Ketahui 11 Penyebab Rambut Tipis dan Tips Perawatannya

Kondisi rambut yang tipis bisa dialami oleh siapapun, baik pria maupun wanita. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab rambut tipis, baik faktor genetika, kurangnya nutrisi, hingga faktor pengobatan, dan masih banyak lagi. Sebab itu, mengetahui apa saja penyebabnya dapat membantu Anda menemukan solusi yang paling tepat.

Dalam artikel berikut ini, JAC akan membantu memberikan berbagai penjelasan mengenai penyebab rambut tipis serta tips merawatnya agar tetap sehat sekaligus merangsang pertumbuhan rambut kembali. Simak informasi selengkapnya di bawah ini untuk mengatasi penipisan rambut!

11 Penyebab Rambut Tipis

penyebab rambut tipis

Terdapat bagian yang kosong atau kebotakan pada area kepala akibat rambut yang mulai menipis tentu akan memengaruhi kepercayaan diri terkait penampilan Anda. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui beberapa faktor penyebab rambut tipis berikut agar dapat mencegah atau mengatasinya segera. Simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Genetika

Selain jenis dan warna rambut, memiliki rambut tipis juga dapat disebabkan oleh faktor genetika. Pada dasarnya, faktor genetik sendiri dapat berupa rambut yang sudah tipis atau memiliki keturunan rambut rontok yang parah. Ketika kerontokan rambut disebabkan oleh faktor genetik, besar kemungkinan terjadi pola yang umum disebut sebagai kebotakan pola pria (MPB) atau kebotakan pola wanita (FPB)

2. Kebiasaan Menarik Rambut

Secara tidak sadar, pasti sering kali Anda memainkan atau menarik-narik rambut seperti digaruk, dipelintir, atau mencabuti rambut. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini bisa menyebabkan rambut Anda mengalami kerontokan dan akan mengalami penipisan. 

3. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Sama halnya dengan kebiasaan menarik rambut, mengikat rambut terlalu kencang juga tidak baik dan bisa menyebabkan rambut menjadi tipis serta mudah rontok. Pasalnya, gaya tegang yang diciptakan oleh karet rambut yang begitu kencang bisa merusak folikel rambut. 

4. Penataan Rambut yang Berlebihan 

Penggunaan alat untuk menata rambut seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting rambut yang berlebihan juga memengaruhi kesehatan rambut dan besar kemungkinan membuatnya menjadi semakin tipis. 

Ditambah lagi, penataan rambut dengan banyak penggunaan bahan kimia juga dapat membuat proses penipisan rambut, terlebih jika Anda memiliki rambut yang mudah patah.. 

5. Kurang Mengkonsumsi Zat Besi, Asam folat, dan Mineral 

Faktor lain yang menyebabkan rambut menjadi tipis adalah kurangnya mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi, asam folat, dan mineral. Pada dasarnya rambut juga perlu untuk diberi nutrisi, sehingga zat besi, asam folat, dan mineral sangat penting bagi kesehatan rambut. 

Peran zat besi pada tubuh adalah menyediakan oksigen dan nutrisi bagi folikel rambut, sehingga jika kandungan zat besi pada tubuh tidak terpenuhi dapat menyebabkan anemia defisiensi yang bisa menyebabkan rambut menipis. 

Selain zat besi, asam folat atau vitamin B9 juga sangat penting bagi pertumbuhan rambut. Jika kekurangan asam folat atau vitamin B9 bisa mengganggu pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut menipis. Di sisi lain, kurangnya mengonsumsi mineral juga dapat mengganggu pertumbuhan pada rambut dan mengakibatkan rambut menjadi rapuh, tipis, dan mudah rontok. 

Baca juga: 10 Penyebab Rambut Patah & Cara Mengatasinya

6. Stress 

Rambut yang menipis juga disebabkan oleh stress yang berlebih. Pada kondisi stres yang berat, tubuh mengalami perubahan hormon,termasuk peningkatan kadar kortisol. Tingkat kortisol yang tinggi dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut, mempercepat tahap istirahat (telogen) di mana rambut rontok.

