Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Sudahkah Anda mengetahui apa perbedaan moisturizer dan sunscreen? Jika selama ini Anda mengandalkan moisturizer sebagai pelindung wajah dari paparan sinar matahari atau UV, pada dasarnya Anda tidak mendapatkan proteksi yang cukup seperti yang diharapkan. Sebenarnya moisturizer dan sunscreen merupakan 2 jenis skincare dengan fungsi yang berbeda.

Tenang saja, dalam artikel kali ini, JAC akan membagikan informasi seputar berbagai perbedaan moisturizer dan sunscreen agar Anda dapat menggunakan keduanya dengan tepat. Penggunaan yang tepat ini juga akan membantu produk bekerja lebih maksimal dalam menjaga kulit dari sinar uv. Sebab itu, pastikan Anda membaca artikel ini hingga akhir.

Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen

Apa Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer dan sunscreen merupakan dua produk skincare yang penting sebab dapat memengaruhi efektivitas kinerja skincare lainnya pada wajah. Meski banyak hadir dalam bentuk yang sama, ternyata moisturizer dan sunscreen adalah dua produk yang berbeda. Apa saja perbedaannya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Fungsi Produk

Moisturizer adalah produk kecantikan yang berfungsi untuk meningkatkan dan mengunci kelembapan pada kulit. Kulit memang menghasilkan sebum atau minyak alami untuk melindungi dan melembapkan kulit. Namun pada praktiknya, sebum tidak dapat melembabkan kulit secara maksimal sehingga perlu menggunakan produk tambahan berupa moisturizer.

Sedangkan sunscreen, atau pelindung sinar matahari, adalah produk kecantikan yang bertujuan untuk menyerap dan melindungi kulit dari sinar matahari yang mengandung sinar UV dan dapat merusak kulit. Hal ini dapat menyebabkan masalah kulit seperti kerusakan DNA, tanda-tanda penuaan dini, dan kanker kulit.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Kulit Terbakar Matahari

2. Bentuk Produk

Moisturizer umumnya hadir dalam bentuk krim, lotion, salep, dan oil. Produk dengan konsistensi kental biasanya digunakan dengan cara dioleskan ke wajah. Sedangkan pada produk dengan konsistensi cair digunakan dengan cara disemprotkan, dioleskan, atau diusapkan menggunakan kapas. 

Sunscreen memiliki bentuk produk yang tak jauh berbeda dengan moisturizer, hanya saja produk ini lebih banyak hadir dalam bentuk stick, lotion dan oil. Pada produk stick dan lotion, Anda bisa menggunakan sunscreen dengan dioleskan secara merata keseluruh bagian wajah hingga leher, sedangkan produk cair digunakan dengan cara disemprot dan ditunggu hingga meresap selama beberapa menit. 

3. Urutan Penggunaan

Dalam rangkaian skincare, sunscreen dan moisturizer dapat digunakan secara bersamaan. Dalam penggunaannya, moisturizer digunakan pada urutan setelah serum untuk mengunci kinerja dan memaksimalkan fungsi serum. Sedangkan untuk memakai sunscreen digunakan setelah Anda memakai moisturizer. Agar lebih mudah dipahami, perhatikan urutan penggunaan skincare berikut:

  • Bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit yang seimbang.

  • Gunakan serum atau produk lain yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

  • Gunakan moisturizer untuk meningkatkan kelembapan kulit. Moisturizer diaplikasikan setelah serum agar lebih mudah diserap oleh permukaan kulit.

  • Jika Anda akan terpapar sinar matahari, aplikasikan sunscreen sebagai langkah terakhir sebelum beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan.

4. Waktu Pemakaian

Moisturizer digunakan pada pagi dan malam hari bersama dengan rangkaian skincare lainnya. Namun Anda juga dapat menggunakannya ketika kulit terasa kering dan sebelum make up agar lebih tahan lama dan mampu menahan produksi minyak berlebih. 

Sedangkan sunscreen digunakan di pagi dan siang hari. Sesuai dengan fungsinya yaitu menjaga kulit dari sinar UV, Anda tentu tidak memerlukannya di malam hari. Penggunaan sunscreen tidak hanya saat Anda beraktivitas di luar ruangan saja, melainkan ketika di dalam rumah sekalipun sebab tak menutup kemungkinan sinar UV juga masuk ke dalam ruangan. 

Jika Anda dapat memilih menggunakan moisturizer kembali saat kulit kering, sunscreen justru tidak memberikan pilihan tersebut melainkan mewajibkan setiap orang untuk re-apply beberapa 2 jam setelah pemakaian terlebih saat Anda melakukan aktivitas di luar ruangan pada cuaca panas.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

5. Kandungan SPF

SPF atau Sun Protection Factor adalah angka yang menunjukkan tingkat perlindungan produk terhadap sinar matahari. SPF dihitung berdasarkan waktu yang diperlukan bagi kulit untuk mengalami reaksi merah setelah terpapar sinar matahari. 

