11 Penyebab Kulit Tangan Kering yang Perlu Anda Ketahui

Kebiasaan mencuci piring, mencuci pakaian, bahkan mencuci tangan sekalipun ternyata dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Sudahkah Anda mengetahui penyebab kulit tangan kering lainnya? Kondisi kulit kering membuat tangan terasa kasar, gatal, atau bahkan mengelupas. Namun, tak perlu khawatir ini adalah kondisi yang umum terjadi.

Penyebab kulit tangan kering tidak hanya karena tangan terlalu sering terkena produk detergen, tetapi masih ada banyak penyebab lain yang sebaiknya Anda ketahui. Mengenal penyebabnya dapat membantu Anda mencegah kulit tangan menjadi kering, untuk itu JAC akan memberikan serangkaian informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi kulit kering. 

11 Penyebab Kulit Tangan Kering

11 penyebab kulit tangan kering

 Kulit tangan kering adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Terkadang, kulit tangan yang kering bisa menimbulkan rasa gatal dan sakit, bahkan tak jarang menimbulkan luka. Banyak hal yang menjadi faktor yang menyebabkan kulit tangan menjadi kering, di antaranya adalah:

1. Cuaca dan Lingkungan

Cuaca dan lingkungan yang kering serta dingin dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Uap air yang hilang dari kulit tangan akan membuat kulit menjadi kurang lembab dan kasar. Lingkungan yang terlalu panas juga bisa membuat kulit tangan mengelupas atau menjadi kering dan pecah-pecah.

2. Pencucian Tangan yang Terlalu Sering

Pencucian tangan yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit tangan kering. Sabun dan air menghilangkan kelembapan alami dari kulit, sehingga menimbulkan kulit tangan yang kering dan pecah-pecah. Jika Anda terpaksa harus sering mencuci tangan, sebaiknya menggunakan sabun yang lembut dan membantu melembabkan kulit.

3. Penggunaan Produk Kimia

Ketika Anda menggunakan produk kimia seperti sabun, detergen, dan pembersih yang terlalu sering serta dalam jumlah banyak dapat menyeabkan kulit kering, iritasi, bahkan membuat kulit mengelupas. Tidak hanya itu, penggunaan produk kimia ini juga bisa menghilangkan lapisan pelindung alami dari kulit. Jika Anda memiliki kulit tangan yang sensitif, sebaiknya hindari adanya paparan bahan kimia pada produk mengandung bahan berbahaya pada berbagai kebutuhan.

4. Paparan Sinar Matahari

Apakah Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan? Perlu diketahui bahwa, paparan sinar matahari dalam durasi yang terlalu lama bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering dan pecah-pecah. Sinar matahari mengandung UV menjadi salah satu sinar yang membawa banyak sekali masalah untuk kulit baik di wajah maupun di bagian tubuh lainnya. Sebaiknya hindari paparan sinar matahari yang terlalu lama dan gunakan pelindung berupa sunscreen dan baju lengan panjang atau topi jika harus beraktivitas di luar ruangan.

5. Penggunaan Alat Elektronik

Siapa yang menyangka bahwa penggunaan alat elektronik seperti handphone, laptop, dan tablet juga bisa menyebabkan kulit tangan kering. Pada dasarnya alat elektronik mengeluarkan panas dan sinar yang dapat membuat kulit menjadi kering. Jika Anda sering menggunakan alat elektronik, sebaiknya memberikan istirahat pada tangan dan memakai pelembab tangan setelah penggunaan alat elektronik.

Baca Juga : 9 Cara Menghilangkan Keriput di Tangan Secara Aman dan Alami

6. Kondisi Medis

Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering dan memperburuk masalah kulit kering. Salah satunya adalah ekzema, yaitu kondisi kulit yang menyebabkan kulit menjadi merah, gatal, dan kasar. 

Selain itu, psoriasis yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit yang terlalu cepat dan menyebabkan plak kasar dan kulit kering pada tangan. Dermatitis juga dapat memperburuk masalah kulit kering dan membuat kulit tangan terasa sangat gatal dan kasar.

7. Penuaan

Proses penuaan alami menyebabkan berkurangnya produksi minyak alami dan kolagen di kulit, yang dapat menyebabkan kulit kering dan menjadi lebih kendur.

8. Penggunaan Produk Skincare yang Salah

Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit tangan Anda bisa memperparah kekeringan di tangan Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan produk yang terlalu keras atau menggunakan bahan kimia yang tidak cocok dengan kulit Anda, hal itu bisa menyebabkan kulit lebih kering.

9. Kurangnya Asupan Cairan

Minum air yang cukup penting untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam. Kurangnya hidrasi dalam tubuh dapat mengakibatkan kulit menjadi kering.

10. Diabetes

Selain faktor-faktor sebelumnya, kulit kering pada tangan juga dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu seperti gangguan ginjal, iktiosis, masalah tiroid, kekurangan gizi, dan diabetes.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, diabetes dapat mempengaruhi sistem saraf dan pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk pada kulit. Jika diabetes memengaruhi kulit, ini bisa menjadi indikasi bahwa kadar gula darah sedang tinggi.

11. Mandi Air Hangat Terlalu Lama

Mandi dengan air hangat memang memberikan sensasi relaksasi yang nyaman. Namun, kebiasaan ini dapat menjadi salah satu penyebab kulit kering jika dilakukan dalam durasi yang berlebihan. Efek serupa dapat muncul jika Anda menggunakan air dengan suhu yang terlalu panas. Untuk itu, disarankan untuk membatasi waktu mandi Anda, tidak melebihi 5 menit, dan pastikan suhu air tidak menyebabkan kulit terasa terbakar.

