asing oleh tubuh, baik yang bersifat kimiawi, biologis, atau fisik. Selain itu, kondisi ini dapat dipicu oleh infeksi, peradangan, atau iritasi.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai pantangan setelah filler yang mesti Anda hindari termasuk efek samping yang mungkin akan Anda alami setelah suntik filler.

Baca juga: 5 Perbedaan Botox dan Filler, Jangan Sampai Salah Pilih!

Konsultasikan Perawatan Kulit Anda bersama JAC

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dermatologis atau dokter kulit yang ahli dan berpengalaman, sehingga kesehatan kulit terjaga dan hasil filler menjadi lebih sempurna.

Tidak perlu khawatir untuk melakukan perawatan filler di klinik kecantikan seperti JAC karena prosedur filler kami merupakan perawatan yang aman. Namun, untuk terdapat beberapa pantangan yang harus Anda perhatikan setelah melakukan filler untuk mendapatkan hasil terbaik.

Di Klinik Estetika Jakarta Aesthetic Clinic, Anda bisa mendapatkan perawatan filler sebagai solusi dari permasalahan pada wajah Anda.

Sumber:

  • Shabrina, Andisa. 26 November 2018. Setelah Filler, Apa Saja Pantangan yang Harus Saya Patuhi?. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/pantangan-setelah-filler/
  • Viva. 30 Januari 2017. Pantangan Setelah Melakukan Perawatan Suntik Filler. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/876795-pantangan-setelah-melakukan-perawatan-suntik-filler
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.