Inilah Cara Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

Kantung mata yang kendur

Mengendurnya kantung mata sangatlah mengganggu penampilan Anda. Jika biasanya Anda terlihat fresh, dengan kantung mata yang kendur justru membuat tampilan nampak kuyu dan tidak segar. Penyebab kantung mata kendur bukan hanya karena kurang tidur saja, tetapi juga karena kurang vitamin dan mineral. Oleh karena itulah Anda perlu simak tips dan cara alami menghilangkan kantung mata yang kendur.

10+ Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

Pada dasarnya, Anda tidak perlu khawatir karena tidak diperlukan perawatan yang spesifik untuk masalah kantung mata yang kendur. Bahkan, kabar baiknya terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kantung mata yang kendur secara alami, antara lain:

1. Minum Air Putih yang Cukup

air putih didalam botol dituangkan ke dalam gelas

Selain karena kurang tidur, penyebab mata kendur juga bisa dikarenakan kurangnya konsumsi air putih. Minum air putih secukupnya menjadi cara menghilangkan kantong mata yang kendur. Idealnya, Anda perlu minum setidaknya delapan gelas air mineral per harinya. Ini dikarenakan hampir 80 persen tubuh manusia terdiri dari cairan.

Itulah mengapa ketika kekurangan cairan tubuh elastisitas kulit berkurang dan membuatnya mudah kendur.

Selain itu, Anda pun perlu mengurangi minuman yang mengandung alkohol maupun kafein. Pasalnya, dua minuman ini berpotensi besar dalam menyerap cairan dan membuat tubuh cepat dehidrasi. Tifak hanya demikian, keduanya juga bisa membuat pembuluh darah di bawah mata melebar, membuat lingkaran hitam di bawah mata semakin terlihat gelap dan kentara.

Baca juga: 13 Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

2. Mengompres dengan Air Atau Es Batu

Es batu

Menggunakan es batu sebagai kompres dingin adalah cara menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata kedua yang bisa Anda coba. Cara ini dinilai paling mudah dan murah untuk dilakukan. Es batu di sisi lain juga memiliki fungsi sebagai pengontrol peradangan maupun tekanan berlebihan pada jaringan kulit (plantar fascia).

Untuk melakukannya sangat mudah, Anda perlu mengambil es batu secukupnya. Lalu balut dengan handuk atau plastik. Usapkan di area kantung mata yang kendur tersebut.

Ingat, jangan menempelkan es batu secara langsung ke kulit wajah. Ini dapat merusak pembuluh kapiler yang berada di bawah kulit.

3. Menggunakan Irisan Mentimun

Irisan mentimun

Mentimun juga dianggap baik untuk menghilangkan kantung mata yang kendur. Perlu diketahui bahwa mentimun memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, adanya kandungan air dan beragam mineral seperti kalium, magnesium dan silikonnya terbukti ampuh untuk menjaga area sekitar mata nampak segar.

Cara alami dengan menggunakan mentimun pun juga mudah dilakukan. Iris mentimun dari dalam lemari es dengan ketebalan sekitar 0.5 cm. Lalu, tempelkan irisan tadi pada bagian kantung mata yang kendur sambil berbaring di posisi nyaman. Diamkan hingga 30 menit ketika tubuh Anda benar-benar rileks.

Baca juga: Inilah 5 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

4. Kompres dengan Sendok Dingin

sendok dingin

Selain menggunakan irisan timun sebagai kompres dingin untuk lingkaran hitam di bawah mata, Anda juga bisa menggunakan sendok yang telah didinginkan. Menggunakan sendok dingin mungkin terdengar aneh, tapi ternyata ini adalah salah satu cara alami menghilangkan kantung mata yang kendur. Sebelumnya, pastikan sendok yang Anda gunakan adalah berbahan logam yang memiliki sifat dingin alami untuk membuat mata rileks.

Untuk melakukannya Anda cukup meletakkan sendok logam ke dalam lemari es untuk beberapa saat. Atau bisa dimasukkan ke dalam air hingga 15 menit. Tekanlah area bawah sendok ke bagian bawah mata dengan perlahan. Lakukan pula pijatan ringan pada mata selama 15 menit. Agar mendapatkan hasil optimal, Anda dapat melakukannya secara rutin menjelang tidur.

5. Menggunakan Kantung Teh

kantung teh didalam gelas beirisi air

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan kantung teh sebagai bahan alami untuk mengencangkan kembali kantung mata yang kendur. Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit Anda. Hal tersebut juga dapat melindungi kulit dari sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Teh kantung memiliki kandungan tanin yang bisa menyempitkan pori-pori dan membuatnya kencang secara alami. Anda dapat menggunakan teh apa saja. Namun, agar manfaatnya maksimal Anda bisa menggunakan teh hijau karena teh hijau telah terbukti sebagai anti-inflamasi.

Langkahnya, Anda perlu mempersiapkan kantung teh bekas yang masih bersih dan celupkan ke air dingin hingga 10 menit.

Kemudian tempelkanlah kedua kantung teh tadi ke area kantung mata yang kendur. Diamkanlah dalam kurun waktu sekitar 20 menit dan cobalah untuk rileks. Setelah itu, Anda baru bisa bersihkan dengan cara membilasnya menggunakan air bersih.

6. Istirahat yang Cukup

tidur yang cukup

Rutinitas malam yang buruk dapat memperparah masalah kantung mata Anda. Selain membuat kantung mata kendur, kurang tidur juga dapat membuat kulit Anda lebih pucat. Inilah mengapa memperbaiki rutinitas malam akan sangat membantu Anda untuk menghindari dan menghilangkan kantung mata yang kendur.

