cara membersihkan wajahAnda harus mengetahui bagaimana cara membersihkan wajah dengan benar. Hal ini dikarenakan hampir semua orang baik wanita atau pria tidak membersihkan wajah dengan benar. Meskipun mereka sudah membersihkan wajah dengan teratur sekalipun.

Banyaknya pekerjaan yang dilakukan sejak pagi hari bisa membuat tubuh lelah dan ingin segera tidur daripada harus membersihkan wajah dengan benar. Mengabaikan untuk membersihkan wajah sekali saja bisa membuat pori–pori tersumbat dan bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Bukan hanya itu saja, membersihkan wajahmu dengan cara yang benar juga dapat berpengaruh pada kondisi kulit wajah.

 

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah secara Alami agar Wajah Cantik Maksimal

 

Mengetahui Jenis Kulit

Jenis Kulit

Untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan kulit wajah dengan benar, maka anda juga harus mengetahui jenis kulit apa yang anda miliki. Tentu saja hal ini penting untuk mengetahui jenis pembersih apa yang harus anda gunakan dan sesuai untuk kulit wajah anda.

Jika anda mempunyai kulit wajah yang berminyak maka pori – pori kulit anda lebih besar, mengkilap, dan berminyak. Jenis kulit ini sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang bebas minyak dan juga toner untuk menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah. Selain itu anda bisa menggunakan jenis sabun dengan bahan gel untuk membantu membersihkan minyak wajah dengan baik.

Untuk jenis kulit kering, maka akan cenderung lebih bersisik dan juga kasar. Sebaiknya anda menghindari pembersih yang mengandung alkohol dan gunakan pembersih wajah yang lembut supaya kulit anda tidak semakin kering

Berbeda dengan jika jenis kulit anda sensitif, maka wajah anda akan terasa perih jika anda menggunakan produk kosmetik atau perawatan kulit tertentu. Namun, jika kulit wajah anda normal maka kulit anda akan cenderung bersih dan juga tidak sensitif saat menggunakan produk yang tepat.

 

Baca Juga: Tips Wajah Tampak Cerah Sepanjang Hari

 

Cara Membersihkan Wajah

Untuk anda yang sudah mengetahui jenis kulit yang anda miliki maka selanjutnya anda harus tahu bagaimana langkah-langkah dalam membersihkan wajah dengan benar. Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebas kusam:

1. Bersihkan Make Up

Bersihkan Make Up

Sebelum membersihkan wajah anda, sebaiknya anda membersihkan make up anda terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan jika anda membersihkan wajah tanpa membersihkan make up terlebih dahulu maka make up anda tidak akan bersih. Cara yang benar ialah dengan membersihkan make up terlebih dahulu sebelum mencuci wajah dengan sabun pencuci muka atau cleansing oil.

2. Lakukan dengan Lembut

Jika make up sudah bersih maka selanjutnya anda bisa mencuci wajah anda menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit anda. Lakukan dengan lembut dan memijat perlahan wajah anda.

 

Baca Juga: 13 Cara Perawatan Wajah secara Alami di Rumah

 

3. Gunakan Air Hangat

Salah satu cara yang cukup mudah dilakukan untuk mendapatkan wajah yang bersih, yaitu membasuh wajah dengan air hangat, karena dapat membut pori-pori pada kulit Anda terbuka sehingga kotoran pada pori-pori wajah dapat lebih mudah untuk dibersihkan. Namun hindari penggunaan air yang terlalu panas agar tidak merusak kulit.

 

4. Keringkan

Handuk Bersih

Sebaiknya gunakan handuk bersih untuk mengeringkan wajah anda. Jangan asal menggunakan handuk untuk wajah anda.

 

Sebaiknya anda rutin membersihkan wajah anda. Namun membersihkan wajah secara berlebihan juga bukan merupakan cara yang benar. Cara-cara diatas bisa Anda terapkan untuk memiliki wajah yang bersih dan cerah!

 

 

Sumber:

  • Aiglon, Kelly. 19 Desember 2018. 15 Do’s and Don’ts for Washing Your Face the Right Way. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-washing-how-to#1
  • Sinrich, Jenn. 25 September 2017. 16 Mistakes You’re Making When You Wash Your Face. https://www.self.com/story/how-to-wash-your-face
  • Glein, Kelsey. 29 April 2015. The 5 Steps to Correctly Washing Your Face. https://www.instyle.com/news/5-steps-correctly-washing-your-face

Jakarta Aesthetic Clinic

Terkait

Apa Itu Ultherapy yang Menjadi Salah Satu Perawatan Kulit Paling Populer?

Apa Itu Ultherapy yang Menjadi Salah Satu Perawatan Kulit Paling Populer?

Maret 17, 2020
Rekomendasi Gaya Rambut Pria Pendek Samping Buat Tampilan Lebih Keren

Rekomendasi Gaya Rambut Pria Pendek Samping Buat Tampilan Lebih Keren

Maret 17, 2020
Hindari 8 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Agar Bisa Langsing

Hindari 8 Makanan yang Bikin Gemuk Ini Agar Bisa Langsing

Maret 17, 2020

Comments are closed.