4 Penyebab Flek Hitam di Wajah Yang Perlu Dihindari

Flek hitam atau noda hitam di wajah seringkali menjadi masalah kulit yang banyak dihadapi oleh banyak orang. Terlepas dari usia atau jenis kulit, flek hitam dapat muncul dan menjadi tidak nyaman secara estetika. Namun, untuk mengatasi masalah ini, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab terjadinya flek hitam di wajah.

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa flek hitam di wajah seringkali disebabkan oleh faktor-faktor tertentu baik secara eksternal maupun internal. Flek hitam ini bisa menjadi masalah kulit yang mengganggu, terutama bagi mereka yang ingin memiliki kulit yang sehat dan bersih. 

Maka dari itu, JAC akan memberikan informasi penyebab flek hitam pada wajah dan cara mengatasinya di ulasan berikut ini.

Penyebab Flek Hitam di Wajah yang Perlu Anda Ketahui

penyebab flek hitam di wajah

Kemunculan flek hitam pada kulit wajah tentu bukan tanpa alasan. Ada berbagai hal yang bisa memicu sel di wajah memproduksi pigmen yang lebih banyak sehingga muncul flek hitam dalam jumlah banyak atau sedikit saat. Berikut adalah beberapa penyebab flek di wajah yang harus Anda ketahui:

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet adalah salah satu penyebab utama flek hitam di wajah. Paparan sinar ultraviolet (UV) yang bisa merusak sel-sel kulit dan menyebabkan produksi melanin berlebihan. 

Melanin adalah pigmen alami yang memberi warna pada kulit dan bisa menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap jika diproduksi secara berlebihan. Paparan sinar matahari bisa memproduksi melanin secara berlebihan akan menyebabkan flek hitam di wajah, terutama pada area wajah yang terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Faktor Genetik

Faktor genetik juga bisa memengaruhi kemungkinan seseorang mengalami flek hitam di wajah. Beberapa orang lebih rentan terhadap flek hitam karena faktor genetik mereka. Jika seseorang memiliki anggota keluarga yang memiliki flek hitam di wajah, maka kemungkinan mereka juga akan mengalami hal yang sama.

3. Perubahan Hormonal

Perubahan hormon bisa menyebabkan flek hitam di wajah, terutama pada wanita. Pasalnya, hormonlah yang dapat memengaruhi peningkatan produksi melanin. Ketika produksi hormon estrogen dan progesteron meningkat seperti saat kehamilan atau menstruasi, maka produksi melanin juga bisa meningkat, dan menyebabkan flek hitam di wajah.

Untuk mengatasi flek hitam yang disebabkan oleh perubahan hormonal, perhatikan siklus hormonal Anda dan gunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang bisa membantu memudarkan flek hitam, seperti vitamin C atau niacinamide.

4. Penggunaan Produk Skincare yang Salah

Penggunaan produk skincare yang salah bisa menyebabkan kulit sensitif atau iritasi, dan menyebabkan munculnya flek hitam. Produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang tidak cocok untuk kulit Anda bisa menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan menyebabkan produksi melanin berlebihan. 

Untuk menghindari flek hitam yang disebabkan oleh penggunaan produk skincare yang salah, pastikan untuk menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit. 

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

Apa Ciri-ciri dan Gejala Flek Hitam?

ciri flek hitam di wajah

Sebagian besar orang masih menganggap bahwa flek hitam dan sunspot adalah 2 hal yang sama. Pada dasarnya, flek hitam dan sunspot adalah kondisi yang berbeda meskipun keduanya sama-sama disebabkan oleh paparan sinar matahari. Adapun ciri-ciri dan gejala flek hitam antara lain:

1. Bentuk

Flek hitam bisa muncul dalam berbagai bentuk, tergantung pada penyebabnya. Beberapa bentuk flek hitam yang umum termasuk bercak kecil yang sangat gelap, bintik-bintik yang lebih besar, dan bentuk yang tidak beraturan.

2. Tempat Munculnya Flek Hitam

Flek hitam bisa muncul di berbagai bagian wajah, termasuk pipi, hidung, dahi, bibir atas, dan bawah mata. Mereka juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya yang terpapar sinar matahari secara langsung, seperti lengan dan leher. Bedanya dengan sunspot, flek hitam hadir dalam jumlah yang lebih banyak dan area yang lebih besar.

