Ketahui 9 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda merasa khawatir atau frustasi melihat rambut Anda rontok setiap hari? Anda tidak sendirian. Rambut rontok adalah masalah umum yang memengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Namun, sebelum kita mencari solusi, penting untuk memahami penyebab rambut rontoknya terlebih dahulu.  Artikel ini akan membahas tentang penyebab rambut rontok, mulai dari faktor genetik hingga gaya hidup yang tidak sehat. Jadi, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih dalam dan lebih siap untuk mengatasi rambut rontok dengan efektif, memulihkan kepercayaan diri, dan kembali meraih rambut yang sehat dan indah.

9 Penyebab Rambut Rontok

9 penyebab rambut rontokRambut rontok adalah masalah yang dapat memengaruhi siapa pun, baik pria maupun wanita. Sebelum memahami cara mengatasi rambut rontok, penting untuk mengetahui penyebab-penyebabnya terlebih dahulu agar dapat memilih yang paling tepat. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok:

1. Faktor Genetik

Faktor genetik sering disebut sebagai alopecia androgenetika yang merupakan kondisi yang dapat diwarisi dari keluarga. Jika ada riwayat keluarga dengan rambut tipis atau kebotakan, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami masalah ini. Pasalnya, faktor genetik dapat memengaruhi kedalaman akar rambut dan ukuran folikel yang mana memengaruhi pertumbuhan rambut.

2. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan kurang tidur dapat memperburuk masalah rambut rontok. Pasalnya, rokok mengandung zat-zat beracun yang dapat menghambat sirkulasi darah ke folikel rambut, sedangkan konsumsi alkohol berlebihan dapat mengganggu penyerapan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan rambut. Di sisi lain, kebiasaan kurang tidur dapat mengakibatkan stres dan perubahan hormon yang bisa memengaruhi kesehatan rambut.

3. Kekurangan Nutrisi

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Beberapa nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut meliputi zat besi, protein, serta vitamin tertentu seperti vitamin A, D, dan C. Kekurangan zat besi, misalnya, dapat menyebabkan anemia yang dapat berdampak pada pertumbuhan rambut.

Baca Juga : Inilah 3 Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Zaitun

4. Penggunaan Produk Rambut yang Tidak Tepat

Penggunaan produk rambut yang mengandung bahan kimia keras atau penggunaan berlebihan dari produk tersebut dapat merusak rambut. Beberapa produk yang perlu diwaspadai meliputi sampo dengan bahan kimia agresif seperti sulfat yang dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala dan membuat rambut menjadi rapuh. Selain itu, penggunaan pewarna rambut yang berlebihan atau dengan bahan kimia yang kuat juga dapat merusak struktur rambut.

5. Penggunaan Alat Styling yang Berlebihan

Alat-alat styling seperti hair dryer, catokan, dan alat penata rambut lainnya dapat memberikan tampilan yang luar biasa, tetapi penggunaan berlebihan dapat mengakibatkan rambut rontok.  Panas yang dihasilkan oleh alat-alat ini dapat membuat rambut menjadi kering, tipis, dan rentan patah. 

6. Stres

Stres adalah faktor yang sering diabaikan dalam masalah rambut rontok. Padahal, pada faktanya, stres dapat memicu perubahan hormon dalam tubuh yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut. Selain itu, kebiasaan menggaruk kepala saat stres juga dapat merusak folikel rambut. 

Baca Juga : Ketahui 10 Cara Menjaga Kesehatan Rambut

7. Penyakit Kulit Kepala

Penyakit kulit kepala seperti dermatitis seboroik atau psoriasis dapat menyebabkan rambut rontok. Kondisi ini biasanya disertai dengan peradangan dan gatal-gatal pada kulit kepala, yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut. Jika Anda mengalami gejala gangguan kulit kepala, segera konsultasikan dengan dokter ahli untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

8. Konsumsi Obat Tertentu

Perlu diketahui bersama bahwa pada dasarnya beberapa obat-obatan memiliki efek samping rambut rontok. Beberapa contohnya adalah antidepresan, obat-obatan kemoterapi, dan obat tekanan darah tinggi. Jika Anda merasa bahwa obat-obatan yang Anda konsumsi memengaruhi rambut, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mencari treatment yang paling sesuai.

