Cara Agar Muka Tidak Berminyak

Apa yang dikeluarkan atau dihasilkan oleh tubuh pasti mempunyai manfaat yang baik. Salah satunya adalah minyak yang keluar melalui wajah. Minyak yang muncul di wajah sebenarnya bertugas untuk membuat wajah Anda lembap, tidak mudah kering, dan mengeluarkan zat yang tidak penting di dalam tubuh. Namun, produksi minyak kulit wajah ini terkadang berlebihan dan akhirnya membuat masalah pada wajah. Salah satu masalah yang diakibatkan oleh wajah berminyak adalah jerawat. Ketika kadar minyak berlebih, minyak bakal menyumbat pori-pori kulit dan akhirnya membuat jerawat mudah datang. Untuk mengatasi hal tersebut, simak tiga cara agar muka tidak berminyak berikut!

3 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah

1. Rutin Cuci Muka Namun Jangan Terlalu Sering

Pertama, cara agar muka tidak berminyak, Anda harus mencuci muka tetapi tidak boleh terlalu sering. Mungkin Anda pernah melihat beberapa tips agar muka tidak gampang berminyak, mulai dari pergi ke salon untuk perawatan, membeli serum, sampai memakai krim yang jumlahnya sangat banyak. Padahal sejatinya ada hal yang sangat murah dan mudah dilakukan untuk mengurangi produksi minyak berlebih, yaitu cuci muka.

Kulit muka akan mudah untuk mengeluarkan minyak ketika Anda beraktivitas dan saat bangun tidur. Pada saat beraktivitas, kulit akan melakukan adaptasi dengan tingkat kekeringan yang ada di wajah. Misalnya Anda terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan, tentu jumlah minyak yang dihasilkan bakal lebih banyak. Kemudian di malam hari saat Anda terlelap, muka akan melakukan pelembapan agar saat bangun tidur muka Anda tidak terlalu kering.

Pastikan saja Anda rutin cuci muka dengan air hangat setiap hari, yaitu dua kali dalam sehari. Mencuci muka terlalu sering juga tidak terlalu baik karena dikhawatirkan bisa menghapus kelembapan alami pada kulit muka Anda. Dan tentunya, gunakanlah produk pembersih wajah yang sesuai untuk jenis kulit berminyak, misalnya facial foam dan micellar water.

Baca juga: Beberapa Tips Tentang Cara Merawat Wajah Berminyak

2. Menggunakan Toner

Alasan kenapa ada orang yang mengeluarkan banyak sekali minyak adalah karena pori-pori yang ada di muka Anda terlalu besar. Jadi, kadar minyak yang seharusnya dikeluarkan sedikit menjadi lebih banyak dan tentunya bakal mudah mengundang jerawat dan bakteri membandel. Nah, untuk mengatasi pori-pori muka yang membesar, Anda bisa menggunakan toner. Kandungan astringent di dalam toner ternyata bisa membuat ukuran pori-pori kembali seperti semula.

Walaupun begitu, tidak banyak orang yang cocok menggunakan toner dengan kandungan tertentu. Jika Anda sudah pernah melakukan perawatan wajah sebelumnya, ini akan memudahkan karena Anda bisa bertanya kepada dokter tentang toner apa yang cocok untuk kulit muka Anda.

Baca juga: Pilihan Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

3. Tetap Menggunakan Pelembap

Cara terakhir untuk mengatasi kulit berminyak adalah menggunakan pelembap. Mungkin Anda pernah membaca atau mendengar tips bahwa jenis kulit wajah berminyak tidak cocok menggunakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melembabkan kulit karena bakal membuat wajah cepat berjerawat.

Padahal kebanyakan wajah yang mengeluarkan minyak secara berlebih ini dikarenakan kering dan dehidrasi. Jadi, agar menjaga wajah Anda tetap segar, gunakan pelembap agar kadar minyak yang keluar bisa sedikit tertekan.

Baca juga: Tips Perawatan Untuk Kulit Berminyak Untuk Kulit Lebih Sehat dan Cantik 

Namun, pemilihan pelembap tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebaiknya pilih pelembap dengan kandungan oil-free agar minyak di wajah tidak semakin parah. Sekarang ada banyak produk pelembap khusus jenis kulit berminyak yang sudah dilengkapi kandungan berbasis air atau water-based sehingga tidak akan menyebabkan meningkatnya produksi minyak berlebih di wajah.

Sebagai pemilik kulit berminyak, kondisi ini memang cukup mengganggu. Bukan hanya berdampak pada penampilan, tapi juga kepercayaan diri. Semoga ketiga cara mengatasi kulit berminyak tersebut bisa membantu Anda menghapus minyak berlebih pada wajah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber:

  • Bethari Taya. 6 Oktober 2017. 21 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Alami dengan Cepat. https://www.merdeka.com/gaya/21-cara-menghilangkan-minyak-di-wajah-secara-alami-dengan-cepat-kln.html
  • Jennifer Alexis Tanjung. 25 Juli 2019. 7 Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak yang Tepat. https://www.popbela.com/beauty/skin/jennifer-a-tanjung/cara-mengatasi-dan-merawat-kulit-wajah-berminyak/full
  • Asa. 26 Maret 2019. 7 Cara Mengatasi Muka Berminyak dan Kusam dengan Mudah, Sudah Coba?. https://beautynesia.id/40034/article/skincare/7-cara-mengatasi-muka-berminyak-dan-kusam-dengan-mudah-sudah-coba
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

November 18, 2022
8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

November 17, 2022
10 Penyebab Bruntusan di Dagu dan Cara Mengatasinya

10 Penyebab Bruntusan di Dagu dan Cara Mengatasinya

November 16, 2022

Comments are closed.