11 Perawatan Kulit Badan agar Putih dan Mulus secara Alami

perawatan kulit badan

Apa saja perawatan kulit badan yang dapat dilakukan? Barangkali Anda tengah mencari informasi soal cara merawat kulit tubuh agar putih dan mulus secara alami. Namun sebelum membaca ulasannya di bawah ini, satu hal yang perlu Anda sadari bahwa perawatan kulit untuk hasil yang maksimal akan membutuhkan ketelatenan dan kesabaran.

Banyaknya produk perawatan kulit yang beredar di pasaran sementara itu kerap menimbulkan kebingungan. Mau pakai yang mana, apakah hasilnya sesuai harapan, serta berbagai pertanyaan kompleks lainnya. Padahal, perawatan kulit tubuh akan mencapai hasil optimal selama ditempuh berdasarkan prosedur yang tepat. Nah berikut tips yang dapat Anda terapkan.

11 Perawatan Kulit Badan agar Putih dan Mulus secara Alami

Perawatan Kulit Badan agar Putih dan Mulus

Memutihkan kulit secara alami dan menjaganya agar tetap sehat adalah hal yang wajib karena selain berpengaruh besar pada penampilan, kulit merupakan organ tubuh terbesar yang penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun perlu dicatat bahwa melakukan perawatan kulit tidak harus repot ataupun mahal. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan kulit badan yang mudah, murah, dan efektif agar tetap putih dan cerah.

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Perawatan kulit badan pertama yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat semua hal yang kita lakukan setiap hari sebagai kebiasaan akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Pola kebiasaan yang kurang baik atau jauh dari kategori menyehatkan hanya akan menimbulkan dampak buruk termasuk pada kesehatan kulit.

Setiap pakar kesehatan dan kecantikan kulit pasti menyarankan perawatan yang dimulai dari pijakan pola hidup yang sehat. Memulai metode perawatan dari kebiasaan itu bakal lebih memudahkan mencapai hasil yang diinginkan.

Beberapa contoh kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit adalah:

  • Mengonsumsi alkohol dan kafein dalam jumlah berlebih

  • Jarang berolahraga

  • Mengonsumsi makanan tidak sehat, seperi junk food dan fast food

  • Tidak membersihkan makeup hingga tuntas di malam hari

  • Tidak mengangkat sel kulit mati secara rutin

  • Menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan bersifat keras

  • Tidak memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit

Jadi, hilangkan kebiasaan buruk di atas untuk mencegah kerusakan kulit pada tubuh Anda.

2. Minum Air Putih

Pertama-tama, dan selalu diwajibkan bagi siapa saja yang ingin menikmati kesehatan dan kecantikan tubuh adalah membangun kebiasaan minum air putih. Tak diragukan lagi bahwa air putih punya manfaat yang sangat besar bagi kulit karena menghindarkan dari kekeringan alias dehidrasi. Kulit kering dan kusam merupakan dampak dari kurangnya kebiasaan meminum air putih. Setidaknya minumlah sekitar 8 sampai 10 gelas air putih segar setiap hari.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami dengan Mudah dan Tanpa Efek Samping

3. Mandi dengan Air Mengalir

Cara mandi juga punya pengaruh bagi kesehatan dan kecantikan kulit tubuh. Bila menginginkan kulit yang terawat secara alami dan menyehatkan, biasakan mandi dengan air pancuran/shower. Dibandingkan dengan cara mandi berendam, ternyata air yang mengalir sangat bagus untuk perlindungan kulit tubuh. Dengan kata lain, tidak harus dengan shower pun bisa, seperti mandi dengan gayung biasa karena sama-sama mengalirkan ke sekujur tubuh.

Agar kesehatan kulit benar-benar terjaga jangan lupa untuk menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Disarankan untuk menggunakan sabun yang bersifat lembut di kulit agar tidak menyebabkan kulit iritasi. Kemudian, bedakan juga sabun untuk tubuh dengan pembersih wajah, karena kulit wajah cenderung lebih sensitif. Setelah menggunakan sabun, jangan lupa untuk bilas dengan air bersih.

4. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Jangan lupakan kualitas makanan untuk menerapkan perawatan kulit tubuh yang ideal. Mengkonsumi buah-buahan dapat divariasikan dalam bentuk jus semisal jus lemon. Begitupun dengan sayuran, dapat diolah menjadi varian makanan sehat. Intinya adalah Anda perlu memenuhi asupan makanan yang mengandung vitamin C karena punya kadar anti-oksidan tinggi dan meningkatkan kesehatan kulit.

Baca juga: Kulit Tangan Belang? Coba 4 Cara Memutihkan Kulit Tangan Ini!

5. Lakukan Perawatan Alami

Perawatan alami untuk kulit putih sering direkomendasikan karena khasiatnya terbukti sangat bagus. Selain itu tidak ada efek samping yang membahayakan kulit karena metode atau bahannya pun sangat aman.

Beberapa contoh perawatan kulit tubuh secara alami yang disarankan ialah:

  • Meminum jus wortel segar

  • Menggunakan gel lidah buaya yang dapat menghambat pembentukan melanin

  • Menggunakan air mawar untuk kelembapan kulit

  • Menggunakan masker teh hijau, madu, dan bahan alami lainnya yang kaya akan vitamin lainnya

  • Membersihkan wajah dengan minyak zaitun

Tiap metode perawatan kulit itu dapat dilakukan dengan mengolah sendiri masing-masing bahan utamanya. Tetapi, hati-hati dan hindari bahan alami yang dapat menyebabkan iritasi. Agar lebih aman, cobalah dulu setiap bahan alami yang hendak Anda gunakan dalam jumlah kecil untuk meminimalisir potensi munculnya alergi dan iritasi.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

6. Tidur Berkualitas

Mengabaikan kualitas tidur sama saja dengan meningkatkan risiko kesehatan dan kecantikan kulit. Tiap orang butuh waktu istirahat yang mencukupi. Tidur yang berkualitas bukan diukur dari waktu dan tempat. Sebagian besar di antara kita masih kurang menyadari pentingnya cara tidur yang berkualitas dan ketika dibiarkan semakin memicu risiko stres.

Anda mestinya dapat tidur dan benar-benar menikmatinya sebagai momen beristirahat yang sekaligus menurunkan risiko stres. Karena tingkatan stres sekecil apapun berpotensi buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

7. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Merawat kulit tak mungkin tanpa beberapa produk harian yang masing-masing punya manfaatnya. Contohnya adalah sabun untuk mandi, pembersih wajah, krim pelembap, lotion, dan beberapa produk sejenis lainnya.

Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menghindari iritasi atau masalah kulit lainnya. Secara umum, terdapat lima jenis kulit, yakni berminyak, kering, kombinasi, sensitif, dan mature. Pilihlah produk yang paling cocok untuk merawat kulit Anda.

Jika menginginkan kulit tubuh yang senantiasa bersih, mulus, dan sehat, pastikan anda memakai produk sabun dengan pH rendah. Jenis sabun ini memiliki tekstur yang lembut dan mencegah kulit kering. Sementara untuk produk perawatan kulit lainnya mesti memperhatikan kecocokan. Semisal ragu dengan jenis kulit sendiri bisa melakukan konsultasi ke pakar untuk memastikan cara merawat kulit tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Skin Care untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

8. Eksfoliasi Kulit secara Rutin

Eksfoliasi secara rutin sangatlah penting dalam menjaga kesehatan kulit. Bila tidak dieksfoliasi, maka sel kulit mati akan menumpuk sehingga pori-pori kulit tersumbat, menyebabkan jerawat muncul, dan membuat warna kulit terlihat kusam. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu guna mencerahkan kulit wajah secara alami dan lebih cepat.

Anda bisa menggunakan physical exfoliant, seperti scrub lembut ataupun lulur untuk mengangkat sel kulit mati. Tetapi apabila kulit Anda sensitif, sangat disarankan untuk menggunakan chemical exfoliant seperti AHA dan BHA untuk menghindari iritasi.

