Mengenal Metode Triple Cleansing untuk Kulit Wajah yang Lebih Cerah

triple cleansing

Apa itu triple cleansing? Belakangan ini, metode ini telah menjadi sorotan dalam dunia kecantikan dan perawatan kulit. Triple cleansing bukanlah sekadar pembersihan wajah biasa, tetapi merupakan prosedur pembersihan yang melibatkan dua tahap untuk mencapai kulit wajah yang bersih dan sehat.

Secara umum, proses ini melibatkan penggunaan produk berbasis minyak dan air dan keduanya memiliki peran khusus dalam mengangkat kotoran, minyak berlebih, serta sisa-sisa makeup yang menempel pada kulit. Mengapa triple cleansing menjadi begitu populer? Mari telusuri lebih lanjut untuk memahami manfaatnya dan bagaimana metode ini dapat menciptakan kulit yang sehat dan bercahaya.

Apa itu Metode Triple Cleansing?

Metode triple cleansing adalah suatu prosedur pembersihan wajah yang melibatkan dua tahap pencucian dengan produk yang berbeda. Tujuan utamanya adalah untuk menghapus semua kotoran, minyak berlebih, makeup, serta partikel-partikel polusi yang menempel pada permukaan kulit. Metode ini telah menjadi trend dalam industri kecantikan dan perawatan kulit karena keefektifannya dalam membersihkan dan merawat kulit secara menyeluruh.

Proses triple cleansing biasanya melibatkan penggunaan produk berbasis minyak, seperti cleansing oil, atau cleansing balm. Produk-produk ini berfungsi untuk melarutkan sebum, makeup, dan kotoran sekaligus minyak di wajah yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan air biasa.

Kandungan minyak pada produk akan menarik kotoran dan minyak berlebih yang ada pada kulit, sehingga memudahkan dalam proses pembersihan. Selain itu, produk berbasis minyak juga cenderung lebih lembut pada kulit, menjaga agar kulit tetap terhidrasi selama proses pembersihan.

Pembersihan yang dilakukan sebanyak dua kali ini membantu memastikan kulit agar benar-benar bersih hingga ke dalam pori-pori. Selain itu, metode ini juga membantu mempersiapkan kulit untuk menyerap produk perawatan kulit berikutnya dengan lebih baik.

Dalam penerapan metode triple cleansing, sangat penting untuk menggunakan produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing individu. Bagi pemilik kulit kering, pemilihan produk berbasis minyak dan berbasis air yang lembut dan mengandung bahan-bahan yang melembapkan sangat dianjurkan. Sebaliknya, bagi pemilik kulit berminyak atau berjerawat, disarankan untuk memilih produk yang lebih ringan dan bebas kandungan minyak alkohol.

Sedangkan untuk frekuensi penggunaan triple cleansing sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing. Bagi Anda yang jarang menggunakan makeup atau tinggal di lingkungan yang kurang berpolusi, cukup melakukan triple cleansing dua sampai tiga kali dalam seminggu di malam hari sebelum tidur. Namun, bagi yang menggunakan makeup tebal atau berada di daerah dengan tingkat polusi tinggi, disarankan untuk meningkatkan frekuensi penggunaan hingga empat sampai lima kali dalam seminggu.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Kolagen dan Fungsinya dalam Perawatan Kulit

Manfaat Melakukan Triple Cleansing

Manfaat Melakukan Triple Cleansing

Melakukan triple cleansing secara teratur menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kulit dan tampilan wajah secara keseluruhan. Adapun berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menerapkan triple cleansing ini antara lain:

1. Membantu Wajah Tampak Lebih Glowing

Membersihkan wajah secara menyeluruh dengan metode triple cleansing membantu menghilangkan kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Hal ini kemudian mendorong proses regenerasi sel kulit menjadi lebih efisien, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya. Kulit yang bersih dan bebas dari kotoran juga akan menciptakan tampilan yang lebih segar dan tampak segar.

