Ketahui 5 Tips Memilih Jenis Peeling Wajah Yang Tepat

Bagaimana tips memilih jenis peeling wajah? Perawatan wajah menjadi salah satu upaya penting bagi banyak orang dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Salah satu prosedur yang semakin populer adalah peeling wajah, yang telah terbukti efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan meningkatkan penampilan secara keseluruhan. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan detail tentang jenis-jenis peeling wajah yang tersedia, fungsinya, serta memberikan tips penting dalam memilih jenis peeling yang tepat untuk Anda. Jadi, simaklah penjelasan lengkapnya agar Anda bisa memahami dengan lebih baik tentang dunia perawatan kecantikan melalui peeling wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Jenis Peeling Wajah dan Fungsinya

Jenis Peeling Wajah dan FungsinyaPeeling wajah adalah salah satu prosedur kosmetik yang bertujuan untuk mengangkat lapisan terluar kulit wajah sehingga mendorong regenerasi kulit dan meningkatkan penampilan secara keseluruhan. Terdapat berbagai jenis peeling wajah dengan fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa jenis peeling wajah beserta fungsinya:

1. Chemical Peeling

Chemical Peeling adalah jenis peeling wajah yang menggunakan bahan kimia, seperti asam alfa hidroksi (AHA), asam beta hidroksi (BHA), atau asam trichloroacetic (TCA), untuk mengelupas kulit mati. Jenis peeling ini dapat digunakan dalam berbagai tingkatan kekuatan, mulai dari peeling ringan hingga peeling dalam yang lebih intens. 

Tujuan utama dari peeling kimia adalah untuk menghilangkan sel kulit mati pada permukaan kulit dan merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih segar dan bercahaya. Beberapa tipe chemical peeling yang tersedia pada dasarnya memiliki cara kerja yang berbeda.

Peeling kimia superfisial bekerja pada lapisan kulit paling atas (epidermis). Jenis peeling ini digunakan untuk mengatasi masalah kulit ringan seperti keriput halus, noda ringan, serta kulit yang kusam dan tidak bercahaya. Biasanya, peeling kimia superfisial tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama dan cocok untuk hampir semua jenis kulit.

Sementara itu, peeling kimia menengah bekerja pada lapisan kulit yang lebih dalam daripada peeling superfisial. Jenis peeling ini dapat membantu mengatasi masalah kulit yang lebih serius, seperti kerutan yang lebih dalam, noda hitam yang lebih kuat, dan tekstur kulit yang tidak merata. Namun, chemical peeling menengah memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama, dan perlu diingat bahwa kulit dapat mengelupas dalam beberapa hari setelah prosedur.

Peeling kimia dalam, juga dikenal sebagai peeling profunda, bekerja pada lapisan kulit yang paling dalam (dermis). Jenis peeling ini umumnya digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang serius, seperti kerutan parah, bekas jerawat yang dalam, serta perubahan kulit yang signifikan akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Baca Juga : 6 Manfaat Ultherapy: Inovasi Terbaru Dalam Perawatan Kecantikan

2. Microdermabrasion

Microdermabrasion adalah prosedur peeling wajah yang menggunakan alat khusus untuk mengangkat sel kulit mati dengan cara menggesek permukaan kulit. Proses ini merangsang regenerasi kulit baru dan membantu mengurangi garis halus serta meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Microdermabrasion cocok untuk kulit yang tidak terlalu bermasalah dan membutuhkan perbaikan yang lebih ringan.

Prosedur microdermabrasion dilakukan dengan mengarahkan aliran partikel halus ke kulit untuk mengikis lapisan atas sel kulit mati. Ini adalah prosedur yang non-invasif, artinya tidak memerlukan sayatan atau suntikan. 

Hasilnya mungkin tidak seketat atau sekuat peeling kimia, tetapi prosedur ini lebih ringan dan biasanya tidak menyebabkan waktu pemulihan yang lama. Peeling mekanis juga dapat membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya, sehingga produk-produk tersebut lebih efektif.

3. Peeling Kombinasi (Combination Peel)

Seperti namanya, peeling kombinasi menggabungkan dua atau lebih jenis peeling wajah untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Misalnya, kombinasi peeling kimia dan laser dapat memberikan manfaat maksimal dalam mengatasi tanda-tanda penuaan dan permasalahan kulit lainnya. Peeling kombinasi sering dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan hasil keseluruhan tanpa perlu melakukan prosedur terpisah.

Dalam peeling kombinasi, profesional kecantikan akan menyesuaikan jenis peeling yang digunakan dan mengatur urutan dan intervalnya sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Hal ini memastikan bahwa kulit mendapatkan manfaat maksimal dari kombinasi peeling yang diterapkan.

