Ketahui 16 Cara Perawatan Wajah Alami Di Rumah

perawatan wajah alami di rumah

Kulit wajah yang cerah dan sehat merupakan dambaan banyak orang baik wanita maupun pria. Untuk mewujudkannya pun kini tidaklah sulit dan tidak mesti menggunakan produk perawatan kulit wajah yang sangat mahal. Ada beberapa alternatif cara perawatan kulit alami di rumah yang dapat Anda aplikasikan

Anda dapat melakukan perawatan kulit wajah secara rutin dengan memanfaatkan berbagai bahan alami seperti buah-buahan atau bahkan sayuran dan tentunya ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan melakukan perawatan wajah di salon kecantikan.

Bagaimana Cara Perawatan Wajah Secara Alami yang Mudah Dilakukan di Rumah?

Berikut ini beberapa cara perawatan wajah secara alami yang dapat mencerahkan kulit wajah Anda, yakni di antaranya:

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Dalam proses merawat wajah di rumah, langkah pertama yang perlu Anda pastikan adalah mempersiapkan seluruh bahan serta alat yang sekiranya diperlukan sehingga seluruh rangkaian proses perawatan dapat maksimal.

Anda dapat menyiapkan berbagai bahan-bahan alami sesuai kebutuhan seperti putih telur, lidah buaya, lemon, madu, mentimun, susu, yoghurt, daun sirih, teh hijau, minyak zaitun, gandum, hingga kopi. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan sebagai masker wajah.

Sedangkan untuk peralatannya, Anda dapat menggunakan penjepit rambut, kuas masker, handuk, dan bahkan baskom untuk mengisi air hangat. Jika beberapa bahan serta peralatan tersebut telah Anda siapkan, maka proses merawat wajah pun dapat segera Anda lakukan.

Baca juga: Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Menyusui

2. Proses Membersihkan Wajah

Pada tahap yang satu ini Anda dapat membersihkan wajah Anda terlebih dahulu dari penggunaan make-up menggunakan pembersih khusus (cleanser). Kemudian bilaslah wajah Anda menggunakan air hangat yang berfungsi untuk membuka pori-pori wajah.

Untuk hasil yang optimal, pastikan Anda rutin membersihkan wajah 2 kali sehari, yakni pagi dan malam hari sebelum tidur. Ini merupakan salah satu langkah awal dari perawatan wajah untuk menghilangkan kotoran yang menempel di kulit.

Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan produk pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit Anda. Misalnya, pembersih wajah dengan kandungan pelembap untuk jenis kulit kering atau produk berlabel hypoallergenic untuk kulit sensitif.

Maka pastikan jenis produk sabun pencuci muka, serum hingga tabir surya (sunscreen) Anda telah sesuai dengan jenis kulit Anda sehingga proses perawatan wajah Anda tidak menimbulkan efek samping yang tak diinginkan.

Baca juga: Mengenal Triple Cleansing untuk Kulit Wajah yang Lebih Cerah

3. Pemijatan Kulit Wajah

Pemijatan berguna untuk merelaksasi otot pada bagian wajah, sehingga sirkulasi yang terdapat di bagian dalamnya pun dapat terjaga dengan lebih baik dan lancar. Langkah ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan minyak zaitun atau moisturizer.

Selain itu, pastikan pula untuk menggunakan jari tengah serta jari manis agar gerakan memijat dapat dilakukan dengan lebih lembut dan teratur.

Baca juga: Cara Menghilangkan Wajah Belang yang Mengganggu

4. Steam Wajah Menggunakan Uap Air Hangat

Steam wajah yang dilakukan dengan uap air hangat berguna merangsang pori-pori kulit wajah Anda sehingga dapat terbuka dengan lebih lebar dan kotoran maupun minyak yang terperangkap di bagian dalam kulit pun dapat dibersihkan dengan lebih mudah.

