7 Penyebab Kulit Wajah kering dan Mengelupas

Pernahkah Anda merasa kesal dengan make up yang hancur akibat kulit wajah kering dan mengelupas? Padahal pada hari yang sama, Anda sedang merasa puas dengan tampilan make up tersebut. Itulah mengapa perlu mengenal kira-kira apa penyebab wajah kering dan mengelupas hingga mengganggu penampilan Anda dan tak jarang menimbulkan rasa sakit. 

Mengetahui penyebab dari kulit wajah kering dan mengelupas dapat membantu Anda menemukan solusi yang tepat sesuai dengan sumber permasalahannya. Untuk itu, JAC akan menjabarkan informasi lengkap seputar penyebab kulit wajah kering hingga mengelupas melalui artikel di bawah ini. 

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Wajah Kendur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

penyebab kulit wajah kering dan mengelupas

Kulit kering dan mengelupas adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Hal ini tentu bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan juga memengaruhi penampilan seseorang. Berikut ini adalah beberapa penyebab kulit wajah kering dan mengelupas yang harus Anda ketahui sehingga dapat menentukan solusi yang tepat:

1. Iklim dan Lingkungan

Iklim dan lingkungan dapat memengaruhi kondisi kulit. Udara yang kering dan panas dapat membuat kulit menjadi kering dan mengelupas. Hal ini karena udara yang kering dapat menghapus kelembapan dari kulit dan mengurangi produksi minyak alami di wajah. Di sisi lain, kondisi lingkungan seperti polusi dan sinar matahari juga dapat mengubah kulit menjadi kering dan mempercepat proses penuaan.

2. Produk Kosmetik yang Tidak Sesuai

Menggunakan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas. Bahan-bahan seperti alkohol dan bahan kimia lain dapat menghapus kelembapan yang dihasilkan oleh minyak alami dari kulit dan memengaruhi lapisan pelindung kulit. 

Selain formula pada produk make up yang Anda gunakan, jenis make up dengan klaim tahan lama juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kulit kering hingga mengelupas. Jika Anda perlu menggunakan produk kosmetik yang memiliki ketahanan tinggi, jangan lupa pastikan wajah dalam kondisi lembap terlebih dahulu agar wajah tak kering hingga mengelupas.

Pada dasarnya, menggunakan produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit dan memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung formula seperti bahan kimia dan penggunaan alkohol yang berlebihan adalah hal penting untuk diperhatikan.

3. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cukup air. Hal ini dapat terjadi karena Anda tidak mengonsumsi air sesuai dengan jumlah yang diperlukan tubuh, mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, atau mengalami kondisi medis tertentu. 

Dehidrasi dapat memengaruhi kulit dan membuatnya menjadi kering dan mengelupas. Jadi, pastikan untuk minum cukup air setiap hari dan makan makanan yang bergizi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

4. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis dapat memengaruhi kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering bahkan mengelupas. Beberapa contohnya adalah psoriasis, ekzema, dan dermatitis. Kondisi medis ini dapat menyebabkan reaksi alergi atau inflamasi yang membuat kulit lebih kering hingga mengelupas. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang tepat untuk kondisi medis Anda.

5. Pemakaian Air Panas dan Produk Scrub yang Terlalu Keras

Air panas dan scrub yang terlalu keras dapat memengaruhi kulit dan menghapus lapisan pelindung alami kulit. Pada faktanya, terlalu sering menggunakan air panas dengan suhu tinggi dan melakukan scrub dengan butiran yang keras terlalu sering dapat membuat kulit menjadi kering dan mengelupas. 

Akhirnya kulit justru akan kehilangan minyak alaminya dan membuat wajah kering, mengelupas, bahkan hingga muncul rasa perih dan sensasi ditarik di beberapa bagian wajah. 

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam Secara Alami

6. Stres

Sudah umum diketahui bahwa stres dapat memengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan, termasuk kulit pada wajah. Stres dapat menyebabkan produksi hormon kortisol yang memengaruhi kulit menjadi lebih kering. Di sisi lain, terdapat banyak masalah wajah lainnya yang bisa ditimbulkan dari kulit kering dan stres juga memicu perubahan kulit semakin buruk. 

