Apakah Peeling Menghilangkan Komedo Secara Efektif? Cek Ulasannya

peeling komedo

Penasaran bagaimana peeling bisa menghilangkan komedo secara efektif? Dalam artikel ini, kami akan mengulas seberapa ampuh peeling dalam membersihkan komedo, berbagai jenis peeling yang tersedia, hingga prosedur yang perlu Anda ketahui. Temukan cara terbaik untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih bersih dan sehat dengan teknik peeling yang tepat!

Apa itu Peeling?

Peeling merupakan tindakan perawatan kulit yang bertujuan untuk mengatasi lapisan kulit yang mati atau rusak dari permukaan kulit. Langkah ini dirancang untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru, meningkatkan tekstur kulit, mengurangi noda atau bintik-bintik, dan memberikan kulit tampilan yang lebih cerah dan segar.

Apa Itu Komedo?

Komedo adalah jenis jerawat yang terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak (sebum), sel kulit mati, dan kotoran. Ada dua jenis komedo: komedo terbuka (blackhead) yang muncul sebagai bintik hitam kecil di permukaan kulit, dan komedo tertutup (whitehead) yang tampak seperti benjolan putih kecil di bawah kulit. Komedo sering muncul di wajah, terutama di area hidung, dahi, dan dagu, tetapi juga bisa muncul di punggung, dada, dan bahu.

Baca juga: 15 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Bagaimana Peeling Menghilangkan komedo?

Bagaimana Peeling Menghilangkan komedo

Peeling dapat menghilangkan komedo dengan cara mengangkat sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Proses ini membantu membersihkan pori-pori secara menyeluruh dan mencegah penumpukan minyak, sehingga mengurangi kemunculan komedo.

Selain itu, proses pengelupasan kulit ini juga merangsang regenerasi sel kulit baru, membuat kulit Anda tampak lebih sehat, halus, dan bebas dari komedo. Dan yang tak kalah menarik, peeling juga dapat meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya, meningkatkan efektivitas rutinitas perawatan kulit Anda.

Baca juga: 5 Pantangan Setelah Chemical Peeling agar Dihindari

Jenis Prosedur Peeling

Prosedur peeling dapat diterapkan dengan berbagai metode dan menggunakan bahan kimia tertentu. Berikut adalah beberapa jenis peeling yang sering dilakukan:

1. Peeling Kimia

Prosedur ini melibatkan penggunaan bahan kimia khusus, seperti asam alfa hidroksi (AHA), asam beta hidroksi (BHA), atau asam trichloroacetic (TCA), untuk menghilangkan lapisan kulit mati. Peeling kimia dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan dan kebutuhan kulit.

2. Peeling Mekanis

Metode ini dilakukan dengan menggunakan bahan abrasif atau alat khusus untuk menggosok lapisan kulit mati, seperti scrub wajah atau mikrodermabrasi.

3. Peeling Laser

Prosedur ini menggunakan sinar laser untuk menghancurkan lapisan kulit tertentu, merangsang regenerasi sel kulit baru. Peeling laser berguna untuk mengatasi masalah kulit seperti keriput, noda hitam, atau bekas jerawat.

4. Peeling Mikro

Melibatkan penggunaan perangkat kecil yang memiliki jarum-jarum mikro untuk membuat mikrotrauma pada kulit. Ini merangsang produksi kolagen dan regenerasi kulit.

Baca Juga : Ketahui 5 Tips Memilih Jenis Peeling Wajah Yang Tepat

Tips Mencegah Komedo agar Tidak Datang Lagi

Setelah melakukan peeling menghilangkan komedo dengan cara di atas, ada beberapa langkah lain agar komedo tidak muncul lagi.

1. Membersihkan Wajah dengan Pembersih

Anda harus rajin membersihkan wajah dengan pembersih, paling tidak sehari 2x, terutama setelah anda menggunakan makeup. Jika kulit anda adalah jenis yang berminyak, maka ini adalah hal wajib yang harus anda lakukan.

2. Hindari Jenis Makanan Berminyak seperti Fast Food

Jenis makanan berminyak, fast food, dan makanan tidak sehat lainnya akan membuat komedo yang kita hilangkan akan datang dan datang kembali. Maka dari itu jauhilah makanan-makanan yang tidak sehat. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran juga perbanyak minum air putih.

3. Jangan Menekan Bagian Kulit yang Berkomedo

Meremas atau menekan bagian kulit yang berkomedo dapat menyebabkan bakteri menyebar dengan cepat. Selain itu, penekanan pada bagian kulit yang berkomedo bisa memicu timbulnya komedo baru.

4. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Terapkanlah gaya hidup sehat seperti tidak merokok dan lindungi kulit dari polusi. Anda bisa memakai masker saat sedang berada di jalanan untuk melindungi kulit.

5. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ini termasuk pelembap yang tidak menyumbat pori, sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari, dan produk yang mengandung bahan seperti asam salisilat,retinoid, AHA dan BHA untuk membantu mencegah komedo.

6. Minum Banyak Air

Mengonsumsi air putih secara rutin adalah kunci untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Pastikan Anda cukup minum air setiap hari.

7. Konsultasikan dengan Ahli Kulit

Jika Anda memiliki masalah komedo yang parah atau berulang, konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan. Mereka dapat merekomendasikan perawatan khusus atau produk yang sesuai untuk kulit Anda.

JAC Banner

Sekian tips mengenai cara menghilangkan dan mencegah komedo. Jika Anda ingin menghilangkan komedo anda secara aman dan cepat menggunakan bahan alami, Anda dapat melakukan perawatan Peeling Komedo dari Jakarta Aesthetic Clinic. Anda dapat berkonsultasi dengan kami terlebih dahulu mengenai masalah yang Anda miliki agar kami dapat memberikan solusi yang terbaik untuk anda. Gratis!

dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Juli 5, 2024
Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

Juli 5, 2024
Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Apa Itu Filler Dagu dan Amankah Bagi Tubuh?

Juli 5, 2024

Comments are closed.