Inilah Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Jangan Sampai Tertukar

Sunscreen dan sunblock adalah dua jenis produk yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Namun, mereka bekerja dengan cara yang berbeda. Kira-kira apa saja perbedaan sunscreen dan sunblock lainnya selain cara kerjanya? Tak banyak orang tahu bahwa ternyata kedua produk tabir surya ini tidak sama.

Selain dari segi cara kerja, bahan yang terkandung pada produk pun juga berbeda. Itu sebabnya Anda perlu mengenal perbedaan sunscreen dan sunblock agar tidak salah memilih dan menggunakan sehingga membahayakan kulit sebab produk tidak bekerja secara optimal. Dalam artikel kali ini, kami akan berbagi informasi seputar sunscreen dan sunblock untuk Anda.

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Apa Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Setiap jenis kulit membutuhkan perlindungan ekstra dari sinar UV. Sebab itu, penggunaan sunscreen dan sunblock adalah langkah penting yang harus dilakukan. Meski keduanya sama-sama bekerja untuk melindungi kulit, tetapi terdapat beberapa perbedaan yang sebaiknya Anda ketahui. Berikut ini merupakan ulasan selengkapnya: 

1. Kandungan Produk

Perbedaan sunscreen dan sunblock yang pertama adalah kandungan di dalamnya. Sunscreen diciptakan melalui susunan bahan avebenzone, oxybenzone, dan para-aminobenzoic acid. Sedangkan sunblock memiliki kandungan berupa zinc oxide atau titanium oxide.

2. Tingkat Perlindungan

Perbedaan lain antara sunscreen dan sunblock adalah tingkat perlindungan yang ditawarkan. Sunscreen biasanya menawarkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB yang berbeda-beda, sementara sunblock biasanya menawarkan perlindungan yang lebih tinggi terhadap sinar UVB daripada UVA.

Tingkat perlindungan keduanya ditunjukkan dengan angka SPF atau Sun Protection Factor yang tercantum pada kemasan produk. Angka SPF menyatakan seberapa efektif sunscreen dan sunblock dalam melindungi kulit dari sinar UV.

Biasanya angka SPF ini tersedia  mulai dari 2 hingga 50+. Semakin tinggi angka SPF, maka semakin efektif sunscreen dan sunblock dalam melindungi kulit dari sinar UV. Hanya saja, perlu diingat bahwa tidak ada nilai SPF yang bekerja 100% efektif dalam melindungi kulit dari sinar matahari.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

3. Area Penggunaan

Sunscreen umumnya digunakan pada area wajah saja, sebab itu produk ini biasanya hadir dalam bentuk yang praktis dan tidak terlalu besar. Melalui bahan di atas, kandungan tersebut dapat menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari. Namun, Anda perlu melakukan penggunaan ulang selama beberapa jam sekali tergantung seberapa terik sinar matahari dan lama waktu terpapar. 

Di sisi lain, sunblock hadir dengan bentuk yang lebih besar seperti body lotion dan biasanya digunakan untuk area badan. Namun tak jarang, beberapa sunblock juga dirancang agar dapat digunakan hingga area wajah. Penggunaan sunblock juga sebaiknya dilakukan berulang apabila melakukan banyak aktivitas di luar ruangan dengan cuaca yang terik. 

4. Cara Kerja

Sunscreen bekerja dengan menyerap atau menangkap sinar matahari sebelum sampai ke kulit dan mengeluarkannya dalam bentuk energi panas. Sedangkan sunblock dirancang dengan partikel reflektif yang dapat menghalangi, mengalihkan, dan memantulkan sinar matahari sebelum sampai ke kulit.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

5. Cara Penggunaan

Siapa sangka, produk dengan kegunaan yang sama ternyata memiliki cara penggunaan yang berbeda. Mengaplikasikan sunscreen atau sunblock dengan tepat tentu dapat meningkatkan efektivitas kinerja produk dalam melindungi tubuh dan wajah. 

Sunscreen digunakan dengan cara digosok agar bahan di dalamnya menyerap ke kulit secara perlahan sehingga dapat mencegah masuknya sinar matahari ke lapisan kulit. Namun jika produk sunscreen yang digunakan berbentuk cair, Anda dapat menyemprotkannya dan menepuk wajah untuk membantu proses penyerapan produk. Usahakan untuk menggunakan sunscreen 10 menit sebelum terpapar. 

