Begini Cara Agar Muka Tidak Kering dan Tampak Awet Muda

Begini Cara Agar Muka Tidak Kering dan Tampak Awet Muda

 

Kulit wajah yang kering dan kusam sangatlah mengganggu penampilan. Khususnya bagi para wanita. Apabila dibiarkan hal ini akan menjadi tanda penuaan seperti munculnya keriput. Maka dari itulah, penting bagi Anda untuk menjaga kulit agar tetap awet muda dan tidak kering. Berikut cara agar muka tidak kering yang dapat Anda terapkan.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara agar muka tidak kering yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah dengan memperbanyak minum air putih. Meski hal seperti ini terlihat sederhana, air putih menjadi sebuah komponen penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan kulit tetap kencang. Jika kulit wajah menjadi kering, bisa jadi disebabkan oleh tubuh kekurangan cairan.

Kurangnya cairan ini bisa menyebabkan tumbuhnya sel kulit mati dan membuat kulit menjadi kering. Ada baiknya untuk mengkonsumsi air putih paling tidak sebanyak delapan gelas per harinya. Selain menjaga tubuh agar tidak terhidrasi ini penting untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda.

Jangan Berlama-Lama Mandi Air Panas

Mencuci muka dengan menggunakan air panas memang memberikan sensasi rileks. Namun, tahukah Anda jika mencuci muka atau mandi berlama-lama dengan air panas dapat membuat kulit wajah kering? Mandi atau mencuci muka dengan air panas secara berlebihan bisa mengangkat minyak kulit lebih cepat daripada menggunakan air dingin.

Sementara, fungsi dari minyak kulit ini sebenarnya adalah menjaga kulit tetap lembab. Oleh karena itulah, jika Anda mandi dengan air panas sebaiknya jangan berlama-lama. Cukup dengan berendam selama lima hingga 10 menit saja.

Menggunakan Tabir Surya

Secara alami kulit memang dapat melindungi bagian tubuh Anda. Meski begitu, kulit membutuhkan perlindungan terutama kulit muka agar tidak terbakar oleh sinar matahari. Contohnya saja munculnya flek hitam dan membuat kulit kering. Hal ini sangatlah mengganggu penampilan dan dapat menurunkan tingkat percaya diri.

Salah satu cara agar muka tidak kering saat berada di luar ruangan adalah menggunakan tabir surya. Idealnya, tabir surya yang bisa Anda gunakan memiliki kandungan SPF 30 atau lebih. Ini karena semakin lama Anda berada di bawah sinar matahari, maka semakin tinggi pula kandungan SPF tabir surya yang diperlukan.

Menjaga Pola Hidup Sehat

Tidak hanya menerapkan langkah di atas saja, cara agar muka tidak kering bisa dilakukan dengan cara menjaga pola hidup sehat. Di antaranya dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Kandungan alami vitamin, mineral dan antioksidan dalam buah maupun sayuran mampu menjaga kelembaban kulit wajah. Selain itu membuat Anda nampak cantik secara alami dari dalam.

Kemudian, Anda sebaiknya menghindari gaya hidup tak sehat seperti merokok, minum alkohol dan kafein secara berlebihan. Jangan lupa pula untuk berolahraga secara rutin. Sebab, olahraga mampu mengeluarkan hormon bahagia dan bisa meningkatkan mood sehingga mencegah stres yang bisa menjadi sumber masalah pada kulit wajah.

Jangan Lupa Gunakan Pelembab dan Skincare

Menggunakan pelembab memang menjadi salah satu cara agar muka tidak kering. Terutama jika Anda setiap hari bekerja di ruangan ber-AC. Bila wajah Anda memiliki tipe kulit kering, jangan lupa untuk melapisi pelembab sebelum menggunakan make up. Tidak hanya itu, Anda bisa menggunakan pelembab setelah mandi dan mencuci wajah menggunakan tangan.

Kemudian, penting juga bagi Anda dalam menjaga kulit wajah tidak kering dan awet muda dengan menggunakan produk skincare terbaik. Namun, ketika Anda memilih produk skincare sebaiknya pilihlha produk yang sudah direkomendasikan oleh ahli kecantikan terbaik. Hal ini untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

 

Sumber:

  • Alodokter. Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Wajah Kering. https://www.alodokter.com/kulit-wajah-kering-merusak-kepercayaan-diri
  • Fajar Laksmita. 25 Februari 2018. 7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Mudah Kok! https://www.idntimes.com/life/relationship/fajar-laksmita/7-tips-sederhana-yang-ampuh-atasi-kulit-kusam-kering-c1c2

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now