Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

cara diet sehat dan cepat
 
Melakukan diet adalah cara tercepat untuk menguruskan badan dengan cepat. Cara diet sehat dan cepat sebetulnya ada triknya. Salah satu yang dapat dipilih adalah dengan cara diet sayur dan buah. Menguruskan badan dengan mengkonsumsi buah dan sayur tetap membuat kenyang dan nyaman dilakukan.
 

Bagaimana Cara diet sehat dan cepat dengan Sayur dan Buah?

Seperti ditunjukan dari namanya, cara diet sehat dan cepat ini mengharuskan seseorang hanya mengkonsumsi sayur dan buah pada periode diet. Sayur dan buah berperan dalam mengganti semua jenis makanan lain yang biasanya dikonsumsi. Diharapkan saat seseorang mengurangi makanan seperti nasi dan daging otomatis akan memotong besar kalori yang masuk ke tubuh.

Sayur dan buah diharapkan dikonsumsi layaknya makan besar setiap harinya. Misal menu sarapan bisa berupa jus jeruk, salad sayur, tiga apel dan tiga pisang. Untuk yang tidak suka bentuk buah dan sayur yang biasa, bisa saja memasak makanan dengan bahan dasar sayur dan buah. Misal sayur dalam bentuk masakan sop ataupun buah dalam bentuk es buah. Untuk cemilan juga diharapkan hanya terdiri dari kreasi buah dan sayur ataupun bentuk aslinya.

Konsumsi sayur dan buah ini diharapkan tidak dimakan dengan jenis makanan lain. Misalnya untuk masakan seperti sayur sop, sebisa mungkin tidak ditambahkan potongan daging. Walaupun begitu, dalam sup semisal ada tulang dan daging dari kaldu masih tidak masalah asalkan tidak dikonsumsi dagingnya. Hal ini berlaku untuk banyak masakan sayur lain yang merupakan kombinasi lauk dan sayur seperti capcai. Untuk sayur yang seperti ini makan sayurnya saja dan sisihkan bagian lauknya.

Sebagai orang yang mungkin makan diluar atau di kantin kantor, tentu tidak dapat menghindari hidangan sayur berlauk. Untuk pilihan yang lebih aman, bisa saja individu yang menjalani diet ini membawa bekal dari rumah. bekal bisa dibeli atau buat sendiri, yang penting isinya sejalan dengan kebutuhan diet sayur dan buah yang dijalani.

Mengkonsumsi sayur dan buah juga bisa dengan cara diminum. Makanan berbentuk liquid atau encer, akan lebih cepat dicerna dan diserap tubuh. Membuat jus adalah hal yang praktis dan mudah dilakukan. Jus juga terkenal dapat membuat perut cepat penuh dan menghalangi lapar. Mengkonsumsi sayur dan buah dalam bentuk ini tidak memakan waktu lama dan praktis pula cara konsumsinya.

Jus juga bisa dibawa dengan botol minuman dan dinikmati secara perlahan sepanjang hari. Misal saat sambil kerja bisa meneguk jus dari botol minuman yang dibawa. Konsumsi selingan seperti ini pasti akan menutupi rasa lapar karena tidak makan nasi.
 

Hal – Hal yang Penting Diperhatikan

Walau cara diet sehat dan cepat ini cukup efektif dan mudah dilakukan, diet ini belum tentu cocok untuk semua orang. Orang yang mengidap diabetes, teknik diet ini tidak boleh dilakukan. Bagi para pengidap diabetes, banyak mengkonsumsi buah dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Orang yang memiliki darah rendah dan juga maag juga tidak disarankan melakukan diet ini. Alasanya karena kecilnya kalori yang dikonsumsi perharinya dapat menyebabkan kurang energi dan bahkan pingsan.

Hanya memakan sayur dan buah tentu akan ada efek sampingnya. Mengkonsumsi sayur dan buah saja berarti hanya karbohidrat, vitamin, mineral, serat dan air yang masuk ketubuh. Hal seperti lemak dan protein pasti akan kurang. Untungnya untuk lemak sehat masih bisa dikonsumsi lewat buah alpukat. Alpukat mengandung asam lemak Omega-9 yang baik untuk badan.

Dalam jangka panjang diet sayur dan buah tidak boleh dilakukan terus menerus. Jika memungkinkan hanya lakukan ini jika berat badan sangat membutuhkan pengurangan dalam waktu cepat. Banyak ahli kesehatan yang mengatakan diet ini ideal hanya dilakukan 1 bulan saja. Jika berat badan belum ideal setelah 1 bulan, berhenti lakukan diet ini selama seminggu baru lanjutkan kembali diet sayur dan buahnya. Jika sudah mendekati berat idela, diharapkan konsumsi makanan dapat langsung kembali normal dengan variasi yang lengkap dan sehat.

 

Comments are closed.

WhatsApp Make Appointment Now