Sementara sunblock dapat digunakan dengan cara yang cukup mudah yaitu dioleskan dan diratakan seperti saat menggunakan body lotion. Anda tidak perlu menggosoknya untuk membantu penyerapan produk sebab sunblock dapat secara otomatis masuk ke lapisan kulit tubuh. Produk ini pun juga bekerja secara langsung begitu digunakan.

6. Hasil Akhir

Perbedaan yang kerap terlihat adalah hasil akhir pemakaian. Bagi Anda yang telah rutin menggunakan sunscreen pasti menyadari bahwa sunscreen memiliki tekstur krim yang ketika diaplikasikan tidak akan meninggalkan whitecast sebab warnanya akan langsung mengikuti warna kulit. Bila memiliki whitecast pun, Anda hanya perlu mengusapnya dengan halus hingga menyerap. 

Hasil akhir yang transparan dan mengikuti warna kulit secara cepat itu tidak dimiliki oleh sunblock. Jenis tabir surya yang satu ini biasanya memiliki whitecast yang bertahan selama beberapa waktu dan perlu dihilangkan dengan cara diratakan ke bagian kulit lainnya. Alasanya, sunblock mengandung bahan-bahan yang sulit diserap secara langsung oleh beberapa jenis kulit.

Sebagai informasi, whitecast adalah efek samping yang terjadi ketika sunscreen atau sunblock tidak terserap dengan sempurna ke dalam kulit, sehingga menyisakan lapisan putih yang terlihat di atas kulit.

Baca juga: Perbedaan Moisturizer dan Sunscreen, Sudah Tahu Belum?

Setelah membaca informasi seputar perbedaan sunscreen dan sunblock, apakah Anda lebih mudah untuk memahami dan membedakan kedua produknya sekarang? Pada dasarnya, tidak dapat ditentukan mana yang lebih baik di antara sunblock dan sunscreen sebab keduanya memiliki fungsi yang sama untuk area yang berbeda. 

Dalam rangkaian perawatan tubuh dan wajah di rumah, sunscreen dan sunblock bukan produk pilihan, melainkan produk wajib yang harus digunakan. Terutama sunscreen, saat Anda tidak sedang bepergian, penggunaannya tetap dibutuhkan sebab tak menutup kemungkinan sinar UV dapat masuk ke bagian dalam rumah melalui jendela atau celah rumah. 

Penggunaan tabir surya yang tepat sangat membantu Anda menciptakan kulit wajah yang sehat dan cenderung mengurangi masalah terlebih yang berkaitan dengan skin barrier. Jadi pastikan Anda rutin menggunakannya setiap hari di pagi dan siang hari.

Lalu, bagaimana jika wajah telanjur memunculkan masalah seperti flek hitam dan jerawat yang sulit dihilangkan akibat paparan sinar matahari? Solusinya adalah melakukan prosedur perawatan yang tepat bersama dokter ahli dan profesional di JAC. Baby Gloss Treatment dapat diandalkan untuk memudarkan flek hitam dan menghilangkan jerawat akibat paparan sinar UV.

Prosedur treatment ini dilakukan dengan meredakan iritasi dan peradangan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan mematikan jerawat dan perlahan memudarkan flek hitam. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh kulit yang bersih dan sehat melalui proses perawatan yang nyaman dan cepat. 

Menjaga dan merawat keindahan kulit tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Pasalnya kesalahan sedikit saja pada prosedur maupun kandungan yang digunakan dapat mengakibatkan masalah yang serius. Sebab itu, pastikan Anda mendapatkan perawatan yang maksimal dari JAC dengan kandungan dan prosedur yang tentunya aman dan bersertifikat. 

Jadwalkan kedatangan Anda sekarang dan rasakan kulit halus, bersih, dan sehat dengan prosedur yang aman serta nyaman tanpa efek samping!

Sumber rujukan:

  • https://www.verywellhealth.com/sunscreen-or-sunblock-514381
  • https://www.health.com/beauty/skincare/sunscreen-vs-sunblock
  • https://www.alodokter.com/4-perbedaan-sunscreen-dan-sunblock-yang-perlu-diketahui
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

11 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

Maret 28, 2024
11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung dengan Mudah

Maret 28, 2024
10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

10 Cara Mencerahkan Kulit Tangan dan Kaki dalam Waktu 1 Minggu

Maret 28, 2024

Comments are closed.