Perawatan steam dengan uap ini dapat dilakukan secara rutin agar menghasilkan kulit wajah yang sehat dan bersih.

5. Scrubbing Kulit Wajah

Scrubbing dikenal ampuh sebagai cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari bagian wajah Anda dan juga mampu mengangkat kotoran di area kulit wajah dengan lebih baik.

Namun yang perlu diperhatikan dalam melakukan scrubbing kulit wajah adalah dengan memilih butiran scrub yang lembut untuk kulit wajah dan sesuai dengan kondisi wajah Anda agar tidak menimbulkan iritasi kulit.

Jika dilakukan dengan benar, kegiatan scrubbing juga dapat membantu Anda dalam meregenerasi kulit wajah dengan lebih baik.

Baca juga: 4 Cara Mengencangkan Kulit Mata di Bawah Mata

6. Menggunakan Masker Wajah dari Bahan Alami

Ada banyak buah serta sayuran yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah dengan lebih baik, beberapa diantaranya bahkan dapat dijadikan sebagai masker wajah alami.

Dalam proses perawatan yang satu ini, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti timun, lemon, strawberry, dan juga beragam bahan alami lainnya yang telah disebutkan di awal artikel ini.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan masker madu dan oatmeal yang berfungsi untuk mencerahkan wajah. Caranya mudah, cukup campur oatmeal dan madu dengan perbandingan 2:1. Aduk hingga membentuk pasta, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit.

Setelah menggunakan masker, jangan lupa bilas dengan air hingga bersih. Masker madu dan oatmeal ini sangat berguna untuk mengangkat sel kulit mati, mencegah jerawat, dan melembapkan kulit wajah.

Kandungan nutrisi seperti vitamin C, mineral, dan antioksidan, dalam bahan masker alami tersebut mampu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan memperbaiki kerusakan jaringan kulit di wajah.

7. Penggunaan Serum Wajah

Gunakan serum wajah yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C atau asam hialuronat untuk memberikan kelembapan dan nutrisi ekstra pada kulit Anda. Dengan menggunakan serum wajah secara teratur, ini akan meningkatkan kelembapan, meratakan warna kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan memberikan perlindungan anti-oksidan pada kulit Anda.

8. Menggunakan Pelembap Wajah

Akhiri rutinitas perawatan dengan mengaplikasikan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menjaga kelembapan.

Baca juga: 6 Manfaat Sunscreen dan Cara Menggunakannya dengan Benar

9. Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup merupakan perawatan wajah alami di rumah yang paling mudah dilakukan. Kebiasaan ini bisa membantu proses perawatan wajah dari dalam secara alami. Jika Anda kekurangan asupan air putih, hal ini bisa menyebabkan kulit Anda terlihat kusam dan bahkan keriput.

Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas atau sekitar 2 liter per hari agar tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Saat asupan cairan tubuh tercukupi, sel kulit akan turut bekerja dengan baik serta sirkulasi dan aliran darah pun menjadi lebih lancar. Dengan begitu, kulit dan wajah Anda juga akan terlihat lebih sehat dan cerah.

10. Olahraga

Berolahragalah selama minimal dua minggu sekali sebab kegiatan ini dapat membuat kulit Anda lebih sehat dan terlihat bersinar. Olahraga secara teratur bisa membantu aliran darah menjadi lancar.

Berolahraga juga bisa meningkatkan kondisi fisik, fungsi jantung, membakar kalori dan berbagai manfaat lainnya, jadi pastikan Anda tidak malas melakukan kegiatan ini.

Anda dapat melakukan beberapa jenis olahraga ringan di rumah seperti deadlift, squat jump, push-up, plunk, sit-up, naik turun tangga dll.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Bahan Alami

11. Konsumsi Makanan Bergizi

Memperhatikan makanan juga bisa mempengaruhi keadaan kulit Anda. Kalau Anda terlalu banyak konsumsi makanan manis, asin atau mengandung pewarna, hal itu malah berefek pada kulit Anda.