Saat Anda merasa stres dan kulit menjadi lebih kering, tentu risiko akan timbulnya banyak permasalahan wajah mulai dari jerawat hingga kulit kusam akan semakin meningkat. Untuk menghindarinya, Anda tentu perlu melakukan pengelolaan stres yang tepat agar tidak ada lebih banyak masalah kulit yang muncul. 

7. Merokok dan Alkohol

Secara tidak langsung, gaya hidup yang buruk juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah Anda. beberapa kebiasaan yang membuat kulit menjadi lebih kering adalah merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan. 

Jika pada awalnya wajah Anda cenderung normal atau berminyak, dengan kebiasaan merokok yang berlebihan, hal ini dapat mengubah kondisi kulit Anda menjadi kering dan mempercepat proses penuaan. 

Pasalnya asap rokok mengandung bahan yang dapat merusak lapisan pelindung kulit dan membuat kulit menjadi kering dan mengelupas. Hal yang sama juga berlaku pada konsumsi alkohol yang berlebihan. Jika rokok memengaruhi kondisi kulit dari luar, alkohol justru akan memberikan dampak dari dalam. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol akan membuat Anda dehidrasi. 

Baca juga: Cara Mengencangkan Kulit Wajah di Bawah Mata

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas?

cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas

Pada dasarnya, cara yang paling ampuh untuk mengatasi kulit wajah kering adalah dengan memastikan bahwa minyak di wajah dapat memproduksi dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kelembapan wajah. Selain itu, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. 

Selain itu, pastikan untuk melengkapi rangkaian skincare dasar Anda dengan moisturizer dan sunscreen untuk pagi hingga sore hari. Tidak dapat dimungkiri, terkadang minyak yang dihasilkan wajah tidak dapat melembapkan seluruh bagian. Sebab itu, diperlukan peran moisturizer untuk mengunci kelembapan kulit dalam beberapa waktu kedepan. 

Satu lagi yang perlu dilakukan adalah gunakan sabun cuci muka yang lembut dan khusus untuk kulit kering. Hal ini akan membantu menjaga minyak alami pada wajah, jadi Anda tidak akan kehilangan sepenuhnya seperti saat menggunakan produk cuci muka dengan bahan yang umum digunakan wajah dengan kulit normal. 

Memilih skincare untuk mengatasi penyebab kulit wajah kering sebaiknya tidak sembarangan. Gunakan produk yang sudah pasti aman dengan bahan-bahan yang dapat melembapkan wajah tanpa menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh wajah Anda. Bingung menentukan skincare yang tepat? Pilih skincare dari JAC. 

JAC menyediakan skincare yang diracik dengan bahan-bahan alami yang lembut oleh dokter bersertifikasi untuk mengatasi permasalahan kulit Anda, terutama masalah kulit kering. Tenang saja, skincare yang dihadirkan oleh JAC tidak menyebabkan ketergantungan dan sudah terdaftar di BPOM, sehingga tetap aman digunakan untuk siapa saja termasuk ibu hamil dan menyusui.

Selain produk skincare, JAC juga menghadirkan berbagai rangkaian perawatan wajah yang bisa mengatasi masalah kulit yang mengganggu kepercayaan diri Anda seperti kerutan, kulit kendur, noda hitam, dan lain sebagainya. 

Baik tua maupun muda, pria maupun wanita, menjaga kondisi wajah tetap prima dan tampak sempurna adalah sebuah kewajiban. Karena hal tersebut menandakan bahwa kulit Anda sehat dan terawat dengan baik. Untuk itu, jadwalkan segera kehadiran Anda di JAC dan dapatkan kulit lembap bercahaya impian Anda sekarang juga.

JAC-Face-Procedure-scaled

Sumber rujukan

  • https://www.mayoclinic.org/symptoms/peeling-skin/basics/definition
  • https://www.halodoc.com/artikel/kulit-wajah-mengelupas-ini-5-hal-yang-bisa-jadi-penyebabnya
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/symptoms-causes/syc-20353885
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024
6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

6 Cara Mengatasi Rambut Berminyak dan Ketahui Faktor Penyebabnya

Mei 16, 2024
5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

5 Perbedaan Fine Lines dan Wrinkles yang Jarang Diketahui

Mei 15, 2024

Comments are closed.