Cara Memanjangkan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, termasuk untuk rambut. Kandungan yang terdapat di dalamnya membuat minyak ini sudah digunakan secara turun temurun dalam untuk perawatan kecantikan. Artikel JAC kali ini akan membahas tentang cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun.

Tidak ada salahnya beralih ke bahan alami untuk perawatan, seperti menggunakan minyak zaitun. Penggunaan bahan alami juga bisa mengurangi resiko yang ditimbulkan, seperti rambut rontok, rusak atau bercabang. Proses penggunaannya juga tidak sulit, cukup campurkan dengan bahan lainnya dan minyak zaitun siap digunakan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak dan antioksidan yang bisa memperkuat folikel dan akar rambut. Sari buah zaitun ini dimanfaatkan untuk mengolah minyak zaitun atau olive oil yang berguna untuk kesehatan rambut. Selain bagian akar, minyak zaitun juga bisa membantu pertumbuhan rambut dan memanjangkannya.

Minyak zaitun juga bisa bekerja sebagai pelembab yang mampu mengatasi kekeringan. Jika digunakan, rambut tidak lagi kering dan tetap lembab. Kandungan nutrisi yang ada dalam minyak zaitun juga membuat rambut menjadi lebih sehat.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat

Selain rambut, minyak zaitun juga bisa menenangkan dan membersihkan kulit kepala dengan kandungan anti-inflamasinya. Ada kandungan antibakteri dan antijamur di dalamnya, sehingga kulit kepala tetap bersih. Manfaat ini juga bisa dirasakan untuk rambut yang kotor dan berketombe. Pori-pori di kulit kepala juga bisa tidak tersumbat berkat olive oil, sehingga bisa mengurangi kerontokan rambut.

Kerontokan rambut akibat radikal bebas dan hormon dihydrotestosterone (DHT) juga bisa diatasi dengan minyak tumbuhan khas Mediterania ini. Rambut juga tidak lagi rapuh dan bercabang, karena minyak zaitun bekerja dengan cara menghalangi pertumbuhan hormon tersebut. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga berguna untuk menghalangi munculnya radikal bebas dengan kandungan vitamin E di dalamnya.

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari minyak zaitun sebagai perawatan rambut. Yang lebih penting, pertumbuhan rambut tetap terjaga karena tanaman ini bisa merawat bagian kulit kepala dan akar rambut. Resiko kerontokan pun minim terjadi apabila menggunakan minyak zaitun sebagai alternatif perawatan.

Cara Memanjangkan Rambut dengan Minyak Zaitun

Setelah mengetahui khasiat minyak zaitun untuk rambut di atas, sekarang saatnya menggunakan bahan alami ini untuk perawatan rambut. Tidak sulit mengolah minyak zaitun, Anda bisa menggunakan hanya bahan tersebut atau dicampurkan dengan bahan lainnya.

Cobalah ikuti cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun di bawah ini.

1. Gunakan Takaran yang Tepat

Takaran minyak zaitun yang tepat hendaknya disesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambut. Selain itu, sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kondisi rambut, apakah rambut sedang kering atau tidak. Rambut yang kering biasanya membutuhkan takaran minyak zaitun yang lebih banyak agar bisa melembabkan kulit kepala.

Seperempat (¼) gelas minyak zaitun bisa dioleskan untuk rambut panjang sekaligus memijat kulit kepala. Apabila diperlukan, campurkan juga dengan bahan lain seperti minyak almond dan telur. Intinya, gunakan bahan alami yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Baca juga: Inilah Cara Menyuburkan Rambut yang Efektif

2. Usapkan Pada Rambut

Setelahnya, usapkan pada rambut dalam keadaan kering. Jika bagian kulit kepala Anda juga kering, aplikasikan juga minyak zaitun di atasnya. Jangan hanya mengusapkan, lakukan pijatan ringan di kulit kepala agar kandungan minyak zaitun meresap hingga ke akar rambut.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa menutupi kepala dengan shower cap selama 15 menit. Menutup kepala dengan shower cap bisa membantu kulit kepala meresap minyak zaitun dan bekerja lebih maksimal.

3. Bilas Hingga Bersih

Sebelum dibilas, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang sehingga minyak zaitun bisa menyebar ke seluruh bagian rambut. Selain itu, menyisir rambut sebelum keramas juga bisa mempermudah styling rambut nantinya.

Kemudian, bilas rambut dan aplikasikan shampo untuk membersihkan minyak dari rambutnya. Perlu diketahui, shampo yang digunakan juga harus yang memiliki manfaat untuk merawat kesuburan rambut. Hindari shampo dengan bahan kimia yang bisa membahayakan rambut. 

Jika diperlukan, gunakan conditioner sehingga kelembapan rambut tetap terjaga. Menggunakan conditioner selepas memakai minyak zaitun juga tidak berbahaya. Hanya saja, jangan terlalu sering digunakan bila ingin hasil yang terbaik dari perawatan minyak zaitun ini.

Ada beberapa kondisi rambut yang memang memerlukan perawatan dengan minyak zaitun. Rambut yang sering diwarnai dan di-styling dengan catokan adalah salah satunya. Untuk penggunaan terbaik, tunggulah selama 72 jam setelah melakukan styling atau mewarnai rambut.

Baca juga: 5 Cara Membuat Rambut Cepat Panjang

Rambut yang bercabang juga harus dilakukan perawatan dengan olive oil. Kandungan minyak zaitun bisa membuat ujung rambut kembali halus dan lembut. Aplikasikan minyak zaitun sepanjang 5 cm dari ujung rambut.

Itulah cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda juga bisa melakukan prosedur perawatan rambut di Jakarta Aesthetic Clinic. Dokter bersertifikasi kami akan memberikan perawatan rambut yang optimal dan memuaskan, sehingga rambut Anda tetap terawat setiap hari.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/olive-oil-for-hair-growth

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a33391868/olive-oil-for-hair/

dr. Olivia Ong

Sebagai expert dalam bidang Botulinum ToxinTM dan Soft Tissue FillerTM, dr. Olivia Ong yang lahir dan tumbuh di Jakarta ini memiliki berbagai sertifikasi internasional seperti Advance Filler Injection Workshop with Prominent Plastic Surgeons di Swedia, International Anatomy Masterclass di Paris dan Aesthetic and Anti-Aging Medicine World Congress di Monte-Carlo, Monaco.

Terkait

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

Cara Mengatasi Kerutan di Wajah dengan Anti-Wrinkle Injection

November 23, 2021
7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

7 Cara Merawat Wajah Pria agar Putih dan Bersih

November 23, 2021
6 Cara Menghilangkan Fungal Acne Di Wajah

6 Cara Menghilangkan Fungal Acne Di Wajah

November 23, 2021

Comments are closed.