Rejuvenation adalah Solusi Wajah Muda Kembali

rejuvenation adalah

Paparan sinar matahari berlebih, radikal bebas, gaya hidup, serta stres berkepanjangan merupakan beberapa faktor penyebab terjadinya penuaan dini (skin aging). Kondisi ini akan lebih terlihat seiring bertambahnya usia dan ditandai oleh munculnya kerutan halus, tekstur kulit kering dan kasar, serta flek hitam pada wajah.

Tapi, tidak usah khawatir. Anda bisa menjalani berbagai perawatan kecantikan yang disbeut sebagai skin rejuvenation treatment untuk merangsang peremajaan kulit. Hasilnya, kulit Anda akan tampak lebih kencang, halus, awet muda, dan tentunya, cantik.

Manfaat Skin Rejuvenation

Apa saja manfaat melakukan skin rejuvenation? Berikut manfaat-manfaat skin rejuvenation yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi Tanda Penuaan

Perawatan peremajaan kulit membantu mengurangi gejala penuaan seperti dan kekenduran kulit, kerutan dan garis halus. Tindakan seperti pengelupasan kimia atau perawatan laser dapat merangsang pembentukan sel-sel kulit baru.

2. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Prosedur skin rejuvenation seperti penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung kolagen atau perawatan dengan teknologi mikrodermabrasi dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, membuatnya tampak lebih kencang dan kenyal.

3. Mencerahkan Kulit

Peremajaan kulit dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi, bercak hitam, atau ketidakmerataan warna kulit. Hasilnya adalah kulit yang tampak lebih cerah dan bersinar.

4. Pemulihan Tekstur Kulit

Beberapa prosedur, seperti chemical peels atau dermaplaning, dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dengan menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

5. Pengurangan Pori-Pori

Rejuvenasi kulit dapat membantu mengurangi ukuran pori-pori dan mengatasi masalah pori-pori yang membesar, memberikan kulit tampilan yang lebih halus.

6. Mengatasi Kemerahan atau Bintik-Bintik Merah

Beberapa prosedur seperti laser atau terapi cahaya dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit atau bintik-bintik merah yang disebabkan oleh kondisi kulit tertentu.

7. Stimulasi Kolagen

Rejuvenasi kulit dapat merangsang produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan kekencangan pada kulit. Hal ini membantu mengatasi kehilangan elastisitas dan tanda-tanda penuaan. Baca juga: Cara Senam Wajah Agar Awet Muda

Mengatasi Penuaan Dini dengan Prosedur Skin Rejuvenation

Skin aging akan “mengurangi” penampilan karena membuat seseorang tampak jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk rajin merawat kulit sejak sekarang. Lantas, bagaimana jika penuaan dini telanjur menyapa? Beruntung sekarang sudah ada prosedur canggih untuk mengatasi penuaan dini, yaitu skin rejuvenation and resurfacing. Rejuvenation adalah treatment khusus yang berguna untuk mengembalikan elastisitas kulit agar wajah tampak lebih muda dan sehat. Ada beberapa jenis prosedur rejuvenation yang dikenal efektif menghambat penuaan dini, antara lain:

1. Rejuvenation Laser dan IPL

Terapi laser dan Intense Pulse Light (IPL) merupakan treatment yang sangat populer karena mampu mengurangi tanda-tanda penuaan secara signifikan. Selain menyamarkan garis halus, terapi ini juga efektif untuk memperbaiki tekstur dan kekencangan kulit, sehingga wajah terlihat lebih sehat dan kenyal. Laser bekerja dengan cara memperbarui sel-sel dan jaringan kulit yang bermasalah – tidak hanya mengatasi kerutan, tapi juga merangsang regenerasi kolagen di jaringan kulit, mengurangi pigmentasi penyebab noda hitam, dan meratakan warna kulit.

2. Chemical Peeling

Noda hitam, kerutan, bopeng, serta belang pada wajah bisa diatasi dengan prosedur chemical peel. Treatment ini dilakukan dengan mengoleskan senyawa asam jenis glycolic, salicylic, atau trichloroacetic acid untuk membersihkan sel-sel kulit pada lapisan epidermis. Efektivitas yang dihasilkan pun bervariasi, tergantung kondisi kulit masing-masing dan kadar serta jenis acid yang dipakai dalam perawatan. Baca juga: Mengenal Botox Wajah dan Apa Saja Manfaatnya!

3. Dermal Fillers

Garis-garis halus dan tekstur kulit wajah yang mengendur bisa diatasi dengan prosedur dermal fillers. Perawatan ini cocok dicoba pada pasien dengan tanda-tanda penuaan dini ringan. Selain menghilangkan kerutan, dermal fillers juga efektif untuk memperbaiki tekstur kulit bopeng akibat luka/bekas jerawat.

4. Botox

Tanda penuaan dini tidak hanya muncul di wajah, tapi juga area leher. Jenis rejuvenation treatment yang paling sering dijalani pasien adalah suntik atau injeksi botox (botulinum toxin). Dibandingkan prosedur perawatan kulit lain, suntik botox terkenal lebih aman, berbiaya terjangkau, dan tidak membutuhkan waktu untuk recovery. Botox efektif untuk menyamarkan dan mengurangi kerutan di wajah dan leher.

5. Dermabrasion

Prosedur rejuvenation yang satu ini dikenal efektif untuk meremajakan kulit dan meratakan tekstur kulit yang kasar. Selain tidak membutuhkan biaya mahal, treatment dermabrasi juga bisa dikerjakan dengan cepat, baik oleh dokter kulit maupun ahli kecantikan. Dermabration atau microdermabration dilakukan dengan memanfaatkan senyawa aluminum hydroxide crystals di wajah agar sel-sel kulit mati terkelupas dan diganti dengan yang baru.

6. Microneedling

Prosedur kecantikan ini dilakukan dengan mengoleskan senyawa kimia jenis hyaluronic acid atau ascorbic acid pada wajah, lalu diteruskan dengan menyuntikkan jarum kecil khusus (microneedle) ke kulit agar kandungan zat bisa terserap maksimal. Tujuannya adalah untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dengan cara merangsang produksi kolagen dan elastin di bawah kulit. Baca juga: 5 Pantangan Setelah Filler Agar Hasil Lebih Sempurna

Kesimpulan

Pada dasarnya, rejuvenation adalah prosedur yang sangat aman asal dikerjakan oleh dokter kulit dan ahli kecantikan profesional. Jika Anda butuh referensi mengenai klinik estetika terbaik, Jakarta Aesthetic Clinic adalah rekomendasi yang tepat.
JAC
Dibantu oleh tim ahli dan profesional di bidangnya, Jakarta Aesthetic Clinic menawarkan beragam prosedur estetika dan anti-aging tanpa bedah yang aman untuk pria dan wanita.

Sumber:

    • https://www.health.harvard.edu/aging/want-to-take-years-off-your-face-these-treatments-can-rejuvenate-your-skin
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.