Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Buah dan Sayur

cara diet sehat dan cepat

Melakukan diet adalah cara tercepat untuk menguruskan badan dengan cepat. Cara diet sehat dan cepat sebetulnya ada triknya. Salah satu yang dapat dipilih adalah dengan cara diet sayur dan buah. Menguruskan badan dengan mengkonsumsi buah dan sayur tetap membuat kenyang dan nyaman dilakukan.

Bagaimana Cara Diet Sehat dan Cepat dengan Sayur dan Buah?

Seperti ditunjukan dari namanya, cara diet sehat dan cepat ini mengharuskan seseorang hanya mengkonsumsi sayur dan buah pada periode diet. Sayur dan buah berperan dalam mengganti semua jenis makanan lain yang biasanya dikonsumsi. Diharapkan saat seseorang mengurangi makanan seperti nasi dan daging otomatis akan memotong besar kalori yang masuk ke tubuh.

 

Jenis-Jenis Buah dan Sayur Yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Rata-rata jenis buah dan sayuran memang sehat dan baik untuk menurunkan berat badan. Tetapi, ada beberapa pilihan buah dan sayuran paling bernutrisi dan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan dan mencapai berat badan ideal dengan lebih cepat.

 

Buah untuk menurunkan berat badan

  • Apel – Kaya akan nutrisi dan serat, membuat kenyang lebih lama, dan melancarkan pencernaan.
  • Jeruk – Kaya akan nutrisi dan air, membuat tubuh kenyang lebih lama, dan membantu tubuh membakar kalori dengan lebih efektif.
  • Buah beri – Kaya akan nutrisi, mengenyangkan, dan memiliki kandungan kalori yang sangat kecil.
  • Kiwi – Sangat kaya akan nutrisi dan serat, mampu mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, dan memperlancar sistem pencernaan.
  • Melon – Memiliki kandungan air dan nutrisi yang sangat tinggi, mengenyangkan, dan membantu tubuh membakar kalori dengan lebih efektif.
  • Pisang – Sangat kaya akan nutrisi, membuat tubuh kenyang lebih lama, mengontrol nafsu makan, serta membantu mengontrol gula darah dan kolesterol.
  • Alpukat – Sumber lemak baik, mengenyangkan, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Sayuran untuk menurunkan berat badan

  • Bayam – Kaya akan nutrisi dan antioksidan, dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit kanker.
  • Wortel – Kaya akan nutrisi dan antioksidan, mengenyangkan tubuh lebih lama, dan mengurangi risiko penyakit kanker.
  • Brokoli – Kaya akan vitamin dan mineral dan mengurangi risiko penyakit kronis.
  • Bawang putih – Dapat membantu meregulasi tekanan darah dan kadar gula darah serta baik untuk mencegah penyakit kronis dan kanker.
  • Kacang-kacangan – Kaya akan nutrisi, memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi, mengenyangkan, dan mampu mengurangi lemak di perut.
  • Ubi – Kaya akan nutrisi dan serat, mengenyangkan, mengontrol nafsu makan, membantu meregulasi kolesterol dan kadar gula darah, serta mampu menurunkan risiko penyakit kanker.

Cara Diet Sayur dan Buah yang Ideal

Untuk dapat menurunkan berat badan dengan efektif, buah dan sayuran diharapkan dikonsumsi layaknya makan besar setiap harinya. Misal menu sarapan bisa berupa jus jeruk, salad sayur, tiga apel dan tiga pisang. Berikut ini adalah tips yang dapat Anda terapkan dalam menjalani diet ini:

1. Konsumsi makanan yang mengandung sayur dan buah

Untuk yang tidak suka bentuk buah dan sayur yang biasa, bisa saja memasak makanan dengan bahan dasar sayur dan buah. Misal sayur dalam bentuk masakan sop ataupun buah dalam bentuk es buah. Untuk cemilan juga diharapkan hanya terdiri dari kreasi buah dan sayur ataupun bentuk aslinya.

Konsumsi sayur dan buah ini diharapkan tidak dimakan dengan jenis makanan lain. Misalnya untuk masakan seperti sayur sop, sebisa mungkin tidak ditambahkan potongan daging. Walaupun begitu, dalam sup semisal ada tulang dan daging tanpa lemak dari kaldu masih tidak masalah asalkan tidak dikonsumsi dagingnya. Hal ini berlaku untuk banyak masakan sayur lain yang merupakan kombinasi lauk dan sayur seperti capcai. Untuk sayur yang seperti ini makan sayurnya saja dan sisihkan bagian lauknya.