2. Membersihkan Wajah hingga ke Pori-Pori

Kotoran dan minyak berlebih yang menumpuk di kulit seringkali menyebabkan pori-pori tersumbat. Triple cleansing membantu membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori, mengangkat kotoran dan minyak yang terperangkap di dalamnya. Apabila pori-pori yang bersih, risiko terjadinya komedo dan jerawat dapat dikurangi secara signifikan.

3. Menghilangkan Jerawat

Jerawat seringkali muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. Jadi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika melakukan triple cleansing, kulit Anda akan menjadi lebih bersih dan bebas dari penyebab jerawat yaitu kotoran yang menumpuk di pori-pori. Hal ini membantu mengurangi dan mencegah kemunculan jerawat, sehingga kulit terlihat lebih bersih dan sehat.

4. Kulit Tampak Lebih Halus

Triple cleansing dapat membantu meningkatkan tekstur kulit dengan menghilangkan lapisan kotoran dan sel kulit mati. Hasilnya, kulit wajah akan terasa lebih lembut dan halus setelah rutin menerapkan metode ini. Pasalnya, sel kulit mati yang terangkat juga membantu proses regenerasi kulit, sehingga kulit terlihat lebih halus, tampak muda, dan sehat.

5. Memaksimalkan Kerja Skincare

Saat kulit wajah yang bersih, produk perawatan kulit seperti serum, pelembap, dan bahan aktif lainnya dapat meresap lebih efektif ke dalam kulit. Hal ini memaksimalkan manfaat dari produk-produk tersebut dan membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi.

Penggunaan triple cleansing sebelum aplikasi produk perawatan kulit juga membantu menghilangkan hambatan yang dapat mengurangi efektivitas produk, sehingga kulit dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik.

6. Menjaga Keseimbangan Kelembapan Kulit

Dalam triple cleasning, penggunaan cleansing oil diikuti dengan cleansing foam dan micellar water membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Proses ini membersihkan tanpa merusak lapisan pelindung alami kulit, sehingga kulit tetap lembap.

7. Mengurangi Risiko Irritasi dan Sensitivitas

Dengan menghilangkan sisa makeup dan kotoran secara menyeluruh, Triple Cleansing dapat membantu mengurangi risiko iritasi dan sensitivitas kulit. Membersihkan kulit dengan lembut mencegah akumulasi zat-zat yang dapat menyebabkan reaksi kulit negatif.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Flek Hitam, Jenis dan Tips Perawatannya

Cara Melakukan Triple Cleansing Pada Wajah

Cara Melakukan Triple Cleansing Pada Wajah

Triple cleansing adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit yang efektif. Namun, untuk mencapai manfaat maksimal dari triple cleansing, penting untuk memahami cara melakukannya dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk melakukan triple cleansing dengan efektif:

1. Gunakan Cleansing Oil

Dalam rutinitas pembersihan wajah, penggunaan oil based cleanser atau cleansing oil menjadi langkah penting, terutama dalam metode triple cleansing sebab mampu mengangkat makeup bahkan yang waterproof sekalipun. Langkah pertama adalah mengusapkan sedikit cleansing oil ke wajah secara lembut, tetapi menghindari area mata pada tahap ini.

Pijatan lembut membantu mengangkat makeup, kotoran, dan minyak berlebih dari kulit. Kemudian, menggunakan sisa oil yang ada di tangan, Anda bisa mengusapkannya ke area mata secara perlahan agar tidak perih. Jika sudah diaplikasikan secara merata, usap dengan kapas.

2. Gunakan Micellar Water atau Cleansing Balm

Tuangkan beberapa tetes micellar water pada telapak tangan atau ambil secukupnya cleansing balm. Aplikasikan produk tersebut secara merata ke seluruh wajah dengan gerakan memijat lembut. Pastikan juga untuk meratakan produk pada area-area dengan makeup yang lebih tebal seperti mata dan bibir. Diamkan produk selama beberapa saat untuk melarutkan makeup dan kotoran.