Selain itu, stres juga dapat memicu kebiasaan buruk seperti menggaruk kulit kepala atau menarik-narik rambut secara tidak sadar. Kebiasaan tersebut dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan.

7. Terlalu Banyak Vitamin A 

Vitamin A tentunya sangat bagus bag tubuh, akan tetapi mengkonsumsi vitamin A yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh khususnya untuk pertumbuhan rambut. Konsumsi vitamin A yang terlalu banyak dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berkurang sehingga rambut menjadi tipis. 

8. Hormon 

Perubahan hormon baik akibat masa puber, menopause, kehamilan, ataupun pemakaian pil KB juga bisa menyebabkan rambut menjadi tipis. Pada pertumbuhan rambut, hormon estrogen memiliki peran yang sangat penting terutama untuk melindungi rambut dan pertumbuhan rambut itu sendiri. Jadi,  jika hormon pada tubuh tidak stabil bisa menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi tipis. 

9. Kondisi Medis

Faktor berikutnya yang bisa menyebabkan rambut tipis adalah kondisi medis tertentu. Sebagai contohnya kondisi medis seperti mengalami penyakit lupus dan tiroid bisa menyebabkan rambut tipis. 

Pasalnya, infeksi pada kulit kepala bisa menyebabkan akar rambut lemah sehingga bisa membuat rambut rontok dan semakin lama akan semakin tipis. Selain itu, hormon tiroid yang tidak seimbang juga bisa mengakibatkan rambut menjadi tipis. 

10. Pemakaian Produk Perawatan Rambut yang Kurang Tepat

Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak sesuai dengan jenis rambut Anda dapat merusak struktur rambut. Misalnya, jika Anda memiliki rambut kering dan menggunakan produk yang mengandung alkohol, itu bisa membuat rambut semakin kering dan rapuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis rambut Anda, baik itu berdasarkan tekstur, kondisi, atau masalah yang ingin Anda atasi.

11. Pencatokan dan Pewarnaan Rambut yang Berlebihan

Mencatok atau mewarnai rambut terlalu sering dapat memunculkan berbagai masalah seperti rambut rontok, bercabang dan pecah.

Penggunaan cat rambut, pemutih, atau prosedur kimia yang keras tersebut jika dilakukan terlalu sering dan berlebihan dapat merusak struktur rambut dan menyebabkan rambut menjadi tipis.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Rambut Rontok Parah dengan Cepat

Tips Merawat Rambut Tipis

tips merawat rambut tipis

Permasalahan pertumbuhan rambut yang tipis dapat diatasi berdasarkan penyebab penipisan rambut itu sendiri. Adapun beberapa tips dalam mengatasi dan merawat rambut tipis adalah sebagai berikut: 

1. Mengelola Stres dengan Baik 

Jika tadi stress bisa menyebabkan penipisan pada rambut, maka hal yang dapat dilakukan dalam merawat rambut tipis adalah mengelola stres dengan baik. Dalam mengelola stres Anda bisa melakukan hal-hal positif yang bisa merilekskan tubuh dan pikiran, seperti olahraga, jalan-jalan, hingga meditasi. 

2. Menggunakan Sampo dan Conditioner yang Sesuai 

Dalam merawat rambut tipis, penggunaan produk sampo dan conditioner juga harus diperhatikan. Gunakanlah sampo dan conditioner yang mengandung vitamin, asam amino, biotin dan panthenol. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan kulit kepala, mampu menghasilkan lebih banyak rambut, dan menguatkan batang rambut. 

3. Mengganti Gaya Rambut 

Mengganti atau mengubah gaya rambut juga bisa menjadi tips dalam merawat rambut tipis. Anda bisa mencari hairstylist yang cocok dan tepat sehingga rambut bisa tampak tebal bervolume. Selain itu, anda juga bisa merubah belahan rambut Anda menjadi ke samping agar menciptakan efek rambut bervolume.

