8 Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami dan Murah

Cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami yang bisa ditemukan di dapur juga mampu memberikan hasil yang maksimal. Apalagi eksfoliator yang dijual di pasaran cenderung mengandung bahan kimia dan belum tentu baik untuk kulit. Meracik bahannya juga tidak sulit, hanya butuh beberapa langkah dan homemade skincare ini bisa digunakan.

Beberapa bahan alami memang bisa digunakan untuk eksfoliasi, hanya saja harus disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Salah-salah, kulit bisa iritasi dan pastinya membuat tidak nyaman. Ada delapan bahan alami yang bisa digunakan untuk eksfoliasi wajah, tapi belum tentu sesuai dengan kondisi kulit Anda. 

Selain itu, jenis kulit yang berbeda juga membutuhkan waktu eksfoliasi yang bervariasi pula. Terlalu sering eksfoliasi wajah juga tidak baik, malah bisa membuat kulit semakin iritasi. Agar tidak salah pilih, bacalah artikel ini selengkapnya.

Jenis Kulit dan Bahan Eksfoliasi yang Sesuai

Secara umum, ada empat jenis kulit yang dimiliki oleh setiap orang, yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Bahan eksfoliasi yang tepat untuk kulit kering belum tentu sesuai dengan kulit berminyak karena kandungan yang ada di dalamnya. Biasanya, jenis kulit ini digolongkan berdasarkan produksi minyak atau sebum pada wajah.

Bahan eksfoliasi alami yang sesuai untuk kulit adalah:

  • Kulit Berminyak: madu, yogurt, pepaya
  • Kulit Sensitif: oatmeal, kunyit
  • Kulit Kering: gula, kopi, oatmeal
  • Kulit Kombinasi: air perasan lemon, pepaya

Waktu eksfoliasi wajah juga harus diperhatikan sesuai dengan jenis kulitnya. Misalnya, orang yang jenis kulitnya berminyak mungkin harus eksfoliasi lebih sering daripada yang kulitnya kering. Perlu diperhatikan pula proses eksfoliasinya, semakin kuat prosesnya, jadwal eksfoliasi harus lebih sedikit.

Waktu eksfoliasi yang disarankan adalah satu hingga tiga kali seminggu, tidak boleh lebih, sehingga potensi iritasi pun semakin berkurang. Apabila mulai terjadi iritasi, sebaiknya hentikan mengeksfoliasi wajah untuk sementara waktu. Bisa juga dengan berkonsultasi kepada dokter kulit untuk mendapatkan tips eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit mereka.

Wajah yang ditumbuhi jerawat juga bisa disembuhkan dengan eksfoliasi. Jangan menggunakan produk skincare yang mengandung retinol atau benzoil peroksida yang bisa membuat kulit semakin sensitif. Akibatnya, jerawat yang tumbuh semakin parah, hingga muncul breakout.

Baca juga: Pilihan Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Cara Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami di Dapur

Setelah menentukan jenis kulit dan bahan eksfoliasi yang sesuai, waktunya meracik bahan-bahan alaminya. Baca cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami ini untuk mendapatkan produk skincare yang cocok di wajah.

1. Madu

Bahan yang populer sebagai immune booster belakangan ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kita. Selain menghidrasi, madu juga bersifat anti-inflammatory sehingga cocok digunakan untuk mengeksfoliasi kulit wajah yang berminyak. Sejak mulanya, madu bahkan digunakan sebagai obat untuk penyakit kulit seperti dermatitis atau psoriasis.

Cara mengaplikasikannya pun mudah, cukup tuang sedikit madu ke tangan, yang penting cukup untuk mengeksfoliasi seluruh wajah. Aplikasikan pada wajah sambil dipijat, kemudian cuci dengan air hangat.

2. Yogurt

Kandungan lactic acid pada yogurt sangat berguna untuk menghilangkan sel kulit mati saat eksfoliasi. Hasilnya, wajah akan lebih halus dan warna kulit pun merata. Kandungan probiotiknya juga berguna untuk mengurangi peradangan serta meredakan infeksi.

Oleskan 1 sendok teh yogurt ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan wajah dengan air, dan muncullah wajah yang lebih mulus.