3. Usap dengan Kapas atau Reusable Cotton Pad

Setelah produk pembersih wajah tadi diaplikasikan ke wajah, gunakan kapas atau reusable cotton pad untuk mengusap wajah agar kotoran, minyak, dan makeup yang telah larut dalam produk tersebut terangkat. Gosok wajah dengan lembut menggunakan kapas atau cotton pad, hindari gesekan yang terlalu keras agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Lakukan gerakan dari dalam ke luar wajah untuk mengangkat kotoran keluar.

4. Basahi Wajah dengan Air

Setelah cleansing tahap pertama dan kedua dilakukan, basahi wajah dengan air hangat untuk membantu membersihkan sisa-sisa produk berbasis minyak yang masih tertinggal dan mempersiapkan wajah untuk tahap berikutnya.

5. Aplikasikan Sabun Cuci Muka

Oleskan sabun secara merata ke seluruh wajah dan pijat dengan lembut selama beberapa saat hingga mencapai seluruh bagian wajah. Sabun cuci muka akan membantu mengangkat kotoran sisa yang tidak dapat dihilangkan oleh produk sebelumnya sekaligus sisa produk pembersih yang masih tersisa di permukaan wajah. Pastikan untuk menggunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit serta tentunya cocok di kulit wajah Anda.

6. Bilas hingga Bersih

Setelah wajah dioleskan dengan sabun cuci muka, bilas dengan air suhu normal atau dingin hingga bersih. Penggunaan air dingin ini dapat membantu menutup pori-pori yang sebelumnya terbuka akibat penggunaan air panas.

Saat membilas wajah, pastikan tidak ada sisa-sisa produk yang tertinggal di kulit wajah. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini pada malam hari jika ingin meningkatkan efektivitas pembersihan setelah seharian terpapar polusi dan makeup.

Baca Juga : 13 Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

Perbedaan Double Cleansing dan Triple Cleansing

Agar dapat mengenal double cleansing dan triple cleansing lebih jelas, mari simak penjelasan mengenai perbedaan keduanya melalui ulasan berikut ini:

1. Double Cleansing

Double cleansing adalah langkah pembersihan wajah yang melibatkan dua tahap menggunakan dua jenis produk pembersih yang berbeda. Langkah pertama melibatkan penggunaan produk pembersih minyak atau balm untuk menghapus makeup, minyak berlebih, dan kotoran yang dapat dilarutkan oleh minyak. Setelah itu, langkah kedua melibatkan penggunaan produk pembersih berbasis air seperti busa pembersih atau gel untuk membersihkan sisa kotoran dan membersihkan kulit lebih mendalam.

2. Triple Cleansing

Triple cleansing adalah langkah pembersihan wajah yang lebih lanjut dan lebih dalam sebab melibatkan tiga tahap penggunaan tiga jenis produk pembersih yang berbeda. Tahap pertama serupa dengan double cleansing, yaitu menggunakan pembersih minyak atau balm.

Setelah itu, tahap kedua melibatkan penggunaan pembersih berbasis air untuk membersihkan lebih lanjut. Tahap ketiga adalah penggunaan produk sabun pembersih wajah yang akan lebih efektif jika memiliki manfaat tambahan seperti eksfoliasi ringan atau pembersih dengan formula khusus.

Rekomendasi Skincare AYOM

Dalam upaya merawat kulit dengan maksimal, tidak ada yang lebih penting daripada memilih produk skincare yang tepat. Melalui berbagai pilihan produk yang dirancang secara khusus, AYOM menghadirkan kombinasi harmonis untuk membersihkan dan merawat kulit, membantu Anda mencapai hasil kulit yang sehat dan berseri. Berikut beberapa produk yang bisa Anda gunakan untuk triple cleansing antara lain:

1. AYOM Waterproof Makeup Remover

AYOM Waterproof Makeup Remover adalah solusi sempurna untuk mengatasi makeup tahan air yang sulit dihapus. Produk ini diformulasikan khusus dengan bahan-bahan yang efektif dalam menghilangkan makeup yang tahan lama, termasuk maskara tahan air, eyeliner, dan lipstik tahan lama.