Jika masih merasa rambut tetap mudah rontok dan tipis, Anda bisa rutin potong rambut agar tidak terlalu panjang dan berat. Jadi, akar rambut juga dapat lebih kuat dan tumbuh dengan baik serta lebat.

4. Mengubah Gaya Hidup 

Di antara berbagai tips merawat rambut tipis, hal yang paling terpenting dalam perawatan adalah mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Selain baik untuk kesehatan tubuh, mengubah gaya hidup yang lebih sehat juga bisa memperbaiki siklus pertumbuhan rambut. Jadi, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang mencukupi, begitupun juga dengan rambut. 

 5. Memijat Kulit Kepala Secara Rutin

Secara teratur melakukan pijatan kulit kepala saat mencuci rambut merupakan langkah sederhana yang dapat membantu mengatasi rambut yang tipis. Pijatan ini bermanfaat untuk merangsang aliran darah dan mengangkat sel kulit mati di kulit kepala, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut.

6. Menggunakan Minyak Esensial

Pemanfaatan minyak esensial, seperti minyak zaitun, lavender, atau rosemary, diyakini dapat memicu pertumbuhan rambut yang lebih tebal. Anda dapat mengaplikasikan manfaat-minyak esensial ini dengan menggunakannya sebagai masker rambut.

7. Hindari Penggunaan Alat Styling Secara Berlebihan

Penggunaan alat pemanas seperti hair dryer, catok, atau curling iron dapat merusak rambut tipis. Hindari penggunaan alat-alat tersebut secara berlebihan dan selalu gunakan pelindung panas sebelum styling rambut.

8. Rajin Memotong Ujung Rambut

Memotong ujung rambut secara teratur dapat membantu mencegah rambut tipis dari kerusakan dan pecah-pecah yang dapat membuat rambut terlihat lebih tipis. Potong ujung rambut setiap 6-8 minggu untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Rambut yang tipis memang bisa memengaruhi rasa percaya diri. Akan tetapi, hal itu bisa diatasi dengan mengetahui penyebab dari rambut tipis itu sendiri. Beberapa tips yang sudah disebutkan tadi juga bisa Anda lakukan untuk mencegah dan merawat rambut tipis, yang terpenting jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat untuk terhindar dari risiko penipisan rambut. 

Jika seluruh tips di atas tidak dapat membantu Anda mengatasi rambut tipis, maka langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rambut sehat dan tebal adalah mengunjungi dokter ahli. Memilih klinik perawatan rambut pun tidak bisa sembarangan, Anda perlu menentukan yang terbaik agar hasilnya maksimal.

banner prime exosome

Sebab itu, untuk segala permasalahan rambut Anda, serahkan pada JAC. Ditangani langsung oleh dokter yang telah tersertifikasi serta berpengalaman dan tim ahli, JAC akan membantu mengembalikan kinerja sel pada kulit kepala agar memicu pertumbuhan rambut yang sehat dan lebat.

Tunggu apalagi? Kunjungi JAC sekarang juga dan kembalikan kepercayaan diri Anda dengan rambut bersinar, lebat, dan sehat. 

Sumber rujukan: 

  • https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/causes/18-causes

  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/cara-mengatasi-rambut-tipis/

  • https://www.kompas.com/sains/read/2022/05/12/183000823/penyebab-rambut-tipis-dan-cara-mengatasinya?page=all#page2

  • https://www.sehatq.com/artikel/pahami-penyebab-rambut-tipis-dan-cara-mencegah-terjadinya-kebotakan

  • https://www.alodokter.com/atasi-rambut-tipis-dengan-cara-mudah

  • https://moderncurly.com/rambut-tipis/
    dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

    dr. Olivia Ong

    Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

    Terkait

    7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

    7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

    Juni 21, 2024
    4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

    4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

    Juni 20, 2024
    4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

    4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

    Mei 17, 2024

    Comments are closed.