7 Treatment untuk Mengecilkan Pori Pori yang Wajib Anda Ketahui

Pori-pori di wajah pada dasarnya tidak dapat dihilangkan. Namun terdapat treatment untuk mengecilkan pori-pori sebagai solusi permasalahan pori-pori besar. Pori-pori besar merupakan salah satu permasalahan yang cukup dikeluhkan banyak orang, terutama wanita. Hal ini dikarenakan pori-pori besar dapat menyebabkan hasil make up terlihat tidak sempurna.

Apa yang Menyebabkan Pori Wajah Besar?

Bagaimanapun juga, pori-pori tetap menjadi struktur lapisan kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak pada wajah. Pori-pori besar disebabkan oleh beberapa hal, beberapa di antaranya adalah produksi minyak berlebih, perubahan hormon, kurangnya kadar kolagen dan elastin, dan masih banyak lagi.

1. Faktor Genetik

Faktor yang satu ini memang memliki peran dalam ukuran pori-pori. Biasanya, jika orang tua memiliki pori-pori kulit yang besar, maka kemungkinan besar anaknya juga akan memilikinya.

2. Paparan Sinar Matahari

Penyebab pori pori wajah membesar selanjutnya yaitu terlalu sering terpapar sinar matahari. Akibat yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari yang terus menerus adalah penebalan pada kulit yang pada akhirnya akan membesarkan pori-pori kulit.

3. Hormon

Pada dasarnya, ukuran pori-pori kulit tidaklah tetap. Ukurannya dapat berubah sesuai fluktuasi hormon. Misalnya, pori-pori akan terlihat jelas pada ibu hamil.

Beberapa ibu hamil wajahnya ada yang terlihat makin berseri dan halus selama mengandung. Sebaliknya, ada ibu hamil yang justru terlihat memiliki wajah kusam dan pori-porinya makin membesar.

4. Tingginya Produksi Minyak

Kulit berminyakmemiliki hubungan yang erat dengan ukuran pori-pori kulit. Pasalnya, produksi minyak atau sebum yang berlebihan dapat menyumbat kantung kelenjar minyak yang mengakibatkan timbulnya jerawat. Pada akhirnya, jerawat yang muncul ini dapat menyumbat kelenjar minyak bisa melebarkan pori-pori.

5. Penuaan

Proses penuaan alami dapat menyebabkan penurunan elastisitas kulit dan kolagen. Seiring bertambahnya usia, pori-pori dapat terlihat lebih besar karena hilangnya struktur pendukung kulit.

6. Merokok

Kandungan zat kimia dalam asap rokok dapat merusak kolagen dan elastin dalam kulit, menyebabkan kehilangan elastisitas dan membuat pori-pori terlihat lebih besar.

7. Ketidakseimbangan Hidrasi

Kurangnya hidrasi atau kelembapan yang tidak seimbang pada kulit dapat membuat kulit lebih kering. Kulit yang kering cenderung menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengatasi kekeringan, yang dapat menyebabkan pori-pori membesar.

8. Jumlah Minyak

Jumlah minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebum juga memengaruhi ukuran pori-pori pada wajah seseorang. Individu dengan kulit kering biasanya memiliki pori-pori yang lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit berminyak.

9. Jenis Kelamin

Pori-pori wajah pada laki-laki umumnya lebih besar daripada perempuan karena produksi sebum pada laki-laki lebih tinggi. Selain itu, laki-laki memiliki pertumbuhan rambut di wajah yang lebih tebal, seperti kumis dan jenggot.

Baca juga: 9 Cara Mengecilkan Pori-Pori di Kulit Wajah Pria

Treatment untuk Mengecilkan Pori Pori

Inilah Treatment untuk Mengecilkan Pori Pori

Anda tidak perlu khawatir, JAC akan berbagi informasi mengenai treatment untuk mengecilkan pori-pori yang dapat dicoba. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Untuk mencegah serta mengatasi permasalahan penyebab pori-pori besar di atas, berikut merupakan treatment yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan pori-pori:

1. Gunakan Skincare yang Tepat dan Rutin

Treatment untuk mengecilkan pori-pori yang pertama adalah memilih skincare yang dibuat untuk mengecilkan pori-pori secara rutin. Masih banyak orang yang salah memilih skincare sehingga menyebabkan pori-pori terlihat besar dan muka menjadi lebih berminyak. Sebaiknya gunakan produk non-comedogenic skincare dan make up. 

Hal tersebut dikarenakan, produk dengan bahan comedogenic dapat menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat lebih besar. Selain itu, pastikan Anda menggunakan produk skincare oil free karena minyak pada produk juga dapat menyumbat pori-pori.

Baca juga: 5 Manfaat Skin Care untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

2. Rajin Menggunakan Sunscreen

Sunscreen AYOM All Purpose untuk Perawatan Wajah

Masih banyak orang yang mengabaikan penggunaan sunscreen di pagi dan siang hari. Padahal sunscreen dibutuhkan oleh kulit wajah untuk melindunginya dari paparan sinar UV dan mencegah risiko hilangnya kolagen dan elastin sehingga menyebabkan kerusakan pada kulit dan memperbesar pori-pori.

Dalam aktivitas di pagi dan siang hari, baik di dalam maupun di luar rumah, Anda harus menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Terlebih ketika melakukan exfoliating pada malam hari, Anda wajib menggunakan sunscreen pada keesokan harinya agar mencegah kerusakan kulit. Sebab, setelah exfoliating kulit akan menjadi lebih sensitif terutama pada sinar matahari.

