Mengenal Treatment Botox Kantung Mata Bisa Dilakukan? Temukan Jawabannya Di Sini

botox kantung mata
botox kantung mata

Garis halus dan juga kerutan adalah salah satu hal yang akan bisa diatasi menggunakan botox. Namun bagaimana dengan kantung mata yang bisa membuat penampilan Anda terlihat kurang sehat dan segar ini. Apakah botox mampu mengatasi masalah berikut ini? Mari kita mengenal treatment botox kantung mata secara lebih lanjut hanya di sini.

Treatment Botox Kantung Mata 

Treatment botox biasanya mengandung tiga bahan utama: toksin botulinum tipe A, albumin manusia, dan natrium klorida. Bahan aktif yang memiliki efek terbesar adalah botulinum toxin A. Saat disuntikkan ke otot, botox akan memblokir impuls saraf yang menyebabkan otot tertentu berkontraksi. Otot tidak bisa bergerak, dan ini mengurangi munculnya kerutan. 

Kantung mata yang biasanya disertai dengan dark circle ini bisa terjadi karena beberapa hal. Tidur berlebihan, kelelahan, atau hanya begadang beberapa jam dapat menyebabkan lingkaran hitam terbentuk di bawah mata. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kusam dan pucat, memungkinkan jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit Anda terlihat. Kurang tidur juga dapat menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata Anda, menyebabkannya tampak bengkak membentuk kantung mata.

Usia juga sangat berpengaruh disini. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda menjadi lebih tipis dan juga kehilangan lemak serta kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit Anda. Hal ini menyebabkan kulit di bawah mata menjadi mengendur dan membentuk lingkaran hitam dan kantung mata. 

Hal ini juga bisa disebabkan oleh keturunan. Beberapa orang akan memiliki kantung mata alami yang kadang terbentuk ketika mereka masih mudah. Dehidrasi juga penyebab umum lingkaran hitam dan kantung di bawah mata Anda bisa muncul. Ketika tubuh Anda tidak menerima jumlah air yang tepat, kulit di bawah mata Anda mulai terlihat kusam dan mata Anda terlihat cekung.

Lalu apakah kondisi ini bisa diperbaiki menggunakan botox? Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, treatment yang satu ini masih diragukan kebenarannya. Walaupun salah satu studi di tahun 2003 menyatakan jika suntikan botox dapat membuat kelopak mata bagian bawah tampak lebih penuh dan montok, membantu mengurangi kerutan dan kantung mata, namun belum ada studi lebih lanjut mengenai keamanan dari prosedur yang satu ini.

Baca juga: Inilah Cara Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

Efek Samping dan Bahaya yang Bisa Terjadi

Karena belum ada studi lebih mendalam dan bukti yang menunjukan jika prosedur ini adalah sesuatu yang aman, maka sangat tidak disarankan menggunakan botox pada area di sekitar mata ini. Beberapa hal yang bisa terjadi adalah:

  • Sulit untuk menutup mata
  • Mata terkulai
  • Mati rasa pada bagian mata
  • Pembengkakan kelopak mata bawah

Berikut adalah beberapa efek samping botox yang perlu diketahui:

  • Berdarah
  • Memar
  • Pusing
  • Pingsan
  • Rasa sakit di tempat suntikan
  • Kemerahan

Baca juga: 10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk mengurangi kantung mata, Anda bisa mulai dengan istirahat yang cukup, makan dengan sehat, berhenti merokok, dan banyak mengonsumsi air putih.

Itulah informasi mengenai botox kantung mata yang ternyata masih belum memiliki bukti keberhasilannya. Selalu hati-hati dalam memilih klinik kecantikan. Jakarta Aesthetic Clinic selalu memberikan solusi perawatan kulit wajah terbaik untuk Anda salah satunya adalah Anti-Wrinkle Injection ini. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321917#alternatives

https://www.zwivel.com/blog/botox-under-eyes/

https://www.healthline.com/health/botox-under-eyes#results

Flynn, T. C., Carruthers, J. A., Carruthers, J. A., & Clark, R. E. (2003). Botulinum A toxin (BOTOX) in the lower eyelid: dose‐finding study. Dermatologic Surgery, 29(9), 943-951.

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

November 23, 2021
Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

November 23, 2021
7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

November 23, 2021

Comments are closed.