Baca juga: 3 Cara Efektif Menghilangkan Bruntusan di Dahi

3. Gula

Bahan pemanis ini memiliki kandungan glycolic acid yang bisa menjadi bahan eksfoliasi alami. Kandungan itu bisa menghilangkan sel kulit mati pada permukaan wajah. Aplikasikan dengan lembut, maka sel kulit mati pun menghilang dengan sendirinya.

Untuk eksfoliasinya, buatlah campuran pasta yang terdiri dari gula dan olive oil, dan aplikasikan pada wajah secara merata sambil dipijat. Biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan air.

4. Lemon

Bahan citric acid pada lemon sangat berguna sebagai bahan eksfolian alami. Tidak hanya wajah yang bebas dari sel kulit mati, lemon bisa memberikan wajah yang cerah dan kenyal. Perlu diingat, kulit yang sensitif tidak cocok dengan bahan ini karena bisa menyebabkan iritasi lantaran kandungan asam yang tinggi.

Campurkan 114 cangkir air perasan lemon dan gula tebu, kemudian aplikasikan pada wajah dengan kapas. Diamkan selama 2-5 menit, kemudian bersihkan dengan air.

5. Pepaya

Buah ini juga cocok dijadikan eksfolian yang efektif berkat kandungan enzim papain di dalamnya. Enzim papain ini bisa menghancurkan keratin dalam sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih halus. Selain itu, pepaya juga bisa memperlancar sirkulasi darah, sehingga wajah terlihat lebih kencang.

Hancurkan pepaya sehingga membentuk pasta yang halus, dan aplikasikan di wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan. Disarankan untuk menggunakan pepaya muda karena kandungannya yang kuat.

6. Kopi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi sangat ampuh untuk menghilangkan sel kulit mati. Kandungan kafeinnya tidak hanya membuat kita semangat saat bekerja, tapi juga bisa melawan tanda-tanda penuaan, seperti dark spot dan keriput.

Campurkan 14 sendok teh bubuk kopi dengan yogurt dan minyak kelapa, dan aplikasikan ke wajah selama 5 menit. Setelahnya, bersihkan dengan air.

Baca juga: Ini 4 Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami

7. Oatmeal

Fakta uniknya, oatmeal adalah bahan yang umum ditemukan dalam produk skincare karena memberikan efek yang menenangkan pada wajah. Selain itu, oatmeal sangat lembut sehingga tidak akan menyebabkan peradangan. Bahan ini juga berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Untuk mengeksfoliasi wajah dengan oatmeal, campurkan oatmeal dan minyak zaitun, minyak kelapa atau madu dengan perbandingan 1:1. Oleskan pada wajah selama lima menit dan bersihkan. Pastikan juga oatmeal yang digunakan bebas dari bahan kimia seperti pestisida.

8. Kunyit

Terakhir adalah kunyit, rempah yang sudah dipercaya untuk mengobati masalah kulit di Asia Selatan. Ketika digunakan sebagai eksfolian, kunyit ini bisa mengurangi infeksi dan peradangan, sehingga aman untuk digunakan.

Penggunaan kunyit pada wajah ini cukup lama daripada bahan lainnya, yaitu 10 menit. Campurkan kunyit dengan yogurt, minyak kelapa atau air sehingga membentuk pasta, kemudian oleskan pada wajah. Setelah 10 menit, bersihkan dengan air.

Delapan cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami di atas sangat mudah dilakukan hanya di rumah. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kandungan yang berguna untuk wajah, tidak hanya di dapur. Kalau Anda tidak punya waktu untuk eksfoliasi wajah, gunakan saja prosedur Peeling & Skincare dari Jakarta Aesthetic Clinic sehingga wajah terlihat lebih flawless.

Sumber:

https://www.treehugger.com/ways-to-exfoliate-naturally-4864316

https://www.medicalnewstoday.com/articles/exfoliate-face-naturally#natural-exfoliants

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Cara Mengencangkan Perut yang Efektif

Oktober 21, 2021
Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Rekomendasi Terbaik untuk Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Oktober 21, 2021
5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

5 Cara Menghilangkan Dark Circle di Bawah Mata

Oktober 21, 2021

Comments are closed.