Baca juga: 5 Cara Perawatan Kulit Wajah Kering Yang Mudah Dilakukan

5 Cara Mengatasi Kulit Tangan Kering secara Alami

cara mengatasi kulit tangan kering secara alami

 Kulit tangan yang kering tentu dapat mengganggu aktivitas Anda. Belum lagi jika kondisi kulit yang kering disertai dengan rasa gatal, perih, hingga mengelupas. Sebab itu, Anda perlu mengatasinya segera agar tak terjadi kondisi yang lebih parah. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi kulit tangan kering: 

1. Gunakan Produk Pelembab Khusus Tangan

Menggunakan pelembab khusus untuk tangan dapat membantu menjaga dan melembapkan kulit tangan dan memperbaiki kerusakan akibat kulit kering. Beberapa jenis produk pelembap tangan mengandung bahan-bahan alami seperti minyak almond, shea butter, dan jojoba oil. 

Bahan ini sangat efektif dalam membantu mengatasi kulit kering dan memberikan kelembapan yang dibutuhkan. Mereka juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

2. Hindari Mandi Air Panas Secara Berlebihan

Air panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, sehingga membuat kulit tangan menjadi kering dan pecah-pecah. Jika dibutuhkan, gunakan air hangat dengan suhu yang tidak terlalu panas dan kurangi waktu mandi. 

Dalam hal ini, menghindari mandi air panas yang terlalu sering dan menggunakan air suhu ruangan atau air dingin dapat membantu menjaga kelembapan dan mengatasi masalah kulit kering pada tangan.

3. Hindari Mencuci Tangan yang Terlalu Sering

Mencuci tangan yang terlalu sering dapat membuat kulit tangan kering dan memperparah masalah kulit tangan yang kering. Jika memungkinkan, gunakan air dengan suhu ruangan dan sabun lembut yang kaya akan bahan-bahan yang melembapkan. 

Setelah mencuci tangan, usahakan untuk mengeringkan kulit dengan lembut menggunakan tisu atau kain halus untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Menggunakan pelindung tangan seperti sarung tangan saat melakukan pekerjaan yang menyebabkan kulit terpapar air dan sabun, juga dapat membantu mengatasi masalah kulit kering.

Baca juga: 5 Cara Agar Muka Tidak Kering dan Tampak Awet Muda

4. Menggunakan Sabun yang Lembut dan Melembapkan

Menggunakan sabun yang kasar dapat membuat kulit tangan menjadi kering dan memperparah masalah kulit tangan yang kering. Gunakan sabun yang lembut dan melembapkan untuk membantu menjaga kelembapan kulit tangan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sabun yang mengandung bahan-bahan seperti glycerin, shea butter, dan lain sebagainya,  dapat membantu melindungi kulit

5. Menggunakan Sarung Tangan saat Mencuci

Kulit kering, khususnya di tangan, sering kali disebabkan oleh deterjen yang memiliki kandungan bahan yang keras. Meskipun sulit untuk menghindari penggunaan deterjen karena kebutuhan mencuci pakaian sehari-hari, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan sarung tangan non-lateks saat melakukan proses pencucian. Dengan cara ini, kulit Anda tidak akan langsung terpapar oleh deterjen yang mungkin menyebabkan iritasi.

6. Konsultasikan dengan Dokter Ahli JAC

Jika masalah kulit tangan kering tidak dapat teratasi dengan cara-cara alami, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

Kulit tangan kering adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Banyak hal yang bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering, seperti cuaca dan lingkungan, pencucian tangan yang terlalu sering, penggunaan produk kimia, paparan sinar matahari, dan penggunaan alat elektronik. 

Untuk mengatasi kulit tangan kering, bisa dilakukan dengan cara-cara alami seperti menggunakan minyak almond, mentimun, madu, bahan-bahan dari dapur, dan menjaga kelembapan kulit dengan memakai pelembab.

Jangan biarkan kulit tangan kering mengganggu kenyamanan hidup Anda. Perlakukan kulit tangan dengan baik dan rawatlah dengan tepat agar tetap sehat dan lembap. Ingatlah bahwa kulit tangan adalah bagian dari tubuh yang sangat penting dan harus diperlakukan dengan baik pula. 

Jika Anda mengalami berbagai permasalah pada kulit, JAC siap membantu Anda. Prosedur perawatan yang tersedia di JAC dirancang untuk memberikan solusi terbaik untuk mengatasi kulit kasar dan kering. JAC juga melengkapinya dengan menghadirkan perawatan lebih ke dalam, seperti Growth Factors dan Anti-Oxidant Infusion untuk memberikan hasil akhir perawatan seluruh kulit tubuh yang bersih, bersinar dan cantik. Praktis dan aman. 

Jadi, apalagi yang dipertimbangkan? Dapatkan perawatan terbaik dari dokter hingga tim ahli dengan JAC dan mulai menikmati kulit halus dan lembut yang membuat Anda bangga.

JAC Banner

Sumber rujukan:

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes

  • https://www.healthline.com/health/dry-hands

    dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

    dr. Olivia Ong

    Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

    Terkait

    9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

    9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

    Februari 23, 2024
    Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

    Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

    Februari 23, 2024
    Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

    Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

    Februari 23, 2024

    Comments are closed.