 3. Perubahan dalam Beberapa Waktu

Flek hitam bisa bertambah gelap atau memudar dalam beberapa waktu. Mereka juga bisa berubah ukuran atau bentuk seiring waktu. Jika flek hitam Anda berubah secara signifikan atau terlihat tidak normal, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

Baca juga: 5 Masker untuk Menghilangkan Flek Hitam Berbahan Alami

5 Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

cara mengatasi flek hitam di wajah

Flek di wajah dalam jumlah yang banyak tentu dapat mengganggu penampilan Anda. Itu sebabnya, Anda perlu mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi flek hitam. Jangan khawatir, JAC akan memberikan informasi selengkapnya untuk Anda. simak ulasannya di bawah ini: 

1. Gunakan Skincare yang Tepat

Gunakan produk skincare yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, niacinamide, atau asam kojic untuk membantu memudarkan flek hitam. Anda juga bisa menggunakan produk skincare yang mengandung retinoid atau asam glikolat untuk membantu mengurangi produksi melanin dan memperbaiki tekstur kulit.

2. Rutin Menggunakan Sunscreen

Gunakan sunscreen setiap kali Anda keluar rumah dan hindari paparan sinar matahari secara langsung. Ini bisa membantu mencegah produksi melanin berlebihan dan mencegah flek hitam muncul di wajah Anda. Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 dan hindari penggunaan produk yang mengandung alkohol atau parfum, karena bisa mengiritasi kulit.

Pastikan untuk memakai sunscreen kembali setiap 2-3 jam jika Anda terus terkena sinar matahari. Gunakan juga topi atau payung jika Anda berada di bawah sinar matahari secara langsung.

3. Menjaga Pola Hidup Sehat

Pentingnya untuk menjalani pola hidup sehat guna mengatasi flek hitam di wajah. Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur, menghindari stres yang berlebihan, dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Kekurangan tidur dan stres dapat menyebabkan produksi melanin berlebihan, sementara makanan sehat dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kulit Anda.

4. Gunakan Bahan Alami untuk Memudarkan Flek Hitam

Untuk memudarkan flek hitam, Anda dapat menggunakan bahann-bahan alami seperti, jus lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang berfungsi untuk memperbaiki pigmen kulit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahan alami lain seperti madu, yogurt, atau ekstrak lidah buaya, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan pemutih alami.

Penting untuk diingat bahwa ketika menggunakan bahan alami untuk mengatasi flek hitam, sebaiknya lakukan uji coba kecil pada area kulit yang kecil terlebih dahulu untuk menghindari reaksi alergi atau iritasi. Selain itu, usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung setelah menggunakan bahan alami ini, karena kulit Anda dapat menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi.

5. Konsultasi Dokter

Jika flek hitam Anda tidak membaik setelah menggunakan produk skincare atau terapi rumahan lainnya, atau jika Anda memiliki flek hitam yang besar atau berubah bentuk dengan cepat, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli agar bisa merekomendasikan perawatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda dan membantu menghilangkan flek hitam secara efektif.

Dalam hal ini, konsultasi perlu dilakukan di dokter ahli yang telah bersertifikasi agar perawatan yang diterima aman serta tidak menimbulkan efek samping apa pun. Apabila memiliki flek hitam dan ingin menghilangkannya secara lebih efektif, JAC punya solusinya. 

Ditangani langsung oleh dokter ahli, Baby Skin Treatment di JAC terbukti mampu memudarkan flek hitam dan bekas jerawat. Satu lagi, Anda juga berkesempatan untuk mengecilkan ukuran pori-pori sehingga wajah akan terlihat lebih halus dan sempurna. 

Kembalikan kesehatan kulit Anda bersama dengan JAC dan tingkatkan rasa percaya diri untuk tampil lebih maksimal dan bersinar sekarang juga. Jadwalkan kedatangan Anda melalui website JAC!

JAC

Sumber rujukan:

  • https://my.clevelandclinic.org/health/articles/23091-freckles#:~:text=How%20do%20freckles%20develop%3F,reflecting%20ultraviolet%20light%20(UV).
  • https://www.healthline.com/health/what-are-freckles#freckles-vs-sunspots
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323471#prevention
  • https://www.alodokter.com/flek-hitam
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.