Upayakan untuk memaksimalkan waktu istirahat Anda antara 7 hingga 8 jam setiap malamnya. Cobalah tips berikut apabila Anda merasa sulit beristirahat:

  • Cobalah membuat jadwal tidur, atau waktu tidur dan waktu bangun yang teratur.
  • Hindari minuman dan makanan berkafein 6 hingga 12 jam sebelum waktu tidur Anda.
  • Hindari minuman beralkohol di sekitar waktu tidur.
  • Selesaikan semua olahraga berat beberapa jam sebelum tidur.
  • Matikan televisi, ponsel, dan perangkat elektronik lainnya satu jam sebelum tidur.

7. Hapus Makeup Sebelum Tidur

hapus makeup sebelum tidur

Penting bagi Anda mencuci wajah sebelum tidur. Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh tidur dengan riasan. Jika Anda tidur dengan maskara atau riasan mata lainnya di mata Anda, Anda akan merasa tidak nyaman, mengalami reaksi alergi, memperparah infeksi yang menyebabkan kemerahan, bengkak, atau gejala lainnya termasuk masalah kantung mata kendur.

Jadi, jangan malas untuk membersihkan wajah ya!

8. Oleskan Minyak Vitamin E

vitamin e

Vitamin E diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya untuk mengatasi kantung mata kendur atau lingkaran hitam di mata.

Bagi Anda yang ingin merasakan khasiat minyak vitamin E untuk menghilangkan kantung mata yang kendur, tidak perlu khawatir karena minyak vitamin E sangat mudah digunakan sehingga tidak menyita waktu Anda.

Anda hanya perlu menyiapakan air dingin di dalam mangkuk, dan teteskan vitamin E secukupnya. Aduk hingga rata, celupkan kapas dalam campuran air tadi, dan letakkan di area mata kendur selama 20 menit. Jangan lupa untuk bilas dengan air!

9. Kompres dengan Irisan Kentang

irisan kentang

Ternyata, selain menjadi camilan pada saat nongkrong, kentang juga dapat memberi manfaat pada penampilan mata. Kentang diketahui memiliki kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang dapat mengatasi masalah kulit memerah dengan cara meringankan inflamasi atau peradangan.

Adapun cara menghilangkan kantung mata kendur dengan menggunakan kentang adalah dengan mengompreskannya pada mata.

Sediakan 1 buah kentang mentah, kupas kulitnya hingga bersih. Selanjutnya parut sampai halus dan bungkus dengan kain tipis. Kompreskan kentang pada kantung mata kendur Anda selama 30 menit. Setelah itu bilaslah dengan air bersih.

10. Menggunakan Putih Telur

putih telur

Putih telur selain dapat digunakan sebagai masker wajah, ternyata dapat juga menjadi solusi untuk mengatasi kantung mata kendur.

Putih telur dipercaya dapat menjaga dan mengencangkan kulit. Bahkan kandungan protein dan vitamin di dalamnya juga mampu menutrisi kulit kelopak mata menjadi lebih kencang.

Cara alami dengan menggunakan putih telur pun juga mudah dilakukan. Anda bisa langsung mempraktikkan ini dengan cara mengocok putih telur, lalu diaplikasikan di sekitar mata dengan durasi kurang lebih 20 menit.

Agar mudah dalam penggunaannya, Anda bisa menggunakan brush saat mengoleskan putih telur. Bilas dengan air dingin. Lakukan dengan rutin menggunakannya untuk hasil yang maksimal.

11. Berhenti Merokok

berhenti merokok

Telah diketahui bahwa merokok dapat meningkatkan risiko kesehatan bagi tubuh, termasuk kesehatan kulit di area mata Anda. Pasalnya, cadangan vitamin C dalam tubuh dapat berkurang akibat merokok, padahal vitamin C merupakan vitamin penting untuk kesehatan kulit. Akibatnya, masalah kulit berkerut hingga lingkaran hitam di sekitar mata mungkin akan muncul.

Berhenti merokok bisa menjadi cara menghilangkan kantung mata yang paling ampuh karena juga membantu mengurangi masalah kesehatan lainnya, seperti jantung dan diabetes.

12. Melakukan Olahraga Wajah

senam wajah

Olahraga tidak hanya menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Ternyata rutin berolahraga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata lho. Faktanya, senam wajah termasuk cara alami mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk pada area sekitar mata.

Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan guna menjaga kesehatan kulit di area mata meliputi: yoga, gerakan aerobik, dan senam wajah.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan perawatan wajah di klinik yang sudah terpercaya seperti Jakarta Aesthetic Clinic. Melalui treatment seperti anti-wrinkle injectionskin tightening program dan soft tissue filler, Anda dapat mendapatkan kulit wajah yang segar kembali termasuk mengatasi kantung mata yang kendur. Semoga bermanfaat.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-bags-under-eyes

https://www.brilio.net/kesehatan/10-cara-menghilangkan-kantung-mata-kendur-simpel-dan-ampuh-191108p.html

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/12-cara-menghilangkan-kantung-mata/

dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Ketahui Ciri-Ciri Penuaan Dini, Jangan Sampai Terlambat

Desember 5, 2022
Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Bagaimana Cara Menghilangkan Scar di Wajah?

Desember 5, 2022
Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Buat Penampilan Makin Segar, Inilah Cara Mengencangkan Pipi yang Kendur

Desember 5, 2022

Comments are closed.