9 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Ada berbagai cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Tidak dapat dimungkiri bahwa belum banyak orang tahu apa itu eksfoliasi. Padahal perawatan ini penting untuk menjaga kondisi kulit wajah tetap bersih dan bersinar.

Apa itu Eksfoliasi Wajah?

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan luar kulit. Dengan eksfoliasi, kulit dapat terlihat lebih cerah dan meningkatkan efektivitas penyeraoan produk perawatan kulit topikal.

Eksfoliasi yang dilakukan secara konsisten juga dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat, yang pada akhirnya dapat mencegah timbulnya jerawat.

Menariknya, eksfoliasi jangka panjang dapat meningkatkan produksi kolagen. Sebagaimana diketahui bahwa kolagen adalah kunci kulit cerah dan bercahaya. Bahkan dapat meningkatkan elastisitas kulit, hingga meminimalkan munculnya garis-garis halus pada kulit.

Selain bisa menghilangkan sel kulit mati dan membentuk kulit baru, kelebihan dari jenis perawatan ini adalah mampu diterapkan di hampir semua bagian tubuh, dari wajah, bibir, hingga kaki.

Setelah memahami apa itu eksfoliasi wajah, sekarang pahami bagaimana cara melakukan eksfoliasi wajah. Setidaknya eksfoliasi wajah yang dapat dilakukan dengan dua metode. Pertama, memanfaat bahan kimia, dan kedua, menggunakan bahan alami. Namun, kali ini kita akan fokus pada metode eksfoliasi wajah menggunakan bahan alami.

Jadi, bagaimana cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami? Anda bisa mengetahui informasi selengkapnya bersama artikel Jakarta Aesthetic Clinic berikut ini.

Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Sebelum melakukan perawatan eksfoliasi, ketahui tipe kulit wajah Anda terlebih dulu. Ada empat kategorinya:

  • Sensitif: bisa menggunakan oatmeal atau kunyit.
  • Berminyak: bisa menggunakan madu, yogurt, atau pepaya.
  • Kering: bisa menggunakan gula, kopi, atau oatmeal.
  • Kombinasi: bisa menggunakan jus lemon atau pepaya.

Perawatan dengan cara eksfoliasi sebenarnya tidak memerlukan biaya mahal. Bahkan ada berbagai produk alami yang bisa Anda gunakan, seperti:

  • Soda kue
  • Gula halus
  • Ampas kopi
  • Almond yang digiling halus
  • Oatmeal
  • Garam laut halus
  • Kayu manis
  • Madu
  • Teh hijau atau teh chamomile
  • Minyak esensial

Bagaimana cara menggunakan produk alami di atas?

1. Madu

Khasiat madu memang tidak perlu diragukan lagi. Selain memberikan hidrasi yang cukup, madu juga memberikan anti-inflamasi. Untuk eksfoliasi, berikut cara penggunaan madu:

  1. Ambil satu tetes madu dengan tangan Anda.
  2. Oleskan ke bagian wajah.
  3. Bilas dengan air hangat
  4. Dapat menggunakan scrub juga

Baca juga: Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Anda!

2. Yogurt

Salah satu bahan alami yang dapa Anda gunakan untuk eksfoliasi adalah yogurt. Anda tidak hanya bisa menggunakan yogurt sebagai bahan makanan. Yogurt sendiri mengandung asam laktat dan asam alfa-hidroksi yang membantu merangsang pertumbuhan baru dan mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu kulit Anda menjadi lebih halus. Untuk eksfoliasi, berikut cara penggunaan yogurt:

  1. Oleskan satu sdm yogurt ke wajah Anda.
  2. Diamkan selama 20 menit.
  3. Bilas dengan air.

3. Gula Pasir

Asam glikolat yang ada di dalam tebu merupakan exfoliant alami untuk memisahkan sel-sel mati dari sel baru. Dengan menggunakan gula, maka Anda dapat menghilangkan kulit mati dengan efektif. Masker gula ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Untuk eksfoliasi, berikut cara penggunaan gula:

  1. Buat pasta dengan gula mentah dan minyak zaitun.
  2. Oleskan ke wajah dengan gerakan memutar. 
  3. Diamkan selama 10 menit.
  4. Bilas dengan air.

4. Jus Lemon

Jus lemon menjadi sumber asam sitrat dan asam alfa-hidroksi. Selain membantu mengangkat sel-sel kulit mati, jus lemon juga membantu mencerahkan kulit Anda. Siapa yang ingin mendapatkan kulit cerah dan bersih. Untuk eksfoliasi, berikut cara penggunaan jus lemon:

  1. Campur seperempat cangkir jus lemon dan gula tebu.
  2. Oleskan campuran itu ke wajah menggunakan kapas.
  3. Diamkan selama dua hingga lima menit.
  4. Bilas dengan air.

