Mengenal Botox Wajah dan Apa Saja Manfaatnya!

botox wajah

Seiring berjalanya waktu dan pertambahan usia, kulit tentu akan mengalami perubahan juga. Salah satunya adalah mulai munculnya kerutan. Berbagai perawatan dilakukan untuk meraih kulit kencang layaknya masa muda. Salah satu cara yang menjadi pilihan adalah dengan botox. Prosedur ini sudah banyak dijalani dalam mendapatkan kembali kulit yang didambakan. Mari kita mengenal botox wajah ini dan juga berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Apa itu Botox Wajah?

Botulinum toxin atau yang biasa disebut dengan botox adalah salah satu prosedur anti-penuaan (anti aging) yang paling populer saat ini. Dalam dosis kecil, obat ini dapat mengurangi kerutan kulit dan membantu mengobati beberapa kondisi medis.

Baca juga: Botox vs Filler, Ini Perbedaaannya!

Bakteri C. botulinum, yang ada di banyak lingkungan alami, termasuk tanah, danau, hutan, dan saluran usus mamalia dan ikan menjadi pembentuk dari Botulinum toxin ini.

Bakteri dan spora C. botulinum yang terbentuk secara alami umumnya tidak berbahaya. Masalah akan  muncul ketika spora berubah dan populasi sel meningkat. Pada titik tertentu, bakteri mulai memproduksi Botulinum toxin, racun saraf mematikan yang bertanggung jawab atas botulisme.

Toksin ini sangat berbahaya. Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa 1 gram bentuk kristal dari toksin dapat membunuh 1 juta orang. Sedangkan itu, beberapa kilogram dapat membunuh setiap manusia di planet ini. Namun, ketika botox digunakan dengan tepat dalam konteks terapeutik, maka akan aman dan memiliki sedikit efek samping.

Dalam urusan, komersial Botulinum toxin ini terdiri dari berbagai merek, meliputi:

  • OnabotulinumtoxinA (Botox)
  • AbobotulinumtoxinA (Disport)
  • Incobotulinumtoxin A (Xeomin)
  • RimabotulinumtoxinB (Myobloc)
  • Pra botulinum toxin A (Jeuveau)

Secara umum, toksin ini dipanggil dengan sebutan botox, walaupun ada berbagai merek yang berbeda.

Baca juga: Cantik Alami dengan Botox dan Filler Tetap Digemari

Cara Kerja Botox

Botox adalah racun saraf sehingga yang menjadi target adalah sistem saraf, mengganggu proses sinyal saraf yang merangsang terjadinya kontraksi otot. Dapat menyebabkan kelumpuhan otot sementara. Agar setiap otot berkontraksi, saraf melepaskan pembawa pesan kimia yang disebut asetilkolin di persimpangan tempat ujung saraf bertemu sel otot. Asetilkolin menempel pada reseptor pada sel otot dan menyebabkan sel berkontraksi, atau memendek. Botox ini akan mencegah terjadinya pelepasan asetilkolin. Menghentikan sel-sel otot untuk berkontraksi. Dengan cara ini, toksin akan membantu otot menjadi kurang kaku.

Manfaat Botox dalam Dunia Kosmetik

Penggunaan utama botox adalah mengurangi munculnya kerutan wajah. Tetapi efeknya bersifat sementara, berlangsung 3-12 bulan, tergantung pada jenis pengobatan.

Beberapa area wajah yang sering menjadi permintaan untuk mendapatkan suntik botox:

  • Kerutan di antara alis, yang disebut garis kerutan, garis glabellar, atau sebelas
  • Kerutan di sekitar mata, yang dikenal sebagai kaki gagak
  • Lipatan horizontal di dahi
  • Garis di sudut mulut
  • Kulit “batu bulat” di dagu

Botox cukup efektif sebagai prosedur pencegahan dan digunakan pada kerutan yang belum terlalu banyak terlihat atau kerutan dinamis. Kerutan ini muncul saat seseorang menggerakan wajahnya. Perawatan ini setidaknya bisa memperpanjang waktu sebelum kerutan kembali.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Anti Aging

Prosedur Botox

Dokter menggunakan toksin Botulinum dengan mengencerkan bubuk dalam saline dan menyuntikkannya langsung ke jaringan neuromuskular. Dibutuhkan 24-72 jam agar toksin mulai bekerja. 5 hari akan dibutuhkan agar efek bisa terlihat secara maksimal. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, prosedur ini akan bertahan 3-12 bulan, tergantung pada perawatannya.

Anda menghindari penggunaan botox selama kehamilan atau menyusui, atau jika mereka pernah memiliki reaksi alergi terhadap obat atau bahan-bahannya. Selain itu, pastikan Anda tahu dari mana botox yang digunakan berasal. Pastikan dokter Anda adalah vendor resmi demi menghindari hal yang tidak diinginkan.

Konsultasi juga menjadi langkah yang sangat penting karena ada banyak hal yang harus Anda hindari sebelum menerima perawatan ini. Dokter akan memastikan apakah pasien siap untuk menerima suntikan ini, sekaligus mencegah terjadinya berbagai hal yang ingin dihindari.

Penggunaan botox selama bertahun-tahun akan membuat Anda membutuhkan perawatan yang semakin sedikit dari waktu ke waktu. Melalui frekuensi dan jumlah yang tepat, otot Anda menjadi kurang kuat dan Anda mungkin tidak membutuhkan botox sebanyak atau sesering mungkin. Ketika otot Anda ‘dilatih’ untuk tidak bergerak, hal ini membantu proses mencegah penuaan dan keriput.

Itulah dia berbagai informasi mengenai apa itu botox wajah dan juga berbagai macam manfaat yang bisa Anda rasakan. Prosedur ini bisa menjadi pilihan bagi siapapun yang ingin mengurangi kerutan di wajah. Jakarta Aesthetic Clinic juga menyediakan Anti-Wrinkle Injection yang bisa membantu Anda dalam mengurangi berbagai macam kerutan di wajah. Dengan penanganan para dokter ahli kami yang bersertifikat, terapi ini disesuaikan untuk setiap pasien, sehingga memberikan hasil yang realistis, natural, dan tanpa sedikitpun kesan kaku.Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan lakukan konsultasi sekarang juga di sini.

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/158647#procedure

https://www.byrdie.com/long-term-effects-of-botox

https://www.elle.com/beauty/a44800/botox-know-before-you-go/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Oktober 21, 2021
Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Oktober 21, 2021
5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

Oktober 21, 2021

Comments are closed.