9. Gunakan Serum Tubuh secara Teratur

Tidak hanya kulit wajah, kulit tubuh juga membutuhkan serum sebagai bagian dari perawatan rutin untuk membantu regenerasi sel kulit yang sehat. Serum merupakan produk yang sangat penting untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan meningkatkan kesehatan kulit. Dengan rutinitas perawatan tubuh yang tepat, kulit dapat terlihat lebih cerah dan berkilau.Saat ini, sudah banyak serum tubuh yang tersedia di pasaran, banyak di antaranya mengandung vitamin C dalam kadar tinggi. Kandungan ini sengaja ditambahkan dengan konsentrasi yang tinggi untuk memberikan efek mencerahkan pada kulit yang kusam. Penting untuk diingat bahwa penggunaan body serum akan memberikan hasil optimal jika digunakan pada malam hari sebelum tidur. Body serum tidak hanya lebih dari sekadar lotion dan dapat memberikan hasil lebih cepat dibandingkan dengan produk perawatan tubuh lainnya.

Selain efek mencerahkan, penggunaan serum tubuh secara teratur juga dapat membantu melembabkan kulit dan mencegah kulit kendur, sehingga mengurangi risiko penuaan dini.

10. Menggunakan Sunscreen secara Rutin

Sunscreen AYOM All Purpose

Selanjutnya, perawatan kulit apapun akan percuma apabila kulit Anda terus-menerus terkena paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari sangat buruk. Hal ini dikarenakan UV dari sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar, kulit kusam, flek hitam, dan bahkan, dapat menyebabkan kanker kulit dalam jangka waktu panjang.

Jadi, untuk menjaga kulit, pastikan Anda selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari. Bahkan ketika Anda tidak keluar ruangan karena sinar matahari dapat masuk melalui jendela. Selain itu, hindari keluar ruangan saat matahari sedang panas-panasnya, yakni sekitar jam 11 pagi hingga jam 3 sore.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

11. Treatment ke Dokter

Konsultasikan Kondisi Kulit ke Dokter Ahli

Apabila cara merawat kecantikan kulit tubuh di atas belum bisa mengatasi permasalahan Anda, itu artinya Anda harus mengunjungi dokter kecantikan untuk mengonsultasikan kondisi kesehatan kulit dan tips-tips yang tepat mengenai perawatan kulit badan Anda.

Jenis perawatan kulit yang akan direkomendasikan untuk merawat kulit tubuh juga beragam seperti perawatan untuk menghaluskan kerutan, mengencangkan kulit, dan memperbaiki warna kulit agar wajah tampak lebih muda. 

Dokter di Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) memiliki keahlian untuk mengatasi berbagai masalah kulit sesuai dengan penyebabnya. Di sini Anda akan melewati beberapa pengecekan sebelum ditentukan treatment yang tepat untuk mengatasi permasalahan kulit yang Anda alami.

Apakah informasi cara merawat kulit tubuh membantu Anda? Jika tertarik untuk melakukan treatment khusus agar kulit makin terlihat cantik dan sehat, pastikan untuk melakukannya di aesthetic skin care tepercaya seperti JAC.

JAC Banner

Menariknya, JAC menjalankan perawatan wajah tanpa metode bedah sama sekali. Justru, Anda akan merasakan pengalaman perawatan baru karena penggunaan teknologi canggih dengan hasil instan. Jadi, tunggu apalagi? segera konsultasikan permasalahan kulit wajah Anda dengan Tim JAC dan ciptakan wajah yang lebih sehat, muda, dan sempurna bersama dokter ahli bersertifikasi dari JAC.

Sumber rujukan:

  • https://www.alodokter.com/menjaga-kesehatan-kulit-dengan-perawatan-yang-benar-tiap-hari
  • https://www.popbela.com/beauty/skin/vidya-tarigan/cara-merawat-kulit-tubuh
  • https://fitco.id/kecantikan/15-tips-trik-perawatan-tubuh-agar-kulit-mulus-dan-kinclong/
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

8 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

8 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Februari 22, 2024
Ketahui 6 Makanan Penyebab Inflamasi atau Peradangan Kulit Wajah

Ketahui 6 Makanan Penyebab Inflamasi atau Peradangan Kulit Wajah

Februari 22, 2024
7 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha

7 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha

Februari 22, 2024

Comments are closed.