Produk yang mengandung bahan SPF yang lebih tinggi tidak selalu lebih baik sebab biasanya tingkat yang terlalu tinggi dapat membuat Anda merasa aman dan tidak memakai sunscreen dengan cukup, sehingga tidak memberikan perlindungan yang optimal. 

Dilihat dari penjelasan singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa SPF sudah pasti ada pada sunscreen. Nilai SPF pada produk tabir surya tersedia mulai dari 15, 30, hingga 50+. Sedangkan moisturizer belum tentu memiliki nilai SPF, bahkan lebih banyak produk yang tidak mengandung SPF. 

6. Tipe Produk

Moisturizer hanya memiliki 1 tipe saja, hanya saja Anda akan melihat berbagai bentuk mulai dari krim hingga cair. Berbeda dengan itu, sunscreen hadir dengan 2 tipe yang dibagi berdasarkan kandungan yang ada di dalamnya. 

Pertama adalah chemical sunscreen yang mengandung oxybenzone, azobenzene, octisalate, dan masih banyak lagi. Tipe ini bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi energi panas. 

Kedua adalah physical sunscreen yang mengandung beberapa kandungan bahan seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Physical sunscreen sendiri bekerja sebagai lapisan perlindungan yang mengalihkan radiasi buruk agar tidak memasuki lapisan wajah.

7. Ketahanan Terhadap Air

Perbedaan antara moisturizer dan sunscreen yang signifikan terletak pada ketahanannya terhadap air. Sunscreen umumnya memiliki daya tahan terhadap air, sehingga cocok digunakan untuk kegiatan yang melibatkan air, seperti berenang.

Sunscreen juga menyediakan tingkat SPF yang dibutuhkan oleh kulit, berbeda dengan moisturizer yang memiliki keterbatasan SPF. Namun, perlu diingat bahwa moisturizer tidak memiliki ketahanan terhadap air, sinar matahari, dan keringat, sehingga cenderung mudah luntur.

Jadi, itulah 7 perbedaan moisturizer dan sunscreen secara umum. Apakah Anda sudah dapat mengenal dan menentukan kedua produk ini? Pada masa awal memulai penggunaan skincare, selain sabun cuci muka, moisturizer dan sunscreen adalah produk yang tak boleh dilewatkan. 

Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda untuk perawatan kulit, jadi urutan penggunaan produk kecantikan bisa saja berbeda untuk setiap individu. Selain itu, jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaian pada kemasan produk agar mendapatkan hasil yang optimal.

Skincare yang cocok dan digunakan secara rutin akan membantu menjaga kulit wajah tetap sehat dan memperkuat skin barrier Anda. Permasalahan kulit ringan hingga sedang seperti produksi minyak berlebih, kulit kering, hingga jerawat biasa juga dapat teratasi secara perlahan. 

Lalu bagaimana dengan jenis jerawat yang sulit disembuhkan atau munculnya flek hitam? Solusi yang paling tepat adalah mengunjungi dokter ahli dan lakukan konsultasi seputar permasalahan kulit. 

Umumnya, dokter akan membantu Anda menemukan solusi yang paling tepat. Seperti di JAC, seluruh dokter tersertifikasi dan tim profesional siap membantu Anda menemukan jalan keluar atas permasalahan kulit mulai dari rambut, wajah, hingga badan. 

Misalnya, jika Anda ingin memudarkan flek, memudarkan bekas jerawat, dan menghilangkan jerawat, treatment yang digunakan adalah Baby Gloss Treatment dengan kandungan alami tanpa efek samping obat. 

Segera dapatkan kulit sehat, cerah, dan tampak lebih sempurna dengan perawatan di JAC. Jadwalkan pertemuan dengan dokter ahli JAC sekarang juga!

Sumber: 

  • https://skinkraft.com/blogs/articles/sunscreen-or-moisturizer-which-one-comes-first#:~:text=Your%20moisturizer%20and%20sunscreen%20each,harmful%20radiations%20from%20the%20sun

  • https://www.healthline.com/health-news/sunscreen-application-has-better-face-coverage-than-spf-moisturizers

  • https://askanydifference.com/difference-between-moisturizer-and-sunscreen/

    dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

    dr. Olivia Ong

    Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

    Terkait

    11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

    11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

    Maret 28, 2024
    11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

    11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

    Maret 28, 2024
    10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

    10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

    Maret 28, 2024

    Comments are closed.