Setiap orang tentu saja ingin mempunyai rambut panjang dan juga lebat, khususnya para wanita. Berbagai macam cara memiliki rambut panjang dan lebat tentu saja akan dilakukan.

Namun rambut pada kepala kita setiap harinya hanya akan tumbuh sekitar 0.3 – 0.4 mm. Cepat tidaknya rambut Anda tumbuh tentu saja dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya gen, hormon, dan tentunya dari usia.

Selain hal – hal tersebut, tingkat pertumbuhan rambut Anda juga dipengaruhi oleh tubuh Anda, apakah Anda menderita anemia, kekurangan protein, kekurangan zat besi, dan juga hal – hal yang lain.

7 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Apabila Anda ingin mendapatkan rambut panjang, lebat, dan juga berkilau Anda bisa mengikuti tips – tips berikut untuk mengetahui bagaimana cara memanjangkan rambut secara alami yang bisa Anda coba.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Kekurangan nutrisi akan menghambat pertumbuhan rambut. Jadi, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang tumbuh lebih cepat, sehat, berkilau, dan lebat ialah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Apabila Anda menginginkan rambut yang cepat panjang, maka Anda harus banyak mengonsumsi makanan yang sehat yang bisa memberikan nutrisi yang diperlukan untuk rambut Anda. Jika rambut Anda kurang nutrisi, maka tentu saja rambut Anda akan kering, rontok, dan rapuh.

Makanan bergizi yang baik untuk mendorong pertumbuhan rambut adalah:

  • Telur
  • Ikan salmon dan tuna
  • Buah beri
  • Bayam
  • Alpukat
  • Udang
  • Kacang-kacangan

Baca juga: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

2. Menjaga Kelembapan Rambut

Selain menutrisi rambut Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat, Anda juga harus bisa tetap menjaga kelembaban rambut Anda. Mengapa? Rambut kering lebih mudah rontok dan bercabang, hal ini tentu dapat menghambat pertumbuhan alami rambut Anda dan membuatnya sulit panjang.

Anda bisa menggunakan masker rambut setidaknya 1 kali setiap minggunya. Apabila Anda mempunyai rambut yang lebih tebal atau kasar dan kering, maka akan lebih baik jika Anda melakukan hal ini lebih sering. Namun Anda juga harus memastikan masker rambut yang Anda gunakan tidak mengenai kulit kepala Anda. Hal ini bertujuan agar rambut Anda tidak berminyak nantinya.

Anda bisa membeli masker rambut siap pakai di supermarket. Atau, untuk Anda yang tidak ingin bahan kimia sintetis merusak rambut Anda, masker rambut juga bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

  • Minyak kelapa + telur + madu +yogurt
  • Minyak zaitun + madu
  • Cuka apel + minyak zaitun
  • Minyak zaitun + gula aren

3. Pijat Kulit Kepala

Tahukah Anda bahwa pijatan dapat membantu memanjangkan rambut secara alami? Hal ini disebabkan pijatan akan memberi rangsangan pada aliran darah di area kulit kepala. Dengan begitu, nutrisi pun akan lebih lancar didistribusikan pada sel rambut Anda, membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat dan juga sehat.

Untuk memberikan rangsangan tumbuhnya rambut Anda maka Anda bisa melakukannya dengan cara memijat kulit kepala Anda dengan rutin, Anda bisa melakukannya sekitar 1- 3 kali seminggu. Untuk membuat pijatan menjadi lebih efektif, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk memanjangkan rambut selama memijat kulit kepala, misalnya minyak kemiri, aloe vera, dan minyak zaitun. Selain itu, Anda harus melakukan cara ini dengan teratur dan rutin. Namun jangan memijat dengan kasar dan tidak beraturan. Hal ini justru akan membuat batang rambut Anda rusak.

Baca juga: Inilah Cara Menyuburkan Rambut yang Efektif 

4. Gunakan Kondisioner

Jika Anda menggunakan kondisioner setelah Anda keramas menggunakan shampo maka bisa menjadi cara agar rambut cepat panjang. Kondisioner bukan hanya bisa membuat rambut Anda tumbuh dengan cepat, namun juga bisa digunakan untuk menjaga kelembaban dan merawat rambut Anda. Kondisioner juga bisa menjaga rambut Anda agar tidak kering, kusam, dan juga rapuh. Anda bisa menggunakan kondisioner sesuai dengan jenis rambut Anda agar bisa memberikan nutrisi untuk rambut Anda.

5. Lakukan Deep Conditioning

Selain itu, Anda jugsa bisa melakukan deep conditioning seminggu sekali untuk memaksimalkan efek dari kondisioner. Caranya mudah, Anda cukup mengaplikasikan kondisioner saat rambut basah, pastikan setiap helai rambut terkena kondisioner. Lalu, Anda perlu membungkus rambut Anda dengan shower cap.

Diamkan selama 15-30 menit dan bilas dengan air dingin. Dengan cara ini, nutrisi yang terkandung dalam kondisioner akan lebih mudah diserap rambut, sehingga rambut lebih cepat tumbuh dan lebih sehat.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat

6. Hindari Menyisir Rambut Basah

Apakah Anda sering menyisir rambut setelah keramas? Jangan pernah melakukannya lagi apabila Anda ingin cepat memanjangkan rmabut. Saat masih basah, rambut menjadi rentan patah dan rontok. Menyisir rambut basah akan menyebabkan kerusakan protein di batang rambut dan membuatnya sulit tumbuh panjang dan lebat.

Sebaiknya keringkan dulu air dari rambut Anda sebelum menyisir rambut. Tunggu hingga rambut setengah kering untuk menyisir dan merapihkan rambut. Tidak hanya demikian, gunakan juga sisir berongga besar untuk mencegah kerusakan batang rambut.

7. Gunting Rambut Secara Rutin

Apabila Anda sedang memanjangkan atau menumbuhkan rambut, kemungkinan Anda justru tidak ingin menggunting rambut. Padahal, menggunting rmabut secara rutin malah bisa membuat rambut tumbuh tetap sehat dan juga lebih cepat.

Ujung rambut yang jarang digunting akan menjadi kering dan bercabang. Rambut bercabang tidak sehat, mudah rontok, dan mudah patah. Akibatnya, rambut menjadi lebih lama tumbuh atau malah menjadi lebih tipis apabila tidak segera dirawat. Memotong ujung rambut bercabang akan membantu mencegah hal ini terjadi. Sehingga, sangat disarankan untuk memotong ujung rambut sebanyak 1-3 cm setiap dua bulan sekali untuk membantu proses pertumbuhan rambut.

Baca juga: 5 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang 

Meskipun rambut Anda tidak bisa tumbuh dengan cepat sekejap mata. Namun tidak salah jika mengikuti langkah bagaimana cara agar rambut cepat panjang diatas.

Sumber:

  • https://www.orami.co.id/magazine/amp/cara-memanjangkan-rambut/
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/cara-memanjangkan-rambut/?amp=1
  • https://www.popmama.com/amp/life/fashion-and-beauty/sarrah-ulfah/cara-memancungkan-hidung-secara-alami-tanpa-operasi-plastik
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

10 Cara Mengatasi Kulit Keriput di Usia Muda

November 18, 2022
8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

8 Cara Mengatasi Penuaan Dini pada Kulit Wajah

November 17, 2022
10 Penyebab Bruntusan di Dagu dan Cara Mengatasinya

10 Penyebab Bruntusan di Dagu dan Cara Mengatasinya

November 16, 2022

Comments are closed.