Untuk Anda yang memiliki aktivitas yang cukup mobile, maka dapat menggunakan AYOM All Purpose Sunscreen. Selain dapat digunakan untuk indoor dan outdoor, sunscreen ini juga cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari saja, sunscreen ini juga melindungi kulit Anda dari polusi.

Baca juga: Cara Reapply Sunscreen Agar Wajah Tetap Terlindungi Sepanjang Hari

3. Menggunakan Retinol

Selain AHA/BHA, retinol juga menjadi produk skincare yang dapat digunakan untuk mengurangi kerutan dan mengecilkan pori-pori. Retinol merupakan bahan aktif dengan kandungan vitamin A di dalamnya.

Sehingga produk retinol dapat membantu mengangkat sel kulit mati, menghilangkan penyumbatan pori-pori, dan membuat wajah menjadi lebih cerah. Bahan aktif retinol juga meningkatkan produksi kolagen pada wajah sehingga yang baik digunakan sebagai treatment untuk mengecilkan pori-pori.

Pada masa pemakaian pertama, gunakan retinol 2 kali dalam seminggu di malam hari. Jika kulit menerima dengan baik, Anda dapat mulai menggunakannya setiap malam. Pastikan untuk menggunakan moisturizer setelah melakukan exfoliating maupun menggunakan retinol. Sebab keduanya dapat membuat kulit sedikit kering dan meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Baca juga: 9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

4. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Masih menerapkan kebiasaan membersihkan wajah 1 kali dalam sehari? Mulai saat ini cuci muka 2 kali dalam sehari. Kebiasaan membersihkan wajah hanya satu kali atau saat ingat saja berakibat pada menumpuknya kotoran di wajah dan terjadi penyumbatan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda dapat melakukan double cleansing atau dua langkah membersihkan wajah. Pertama, bersihkan wajah dengan menggunakan cleanser seperti micellar water, oil cleanser, cleansing balm, dan lain sebagainya. Cleanser berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah sebelum Anda mencuci muka.

Selanjutnya, Anda dapat mencuci muka dengan menggunakan sabun cuci muka. Dua tahap membersihkan wajah ini akan membantu membersihkan dan mengecilkan pori-pori. Hindari mencuci muka lebih dari 2 kali dalam sehari sebab bahan yang ada di dalam sabun cuci muka akan menimbulkan risiko iritasi dan menghilangkan minyak wajah apabila digunakan lebih dari 2 kali dalam satu hari.

Jika memungkinkan, gunakan air hangat untuk mencuci muka agar kandungan di dalam sabun dapat terserap lebih maksimal.

Baca juga: 5 Manfaat Skin Care untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

5. Merawat Kulit dengan Lembut

Menggosok muka dengan keras tidak akan membuat pori-pori mengecil. Justru hal tersebut dapat membuat kulit menjadi iritasi dan membuka pori-pori menjadi lebih lebar. Hal ini termasuk dengan memencet, mencubit, dan menggaruk bagian komedo atau pori-pori secara kasar. Kegiatan tersebut dapat menyebabkan kulit akan tergores dan pori-pori justru terlihat lebih besar.

6. Eksfoliasi

Rutin melakukan eksfoliasi juga dapat membantu mengecilkan pori-pori karena membuang kotoran dan minyak yang tersumbat di pori-pori. Dengan demikian akan membuat pori-pori terlihat lebih kecil dan bersih.

Baca juga: 9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

7. Melakukan Baby Skin Treatment di JAC

Melakukan Baby Skin Treatment di JAC

Salah satu treatment untuk mengecilkan pori-pori yang ampuh adalah baby skin treatment yang dilakukan oleh JAC.  Cara ini menjadi pilihan yang tepat apabila berbagai produk skincare tidak mampu mengatasi permasalahan pori-pori dan mengembalikan kesehatan serta kekenyalan kulit wajah. Seluruh treatment di JAC ditangani oleh dokter ahli bersertifikasi.

Baby skin treatment dapat mengecilkan pori-pori sekaligus mengurangi minyak berlebih di wajah, mengatasi jerawat, memudarkan flek hitam dan memudarkan bekas jerawat. Anda tidak perlu khawatir, karena JAC menyediakan treatment yang aman tanpa efek samping obat-obatan.

Selain baby skin treatment yang merupakan treatment untuk mengecilkan pori-pori, JAC juga menyediakan berbagai treatment wajah lainnya seperti Face Toning, Ultherapy Plus, dan Baby Gloss yang berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah.

Demikian tadi merupakan informasi mengenai treatment untuk mengecilkan pori-pori yang dapat Anda coba. Ingin memiliki kulit wajah dan tubuh yang lebih sehat, halus, dan bercahaya? Konsultasikan perawatan JAC yang tepat untuk Anda sekarang juga!

Sumber rujukan:

  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/face/treat-large-pores
  • https://health.clevelandclinic.org/how-to-shrink-pores/
  • https://www.marieclaire.com/beauty/news/a13395/pore-minimizing-tips/
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-shrink-pores
  • https://www.sehatq.com/artikel/ingin-tahu-penyebab-pori-pori-besar-berikut-biang-keladinya
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

7 Cara Merawat Leher Agar Tidak Keriput dengan Cepat

Juni 21, 2024
4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

4 Cara Mengatasi Rambut Ketombe: Solusi Efektif untuk Kulit Kepala Sehat

Juni 20, 2024
4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

4 Cara Menghilangkan Keloid di Wajah dan Kenali Faktor Penyebabnya

Mei 17, 2024

Comments are closed.