Baca Juga : Mengenal Jenis-jenis Chemical Peeling dan Manfaatnya

5 Tips Memilih Jenis Peeling Wajah

5 Tips Memilih Jenis Peeling WajahMemilih jenis peeling wajah yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Berikut adalah 5 tips memilih jenis peeling wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda:

1. Konsultasikan dengan Ahli Kecantikan

Sebelum memutuskan jenis peeling mana yang ingin Anda jalani, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kecantikan atau dokter kulit. Mereka akan mengevaluasi jenis kulit Anda, masalah kulit yang ingin Anda atasi, dan memberikan rekomendasi peeling yang sesuai. Konsultasi ini penting untuk memahami kondisi kulit Anda secara mendalam dan memastikan bahwa Anda memilih jenis peeling yang paling cocok dan aman untuk kulit Anda.

2. Kenali Tujuan Anda

Tentukan tujuan Anda dalam melakukan peeling wajah. Apakah Anda ingin mengurangi tanda penuaan, mengatasi jerawat, atau hanya ingin menyegarkan kulit wajah Anda. Saat mengetahui tujuan yang jelas, Anda dapat lebih mudah memilih jenis peeling yang tepat. Setiap jenis peeling memiliki target permasalahan kulit yang berbeda, jadi pastikan tujuan Anda sejalan dengan manfaat yang ditawarkan oleh jenis peeling tertentu.

3. Perhatikan Jenis Kulit Anda

Penting untuk memilih jenis peeling yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, peeling enzim atau peeling mekanis mungkin lebih cocok untuk Anda. Sementara itu, peeling kimia atau laser lebih efektif untuk kulit yang lebih tebal dan tidak sensitif. Mengetahui jenis kulit Anda akan membantu Anda menghindari potensi masalah kulit atau iritasi setelah menjalani peeling wajah.

Baca Juga : 7 Penyebab Kulit Wajah kering dan Mengelupas

4. Evaluasi Efek Samping dan Downtime

Setiap jenis peeling wajah memiliki efek samping dan downtime yang berbeda. Beberapa peeling mungkin menyebabkan kemerahan, kulit mengelupas, atau bahkan sedikit rasa tidak nyaman. Pastikan Anda memahami efek samping yang mungkin terjadi dan apakah Anda siap menghadapinya. 

Selain itu, pertimbangkan juga downtime atau masa pemulihan yang diperlukan setelah prosedur. Jika Anda memiliki jadwal yang padat atau perlu tampil di acara khusus, pertimbangkan waktu pemulihan yang sesuai sebelum memilih jenis peeling tertentu.

5. Kunjungi Klinik Kecantikan yang Tepercaya

Pilihlah klinik kecantikan yang memiliki reputasi yang baik dan dioperasikan oleh tenaga profesional yang berpengalaman. Klinik kecantikan yang tepercaya akan memberikan layanan dengan standar keamanan dan kualitas yang tinggi. Dalam hal ini, pilihan yang paling tepat adalah JAC. 

JAC menggunakan teknologi dan peralatan medis terkini untuk memastikan perawatan yang aman dan efektif. Dokter bersertifikasi dan tim medis yang terampil serta berpengalaman akan melakukan prosedur peeling terbaik untuk memberikan hasil terbaik pula bagi kulit wajah Anda.

Setelah prosedur peeling selesai, klinik akan memberikan panduan perawatan pasca-peeling yang tepat. Pastikan Anda mengikuti instruksi yang diberikan oleh tim medis untuk memaksimalkan hasil dan mempercepat pemulihan kulit Anda.

Memilih jenis peeling wajah yang tepat adalah langkah penting dalam perawatan kulit wajah. Kenali jenis peeling yang tersedia, fungsinya, dan sesuaikan dengan kebutuhan serta karakteristik kulit Anda. Konsultasikan dengan ahli kecantikan untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat, dan selalu perhatikan efek samping serta anggaran yang Anda miliki. 

Melalui prosedur peeling wajah yang tepat, Anda dapat meraih kulit yang sehat, segar, dan bercahaya. Ingatlah bahwa hasil dari peeling wajah mungkin berbeda-beda bagi setiap individu, oleh karena itu, konsistensi dalam perawatan dan pemeliharaan kulit juga sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan indah.

Tunggu apalagi? Jadwalkan kedatangan Anda ke JAC dan dapatkan perawatan Facial Peeling dan Skincare terbaik untuk membantu mengembalikan kesehatan kulit wajah serta membuatnya kembali bersinar.

Sumber:

  • https://www.nhs.uk/conditions/cosmetic-procedures/non-surgical-cosmetic-procedures/chemical-peels/#:~:text=There%20are%203%20types%20of,Deeper%20peels%20are%20more%20risky
  • https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/11010-chemical-peels 
  • https://www.michelegreenmd.com/types-of-chemical-peels 
  • https://www.healthline.com/health/chemical-peels
  • https://azuraskin.com/how-to-choose-a-chemical-peel/#:~:text=If%20you%20experience%20redness%20and,%2C%20and%2For%20mandelic%20acids.
  • https://www.dermatologynwhouston.com/how-to-choose-the-right-chemical-peel-for-your-skin/ 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

8 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

8 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Februari 22, 2024
Ketahui 6 Makanan Penyebab Inflamasi atau Peradangan Kulit Wajah

Ketahui 6 Makanan Penyebab Inflamasi atau Peradangan Kulit Wajah

Februari 22, 2024
7 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha

7 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha

Februari 22, 2024

Comments are closed.