Bagi yang memiliki kulit sensitif, sebenarnya bisa mengalami rasa terbakar atau iritasi kalau menggunakan jus lemon. Jadi, pastikan terlebih dulu jenis kulit Anda masuk ke kategori apa.

Baca juga: Ini Dia Bentuk Perawatan Kulit Sensitif yang Mudah dan Tepat

5. Pepaya

Siapa yang suka pepaya? Pepaya sering dikonsumsi karena bisa memberikan asupan serat. Namun papaya juga menjadi salah satu produk alami untuk eksfoliasi wajah karena mampu melarutkan keratin dalam sel kulit untuk menghaluskan wajah. Selain itu juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan elastisitas. Untuk eksfoliasi, berikut cara penggunaan pepaya:

  1. Hancurkan pepaya segar hingga menjadi pasta halus
  2. Oleskan ke wajah.
  3. Diamkan selama 15 menit.
  4. Bilas dengan air.

Pepaya sangat ideal untuk kulit kombinasi dan berminyak. Jadi Anda bisa lebih mudah untuk memilih produk alami mana yang tepat demi eksfoliasi wajah.

6. Kopi

Kopi bisa membantu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran ketika dipijat ke kulit wajah. Bahkan dapat melawan tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam dan kerutan. Untuk eksfoliasi, berikut cara penggunaan kopi:

  1. Campurkan seperempat sendok teh bubuk kopi dengan yogurt atau minyak kelapa.
  2. Oleskan ke wajah.
  3. Diamkan selama lima menit.
  4. Bilas dengan air.

7. Oatmeal

Oatmeal yang sering dikonsumsi sebagai asupan sehat untuk sarapan mampu memberikan sifat anti-inflamasi yang tepat. Bahkan membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Untuk eksfoliasi, berikut cara penggunaan oatmeal:

  1. Campurkan satu sendok makan oatmeal yang sudah ditumbuk halus dengan satu sendok makan minyak kelapa, madu, atau zaitun.
  2. Oleskan ke wajah.
  3. Diamkan selama lima menit.
  4. Bilas wajah dengan air mengalir.

Baca juga: Tips Menghilangkan Komedo di Dagu yang Dijamin Aman dan Nyaman

8. Kunyit

Bahan alami berikutnya adalah kunyit, rempah yang telah dipercaya mengobati masalah kulit di Asia Selatan. Kunyit ini bisa mengurangi infeksi dan peradangan, sehingga aman untuk digunakan sebagai bahan eksofilian.

Penggunaan kunyit pada wajah ini cukup lama daripada bahan lainnya, yaitu 10 menit. Berikut ini caranya:

  1. Campurkan kunyit dengan yogurt, minyak kelapa atau air sehingga membentuk pasta
  2. Oleskan pada wajah
  3. Diamkan selama 10 menit
  4. Bilas dengan air mengalir

9. Jeruk Nipis

Bahan alami yang terakhir adalah jeruk nipis. Kandungan asam aplha-hydroxy dalam jeruk nipis berfungsi sebagai eksfolian dan bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Pemakaian yang tepat dan rutin bisa mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati, akibatnya kulit menjadi terlihat lebih cerah dan sehat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu:

  1. Masukkan perasan air jeruk nipis ke dalam wadah.
  2. Ambil kapas dan rendam ke dalam wadah tersebut
  3. Lalu, oleskan pada wajah Anda selama 5 menit
  4. Bilas wajah.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, jangan terlalu lama membiarkan air jeruk nipis di wajah karena dapat mengiritasi kulit Anda.

Lakukan Perawatan Wajah Bersama JAC

Jadi itulah 9 cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami yang banyak dijual di pasaran. Tertarik untuk mencoba cara perawatan di atas?

Anda tidak perlu khawatir untuk mencari perawatan kulit yang tepat dan profesional. Jakarta Aesthetic Clinic selalu memberikan solusi perawatan kulit wajah terbaik untuk Anda dengan berbagai perawatan, termasuk perawatan wajah yang lengkap. Hubungi kami segera untuk merasakan perawatan wajah dari dokter estetika dan para ahli di Klinik Estetika Jakarta – Jakarta Aesthetic Clinic.

Sumber:

  • https://www.healthline.com/health/natural-exfoliant#exfoliants-for-face
  • https://www.treehugger.com/ways-to-exfoliate-naturally-4864316
dr. Olivia Ong Cover

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Macam-Macam Bentuk Hidung di Dunia, termasuk Bentuk Hidung Orang Indonesia

Mei 31, 2022
Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Ketahui Manfaat Baby Skin Treatment

Mei 30, 2022
12 Cara Menghilangkan Keriput di Bawah Mata Dengan Bahan Alami

12 Cara Menghilangkan Keriput di Bawah Mata Dengan Bahan Alami

Mei 30, 2022

Comments are closed.