9. Perubahan Hormon

Perubahan hormon ini sering terjadi selama kehamilan, menopause, atau kondisi medis yang memengaruhi keseimbangan hormon. Kondisi inilah yang dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Biasanya, ketika hormon berubah, folikel rambut bisa menjadi lebih sensitif, dan rambut yang tadinya sehat bisa menjadi rapuh dan rontok. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang yang Susah Diatur

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut RontokSetelah memahami berbagai penyebab rambut rontok, langkah berikutnya adalah mengatasi masalah ini. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk merawat rambut Anda dan mencegah rambut rontok. Di bawah ini, kita akan membahas poin-poin penting dalam mengatasi rambut rontok:

1. Perawatan Rambut yang Tepat

Penting bagi setiap orang untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis rambut, karena pemilihan yang tepat dapat membantu memperkuat rambut dan menjaga kesehatannya. Selain itu, hindari mencuci rambut terlalu sering, karena tindakan ini dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala yang diperlukan untuk menjaga rambut tetap sehat.  Penggunaan conditioner juga sangat dianjurkan, terutama pada ujung rambut, untuk menjaga kelembaban dan mencegah kerusakan. Lebih lanjut, perawatan rutin dengan masker rambut yang mengandung bahan alami dapat membantu memperkuat dan memelihara kesehatan rambut.

2. Perubahan Gaya Hidup

Perubahan gaya hidup yang lebih sehat juga dapat membantu mengatasi rambut rontok. Ini termasuk aspek seperti diet yang seimbang dengan asupan nutrisi yang mencukupi, terutama protein, zat besi, serta vitamin-vitamin seperti A, D, dan C yang penting untuk kesehatan rambut.  Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan karena keduanya dapat merusak rambut. Selain itu, manajemen stres yang baik melalui teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan rambut. Selanjutnya, jangan lupa untuk tidur yang cukup.

3. Konsultasikan ke Dokter Ahli

Jika Anda menghadapi rambut rontok yang parah atau memiliki masalah kesehatan rambut yang lebih serius, segera konsultasikan dengan dokter ahli yang berpengalaman dalam menangani masalah rambut. Konsultasi pada ahlinya akan membantu Anda menemukan solusi yang tepat sesuai dengan penyebabnya, hal ini juga termasuk pada tindakan medis bila dibutuhkan seperti terapi laser, terapi obat, atau bahkan transplantasi rambut.  Rambut adalah salah satu aset berharga dalam penampilan kita, dan masalah rambut rontok adalah hal yang umum dihadapi oleh banyak orang. Pentingnya memahami penyebab rambut rontok adalah agar Anda dapat mulai mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini. Jika Anda mengalaminya, tenang saja dan tidak perlu khawatir, langsung saja coba cari tahu faktor apa yang memengaruhi kondisi rambut.  Jika merasa terdapat kondisi khusus seperti masalah kesehatan atau kerontokan parah yang sudah tidak bisa ditangani secara mandiri, Anda perlu langsung mengunjungi dokter ahli untuk memastikan treatment terbaik dan tepat. Jangan lupa, pastikan Anda memilih dokter ahli yang tepercaya dan sudah bersertifikasi. 

JAC Banner

Bingung menentukan yang tepat? JAC siap membantu Anda. Melalui treatment Prime Exosome Hair, Anda dapat mengembalikan pertumbuhan rambut yang sebelumnya lambat menjadi lebih normal. Perawatan ini bekerja dengan baik terutama di bagian kulit kepala yang sebelumnya mengalami penipisan akibat rontok.  Hasilnya, Anda bisa mendapatkan rambut yang lebih sehat dan tebal. Tenang saja, treatment ini tidak menimbulkan efek samping obat-obatan dan tentunya aman bagi pria maupun wanita. Sudah siap mendapatkan kelebatan rambut Anda kembali? Kunjungi JAC sekarang juga dan konsultasikan kondisi Anda dengan tim ahli kami! Sumber:

  • https://www.halodoc.com/kesehatan/rambut-rontok
  • https://www.alodokter.com/inilah-penyebab-rambut-rontok-berlebih
  • https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/causes/18-causes
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/symptoms-causes/syc-20372926 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

9 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Februari 23, 2024
Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Cara Diet Nasi Merah Tepat Sesuai Anjuran Dokter dan Pakar Gizi

Februari 23, 2024
Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Panduan Terbaik Mengenai Cara Mengecilkan Lengan Atas

Februari 23, 2024

Comments are closed.