Sebagai gantinya, Anda mesti memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti buah pisang, delima dan buah naga. Buah-buahan tersebut bisa membuat kulit Anda menjadi lebih cerah, selain itu juga Anda bisa meningkatkan konsumsi makanan yang kaya vitamin, protein, dan mineral dan makanan-makanan seperti sayuran dan makanan sehat lainnya.

12. Hindari Rokok dan Alkohol

Sudah umum diketahui bahwa rokok dan minuman beralkohol memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh tak terkecuali bagi kesehatan kulit Anda. Jika Anda seorang perokok aktif maupun sering mengonsumsi alkohol, maka Anda perlu mempertimbangkan hal ini demi kesehatan tubuh dan kulit Anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

13. Istirahat yang Cukup

Selain dengan perawatan – perawatan dan beberapa hal yang harus diperhatikan diatas, waktu istirahat juga mempengaruhi keadaan dan kondisi kulit.

Tidur terlalu malam dan aktivitas malam sangat tidak baik untuk kulit Anda. Jangan lupa juga untuk tidur siang selama 30 – 60 menit untuk membuat tubuh Anda fit dan segar.

14. Konsumsi Vitamin E

Vitamin E mampu membantu Anda untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dam mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Mengonsumsi suplemen Vitamin E yang mengandung antioksidan dapat membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat.

15. Melakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Anda disarankan untuk mengaplikasikan eksfoliasi pada wajah secara teratur, yakni sebanyak 2–3 kali dalam seminggu, menggunakan scrub wajah yang memiliki kandungan ringan dan lembut. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan adalah neem. Dengan menjalankan eksfoliasi rutin pada wajah, sel-sel kulit mati dapat diangkat, menghasilkan efek kulit yang lebih cerah dan sehat.

16. Penggunaan Tabir Surya (Sunscreen) pada Siang Hari

Jika beberapa tahapan di bagian atas tadi telah Anda lakukan, maka bagian paling akhir yang tidak boleh Anda lewatkan dalam proses perawatan kulit wajah alami di rumah adalah menggunakan serum dan sunscreen.

Tabir surya merupakan bagian dari perawatan untuk mencerahkan kulit wajah yang tidak boleh dilewatkan. Mengoleskan tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap hari dapat mencegah kanker kulit, melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, sekaligus memperlambat penuaan kulit.

Oleskan tabir surya sebagai tahap akhir dari perawatan wajah Anda di pagi hari dan tabir surya perlu dioleskan kembali setiap 2 jam dan saat kulit terkena air atau berkeringat. Selain itu, tabir surya juga perlu dioleskan 30 menit sebelum keluar rumah.

Demikianlah beberapa tips perawatan wajah alami yang bisa Anda lakukan untuk mencerahkan kulit wajah Anda, dan semoga membantu Anda.

JAC juga menghadirkan Flawless Peel Treatment untuk mengangkat kulit mati agar dapat memberikan kesempatan bagi kulit muda yang indah untuk tampil ke permukaan dan memancarkan potensinya. Segera hubungi JAC untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari para dokter ahli tersertifikasi.

JAC Banner

Sumber rujukan:

  • https://hot.liputan6.com/read/4410406/24-cara-merawat-wajah-secara-alami-aman-dan-mudah-diterapkan
  • https://www.lemonilo.com/blog/5-tips-perawatan-wajah-dengan-cara-alami-di-rumah-sendiri
  • https://www.suara.com/lifestyle/2020/05/04/195000/cari-di-dapur-rumahmu-8-bahan-alami-untuk-perawatan-kulit-glowing?page=all
  • https://www.alodokter.com/mencerahkan-kulit-wajah-demikian-mudahnya-dengan-cara-alami
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

Maret 28, 2024
11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

Maret 28, 2024
10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

Maret 28, 2024

Comments are closed.