Inilah Cara Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

Kantung mata yang kendur

Mengendurnya kantung mata sangatlah mengganggu penampilan Anda. Jika biasanya Anda terlihat fresh, dengan kantung mata yang kendur justru membuat tampilan nampak kuyu dan tidak segar. Penyebab kantung mata kendur bukan hanya karena kurang tidur saja, tetapi juga karena kurang vitamin dan mineral. Oleh karena itulah Anda perlu simak tips dan cara alami menghilangkan kantung mata yang kendur.

Bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang kendur secara alami?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kantung mata yang kendur secara alami, di antara lain:

1. Minum air mineral yang cukup

air putih didalam botol dituangkan ke dalam gelas

Selain karena kurang tidur, penyebab mata kendur juga bisa dikarenakan kurangnya konsumsi air mineral. Minum air mineral secukupnya menjadi cara alami menghilangkan kantung mata yang kendur. Idealnya, Anda perlu minum setidaknya delapan gelas air mineral per harinya. Ini dikarenakan hampir 80 persen tubuh manusia terdiri dari cairan.

Itulah mengapa ketika kekurangan cairan tubuh elastisitas kulit berkungan dan membuatnya mudah kendur. Selain itu, Anda pun perlu mengurangi minuman yang mengandung alkohol maupun kafein. Pasalnya, dua minuman ini berpotensi besar dalam menyerap cairan dan membuat tubuh cepat dehidrasi.

Baca juga: 13 Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

2. Mengompres dengan air atau es batu

Es batu

Menggunakan es batu adalah cara alami menghilangkan kantung mata yang kendur kedua yang bisa Anda coba. Cara ini dinilai paling mudah dan murah untuk dilakukan. Es batu di sisi lain juga memiliki fungsi sebagai pengontrol peradangan maupun tekanan berlebihan pada jaringan kulit (plantar fascia).

Untuk melakukannya sangat mudah, Anda perlu mengambil es batu secukupnya. Lalu balut dengan handuk atau plastik. Usapkan di area kantung mata yang kendur tersebut. Ingat, jangan menempelkan es batu secara langsung ke kulit wajah. Ini dapat merusak pembuluh kapiler yang berada di bawah kulit.

3. Menggunakan irisan mentimun

Irisan mentimun

Mentimun juga dianggap baik untuk menghilangkan kantung mata yang kendur. Perlu diketahui bahwa mentimun memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, adanya kandungan air dan beragam mineral seperti kalium, magnesium dan silikonnya terbukti ampuh untuk menjaga area sekitar mata nampak segar.

Cara alami dengan menggunakan mentimun pun juga mudah dilakukan. Iris mentimun dari dalam lemari es dengan ketebalan sekitar 0.5 cm. Lalu, tempelkan irisan tadi pada bagian kantung mata yang kendur sambil berbaring di posisi nyaman. Diamkan hingga 30 menit ketika tubuh Anda benar-benar rileks.

Baca juga: Inilah 5 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

4. Bisa juga dengan sendok dingin

sendok dingin

Menggunakan sendok dingin mungkin terdengar aneh, tapi ternyata ini adalah salah satu cara alami menghilangkan kantung mata yang kendur. Sebelumnya, pastikan sendok yang Anda gunakan adalah berbahan logam yang memiliki sifat dingin alami untuk membuat mata rileks.

Untukelakukannya Anda cukup meletakkan sendok logam ke dalam lemari es untuk beberapa saat. Atau bisa dimasukkan ke dalam air hingga 15 menit. Tekanlah area bawah sendok ke bagian bawah mata dengan perlahan. Lakukan pula pijatan ringan hingga 15 menit. Agar mendapatkan hasil optimal, Anda dapat melakukannya secara rutin menjelang tidur.

5. Menggunakan kantung teh

kantung teh didalam gelas beirisi air

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan kantung teh untuk mengencangkan kembali kantung mata yang kendur. Teh kantung memiliki kandungan tanin yang bisa menyempitkan pori-pori dan membuatnya kencang secara alami. Langkahnya, Anda perlu mempersiapkan kantung teh bekas yang masih bersih dan celupkan ke air dingin hingga 10 menit.

Kemudian tempelkanlah kedua kantung teh tadi ke area mata yang kendur. Diamkanlah dalam kurun waktu sekitar 20 menit dan cobalah untuk rileks. Setelah itu, Anda baru bisa bersihkan dengan cara membilasnya menggunakan air bersih.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan perawatan wajah di klinik yang sudah terpercaya seperti Jakarta Aesthetic Clinic. Melalui treatment seperti anti-wrinkle injection, skin tightening program dan soft tissue filler, Anda dapat mendapatkan kulit wajah yang segar kembali termasuk mengatasi kantung mata yang kendur. Semoga bermanfaat.

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.