Ketahui Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah agar Awet Muda

cara alami mengencangkan kulit wajah agar awet muda

Wajah awet muda ditandai dengan tidak adanya keriput serta kulit yang terlihat kencang. Untuk mencapainya, Anda harus melakukan berbagai cara alami mengencangkan kulit wajah agar awet muda. Perawatan kekencangan wajah juga melibatkan pola hidup yang harus diubah sejak dini.

Faktanya, kulit manusia sudah mulai mengendur sejak memasuki usia 35-40 tahun. Memiliki kulit kendur di usia tersebut memengaruhi kepercayaan diri seseorang karena 35-40 tahun bukan usia yang terlalu tua. Banyak orang yang merasa dirinya kurang menarik lantaran memiliki kulit kendur.

Penyebab wajah mulai kendur biasanya disebabkan karena kurangnya zat yang menjaga kekencangan kulit. Namun, bisa juga karena gaya hidup dan perawatan wajah yang kurang. Apa saja penyebab kulit bisa kendur dan bagaimana cara untuk mengencangkannya?

Lakukan Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah agar Awet Muda Sejak Dini

Faktor utama kulit wajah sudah mulai kendur adalah faktor zat di dalam tubuh kita. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di wajah semakin berkurang secara perlahan. Kolagen adalah jenis protein dalam tubuh yang menjaga kulit agar tetap halus dan kencang. Kadar kolagen yang kian berkurang membuat kulit di wajah, leher, dan tubuh juga semakin berkurang.

Turunnya produksi kolagen semakin drastis apabila memiliki gaya hidup yang buruk, seperti merokok. Paparan sinar matahari yang berlebih dalam tubuh menjadi alasan lain zat tersebut berkurang. Selain itu, penurunan berat badan secara drastis juga mempengaruhi produksi kolagen dalam tubuh. Jika dibiarkan, kadar kolagen pun berkurang dan kulit akan kehilangan elastisitasnya secara perlahan.

Kabar baiknya, ada banyak cara alami untuk membuat kulit menjadi kencang. Langkah yang diambil tidak berputar pada perawatan wajah, tapi terkait dengan perubahan gaya hidup pula. Apa saja langkah yang harus dilakukan untuk membuat kulit semakin kencang?

1. Lakukan Senam Wajah

Faktanya, wajah memiliki otot untuk mengatur ekspresi kita. Senam wajah berguna untuk mengencangkan otot-otot di area tersebut, seperti pipi, mulut, dan leher. Alhasil, wajah terlihat semakin kencang dan tirus sehingga terjaga dari kekenduran kulit. Variasi gerakan dan ekspresi senam wajah juga bisa Anda temukan di internet untuk diikuti.

Baca juga: Rahasia Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Putih Telur

2. Gunakan Minyak saat Memijat

Pijatan di area wajah secara teratur berguna untuk mengembalikan kekencangannya. Sirkulasi darah di wajah yang lancar akibat pijatan kembali meningkatkan elastisitasnya. 

Agar pijatan lebih efektif, gunakan minyak yang cocok di wajah. Anda bisa memilih salah satu minyak wajah di bawah ini:

  • Virgin Coconut Oil (VCO): Minyak ini menyerap lebih dalam ke sel kulit sehingga wajah lebih terhidrasi dan segar. Gunakan minyak ini dengan pijatan melingkar selama 5-10 menit. Biarkan semalaman.
  • Minyak almond: Minyak ini kaya akan vitamin E, jadi bisa membantu kekencangan kulit. Aplikasikan minyak ini selama 20 menit sebelum mandi.
  • Minyak vitamin E: Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan tekstur dan kesehatan kulit. Pijat wajah dengan minyak ini selama 10-15 menit.

3. Gunakan Bahan Alami untuk Perawatan

Tidak ada salahnya memilih bahan alami untuk melakukan perawatan wajah di rumah. Bahan alami ini bisa diolah sebagai sebagai masker untuk meningkatkan kekencangan wajah Anda. Berikut ini adalah bahan alami yang bisa meningkatkan kekencangan kulit:

  • Lidah Buaya: Kandungan aloesin dalam lidah buaya berguna untuk meningkatkan elastisitas kulit sekaligus melembabkannya. Aplikasikan saja gel lidah buaya di wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibersihkan.
  • Delima: Buah delima mengandung phytonutrients yang bisa mengencangkan wajah. Campurkan buah delima dengan air hingga membentuk pasta, kemudian pijat ke wajah selama beberapa menit. Bersihkan dengan air hangat.
  • Kunyit: Kunyit mengandung curcumin yang berkhasiat untuk meningkatkan elastisitas wajah sekaligus menjaga kesegarannya. Campurkan masing-masing satu sendok kunyit dan yogurt, kemudian aplikasikan di wajah Anda. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat.

Baca juga: Cara Mengencangkan Kulit Agar Tidak Keriput

4. Ubah Pola Hidup

Kekencangan kulit juga dipengaruhi oleh pola hidup yang kita jalani sehari-hari. Jika selama ini Anda merokok, hentikan kebiasaan tersebut karena bisa mengurangi produksi kolagen. Rajin minum air putih juga bermanfaat untuk menjaga kekencangan wajah agar awet muda.

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, hindari cara yang bisa membuat berat badan berkurang secara drastis. Lebih baik berolahraga dan mengatur pola makan agar berat badan tetap terjaga.

Untuk perawatan wajah, Anda juga bisa melakukan eksfoliasi. Langkah ini tidak hanya berguna untuk membuang sel kulit mati, tapi juga meningkatkan kekencangan wajah. Saat beraktivitas di luar ruangan, selalu gunakan sunblock atau sunscreen dengan SPF tertentu.

5. Gunakan Prosedur Skin Tightening

Anda juga bisa menjalani terapi skin tightening dari Jakarta Aesthetic Clinic untuk mengembalikan kekencangan wajah. Teknologi yang digunakan juga aman dan dilakukan oleh dokter kulit yang telah memiliki sertifikasi di bidangnya. Dapatkan kembali kulit kencang Anda dengan menjalani terapi ini.

Baca juga: Waspada Ciri Wajah Kekurangan Kolagen

Cara alami mengencangkan kulit wajah agar awet muda di atas harus dilakukan dengan konsisten agar hasilnya terlihat nyata.

Sumber:

https://www.medicinenet.com/how_can_i_make_my_skin_tighter/article.htm

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

Mitos Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih yang Perlu Dihindari

September 14, 2022
Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat

September 14, 2022
Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

September 14, 2022

Comments are closed.