Tekstur lembutnya membantu melarutkan makeup dan kotoran tanpa mengiritasi kulit, sementara kelembapannya juga membantu menjaga kelembapan alami kulit Anda. Penggunaan AYOM Waterproof Makeup Remover sebagai tahap pertama dalam rutinitas triple cleansing akan membantu mempersiapkan kulit Anda untuk pembersihan lanjutan, sehingga kulit Anda bersih dan segar.

2. Micellar Water+ AYOM

Micellar Water+ AYOM adalah langkah yang lembut dan efektif untuk membersihkan kulit Anda. Formula micellar water mengandung micelles, molekul kecil yang mampu menangkap dan mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan makeup dengan mudah.

Micellar Water+ AYOM dapat digunakan untuk membersihkan kulit dari sebum dan kotoran sehari-hari. Formula ringannya menjadikannya pilihan yang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan dapat membantu menjaga kulit tetap segar dan lembap.

3. AYOM Facial Cleanser PH 5,5

AYOM Facial Cleanser PH 5,5 adalah pilihan sempurna untuk membersihkan kulit Anda dengan lembut tanpa mengganggu keseimbangan alami pH kulit. Diformulasikan dengan pH seimbang 5,5, pembersih wajah ini membantu menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi.

Teksturnya yang lembut menghasilkan busa yang melimpah saat digunakan, membersihkan kotoran dan minyak berlebih tanpa membuat kulit terasa kering. Memiliki kandungan yang dirancang untuk merawat kulit Anda, AYOM Facial Cleanser PH 5,5 dapat digunakan dalam tahap kedua atau ketiga dalam rutinitas triple cleansing, membantu kulit Anda mencapai kebersihan optimal dan terjaga dari iritasi.

Setelah memahami apa itu triple cleansing dan manfaatnya bagi kulit wajah, tidak dapat disangkal bahwa metode ini menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mendapatkan tampilan wajah yang segar dan cerah.

Saat Anda selalu memastikan kulit terbebas dari kotoran dan minyak berlebih, tentu akan menciptakan kulit yang ideal dan siap untuk penerapan produk perawatan kulit selanjutnya. Bahkan dapat dikatakan bahwa menerapkan triple cleansing secara teratur adalah investasi kecil namun sangat berharga bagi kesehatan kulit Anda.

JAC Banner

Namun, untuk mencapai hasil perawatan kulit yang maksimal, selalu penting untuk melengkapi rutinitas perawatan kulit dengan treatment terbaik dan produk-produk berkualitas. Salah satu cara untuk mencapai kulit wajah yang lebih sehat, segar, dan kembali bersinar adalah dengan melakukan rangkaian perawatan Facial Peeling dan Skincare dari JAC.

Perawatan dari JAC dirancang khusus untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit dan membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, noda bekas jerawat, pori-pori tersumbat, dan kulit kusam.

Jadi, dengan treatment yang ditangani langsung oleh dokter ahli bersertifikasi di JAC, Anda dapat merasakan perbedaan nyata pada kulit Anda dan mencapai hasil perawatan kulit yang optimal. Jangan ragu untuk mencoba berbagai perawatan dari JAC sekarang dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan kulit Anda yang lebih baik.

Sumber:

  • https://health.clevelandclinic.org/triple-cleansing-explained/
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/triple-cleansing#benefits
  • https://www.masterclass.com/articles/how-to-double-cleanse 
dr Olivia Ong - Foto Bagian Luar

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

8 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

8 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Februari 22, 2024
Ketahui 6 Makanan Penyebab Inflamasi atau Peradangan Kulit Wajah

Ketahui 6 Makanan Penyebab Inflamasi atau Peradangan Kulit Wajah

Februari 22, 2024
7 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha

7 Cara Menghilangkan Selulit pada Paha

Februari 22, 2024

Comments are closed.