2. Hindari membeli makanan di luar

Sebagai orang yang mungkin makan diluar atau di kantin kantor, tentu tidak dapat menghindari hidangan sayur berlauk. Untuk pilihan yang lebih aman, bisa saja individu yang menjalani diet ini membawa bekal dari rumah. Bekal bisa dibuat sendiri ataupun dibeli dari katering makanan sehat, yang penting isinya sejalan dengan kebutuhan diet sayur dan buah yang dijalani.

Baca juga: 3 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

3. Buah dan sayuran bisa juga diminum

Mengkonsumsi sayur dan buah juga bisa dengan cara diminum. Makanan berbentuk liquid atau encer, akan lebih cepat dicerna dan diserap tubuh. Membuat jus adalah hal yang praktis dan mudah dilakukan. Jus juga terkenal dapat membuat perut cepat penuh dan menghalangi lapar. Mengkonsumsi sayur dan buah dalam bentuk ini tidak memakan waktu lama dan praktis pula cara konsumsinya.

Jus juga bisa dibawa dengan botol minuman dan dinikmati secara perlahan sepanjang hari. Misal saat sambil kerja bisa meneguk jus dari botol minuman yang dibawa. Konsumsi selingan seperti ini pasti akan menutupi rasa lapar karena tidak makan nasi. Yang terpenting, pastikan jus yang Anda konsumsi tidak mengandung gula dalam kadar tinggi karena justru dapat menambah berat badan.

 

Hal – Hal yang Penting Diperhatikan

Walau cara diet sehat dan cepat ini cukup efektif dan mudah dilakukan, diet ini belum tentu cocok untuk semua orang. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memuai diet ini:

1. Kurang Baik Untuk Penderita Penyakit Tertentu

Orang yang mengidap diabetes, teknik diet ini tidak boleh dilakukan. Bagi para pengidap diabetes, banyak mengkonsumsi buah dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Orang yang memiliki darah rendah dan juga maag juga tidak disarankan melakukan diet ini. Alasanya karena kecilnya kalori yang dikonsumsi perharinya dapat menyebabkan kurang energi dan bahkan pingsan.

Hanya memakan sayur dan buah tentu akan ada efek sampingnya. Mengkonsumsi sayur dan buah saja berarti hanya karbohidrat, vitamin, mineral, serat dan air yang masuk ketubuh. Hal seperti lemak dan protein pasti akan kurang. Untungnya untuk lemak sehat masih bisa dikonsumsi lewat buah alpukat. Alpukat mengandung asam lemak Omega-9 yang baik untuk badan.

2. Tidak Disarankan Uuntuk Jangka Panjang

Dalam jangka panjang diet sayur dan buah tidak boleh dilakukan terus menerus. Jika memungkinkan hanya lakukan ini jika berat badan sangat membutuhkan pengurangan dalam waktu cepat. Banyak ahli kesehatan yang mengatakan diet ini ideal hanya dilakukan 1 bulan saja.

Jika berat badan belum ideal setelah 1 bulan, berhenti lakukan diet ini selama seminggu baru lanjutkan kembali diet sayur dan buahnya. Jika sudah mendekati berat idela, diharapkan konsumsi makanan dapat langsung kembali normal dengan variasi yang lengkap dan sehat.

3. Harus Dibarengi dengan Aktivitas Fisik

Sekalipun Anda tidak menyukai berolahraga, diet ini tetap harus dibarengi dengan aktivitas ringan. Aktivitas fisik adalah bagian penting dalam menjalani gaya hidup sehat. Tanpa aktivitas, tubuh Anda tentu akan menjadi kurang sehat dan fit. Tidak hanya demikian, aktivitas fisik juga dapat membantu menurunkan berat badan Anda dengan lebih cepat.

Aktivitas fisik yang dimaksud tidak harus merepotkan. Hanya sekedar berjalan dan melakukan peregangan pun sudah cukup. Yang penting, aktivitas tersebut dilakukan secara rutin. Untuk penurunan berat badan yang cepat dan sehat, disarankan melakukan aktivitas tersebut setidaknya 30 menit setiap harinya.

Sumber:

  • https://www.healthline.com/nutrition/best-weight-loss-fruits
  • https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/top-fruits-to-support-weight-loss-and-how-to-enjoy-them/
  • https://www.healthline.com/nutrition/14-healthiest-vegetables-on-earth#TOC_TITLE_HDR_3

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Tampil Memesona dengan 7 Warna Rambut yang Bagus untuk Wanita Asia

Agustus 28, 2021
5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

5 Menu Diet Rendah Kalori Terbaik untuk Anda

Agustus 28, 2021
10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

10 Penyebab Kantung Mata Hitam yang Perlu untuk Anda Ketahui!

Agustus 28, 2021

Comments are closed.